Sulit Hamil? Bisa Jadi Karena Anti Mulerian Hormon (AMH) Yang Rendah

Ada Hubungan apa sih antara Anti Mulerian Hormon (AMH) dengan tingkat Kesuburan Perempuan?

Banyak hal yang mempengaruhi tingkat kesuburan seorang perempuan, baik secara internal maupun external. Konon, faktor genetika juga memiliki peranan terhadap tingkat kesuburan seorang perempuan. Dari sekian banyak faktor yang memiliki kaitan erat terhadap kesuburan, salah satunya adalah  bahwasanya kesuburan bisa  dipengaruhi oleh kadar hormon AMH. 

Bismillahirrahmaanirrahiim terkait dengan hormon AMH tersebut, melalui guest post kali ini secara special DrZuhdy.com, membagikan pencerahan tentang apa, mengapa dan bagaimana AMH ini kok bisa-bisanya disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang memiliki peran penting terhadap tingkat kesuburan perempuan. Yuk, kita simak penjelasannya ada artikel ini yaa...
AMH adalah singkatan dari anti mulerian hormon. Ini adalah hormon yang dilepaskan dengan proses perkembangan folikel. Folikel adalah kantung telur yang berisi sel telur yang belum matang.
Kadar hormon AMH ini bisa diketahui dengan pemeriksaan darah. Dengan mengukur kadarnya, maka akan tergambar tentang keadaan cadangan ovarium dan berapa banyak sel telur yang tersisa di ovarium. Ini dapat membantu menentukan apakah dan seberapa mendesak pengobatan diperlukan, dan juga bagaimana seorang wanita memberikan respon terhadap pengobatan yang diterimanya.

Anti-Mulerian-Hormon-AMH-Yang-Rendah-meyebabkan-sulit-hamil

Berapa Kadar Normal AMH?
Anti-Müllerian Hormone (AMH) secara alami menurun seiring bertambahnya usia karena cadangan ovarium menipis. Pengukuran pada wanita yang berusia 40-an seringkali menunjukkan hasil AMH yang rendah. 
Kadar AMH dianggap bagus bilamana di atas 21,98 pmol/l.
Apa Yang Menyebabkan Kadar Hormon AMH rendah?

Tingkat AMH ditentukan oleh jumlah folikel yang berkembang di ovarium Anda. Faktor penentu terpenting dalam jumlah folikel adalah usia, karena cadangan ovarium berkurang seiring waktu bertambahnya umur. Cadangan ovarium mulai menurun pada pertengahan hingga akhir 30-an, sehingga kadar AMH akan cenderung rendah pada wanita berusia 40-an.

Namun umur tidak selalu menjadi faktor penyebab AMH rendah. Beberapa wanita terus memiliki kadar hormon AMH yang tinggi hingga usia 40-an, sementara yang lain mengalami penurunan level AMH di usia 20-an atau 30-an. Mengapa? Hal ini bisa disebabkan oleh faktor lingkungan seperti pengobatan kanker atau pun penyebab genetik yang diturunkan.

Penting sekali untuk mengetahui dan memahami usia menopause dalam keluarga Anda karena ini sering menjadi panduan yang baik untuk menentukan tingkat kesuburan Anda.

Apa Gejala Yang Muncul Bila Kadar AMH Rendah?

Gejala kekurangan hormon AMH ini tidaklah jelas. Beberapa hal yang sering dikaitkan adalah berkurangnya frekuensi atau bahkan tidak terjadinya siklus menstruasi. Oleh sebab itu, cara terbaik untuk mengetahui apakah seseorang kekurangan hormon ini adalah dengan cara mengukurnya secara langsung di laboratorium.

Bagaimana Korelasi Hormon AMH Rendah Bisa Mempengaruhi Kesuburan Perempuan ?

Nilai hormon AMH ini seringkali dianggap berkaitan dengan tingkat kesuburan seorang wanita. Apakah benar begitu adanya?
Kadar hormon AMH rendah bukanlah penyebab kemandulan, tetapi merupakan indikasi penurunan cadangan sel telur. Bila cuma ada sedikit telur yang berkembang di ovarium, maka kemungkinan telur yang matang dan sehat untuk dilepaskan dan dibuahi akan menurun.
Pada kadar AMH rendah karena faktor usia, kualitas telur juga dapat terpengaruh. Hal ini dikarenakan mutasi telur menumpuk dari waktu ke waktu sehingga risiko kemungkinan pembuahan dan keguguran abnormal meningkat.

Bagaimana Jika Saya Memiliki Nilai AMH Yang Rendah?

