Mengenal Keunikan Gaya Bahasa Inggris British Dan American

Belajar Bahasa Inggris gaya Amerika atau British? Sebenarnya sama saja namun kita bisa memilah ke mana kita akan melajuntkan hidupmu setelah kita  menguasai  berbasa Inggris. Sama seperti halnya dengan memilih tes bahasa Inggris. Tentu kita harus memilih antara IELTS, TOEFL, TOEIC, atau TOEFL, karena hasil tes bahasa Inggris tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sama halnya dengan logat bahasa Inggris. Jika kita memutuskan untuk melanjutkan karier atau pendidikan di Eropa, tentu British English  akan lebih direkomendasikan.

Bismillahirrahmaanirrahiim  Begitu sebaliknya, kalau kita ingin melajutkan karier atau pendidikan di Amerika Serikat atau Kanada, American English akan lebih direkomendasikan untuk kita pelajari.  Meskipun, penulis melihat American lebih simple di beberapa bagian grammatical tetapi itu bukan menjadi alasan untuk memilih British, menguasai keduanya lebih baik. Hal ini akan sangat mempermudahmu karena kita tahu kosakata apa yang harus digunakan ketika berada di suatu tempat atau ketika bercakap dengan seseorang. Intinya, kita harus terus berlatih, membaca secara kontinyu dan bilamana menemukan kosa kata baru yang belum tahu artinya bisa menggunakan bantuan kamus atau bisa browsing. 
Satu lagi, yang tak kalah penting unutk diterapkan adalah mulailah belajar bahasa inggris dari yang termudah menurutmu. 
Kalau menurutmu British English lebih mudah karena kita pecinta novel fantasi atau band dari Inggris, silakan. Atau ternyata kita adalah seorang pecinta serial TV dari Amerika Serikat, jadi menurutmu Amreican English lah yang lebih mudah. Itu juga boleh. Belajar tidak seharusnya memberatkan karena bila memberatkanmu, proses belajar jadi tidak bisa dinikmati dan hasilnya pun akan lebih lama untuk dirasakan. 
perbedaan-Gaya-Bahasa-Inggris -British-Dan-American

Mulailah belajar Bahasa Inggris dari hal yang menurutmu paling menyenangkan karena dengan begitu kita akan menjadi lebih cepat pandai. Motivasi belajar pun mempengaruhi. Semakin kuat motivasimu untuk belajar maka akan semakin cepat kita menjadi cakap. Bisa juga dengan motivasi yang lebih unik, misalnya agar bisa memahami isi lirik lagu barat yang kita idolakan atau sekdar mammpu menonton film asing tanpa subtitel.

Berikut contoh beberapa perbedaan kosakata dalam British English dan American Englishrican English.

Akhiran “-our” menjadi “-or”
British: behaviour, colour, armour, favour, glamour, honour
American Englishrican: behavior, color, armor, favor, glamor, honor

Akhiran “-se” menjadi “-ze”
British: analyse, criticise, memorise, organise
American Englishrican: analyze, criticize, memorize, organize

Akhiran “-re” menjadi “-er”
British: centre, litre, theatre, fiBritish English
American Englishrican: center, liter, theater, fiber

Akhiran “-ce” menjadi “-se”
British: deffence, offence
American Englishrican: deffense, offense

Akhiran asing yang tidak memakai tanda aksen
British: analogue, catalogue, dialogue, epilogue, toilette, programme
American Englishrican: analog, catalog, dialog, epilog, toilet, program

Penyederhanaan konsonan ganda:
British: modelling, traveller, dialled
American Englishrican: modeling, traveler, dialed

Penghilangan huruf u jika digabung dengan a atau o
British: mould, moustache
American Englishrican: mold, mustache

Penggantian huruf e menjadi i
British: artefact, enquire
American Englishrican: artifact, inquire

Itulah wawasan tentang English British dan American English menguasai keduanya atau mengetahui keduanya merupakan bonus sehingga ketika ada kata yang sesuai dengan apa yang kita pelajari kita bisa tahu bahwa itu mungkin British atau American artikel ini dibuat oleh Lister.co.id sebagai lembaga kursus bahasa inggris di indonesia.

Nah, bagaimana dengan Anda? Prefer gaya menggunakan gaya Bahasa Inggris dengan style British atau American neh? Kalau saya, suka dengan aksen British. Tapi juga tertarik dengan gaya spelling Inggris yang American. Hehehehe...


Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

22 comments:

  1. akutuh suka banget liat orang british ngomong dengan aksennya yang khas, seksi banget gitu kesannya

    ReplyDelete
  2. Aaah.. berarti sebenernya perbedaan our se dll itu tergantung dimana kita bicara ya. Semuanya benar. Soalnya sempat bingung waktu menulis color dan colour. Ternyata keduanya benar tergantung dimana kata itu dipakai. Brithis kah atau amerika.

    ReplyDelete
  3. Saya waktu kursus jaman SMP, belajarnya English British. Lama baru sadar ternyata beda beberapa penyebutan dengan yang di film-film ... film2 itu dari Amerika ... malah aneh ya aksen British itu tapi saya suka hehe.

    ReplyDelete
  4. Aku baru tahuuuu! tapi kadang jadi suka nyampur antara british dan american. walau seringnya kalau belajar gitu kan yang american yaa

    ReplyDelete
  5. Duh saya gak bisa duaduanya. Baru belajar Bahasa Inggris nih wkwkw. Tapi kalau dengerinnya, suka gaya British sih. Kebetulan ada teman, orang Skotlandia, beberapa kali ngobrol dengan dia, jadi yaa dengerinnya logat British.

    ReplyDelete
  6. Aduh auto buka kamus nih udah lama gak dipake bahasa inggrisku yang pas2an :)

    ReplyDelete
  7. Artikelnya ini seperti baca baham pelajaran sekolah, hehe...
    Tapi jadi dapat masukan ilmu nih, Jadi tau bedanya British English and American English.

    ReplyDelete
  8. Nah, kadang pake British kadang American haha, aku gak begitu bisa bahasa Inggris sih, apalagi sekarang jarang digunakan.
    Ternyata ada penyederhanaan konsonan ganda ya, seperti traveller itu yang benar hrf l nya satu atau 2, ternyata sama-sama benar :D

    ReplyDelete
  9. Ohh baru tahu kalau centre dan center itu semuanya betul ya mbak, Tinggal ikut paham yang British atau American aja ya. Emm British kali ya yang udah familiar sejak sekolah dulu.

    ReplyDelete
  10. Mb...inggrisku kacau...lha nggak pernah dipraktekkan. Klo dengerin paham..tapi klo durung ngomong...ha..ha...entahlah..gaya Jogja paling..alias medok

    ReplyDelete
  11. Kalo nulis campur-campur kadang color, kadang colour. Seingatnya aja.
    Kalo bahasa inggris mana yg paling enak didengar ya pastinya british. Tapi buat sehari-hari ya american hihi

    ReplyDelete
  12. Setuju mbk, belajar bahasa Inggris dari yang paling mudah dan kita sukai. Aku dulu belajatnya lewat lagu, sering banget aku catet di buku

    ReplyDelete
  13. Gitu ya bedanya British dan America, hehe selama ini taunya ejaan yang Inggris

    ReplyDelete
  14. Suka banget logat bahasa inggrisnya orang inggris, kesannya klasik. Sy ngefans sm bintang film Huge grant (sekarang udah tua kali ya udah ga danlg filmnya) selain ganteng krn logat inggrisnya .

    ReplyDelete
  15. Jd ingat dulu sering kelahi sm temen ttg beberapa kata inggris yg benar. Terus dikasih tau guru kalo keduanya benar. Soalnya ada mode british n amerika. Dan baru tau lengkapnya disini dong. Makasih banget nih mba sharingnya. Tp serius nanya nih, kalo scr listening keknya hampir gak ad bedanya ya kedengarannya? Gmn ce ngebedainnya ya..

    ReplyDelete
  16. I guess I am more into American style as it is somehow simpler. But I do love the sexy British accent LOL

    ReplyDelete
  17. Dulu pengen banget belajar bahasa Inggris sampai bisa, sampai ikut les. Sayang enggak ahli juga heheh...

    ReplyDelete
  18. Aku suka logat Britih, asa priyayi kalo di Jawa itu Jogja, gituuu...
    Kalau American style lebih bebas yaa..
    Mungkin terpengaruh juga dengan pendatang dan sistem pemerintahannya?

    ReplyDelete
  19. Aksen brithis emang beda ya...
    Klo dgr org ngomong brithis jadi gimana gitu,, ada feel tersendiri

    ReplyDelete
  20. Kalo untuk penulisan, aku masih suka campur2 antara british sama american. Tapi kalo ngomong, udah kadung nyaman pake american accent.

    ReplyDelete
  21. nahh ini saya masih suka bingung bedain mana britis mana amerika, kalau ngomongpun juga demikian :)

    ReplyDelete
  22. wah jadi tahu bedanya artikel yg menarik makRie. Menanti ada artikel serupa ya, biar bisa praktek lebih banyak bedanya.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.