Benarkah Makan Kerang Dan Minum Vitamin C Bisa Menyebabkan Poisonic atau Keracunan?

Niat dan tujuan baik serta dilakukan dengan berusaha baik-baik namun hasilnya kadang masih out of the expectation ketika ada faktor khilaf atau lupa, Bismillahirrahmaanirrahiim kejadian yang sempat saya alami beberapa waktu lalu bisa jadi salah satu contohnya. 

Hari Sabtu lalu sepulang lembur sudah menunjukan jam lima sore. Karena siangnya sudah skip makan siang, maka saya mencetuskan ide untuk sekali tempo [pinjam istilahnya Pak Marsudiyanto] makan bareng sambil menikmati nuansa malam minggu di Dapur Osing [pusat kuliner Banyuwangi]. Iyap, sekali tempo menikmati the beauty of being still single: makan bareng sesama single dengan santai dan menikmati live music yang kebetulan kemarin mementaskan live acoustic.  “ Sesekali hang out seperti ini kan wajar, We deserve this for refreshing....”

Bukan sebagai pembenaran atau saya bermaksud mem’beo trehadap statement ucapan teman saya tersebut, akan tetapi memang perlu sesekali mencari variasi yang bisa menyegarkan segenap saraf sukma. Sehari-hari bisa dibilang kegiatan kami dominan dengan rutinitas. 

Jadi singkat prolognya, sabtu lalu saya bersama seorang teman kantor yang mengajak 2 teman kostnya = kami berempat meluangkan waktu gathering di malam minggu. Karena tujuan utama memang untuk makan, jadi begitu sampai di tempat kuliner saya pun langsung pesan menu yang mengacu pola makan 4sehat: nasi, lauk [pilihan utama suka varian sea food], sayur plus minuman yang  berformulasikan buah-buahan #ssstttt, sok disiplin pola makan sehat neh. 

Sea food yang saya pilih adalah kerang dan minumannya adalah jeruk hangat [padahal awalnya niat banget pengen juz alpukat]. Makanan pun ludes, minuman pun kandas dan kami masih bertahan hingga jam 9 malam untuk menikmati alunan denting gitar dan suara artis lokal menyanyikan lagu-lagu rikues pengunjung yang cukup banyak di tempat kuliner di malam minggu tersebut.

Sesaat saya sampai di rumah, something is going wrong. Rasa nggliyeng...ehmm apa ya istilah umumnya, pening atau setipe dengan pusing kira-kira gitulah, mulai mengganggu stabilitas diri saya. Beberapa jeda, saya berusaha mengenali rasa nggliyeng tersebut apakah just for while karena barusan kena hembusan angin malam atau memang ada yang gak beres dalam tubuh saya. Lima menit berlalu dan rasa ‘aneh’ yang saya rasakan tak kunjung reda. Akhirnya saya berusaha mereview dan meng’audit #jiahhhh, kupret...kemelipen istilahnya neh kira-kira deviasi apa yang sudah saya lakukan selama lembur di Laboratorium Mikrobiologi. Dan saya yakin tak ada critical control point before, during and after ‘bermain-main’ dengan bakteri yang saya langgar. Dan tibalah untuk menganalisa menu makanan yang saya santap dengan lahap dan tararaaaaa....duerrrrr.....gubrakkkk: kerang dan minum jeruk!

Saya alpha, khilaf, lupa, pikun....serta istilah lainnya yang semakna, bahwasanya Kerang merupakan salah satu jenis seafood yang gak bisa akur jika disantap dalam waktu bersamaan dengan minuman/makanan yang mengandung vitamin C. Dan seperti kita tahu bahwa jeruk merupakan jenis buah yang mengandung vitamin C. 
Secara reaksi kimiawi, untuk seafood jenis Udang, Kerang dan kepiting mengandung senyawa Arsenic Pentoxide (As2O5), dimana senyawa ini jika bertemu dengan Vitamin C akan terjadi reaksi kimia yang membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun. Akibat fatal terurainya Arsenic Pentoxide ini pada: jantung hati, jantung, pembuluh darah rusak, ginjal, usus keluar darah, pembuluh darah melebar yang bisa berujung pada kematian yang mengenaskan dengan kelima panca indera mengeluarkan darah.
Jadi , setelah [banyak] makan udang, kerang atau kepiting, demi keamanan dan kesehatan ya sebaiknya JANGAN minum Vitamin C atau minum air jeruk/buah yang banyak mengandung vitamin C pada saat yang bersamaan. At least, beri jeda beberapa jam lah, biar lebih confidence. 