Jika Anda memiliki tingkat AMH yang sangat rendah, kemungkinan besar Anda akan memberikan respons yang buruk terhadap dosis obat yang terlibat dalam metode fertilisasi invitro (IVF konvensional) atau bayi tabung. Namun, IVF Alami dan IVF Modifikasi Alami dapat menjadi pengobatan yang lebih cocok untuk mereka yang memiliki cadangan ovarium rendah.

Nilai Hormon FSH Tinggi dan Hubungannya Dengan Cadangan Ovarium

Hasil AMH yang rendah biasanya bertepatan dengan hasil FSH yang tinggi, dan keduanya bersama-sama merupakan indikator cadangan ovarium yang rendah.

FSH adalah singkatan dari 'follicle stimulating hormone', dan merupakan hormon yang dilepaskan oleh otak yang merangsang pertumbuhan dan perkembangan folikel di dalam ovarium. Folikel yang berkembang melepaskan estrogen yang menghambat FSH, yang menunjukkan bahwa ada cukup folikel yang layak untuk 'direkrut'.

Ketika cadangan ovarium rendah, tidak akan banyak folikel yang direkrut, dan kadar estrogen yang dilepaskan akan rendah. Ini memberi sinyal pada otak bahwa folikel yang berkembang tidak cukup, dan selanjutnya akan melepaskan lebih banyak FSH. Inilah sebabnya mengapa wanita dengan cadangan ovarium yang berkurang akan memiliki kadar FSH yang tinggi saat diuji pada hari ke-3 siklus.
FSH dulunya adalah tes darah yang paling umum digunakan untuk menilai cadangan ovarium. Namun, karena fakta bahwa kadarnya dapat bervariasi dari bulan ke bulan, maka saat ini banyak dokter memilih untuk menguji hasil AMH untuk mendapatkan wawasan yang lebih akurat tentang cadangan ovarium.
Nah, itu tadi penjelasan singkat tentang hubungan anti mulerian hormon dan tingkat kesuburan wanita. Semoga bermanfaat dan membawa pembaharuan semnagat bagi semua pasangan yang masih berikhtiar untuk mendapatkan momongan. 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

10 comments:

  1. Oh, jadi kadar AMH yang rendah tidak mutlak menjadi penyebab kemandulan ya. Kadar AMh yang rendah membuat risiko sel telur yang dihasilkan tidak bermutu dan peningkatan risiko keguguran... Ok i see.... terima kasih banyak mbakk!

    ReplyDelete
  2. asik, dapet ilmu baru lagi
    jujur ya, kadang aku suka iri sama orang yang ketika program hamil ketauan masalahnya apa dan dimana, entah itu pcos, hormon fsh, dll. kayanya jadi lebih jelas apa treatment yang harus dilakuinnya. sementara aku sama suami tiap test apa pun hasilnya bagus. emang jalan rezeki tiap orang berbeda ya

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu tentang ini mbak. karena pengalaman 3x hamil cepet semua. Tapi yang pertama keguguran dan sempat bikin was2 karena ada yang bilang kalau keguguran susah hamil lagi. Ternyata 3 bulan hamil lagi.

    Baca tulisan ini jadi tambah pengetahuan, terima kasih mbak

    ReplyDelete
  4. Mbak tanyakan ke pak dokternya, semisal memang AMH kita rendah, tindakan apa yang semestinya kita lakukan. Misal harus banyak makan apa atau lakukan pengobatan apa,hehhehhe,,,

    Wanita wajib tau nih ya tentang artikel ini. Semoga yang menanti kehamilan segera diberi rejeki oleh Allah, aamiin!

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah jd dapet info baru, thabks kak. ini bs ada diliat dr pengaruh menstruasi juga ya gejala AMH ini

    ReplyDelete
  6. Ternyata beberapa kasus sulit hamil karena AMH terlalu rendah ya. Orang awam akan langsung pasang stigma mandul.
    Makasih pencerahannya.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu mengenai hal ini, alhamdulillah saya gak mengalami gangguan hormon AMH. Informasinya sangat membuka wawasan saya, semoga dipermudah dalam memiliki keturunan ya

    ReplyDelete
  8. dengan tahu penyebab dengan jelas, apa yang menyebabkan sulit hamil maka kita bisa melakukan treatment yag tepat untuk permasalahan tersebut. Ilmunya sangat berguna dan bisa lebih menenangkan

    ReplyDelete
  9. Ternyata AMH bisa jd salah satu penyebab seseorang sulit hamil namun dengan terapi yang tepat masih ada kemungkinan memiliki anak ya mbak. Semoga mereka yang blm punya momongan dimudahkan dalam memilikinya aamiin

    ReplyDelete
  10. Oh jadi bisa di test banyaknya jumlah telur dari kadar hormon AMH?
    Persis seperti Drama Korea Oh My Baby niih...

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.