Waspadai Terjadinya Perdarahan Implantasi yang Dikira Haid Ternyata Hamil

Waspadai Terjadinya Perdarahan Implantasi yang Dikira Haid Ternyata Hamil. Jika Anda sedang berusaha punya anak, menunggu kapan Anda resmi “terlambat datang bulan” bisa membuat Anda geregetan. Bagian yang paling menjengkelkan adalah ketika Anda sudah merasa berharap dan “ge-er” karena haid tak kunjung datang, tapi kemudian Anda menemukan sedikit bercak darah pada pakaian dalam Anda.

Prolognya terlihat serius ya? Iya sih, tulisan ini memang lumayan serius. Setidaknya, tema yang disampaikan merupaka hal yang serius, terlebih bagi calon ibu muda, pasangan yang baru menikah, juga bagi pasangan yang harap-harap semangat untuk memiliki keturunan (seperti saya). Bismillahirrahmaanirrahiim, maka sangat penting untuk mewaspadai Terjadinya Perdarahan Implantasi yang tak jarang dikira Haid ternyata Hamil. 
Bagi yang melakukan program hamil, sangat penting untuk mengetahui dan melakukan terapi untuk meningkatkan kadar hormon AMH, juga sangat penting mengetahui apa saja faktor yang perlu diketahui sejak dini untuk menjaga kesehatan kehamilan. 
Apalagi jika mengalami flek darah yang mirip menstruasi, jangan buru-buru menghakimi sebagai "tamu bulanan" karena hal ini bisa jadi merupakan perdarahan implantasi sebagai salah satu pertanda sedang hamil muda.

Lantas, apakah perdarahan implantasi itu?

Perdarahan implantasi (umumnya) terjadi saat telur yang dibuahi sperma menempel pada lapisan rahim. Peristiwa penempelan ini bisa menyebabkan sebagian kecil dari lapisan rahim terkikis, sehingga keluar dalam bentuk cairan berwarna coklat atau merah muda, yang sering disebut sebagai flek darah dimana jenis bercak tipis ini sangat mungkin sebagai fase awal kehamilan.

Mengenali Pendarahan Implantasi sebagai tanda kehamilan

Bagaimakah cara membedakan perdarahan implantasi dengan haid?

Pastinya bertanya-tanya kan, terlebih bagi yang berpengalaman hamil dan berharap banget untuk bisa segera hamil dan mmeiliki keturunan semacam saya ini.

FYI duluan ya, postingan ini adalah guest post (sudah mengalami editing seperlunya tanpa mengubah inti/tema tulisan) dari salah satu pembaca yang bersedia mengirimkan tulisannya untuk di publish di blog sederhana saya ini. Jadi begini, perdarahan implantasi memang bisa menyerupai haid, maka berikut ini cara yang bisa dipakai untuk membedakan antara perdarahan implantasi haid:
  1. Yang pertama, amati intesitas/volume darah yang keluar. Perdarahan implantasi bersifat ringan dan akan tetap ringan, hal ini tentu sangat berbeda dengan darah menstruasi yang biasanya dimulai dengan ringan kemudian menjadi deras (banyak). Ciri perdarahan implantasi secara visual adalah tidak ada gumpalan darah yang sering muncul seperti saat haid.
  2. Langkah kedua adalah memeriksa warnanya. Jika darah berwarna merah yang terlihat terang atau cerah sangat mungkin itu menandakan haid. Sedangkan darah yang tampak sedikit merah muda atau cokelat bisa menjadi tanda pendarahan implantasi. Perdarahan implantasi ini terkadang bisa terlihat merah juga, tapi seringnya terlihat kecokelatan atau merah muda.
  3. Selanjutnya perhatikan keteraturannya. Darah haid biasanya terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu haid tanpa berhenti, sedangkan perdarahan implantasi bisa datang dan pergi (tidak teratur). Perdarahan implantasi kerap menyebabkan imbulnya bercak atau perdarahan yang datang dan pergi selama sekitar satu atau dua hari. Hal ini berbeda sekali dengan siklus haid yang biasanya berlangsung selama empat sampai semingguan.
  4. Tingkat (keparahan) kram yang terjadi. Perdarahan haid maupun implantasi sebenarnya sama-sama bisa menyebabkan kram, namun kram yang timbul saat haid bisa terasa jauh lebih intens. Sedangkan kalau Kram ringan (samar) yang tidak pernah meningkat intensitasnya, bisa diasumsikan sebagai peristiwa implantasi, terutama jika ditambah dengan cairan coklat atau merah muda.
Paham kan kalau waspada terhadap terjadinya perdarahan implantasi  ini sangat perlu dimengerti oleh para calon ibu atau siapa saja perempuan yang merencanakan kehamilan. Juga perlu untuk diwaspadai bagi yang tidak sedang berencana hamil, kan kehamilan (lagi) juga terjadi bagi mereka yang sudah punya momongan tapi belum merencanakan untuk hamil lagi, eh...ternyata sudah hamil, Alhamdulillah.