Vitamin C memang salah satu vitamin yang essential bagi kesehatan tubuh kita dan baik jika dikonsumsi setiap hari. Akan tetapi perlu diingat, kehadiran Vitamin C yang natively berguna untuk kesehatan tubuh ini justru AKAN menjadi pemicu terjadinya POISON atau keracunan yang berujung pada kematian jika dikonsumsi setelah menyantap hidangan udang, kerang atau kepiting.

Sebagai tambahan, apabila kita sedang dalam masa pengobatan dan harus mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan, sebaiknya juga harus STOP minum vitamin C dan jauhi minum jeruk atau produk berbahan buah yang kandungan vitamin C-nya tinggi keberadaan vitamin C dapat mempengaruhi dan mengganggu kinerja dari obat-obatan. Bahkan jika kita minum obat dan produk jeruk dalam waktu yang berbeda pun interaksi reaktif antara Vitamin C dengan beberapa jenis obat akan tetap ada. 

Untuk lebih confidence dan amannya, silahkan dikonsultasikan dengan dokter atau apoteker saat menerima resep obat karena bahan kimia tertentu yang ada dalam buah jeruk dapat mengganggu metabolisme berbagai jenis obat dalam sistem pencernaan yang dapat membahayakan proses pengobatan sekaligus bisa menyebabkan efek samping yang serius.

Semoga sharing experienced makan Kerang yang dilanjutkan dengan konsumsi Vit C memiliki kemungkinan bisa menyebabkan keracunana (Poisonic). Sebagai wacana atau mengingatkan kembali bagi yang sudah memahaminya, agar bisa lebih aware terhadap pilihan menu makan/minuman kita, sehingga TIDAK SAMPAI TERJADI tujuannya mau menyantap menu makan dengan pola yang sehat justru mengalami keracunan yang fatal.



Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

86 comments:

  1. Wah dateng lagi berita ini ..
    Sebelumnya merembah banyak di Blackberry Messenger sama di forum milis online banyak..

    Aku mungkin bukan pecinta udang (tidak suka malah), tapi aku coba 'skeptis' dahulu dengan mencari banyak referensi dari Internet, dan hasilnya itu masih jadi perdebatan di kalangan pakar kesehatan.

    But .. Tetep waspada aja. Racun itu bisa saja terjadi akibat kolaborasi senyawa.

    Ohya, yang di BBM itu .. Pernah sampai ada cerita satu orang meninggal HANYA karena makan dan minum kedua ituu. Udang sama jus jeruk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sAYA SIH GAK TAHU ttg perdebatan tsb, dan lepas dr perdebatan tersebut...bagi saya tak ada salahnya berhati-hati. DAn dari apa yg saya alami [entah hasil audit saya exactly benar atau hanya presumtif saja], yg saya tahu Mussell merupakan jenis binatang laut yg termasuk FILTER FEEDER. Dan dari yg saya tahu, senyawa Arsenic pentoxide ada dalam crustacea ketika bertemu dengan Vit C akan menimbulkan reaksi fusi [terurai]...#ini sedikit pemahaman yg saya tahu

      Delete
  2. wah nggak pertamax. :((

    baru ngarti mbak kalo maem kerang + jeyuk jati puyeng, besok nyoba ah, biar tau rasanya fly fly..

    aq sekarang akrab dengan gmbar tengkorak di silang, wahahaha..

    artikel yg sangat bagus, nice share, awesome, thanks ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak di tanggepin, spam lagi ah

      Delete
    2. hahahhaa..mau nyepam berapa banayak neh?

