3 Manfaat Mengetahui Kadar Anti Mullerian Hormone Untuk Program Hamil

Mendapatkan keturunan adalah salah satu hal fenomenal yang diharapkan oleh pasangan suami-istri. Tapi pada kenyataannya, pada beberapa pasangan harapan tersebut membutuhkan waktu penantian yang tidak sebentar dan efforts yang lebih dari pasangan yang begitu menikah kemudian bisa mendapatkan momongan. 
Ada beberapa factor yang mungkin menjadi penyebab kenapa beberapa pasangan belum segera mendapatkan keturunan. Adapun salah satu penyebab sulit hamil karena kadar AMH yang rendah, menjadi point of view yang perlu untuk di highlight saat merencanakan program kehamilan.
Bismillahirrahmaanirrahiim di artikel informasi kehamilan ini menjelaskan saat lakukan program hamil, pasangan suami istri sebaiknya melakukan pemeriksaan kesuburan sperma lelaki juga jumlah sel telur pada istri yang tak kalah penting mengingat  program hamil yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan gagasan merupakan bentuk kolaborasi pasangan suami-istri. Jadi sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara comprehensive pada kedua belah pihak kan ya?

Nah, melanjutkan bahasan tentang AMH sebagai salah satulangkah yang bisa dilaksanakan untuk mengenali jumlah sel telur dengan memeriksa kandungan Anti Mullerian Hormone (AMH). Tes Anti Mullerian Hormone bisa mengenali berapa besar tingkat kesuksesan seorang saat akan lakukan program hamil.

Dengan mengenali berapa banyak jumlah sel telur yang dibuat oleh badan, tentukan proses perawatan kesuburan bisa bertambah gampang terutama bila seorang ingin lakukan program hamil lewat bayi tabung.

Apakah sih Anti Mullerian Hormone atau AMH itu ?

Berikut ini penjelasan dari DrZuhdy.com, Anti Mullerian Hormone atau AMH ialah hormon yang dibuat oleh jaringan reproduksi baik lelaki atau wanita. Hormon ini ada pada testis serta ovarium.
Anti Mullerian Hormon pada wanita berbentuk protein dimer yang dibuat oleh ovarium yang mempunyai peranan penting dalam pembangunan folikel.

Salah satu riset memperlihatkan, hasil kandungan AMH paling tinggi berlangsung pada sel granulosa folikel pre antral besar serta antral kecil. Dengan mengenali kandungan AMH pada tubuh, seorang dapat mengenali berapa banyak cadangan ovarium yang berperanan dalam tentukan tingkat kesuburan organ reproduksi wanita.
Kandungan AMH diketahui tidak beralih selama saat kehamilan. AMH akan masih konstan semasa pemberian kontrasepsi oral, karenanya AMH bisa dipakai untuk patokan endokrin untuk meramalkan cadangan ovarium.
Meskipun peranan dari AMH pada ovarium belum juga seutuhnya dimengerti, tetapi beberapa riset mengutarakan jika hormon ini bisa memandang umur reproduktif secara baik dibandingkan lewat umur urutan seorang.

Hormon AMH seorang berlainan bergantung umur. Kandungan hormon ini akan nampak jelas selama saat reproduksi serta akan turun bersamaan pertambahan umur selanjutnya hormon ini akan hilang di saat seorang alami menopause.

Peranan penelusuran Anti Mullerian Hormone untuk program hamil

Penelusuran Anti Mullerian Hormone atau AMH dilaksanakan dengan ambil darah untuk contoh untuk lihat tingkat produksi ovum dari organ reproduksi wanita yang disebutkan egg timer. Hasil tes Anti Mullerian Hormone ini memakai unit ng/mL.
3Manfaat-Mengetahui-Kadar-Anti-Mullerian-Hormone-Untuk-Program-Hamil

Tes Anti Mullerian Hormone bisa mengenali berapakah besar tingkat kesuksesan seorang saat akan lakukan program hamil. Terutama bila seorang merencanakan lakukan proses bayi tabung, tes ini akan mengenali berapa kemungkinan besar program yang diperkirakan akan sukses. Tes AMH dapat juga mengenali kapan seorang akan alami menopause awal, hingga dokter bisa berencana perawatan kesuburan untuk memberikan dukungan proses kehamilan.

Disamping itu, tes AMH bisa dilaksanakan buat wanita yang sempat jalani penyembuhan kanker, endometriosis atau sempat lakukan operasi yang terkait dengan ovarium untuk mengetahui awal kambuhnya penyakit itu.

