Bisa Main Bareng Teman, Inilah 3 Game Online Favorit Bagi Anak Laki-Laki

Masa pandemic covid-19 yang aktifitas di luar rumah yang harus dibatasi demi mencegah penyebaran virus corona. Selain menggali potensi (cari-cari kesibukan yang seru) dan berusaha untuk memunculkan skill baru untuk di explore agar hidup tetap kaya warna meski harus lebih banyak di rumah saja. Melakukan berbagai kegiatan rutin serba di rumah, jarang-jarang bepergian untuk jangka waktu yang cukup lama, lumrah kan kalau muncul titik jenuh. 

Bismillahirrahmaanirrahiim, Kita masih bisa melakukan berbagai kegiatan yang sifatnya ice breaking sehingga titik-titik jenuh yang muncul tidak terakumulasi menjadi stress. Baik orang dewasa maupun anak-anak, semua memiliki potensi untuk mengalami masa-masa kejenuhan dengan level yang berbeda-beda tentunya.  
3Game-Online-Hits-Favorit-Bagi-Anak-Laki-Laki
Meskipun tingkat kejenuhan yang dialami berbeda, namun ada satu aktifitas untuk leasure time yang sangat disukai oleh orang dewasa maupun anak-anak yaitu nge-game sebagai salah satu ice breaking favorit.  Moment main game online ini adalah best moment bagi anak lanang kami, Azka yang menginjak usia remaja. Saat saya tanya apa game online favoritnya, dengan super cepat dia menyebutkan 3 jenis game online hits yang paling sering dimainkannya, yaitu  Free Fire, Mobile Legend, PUBG.

Kepo kan saya jadinya, memangnya seperti apa sih menariknya game online yang disebutkan oleh Azka tersebut? So, let's see  game Online Hits dan Favorit Bagi Anak Laki-Laki berikut ini:

1. Game Online Free Fire

Pada permainan Free fire ini, jumlah total gamers ada 50 yang harus siap battle selama 10 menit. Yang bertahan yang akan keluar sebagai pemenang. Game Free Fire ini diawali dengan para gamers yang diturunkan di sebuah pulau terpencil dari pesawat menggunakan parasut. Gamers harus mencari persenjataan di medan pertempuran dan apapun yang ditemukan  agar bisa dimanfaatkan untuk bertahan hidup.  

Secara garis besar, metode untuk survive dalam game Free Fire ini adalah bertempur dengan strategi secara smart. Gamers harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyerang atau bersembunyi. Juga bagaimana menggunakan senjata secara tepat dan cepat.
3Game-Online-Hits-Favorit-Bagi-Anak-Laki-Laki
Gamer  bebas memilih posisi, bersembunyi, menemukan senjata, menyerang, mengendarai kendaraan, dan sebagainya. Apapun bebas untuk dilakukan di sini yang penting tujuan utama tercapai: selamat menjadi orang terakhir semua peralatan yang bisa digunakan dengan  tujuan bertahan dalam zona aman selama mungkin. Menyetir kendaraan untuk menjelajahi peta yang besar, bersembunyi dalam parit, atau tiarap di padang rumput. Kapan menyerang, menembak, untuk satu tujuan: bertahan hidup dan menjawab panggilan tugas.
Game Free Fire di desain dengan  tampilan grafis 3D yang canggih, sehingga gamers bisa melihat tokoh karakter (avatar)  yang dikendalikannya secara third person view.
Daya tarik game onlie free fire lainnya adalah banyak karakter yang bisa dimainkan, tersedia macam kostum keren seperti berbagai macam rambut, topi, kacamata, baju, celana atau rok, serta sepatu yang bisa digunakan untuk mendandani karakter favorit yang dimainkan memiliki penampilan semakin menarik.