      YA maap, belum sempat ubrek2 blog sey. LAgian kamyyu kan sdh pny teman baru tuh si kepala tengkorak ityuu...

      Delete
    3. kepala tngkorak? :p
      ahihihi.
      sekarang bingung cari hidrogen mbak.
      yang tabung kecil beli dimana ya mbak?

      Delete
  3. aku malah dah lama ndak makan udang, kernag apalagi kepiting mbak
    makasih byk info bagusnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wouuw, apa lagi start vegetarian neh Mbak Ely ya?

      Delete
  4. Sharing yang sangat sangat bermanfaat..
    Aku pernah denger juga itu Rie, untungnya ga doyan seafood, hehe..
    Eh cuma udang doang deng..

    JAdi kapan hang out bareng aku Rie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip deh Mbak, nanti kalau hang out barengan saya kita pesan seafood saja yahh. JGn kuatir nanti jatah mbak Nchie sy yg ngabisin deh...

      Delete
  5. makanan kalo ditau apa kandungannya bisa jadi bagus bisa bahaya juga ya mbak Ri. hum berarti hima harus hati-hati kalo makan seafood ma jus jeruk. tapi enakan air putih mbak wehehe

    ngomong-ngomong mbak minum apa supaya peningnya hilang saat itu? kasi solusi juga dong mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seyy, sebenarya saya jugak memperbayak ait putih. Tp saat makan, jugak ambil kesempatan utk mendekatkan pd pola 4 sehat...#maunya demikian meski gak bs ajeg

      Saat pening ya alhirnya minum susu karena mau minum air kelapa gak mgk, udah malam. Esoknya br deh minum air kelapa

      Delete
  6. wah kebetulan saya sendiri tidak suka dengan makanan kerang, sedikit lebih aman buat saya hehe.. terima kasih infonya...

    ReplyDelete
  7. Begitu ya, Makasih ya Mbak Rie sudah dapat pengetahuan baru nih Kami.

    ReplyDelete
  8. iya Mbak, saya pun penyuka seafood dan minuman asem. dulu sering begitu, makan kepiting, langsung minum jeruk. tapi waktu saya denger ulasan di televisi, yang sama dengan yang Mbak Ririe tulis ini, saya benar-benar memperhatikannya, juga saya wanti2 ini ke anak-anak saya.
    syukurlah Mbak, Njenengan udah sembuh to sekarang? Ayo kita bersama-sama berhati-hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, prosesi nglliyengnya gak parah mgk karena saya makan kerangnya jg gak banyak. Esoknya dah bisa masuk kerja kok pak

      Delete
  9. mbak, setahu saya itu hoax deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lepas dr hoax atau tdk, saya lebih milih utk berhati-hati itu tak ada salahnya. Semoga suatu saat nanti ada pembukian ilmiah yg lebih spesifik pada kasus ini...Syukur-syyukur jk nanti saya bisa mengambil case ini sbg judul the next exam kalau saya bisa kuliah lagi...#AMIIN

      Delete
  10. ini ada link yang menjelaskan kalo itu hoax.

    http://hoaxhariini.blogspot.com/2010/11/udang-dan-vitamin-c-menjadi-racun.html

    Mungkin mbak pusing karena yang lain. Bisa jadi cuma karena kerangnya aja. Bukan karena kerang campur vit C.

    Wallohu a'lam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut Wallohu a'lam...

      Saya memang jarang makan kerang tapi bukan berarti itu pertama kali saya makan kerang. DAn kalau makan kerang plus minum jeruk, memang itu pengalaman saya yg pertama.

      Dan lepas dari HOAX atau benar, dalam perikanan kerang atau mussel dikenal sebagai hewan filter feeder. Dr sisi ini saja menunjukkan bahwa kerang merupakan jenis biota laut yg memiliki kecenderungan mengandung residu logam berat relatif lebih tinggi, apalagi jika area livingnya di perairan yg potensial dengan pencemaran laut maka kandungan logam berat Hg,Pb dan Cd akan semakin besar pula.