Kadar AMH dapat menganalisis ada permasalahan polycystic ovarian syndrome atau PCOS hingga langsung bisa diatasi ke pakar ginekologi.

Jumlah sel telur yang dipunyai wanita rerata sekitar satu sampai dua juta di indung telur. Sel telur ini akan keluar di saat menstruasi tiap bulan, situasi ini tetap akan berlangsung sampai seorang alami menopause.
Jumlah sel telur pada wanita tetap akan menyusut bersamaan pertambahan umur. Wanita yang berumur seputar 20 tahun mempunyai sel telur sekitar 200.000 buah. Sedang pada umur 30 sampai 40an, jumlah sel telur akan menyusut seputar 2.000 saja.
Makin tinggi kandungan tes AMH seorang, karena itu peluang tingkat kesuburan reproduksinya makin besar. Kebalikannya, bila kandungan tes AMH seorang rendah, karena itu tingkat kesuburannya akan makin kecil.

Terapi Untuk meningkatkan kadar Anti Mullerian Hormone (AMH) pada Perempuan

Hasil tes kandungan Anti Mullerian Hormone yang rendah adalah situasi alami badan semasa pertambahan umur. Tetapi jangan panik dulu ya, beberapa panduan di bawah ini dapat dilaksanakan untuk tingkatkan kesuburan organ reproduksi salah satunya adalah:

1. Mulai konsumsi makanan sehat
Konsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah bisa tingkatkan kualitas kesuburan. Ini sebab sayur dan buah berkadar anti-oksidan, protein rendah lemak serta vitamin yang bagus buat kesehatan. Teratur konsumsi makanan sehat serta setimbang bisa melakukan perbaikan kualitas ovarium serta sel telur dengan cara periodik. 
Beberapa jenis makanan yang bagus untuk kesehatan diantaranya, ikan, biji-bijian, sayur hijau, kacang-kacangan, buah tipe berry

2. Mengonsumis suplemen serta vitamin

Konsumsi suplemen seperti minyak ikan serta vitamin D diketahui bisa tingkatkan kandungan AMH dengan alamiah pada tubuh. Konsumsi minyak ikan seputar 3000 mg /hari bisa mempertahankan kesehatan ovarium. Disamping itu, minyak ikan gampang didapati di apotek atau pasar swalayan.
Sedang, konsumsi vitamin D sekitar 1000 UI satu hari teratur dalam satu minggu dapat tingkatkan kandungan AMH.

Tetapi, tanyakan ke dokter lebih dulu untuk konsumsi vitamin D ini, sebab kebanyakan konsumsi vitamin D bisa mengubah proses penyerapan kalsium ditambah saat sedang konsumsi vitamin lain.

3.   Kurangi makanan manis serta berlemak jahat
Mulai konsumsi makanan dengan serat serta nutrisi yang bagus akan membuat skema reproduksi terima konsumsi mineral dan vitamin yang cukup. Konsumsi makanan tinggi gula, kalori serta lemak jemu cuman akan menyebabkan jelek pada kesehatan.

Turunkan mengonsumsi makanan yang digoreng, daging serta makanan yang begitu manis. Disamping itu, turunkan konsumsi kopi yang berkadar cafein tinggi.

4. Hindari depresi berlebihan dengan berolahraga

Menurut satu riset, kandungan AMH serta masalah menstruasi umumnya mempunyai hubungan dengan tingkat depresi seorang. Oleh karenanya kurangi depresi bisa tingkatkan kandungan AMH. Awalilah membuat manajemen depresi yang bagus dan teratur olahraga supaya kesetimbangan hormon lebih bagus. Beberapa kesibukan yang bisa dilaksanakan untuk kurangi depresi yakni, yoga, taici, serta latihan olah pernafasan.

5. Kurangi rutinitas merokok serta konsumsi alkohol
Kecuali panduan kesehatan barusan, hal yang penting dijauhi supaya skema reproduksi tidak terusik yakni kurangi mengonsumsi rokok serta alkohol. Beberapa periset setuju jika muatan zat kimia dalam rokok bisa punya pengaruh besar pada skema reproduksi seorang. Sedang konsumsi alkohol dengan berlebihan bisa kurangi kualitas kesuburan sperma atau ovum. Bila melakukan program hamil, mulai lah kurangi rutinitas merokok serta konsumsi alkohol.