Selain itu, bisa juga diperhatikan apakah ada gejala awal kehamilan dan apa saja sih ciri-ciri hamil muda seperti payudara sakit, sakit kepala, perubahan mood, kepekaan terhadap bau, morning sickness atau peningkatan suhu tubuh saat baru bangun tidur.

Jika sudah melakukan tes kehamilan WAJIB banget untuk Waspadai Terjadinya Perdarahan Implantasi yang Dikira Haid Ternyata Hamil ini. 

Apabila masih tidak dapat membedakan apakah flek darah yang seperti implantasi itu beneran fase awal terjadinya kehamilan atau peristiwa menstruasi, langkah efektif dan terpercaya ya silahkan ke dokter kandungan.


Penulis: Ayu Andriani 
email   : helloayuandriani@gmail.com 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

14 comments:

  1. Kalau saya dulu mengalami flek kecoklatan, kemudian mengalami keguguran Mbak.

    Tapi ada tetangga sebelah juga mengalami, alhamdulillah baik2 saja. Sekarang udah hamil 6 bulanan.

    ReplyDelete
  2. Kalo saya dulu mengalami flek merah muda, kemudian hari pertama itu warna darahnya merah muda setelah hari ke 2 warnanya merah muda disertai gumpalan darah warna hitam
    Aku jadi bingung ini darah haid atau darah implantasi?

    ReplyDelete
  3. Kalau saya kemarin mengalami flek merah muda kemudian hari 2 darahnya merah muda disertai darah gumpalan warna hitam..
    Saya jadi bingung ini darah haid atau darah implantasi?

    ReplyDelete
  4. Sm bun aku juga, mmg mrngalaminy pas jdwl haid bun.....mgkn mmg darah haid ya bun, ttp smgt trs brusaha & tdk pts brdoa bun...hiii

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum... Saat ini sy bingung apakah sy mengalami pendarahan implantasi ato haid tp sudah 1bln sy tlat... Dan darah yg kluar pertama kali darah segar...

    ReplyDelete
  6. Saya udah telat 1 bulan, kemarin sora saya pas mandi ada kaya keluar flek coklat sama darah sedikit, jadi saya kira mau haid tp pas pagi ini udah gk ada lagi, apa kh itu gejala mau haid apa hamil, saya jg bingung

    ReplyDelete
  7. Pendarahan implantasi itu biasanya brpa hari yaa mba..
    trus klo pendarahan implantasi itu apa boleh di baea sholat. Soalnyaa masi ragu..
    tolong dibls mba.. ini hal pertama kali saya alami mknnya bingung

    ReplyDelete
  8. Tadi pagi bngun tidur kaya terasa lembab di daerah Miss v pas di raba kaya basah krn penasaran saya lap pake tisu ternyata berwarna coklat muda bercampur putih saya pikir mngkin datang haid krn pas jadwal tapi yg saya rasakan kram Perutnya biasa saja dan sampe siang di tunggu gak keluar flek atau darah haid.. Jadi bingung kira2 mau haid atau tanda hamil ya.

    ReplyDelete
  9. Klo kram d sertai darah itu hamil ya? Soalnya saya sering kram berkepanjangan

    ReplyDelete
  10. Saya sudah telat haid 3hari lalu di hari telat yg ke2 smpe ke 3 skrg keluar flek warna coklat gitu tpi ada sedikit banget gumpalannya..apakah masih bisa disebut darah implantasi ? Bantu jawab yaa

    ReplyDelete
  11. saya rutin haid setiap tggal 20, sblm tggl 20, saya iseng tespeck di tnggal 18, hasilnya 2 yg satu samar , tp skrng tggl 22 kluar darah segar��,,,mnta pencerahannya

    ReplyDelete
  12. Aku jg kemarin haid 4 hari pdahal biasanya 8 hari baru bersih ini cuma 4 hari.. akunjg ngalamain mual, pusing, sering bak, lemas, mudah lelah tp d tespek masih negatif..

    Pengalaman hamil anak pertama aku 3 bln mens d tespek negatif tp hamil sih, takutnya ini sama kaya waktu hamil dulu..

    ReplyDelete
  13. Saya telat haid 7 hr. Terjadi kram, sakit perut spt haid, ada bercak darah coklat tipis. Testpack negatif, usg traslnsvaginal jg dibilang akan kluar haid. Namun sempet ngrasain ciri2 punggung sakit, sakit kepala dan migrain, keputihan yg byk namun tdk berbau.. mk ny sedih jg dokter blg itu bkn hamil

    ReplyDelete
  14. Aku sedih yg dialamin saat ini kirain selama telat 3hari mau hamil taunya kluar flek merah muda sedikit pas dilihat lagi kluar flek hitam,setelah ditingl tidur paginya kluar darah merah muda segar.ini knph y bun bisa bantu jawab.???

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.