Manfaat Aktifitas Me Time Untuk Kesehatan dan Pengembangan Diri

Manfaat Aktifitas Me Time Untuk Kesehatan Mental Dan Pengembangan Diri. Ternyata melakukan aktifitas secara solo (sendiri) tidak selalu identik dengan sifat egois,  juga bukan tentang  sikap introvert yang menutup diri dan menjauh dari kehidupan sosial.

Everybody need “me time”, menikmati waktu dengan melakukan kegiatan menyenangkan secara sendiri. Just me and myself untuk beberapa saat, untuk mengurangi stress, kejenuhan ataupun sekedar penyegaran pikiran (refreshing tipis-tipis). 

Bismillahirrahmaanirrahiim, perlu digarisbawahi batasan tentang “me time” atau menikmati waktu sendiri disini BUKAN yang antisocial lho ya ? 

Bukan berarti lari dari kehidupan, masalah atau orang lain, tapi kebutuhan untuk menikmati waktu dengan diri sendiri agar bisa lebih optimal mengeksploarsi rasa dan pemikiran secara independent, be ourselve tanpa interupsi orang lain. 

Manfaat--Me-Time-Untuk-Kesehatan-Mental-Dan-Pengembangan-Diri

Setidaknya ada (minimal) 5 Manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan atau aktifitas yang dilakukan secara sendiri. 

1. Memberi ruang untuk mengajak bicara diri sendiri ( Talk To myself)

Dalam 7 x 24 jam, hampir 90% kita berinteraksi dengan orang lain, di rumah, di kantor atau di tempat lainnya. Dengan menikmati aktifitas sendirian akan memberikan kesempatan untuk memahami diri sendiri, tidak perlu berpikir tentang orang lain, just flowing melakukan ngobrol dengan diri sendiri dan berterimakasih secara lebih honest pada diri sendiri.

2. Meningkatkan Fokus dan Ide Kreatif ( imajinatif )

Dengan memberi diri sendiri kesempatan untuk menikamti waktu sendiri, biasanya akan membuat pikiran lebih terbuka, bisa lebih berimajinatif dan lebih organic ( berciri khas diri sendiri).

3.  Bisa lebih "landai" dalam mengelola emosi (mood)

Bagi yang orang yang secara rutin memberikan ruang dan waktu untuk menikmati me time, biasanya lebih bisa mengendalikan mood atau emosi. Mereka akan lebih calm down saat berada dalam situasi yang tidak kondusif, tidak mudah meledak-ledak meskipun menghadapi orang yang super duper ngeselin. Karena saat menikmati me time, emosi mendapatkan “oksigen” yang menyegarkan sehingga lebih santuy saat menghadapi  tekanan dan friksi-friksi eksternal lainnya.

4. Berlatih Membuat keputusan secara mandiri

Melakukan aktifitas secara solo, tentunya akan membawa kita pada pemilihan sikap dan membuat keputusan secara mandiri, tanpa intervensi pihak lain dan tidak perlu tergantung pada orang lain. 
Kita memang makhluk sosial, kita butuh orang lain, termasuk butuh saran dan pendapat orang lain. NAMUN tidak semua hal bisa diputuskan berdasarkan opini, saran dan penilaian orang lain. Akan ada saat dimana kita harus membuta keputusan sendiri, benar-benar sendiri.

5. Bisa Meningkatkan Hormon Endorphin

Saat bersama orang lain ~meskipun dia orang terdekat kita~ sikap berkompromi, bertoleransi dan tak jarang kita harus me-ZERO-kan ego dan mengalah. Maka saat sendiri, kita bisa memilih sikap dan benar-benar menikmatinya tanpa gangguan atau pakewuh menjaga perasaan orang lain. 