      Sedangkan dari sudut pandang jeruk/vit C, sifat Kimianya adalah Asam.

      Maka ketika zat yang bersifat Asam bertemu dengan logam berat, reaksi yg terjadi adalah korosif...logam akan 'dimakan' oleh zat asam. Dan ketika peruraian ini mengalir dalam pembuluh darah bisa merupakan sumber racun. DAlam skala kecil tentunya efeknya berupa gejala keracunan...

      #ini pemahaman sedikit teori dr sudut ilmu Kimia dan Perikanan yg saya tahu. Semoga kelak ada yg bisa meneliti lebih komprehensive

      Delete
  11. trima kaasih byk infonya ya jeng,,,sumpah ga tau bgd ttg ini, mslhnya klo seafood mah emg makanan pokok di daerah mimi, tengkyu bgt lagi dah, udah sembuh belom ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew...keren deh. Cobak nanti kalau saya sampai di Jambi bisa makan sepuasnya sea foood tiap hari ya Mi

      Delete
  12. Medeni... @.@
    Kapan mbak nraktir aku di Dapur Osing?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sama akyu gak takut kan?
      Kalau traktiran mah gampang, silahkan datang ke Banyuwangi nanti ta traktir deh

      Delete
    2. Takut lahhh!!! Mbak Ribut kan mengerikan!
      Oke sip, tiketnya dikirim ke rumahku ya mbak :P

      Delete
    3. Ada neh tiket KA yg pas kemarin aku mudik naik Probowangi.

      Delete
  13. tq mb' buat infonya...
    lekas sembuh ya mb'...

    Eh, pantesan kalo sakit n minum obat larangannya g boleh makan yg asem"... hooo

    ReplyDelete
  14. kalau seelum masak udahnya dikasih perasan air jeru gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya, perasan air jeruk utk menghilangkan bau amis pada ikan Mbak. KAlau pd Udang, baiknya ya hindari menggunakan air jeruk. Utk konsentrasi rendah mmg sangat mgk reaksinya tdk begitu kentara efeknya..

      Delete
  15. Replies
    1. sEmbuhnya pakai tdr Mbak, dan banyak minum air putih plus susu dan air kelapa [gak barengan lho?]

      Delete
  16. Ah serius tuh mbak??..baru tau aku informasi ini, bahaya juga ya kalo makan kerang dan es jeruk secara bersamaan.

    mungkin coba dijelaskan lagi detail tentang seperti apa gejala yang dirasakan tubuh saat "keracunan" udang sama es jeruk itu? pertolongan pertamanya seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. level yang saya sebut 'keracunan' yg saya rasakan pas habis makan kerang dan minum jeruk tergolong ringan Kok Mas. Beberapa Jam setelah makan, saya merasakan kepala nggliyeng....kata teman mgk mirip dengan org yg 'mabok' saat makan gadung itu.

      Dan karena apa yg saya alami termasuk ringan [kepala pening/ pusing], ya minum susu dan esoknya saya minum air kelapa karena gejala pusingnya tdk serta merta reda. Ilmu dasar kalau keracunan, penetralannya ya pakai air kelapa atau minum susu. JK mau pakai obat ya CTM..

      Delete
  17. sama kasusnya minum obat bersamaan dengan minuman berkarbonat ya mbak, yang ini bahkan lebih gawat reaksinya, banyak kasus meninggal gara-gara ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jd inget neh, kala makan bareng sama-sama teman lab dan ada bapak-bapak yg pesan soft drink. Spontan saja kami nylethuk ttg efek soft drink tersebut...#cerewet kumat

      Delete
  18. oh begitu, saya baru tahu. biasanya jika habis minum obat pantangannya cuma jangan minum susu. Kerang paling saya suka, biasanya setelah saya makan kerang minumnya air jeruk dalam kemasan. Ternyata membawa efek samping ya ? jadi harus lebih hati-hati nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lagi makan di luar saya biasanya juga sering pilih minuman berbasis buah dan seringnya yg cepat tersedia ya jeruk deh