Overall, dengan mengetahui kadar AMH lebih awal bisa menjadi salah satu acuan untuk melakukan corretive action untuk meningkatkannya. Terlebih jika merencanakan kehamilan dan atau menjalani program hamil, uji lab untuk mengehui kadar AMH ini sangat penting sekali. 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

16 comments:

  1. Oh, jadi sedikit tau tentang AMH deh aku. Adikku belum diberi momongan nih. Apa mungkin tingkat stres yang tinggi ya karena dia bekerja di bank :( Padahal udah terapi hormon juga sih dan keduanya baik2 aja. Mungkin asupannya mesti ditingkatkan ya. Kalau keseringan makan sushi gimana tuh mbak? TFS :)

    ReplyDelete
  2. Hai haaai mbak Rie,
    aku juga baru dengar tentang AMH ini. Nah kebetulan aku lagi mantengin para pejuang garis dua ini di kanal youtube, katanya emang jangan overweight dan jaga "pemanasan" tubuh dengan cara jalan kaki santai (ga boleh kecapekan dan ga boleh keringetan) selama 45 menit sampai 60 menit itu membantu sekali....

    ReplyDelete
  3. aku baru tahu tentang terapi AMH ini.., meski banyak mendengar dari teman temanku yg lagi promil
    tapi memang ya mbak, klo pgn hamil itu nggak boleh stres

    ReplyDelete
  4. Wah makasih Mba ilmunya. Baca ini kayak aku lagi belajar pelajaran biologi. Memang proses untuk program hamil itu rumit ya mba. Dan semoga orang-orang yang menanti buah hati segera diberi amanah dan dikuatkan. Karena kadang aku kasian juga belum lagi omongan orang.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak untuk infonya, Mbak. Insya Allah, akan membantu bagi para pasangan yang sedang berjuang mendapatkan buah hati. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Uji Anti Mullerian Hormone ini perlu dilakukan berarti ya bagi yang ingin punya momongan. Tentang PCOS, pernah saya dengar dari artis yang berjuang keras untuk hamil dan dia bisa hamil dnegan program bayi tabung.

    ReplyDelete
  7. Bergaya hidup sehat ternyata juga sangat berpengaruh kepada hormon AMH ini ya juga asupan yang kita makan. Makasih atas edukasinya mbak, ini biasanya baru dicek sesuai perintah dokter ya?

    ReplyDelete
  8. Yoga bagus banget ya untuk mengurangi stress ya mba. Apalagi usia sudah tidak muda lagi meski banyak makanan sehat untuk tetap fit

    ReplyDelete
  9. Pengetahuan baru nih mbak. Tema fertilisasi terbilang rumit untuk dipahami oleh saya. Banyak orang yang harus berjuang sedemikian rupa untuk mendapatkan keturunan biologis. Di sisi lain, banyak yang menolak kehadiran bayi dan membuangnya begitu saja.

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu tes ini jadi untuk mengetahui tingkat kesuksesan untuk jalani program hamil dengan normal atau bayi tabung ya..iya stres bisa berkurang dengan olahraga ya jadi lebih sehat juga..

    ReplyDelete
  11. Waah pengetahuan baru Mbak Ririe. Aku baru tahu tentang AMH dan tes AMH untuk mengetahui kesuburan dan bermanfaat banget buat yang kan menjalani program hamil.

    ReplyDelete
  12. Aku baru tahu tes AMH untuk kesuburan ini. Dan emang bener kalo mau hamil tuh mesti mulai gaya hidup sehat ya.

    ReplyDelete
  13. Bagus banget ada teknologi Anti Mullerian Hormone. Semoga bisa menajdi solusi bagi para pasangan yang membutuhkan bantuan.

    Bener yaa...olahraga dan gaya hidup sehat ini yang utama dan sejalan dengan pikiran yang positif.

    ReplyDelete
  14. Aku baru banget nih denger tes AMH untuk program hamil. Kalo belum memiliki keturunan harus semangat terus ikhtiarnya yaaa.. Nggak boleh patah semangat, insyaaAllah pasti diberikan jika sudah waktunya yaaa

    ReplyDelete
  15. Test AMH ya, saya baru tahu, mungkin bisa saya rekomendasikan blogpost ini kepada temam yang susah lama menikah namun belum dikarunia keturunan.

    ReplyDelete
  16. Saya beneran blank dan baru tahu ada terapi seperti ini. Selama ini kalau ada temen atau keluarga yang memiliki masalah untuk mendapatkan keturunan, biasanya mereka langsung kayak bayi tabung gitu. Tapi gak tau juga kalau mereka udah Tes AMH dulu.Ternyata bisa juga dicoba terapi ini dulu ya. Memang ikhtiar untuk mendapatkan keturunan ini harus disertai perasaan senang. Kalau stres udah makin susah aja.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.