Kita juga bisa leluasa mengajak bicara diri sendiri, lebih mengenali hal-hal yang memicu emosi bergejolak  (sedih, kecewa, takut, marah, baper dll) dan hal-hal apa saja yang membuat kita tertawa, senang, dan bahagia. Artinya, memberi diri sendiri untuk menikmati waktu dan kegiatan secara sendiri secara significant bisa meningkatkan produksi hormone endorphin. 
Seperti kita ketahui bahwa hormone endorphin atau hormone kebahagiaan memiliki pengaruh positif terhadap  daya tahan tubuh, daya ingat, semangat, memperlambat proses penuaan dini dan banyak manfaat baik lainnya.
Lima manfaat yang saya sebutkan di atas baru sebagian dari sekian banyak manfaat baik yang bisa diperoleh dari aktifitas yang dilakukan secara sendiri. Tentunya juga banyak kegiatan yang dilakukan secara sendiri yang bisa memberikan manfaat baik terhadap pengembangan personality. 

Berikut ini beberapa aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara sendiri yang bermanfaat untuk pengembangan diri, tentunya versi saya ya....

Olah Raga: Jogging, Meditasi, Bersepeda

Aktifitas olahraga menjadi pilihan pertama untuk jenis aktifitas menyendiri yang patut dicoba dan memang bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa banyak syarat dan ketentuan. Selain itu bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja kita berada. 

Sebenarnya untuk olahraga renang termasuk aktifitas yang menyenangkan tapi kan butuh kolam renang dan perlu private pool jika mau renang untuk menikmati me time tersebut.

Melakukan Hobi: Edit Foto/video, Memancing, Melukis, Main Alat Musik Solo (gitar, piano, biola dll)

Untuk kategori hobi, sengaja saya tidak memasukkan hobi menulis, kecuali jika menulisnya yang menulis tanpa mikir. Tapi kalau menulis untuk konten blog, buku dan platform medsos, butuh keseriusan dan dalam beberapa jenis tema tertentu butuh studi literature kan ya? 

Begitu pula dengan aktifitas membaca, masih ada unsur “interaksi” dengan orang lain, at least dengan pemikiran sang penulis buku. Apalagi jika yang dibaca novel fiksi, yang ada ikutan baper kalau kisah yang dituangkan dalam novel banyak drama dan intriknya. 

Tapi kalau mengedit foto, video, melukis, main alat music (gitar, piano, biola dll), sangat bisa dilakukan just flowing saja. Bahkan untuk aktifitas edit foto dan video, klak-klik saja it’s okey, sejadinya, just for fun time. 

Apalagi aktifitas memancing, menurut saya kegiatan memancing adalah aktifitas yang totally memberi ruang dan waktu untuk menikmati me time with a lot of fun. Duluuu, saat saya masih tinggal di Banyuwangi kerap melakukan kegiatan memancing ikan. So far, so beautiful me time to do. 

Mencoba ketrampilan baru: Merajut, Mencoba resep masakan/kue 

Mencoba ketrampilan baru seperti merajut dan mencoba resep masakan atau kue memberikan sensasi menyenangkan dan sangat bisa dinikmati. Kalau hasil rajutannya tak berbentuk, ya tinggal diuraikan dan dicoba lagi kok. Begitu juga dengan mencoba resep masakan dan  kue, sangat menyenangkan karena kita bisa memasukkan “unsur” selera kita sendiri dan style yakin kalau hasilnya bakal mantulita. Lha kalau hasilnya jauh dari kriteria layak makan,artinya besok-besok bisa dicoba-coba lagi, seru kan bikin penasaran. 

Main Teka-Teki Silang (TTS), Catur,  Solitaire atau game digital Favorit Lainnya

Setiap orang dewasa masih memiliki sisi kekanak-kanakan, dan satu hal yang terbawa sepanjang usia adalah melakukan kegiatan yang menyenangkan yaitu main game. Siapa yang tidak setuju kalau salah satu aktifitas me time kekinian yang paling digemari oleh semua golongan usia adalah bermain game online. Game digital secara solo yang sangat populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa: TTS, Catur dan Solitaire.  