      Delete
  19. aduh ternyata gitu yg mbk.., thx infox ya... *smile

    ReplyDelete
  20. Wah saya dulu waktu di HK sering makan seafood terus makan jeruk atau minum minuman mengandung vitamin C lho mbak. Alhamdulillah ndak apa2 hikz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam kadar rendah dan respon dr masing-maisng org kayaknya mmg beda karena daya tahan tubuh tiap org juga beda-beda

      Delete
  21. Wahhh mbak aku baru ingat menu di rumah akhir2 ini udang, cumi, udang lagi dan karena sering flu aku minum vit c dosis tinggi. Padahal udah pernah dengar ttg toksin tapi bnr2 nggak ingat; Makasih ya mbak untung blm kenapa2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udang - cumi-udang lagiiii...hehehhee, mantabs punya deh

      Delete
  22. kalo udah terlanjur sampe kliyengan gitu baiknya dinetralin pake apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di netralin minum air kelapa atau minum susu....

      Delete
  23. Banyak sekali khasiat serta manfaat dari udang ini ya.. Salam kenal aja kak. Semoga suatu saat saya bisa mendapatkan udang lagi deh.. =))

    ReplyDelete
  24. Memang kerang banyak sekali kandungannya apalagi kandungan vitamin C nya seperti yang dijelaskan pada artikel diatas. Visit gan..

    ReplyDelete
  25. Halo Rie....
    aku dulu juga pernah posting informasi ini... dulu sempat heboh juga dan takut sendiri karena kan aku penyuka sea food. Jadinya lebih berhati-hati sih setelah tahu hal ini. Walau kemudian timbul perdebatan tentang info ini, tapi menurutku sih, ga ada salahnya berhati-hati kan?

    Daripada mempertentangkan antara benar dan tidak, apa salahnya mengatur jarak dalam mengkonsumsi keduanya,. Jadi selain menghindarkan hal [jika benar] buruk, juga keduanya tetap bisa dinikmati.

    Trims for share... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii Mbak AL,
      KAlau soal perdebatan dan pernedaan pendapat itu hal wajar kan Mbak. Wong yg sudah jelas2 benar saja masih bisa jd bahan perdebatan, apalagi yg memiliki banyak variable terbuka spt informasi ttg mussell dan jeruk yang dikonsumsi dalam waktu berdekatan.

      Aku setuju dengan Mbak AL, daripada wasting time memperdebatkan benar dan tidaknya...tentu masih lbh baik utk re-schedule dalam mengonsumsi Vit C dengan mussell atau saat minum sautu jenis medicine.

      Toh dr sisi ilmu dan teori Kimia [yg masih aku ingat] ttg Zat Asam serta keperikanan yg aku tahu mmg Mussell pny potensi kurang baik bagi kesehatan. Jd aku memang jarang banget makan kerang..dan utk selanjtnya akan lbh mengingat utk tdk minum jeruk lagi saat makan kerang ataupun jenis custacea lainnya.

      Delete
  26. Saya baru tau lho mbak.. ada juga yang mengatakan kalau kita sedang minum obat tidak boleh setelahnya minum sprite.. karena sangat berbahaya.. :)

    Salam cinta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup...sprite dan jenis minuman berkarbonasi lainnya sgt dilarang utk di minum bareng konsumsi obat-obatan

      Delete
  27. ternyata gak boleh ya di barengin sm vit c.. tfs ya :)

    ReplyDelete
  28. wow.... pengetahuan baru nih mba!! mantap!!
    padahal kan sering banget yah itu kalo ada yg lagi sakit biasanya dibawain parcell isi buah2an dan biasanya jeruk termasuk di dalamnya. ckckckck
    bagus banget postingannya mba! lanjutkan! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. weii, kalau kebanyakan buah jeruknya nanti bisa kok dihibahkan ke saya...#glekk