By the way, kebetulan membahas soal game digital kan? Dari 3 game digital populer yang bisa dimainkan secara solo dan memiliki manfaat baik untuk pengembangan diri, solitaire adalah game digital pertama yang saya kenal dan masih saja saya sukai hingga saat ini. 
Bisa dibilang, solitaire adalah game digital yang life time. Solitaire yang identik dengan permainan sendiri karena tidak diperlukan tim untuk memainkannya. Game Online Solitaire membawa pesan tentang kemandirian, bahwa banyak hal dalam kehidupan ini yang harus dilakukan sendiri, yang tak bisa mengandalkan atau menunggu bantuan orang lain. 
Kabar serunya, game klasik Solitaire saat ini sudah mengalami banyak metamorfosa dibandingkan di masa-masa awal saya mengenalnya sebagai game yang terpasang secara default di PC, sepaket dengan Minesweeper, Hearts dan FreeCell. 

YESSS, SOLITAIRE dot org adalah platform game digital yang menyediakan aneka game yang berbasis permainan seperti solitaire. Dengan mudah kita bisa memilih permainan solitaire gratis yang berada di bagian bawah halaman utama situs ini. 

Daya tarik platform solitaire.org sebagai salah satu platform yang menyediakan game gratis ini bisa menjadi pilihan favorit karena:
  • Tersedia beragam pilihan game game gratis yang bisa dimainkan, menarik, seru dan tidak perlu membayar meskipun kita naik level
  • Desain game yang mudah dipahami dan dimainkan karena terdapat penjelasan yang lengkap bagaimana cara memainkan setiap jenis game yang tersedia. Bahkan bagi pemula atau yang baru kenal game ini, bisa langsung memainkannya dengan mudah.
  • Tidak perlu mengunduh aplikasi untuk bermain, jadi tidak perlu kuatir menghabiskan memory laptop dan computer.
  • Tidak perlu kuatir data pribadi tersebar kemana-mana karena di platform solitaire ini kita tidak perlu mendaftar atau membuat akun pengguna
  • Yang tidak kalah menariknya di situs ini tidak ada iklan, jadi kita bisa fokus bermain tanpa terganggu oleh tayangan iklan.
FYI ya, pada platform solitaire.org ini selain menyediakan game populer berbasis solitaire seperti Klondike, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks dan Golf, kita juga bisa menemukan koleksi game online menarik lainnya yang dikelompokkan sebagai  berikut:
  • Mahjong games (https://www.solitaire.org/mahjong-games/)
  • Hidden object games (https://www.solitaire.org/hidden-object-games/)
  • Card games (seperti permainan gin rummy, crazy eights, euchre, hearts, etc ( https://www.solitaire.org/card-games/)
  • Connect 3 games ( jenis game seperti zuma ball shooters atau candy crush ( https://www.solitaire.org/match-3-games/)
  • Dan masih banyak Game Online Gratis yang menarik lainnya seperti pacman, tennis, etc (https://www.solitaire.org/free-online-games/)
So far, game yang terdapat pada platform solitaire.org cukup banyak, kita bisa memilih jenis game yang sesuai dengan mood dan bisa kita mainkan dengan nyaman saat meluangkan waktu untuk me time. Beberapa jenis game online  yang sukai di situs solitaire.org antara lain:

Daily Mahjong 

Terdapat 3 tipe daily mahjong: mahjong solitaire, Mahjong Connect, Triple Mahjong. Cara memainkan daily mahjong ini terbilang simple tapi butuh kejelian karena pola (gambar) mahjong tampak serupa, bentuk dan warnanya.  


Gabungkan 2 batu mahjong yang sama untuk mengeluarkannya dari lapangan bermain. Anda hanya dapat menggunakan batu gratis. Sebuah batu bebas tidak tertutup oleh batu lain dan paling sedikit 1 sisi (kiri atau kanan) terbuka.

Daily Word Search 

Pada dasarnya game daily word search serupa teka-teki untuk menyusun kata dari abjad/huruf yang tersebar secara acak pada papan permainan. 
Cara mulainya adalah memilih pada ukuran kotak teka-teki yang akan dimainkan: 12x12 (21 kata), 14x14 (25 kata) atau 16x16 (25 kata). 
Bagian atas kolom kiri menyediakan daftar kata dengan sejumlah kata yang akan ditampilkan dan kemudian menghitung berapa banyak kata yang tersisa. 10 kata pertama ditampilkan kemudian saat kata tersebut sudah ditemukan, kata tersebut akan menghilang dan kata baru menggantikannya.