      Delete
  29. mengerikan >,<
    dari pengalaman ini mbak, bikin ajah cerpen ala detektif conan. Pembunuhan dg jeruk dan seafood. Detektifnya mbak Rie. cucok deh. Oia, terus cara penangkalnya gimana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa...idenya keren neh, mau coba bikin cerpen detektif kah? Ta dukung bangetsss

      Delete
  30. wah hebat ya, ehm.. untung ane bukan orang pinter. jadinya kalau makan, ya tinggal makan aja. ga pake lupa sampe harus nyampur seafood dengan vit C. ehheheh. tapi itu ilmu baru nie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, aku dulu juga begitu kok. Pokok asal pesen makan dna minum, tp dulu mah minumnya paling banter es teh..

      Delete
  31. Kalo aku sih jarang makan seafood. Tapi yg mengandung vit Csih serig.
    Gimana sekarang, nggliyeng-nya udah kabur belum? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, nggliyeng udah kabuur dengan sukses:)

      Delete
  32. jadi makan yang mengandung vitamin c sebagai penetralisir obat ya...hhmmm baru tau gue!

    ReplyDelete
  33. Apa kabar, Mbak Ririn?

    Sekarang udah baikan belum? Makasih lho, udah nambah2 ilmu. Saya yang nggak tahu menahu jadi tahu kalau langsung ada aksi reaksi dari kedua vitamin C saat dimakan dalam waktu berdekatan begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. # KAbar Ririe [bukan Ririn] Alhamdulilla baik mbak anazkia, smeoga kbar Mbak Anazkia juga baiiik ya..

      Delete
  34. Om saya di Sunter (Jakarta Utara) pernah makan kerang Ijo. Di Sunter cukup banyak jualan kerang ijo waktu itu. Nah beliau makan Kerang Ijo lalu minumnya supplement merek "K". Langsung semaput alias mabok. Huaaa apa ini ada kaitannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merek "K" heiheiheii...sepertinya saya tahu neh...

      Delete
  35. met siang mbk...
    blog yng bgus mbk..
    blehkan aq brknjung heheheh

    ReplyDelete
  36. alhamdulillah dapat ilmu baru berkunjung kesni dan saya baru tahu kalo Kerang merupakan salah satu jenis seafood yang gak bisa akur jika disantap dalam waktu bersamaan dengan minuman/makanan yang mengandung vitamin C, padahal saya sering makan seperti itu.

    dan saya pernah mengalami infeksi lambung, apakah itu salah satunya ya bun?
    hemmm akhirnya saya harus merubah pola hidup saya.

    makasi bun atas pencerahannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau infeksi lambung, banyak seab juga sih. Tp dr yg saya tahu karena telat makan juga bisa sehingga asa lambungnya meningkat. Atau makan yg asam-asam [vit c tinggi] saat perut belum terisi.

      Delete
  37. ini benaran nih.... kok rasanya tidak bener ya... tapi kalau ragu mending dihindari saja ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benr atau gak, saya memahaminya berdasaran teori yg saya tahu. Kalau hasil riset atau jurnal, saya search belum dapat soale.

      Delete
  38. duh...
    padahal aku ga pernah mikirin yang begituan
    kalo makan yo makan wae
    kalo enak nambah
    palagi kalo gratis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dunk, kalau makan gratis mah pesannya semangat 45 dan pantang malu

      Delete
  39. saya jika makan kepiting pasti plus es jeruk atau jeruk anget, niatnya biar kolesterol kepitingnya berkurang dalam tubuh....untung tidak sampai 1 porsi...baca artikel ini...., uppp!!!! untung tdk geblak!!! trim's infonya....

    ReplyDelete
  40. saya mau nanya Mbak..
    kalo makan kupang lontong pasti di kasih perasan jeruk nipis..
    apakah beracun juga?

    ReplyDelete
  41. waah kudu diinget inget nih jangan sampai aku melakukan hal yang sama.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.