Teka-teki kata ini bisa ditemukan dengan maju, mundur, atas, bawah, atau diagonal. Ketika kita menemukan kata-kata tepat dalam teka-teki, kata tersebut akan diborder dengan warna hijau. 

Free-Game-Online-Daily-Search-Words

Setiap hari game ini menawarkan level lain untuk dimainkan untuk setiap ukuran papan. Saat kita bisa menyelesaikan level, kita bisa memilih tanggal lain yang tersedia pada menu pemilih tanggal kalender sebelah kiri, atau jika kita tidak menyukai level yang muncul hari ini, kita bisa memilih hari lain.

Mahjong 

Game Mahjong ini secara otomatis akan mengatur (tile) ubin pada papan permainan, dengan 144 ubin. Masing-masing dari 36 desain ubin akan muncul rata-rata 4 kali, yang memberikan peluang untuk membuatnya 2 pasang.

game-online-gratis-mahjong

Apabila kita tidak menyukai pola pengaturan tersedia atau jika kita merasa sudah stag (tidak bisa memasangkan kotak-kotak ubin pada permainan, bisa memilih opsi yang lain dengan mengklik tombol di sebelah kanan layar: .shuffle, New, Undo  atau  Options (memilih pola ubin sirkus, simbol, kayu, atau bunga) 

Overall,
Ada banyak alternative aktifitas yang bisa dipilih untuk me time, memberi ruang dan waktu bagi diri sendiri dengan melakukan hal-hal “ringan”, menyenangkan diri sendiri, bersantai dan menjauh sejenak dari keramaian sosial. 

Kita memang makhluk social, tapi kita juga makhluk individu yang membutuhkan (sesekali) ruang dan waktu yang cukup untuk menikmati hidup untuk diri sendiri, selama yang kita lakukan positif, InsyaAllah hal-hal baik berikutnya akan membawa manfaat positif bagi pengembangan potensi diri dan perbaikan emosional. Give me stage, then I’ll be shine.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

8 comments:

  1. Sebagai ibu-ibu dengan 2 anak, me time ini mutlak banget buat aku. Kalau nggak ada me time dan jeda, bisa rungsing dan anak-anak yang kena imbasnya, kasian :( Baru tahu juga ada web khusus untuk main solitaire..

    ReplyDelete
  2. Setuju banget, dengan me time bisa ngurangin stres apalagi sekarang masih belum leluasa jalan-jalan. Jadi dengan hobi dan nambah skill pokoknya produktif yg seru juga bisa jadi me time ya

    ReplyDelete
  3. Daku suka main Solitaire, karena memang lebih fresh aja jadinya pasca bermain terus balik lagi ke rutinitas. Memang perlu menyediakan waktu untuk me time agar lebih longgar pikiran

    ReplyDelete
  4. Me time itu menurutku wajib banget dilakukan mbak, apalagi buat yang sehari-harinya kerja. Duh solitare sama mahjong ini game favorit aku. Emang lawas sih, tapi bisa melatih konsentrasi yaa.

    ReplyDelete
  5. wahahahha solitaire itu menemaniku pas jaman-jaman suntuk bikin skripsi dulu hahahhah udah hepi bgt main game itu pada masanya. me time memang penting dan perlu kita porsikan waktunya sih secara rutin.

    ReplyDelete
  6. Mencoba keterampilan baru ini salah satu yang aku sedang lakukan.

    Btw dulu banget aku main solitaire tapi bukan di website. Ternyata sekarang ada juga ya dan banyak modifikasinya juga.

    ReplyDelete
  7. bener banget nih butuh me time, biar makin semangat lagi, meski me time nya cuma kegiatan receh kaya main game gini ya hehehe

    ReplyDelete
  8. me time, just me and myself...yes!!
    aku dan suami gamers, bedanya suami main jenis MOBA sementara aku lebih suka permainan sendiri seperti Mahjong ini, penasaran banget soalnya menantang diri sendiri

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.