2. Game Online PUBG MOBILE

Game PUBG Mobile adalah game Battle Royale bergenre permainan video multiplayer secara online. 
Game online PUBG ini semakin popular dengan sederet award yang diperoleh antara lain Most Competitive Game dari Google Play Awards, penghargaan sebagai Mobile Game of the Year dari The Game Awards, dan sederet penghargaan lainnya.

PUBG merupakan game online yang menyajikan permainan video multiplayer, yang  melibatkan 100 orang secara bersamaan di sebuah tempat/wilayah yang luas. Semua gamer awalnya tanpa perlengkapan apapun. Setiap gamer  harus memperkuat dan mempersenjatai diri mereka dengan apa saja yang ditemukan di medan pertempuran dan dituntut  harus bisa mengalahkan lawan sebanyak-banyaknya. Pemenangmya adalah gamer atau tim gamer terakhir yang masih hidup.
3Game-Online-Hits-Favorit-Bagi-Anak-Laki-Laki
PUBG semakin menarik dengan menghadirkan pengalaman permainan yang lebih atraktif yaitu  kolaborasi eksklusif dengan Mission Impossible 6 dan BAPE, serta peluncuran kolaborasi dengan Resident Evil.
Dengan desain audio yang fantastis, PUBG ini menawarkan sensasi permainan yang bisa menjadi adiksi sebagai  game multiplayer yang memuat 100 pemain pada saat bersamaan di arena pertempuaran yang luas. Hal ini tentu menghadirkan pengalaman seru, menegangkan dan butuh strategi untuk meraih kemenangan. Dari mode klasik 100-gamers, mode payload yang seru, mode Arcade-fast yang cepat dan mode Deathmatch Team 4v4, serta mode Zombie yang menegangkan. 
PUBG MOBILE  ini bisa dimainkan secara Solo, Duet, hingga dalam bentuk tim Skuad 4-gamers. Menawarkan permainan FPS (First-Person Shooter) dan TPS (Third-Person Shooter), banyak kendaraan untuk semua medan yang berbeda dalam game dan gudang senjata realistis. Hal lain yang membuat peminat PUBG ini semakin banyak karena game online ini mudah dilakukan oleh gamer pemula serta harga yang terjangkau.

3. Game Online Mobile Legend: Bang-Bang

Mobile Legends merupakan jenis game online yang bergenre MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena, sejenis dengan Free Fire dan PUBG. yang sangat populer di Indonesia. Mobile legend juga game online pertama yang dikenal oleh anak cowok kami, tapi belakangan ini mulai jarang dimainkan setelah kenal Free Fire dan PUBG. 

Dalam permainan Mobile Legends Bang Bang terdapat dua tim saling berlawanan dan berjuang untuk mencapai dan menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis mereka sendiri untuk mengendalikan jalan setapak dan 3 "jalur" yang dikenal dengan istilah: top, middle dan bottom.

Setiap tim terdiri dari 5 gamer (pemain) untuk bekerja sama mengalahkan musuh. Masing-masing pemain mengendalikan avatar atau disebut juga HERO dari perangkat mereka sendiri. 

Mobile Legends merupakan game online yang gratis, sistem monetisasi hanya terbatas pada perbaikan pada item estetika, sehingga kemampuan yang sebenarnya baru akan terungkap di arena battle . Seiiring berjalannya permainan gamer baru bisa membuka karakter baru atau heroes yang bisa dipilih. Hanya saja ada beberapa karakter  tidak gratis alias berbayar.

Di Game Mobile Legend ini tidak ada scene training untuk si Hero, jadi menariknya untuk bisa  menang benar dibutuhkan Skill,  kerja sama tim yang solid dan dan strategi yang jitu.
3Game-Online-Hits-Favorit-Bagi-Anak-Laki-Laki
Jadi, mungkinkah salah satu atau ketiga game online tersebut juga merupakan game favorit anak-anak Anda kah? Atau malah anda sendiri juga hobi main game online tersebut? So far, menurut Azka rata-rata teman-temannya yang cowok juga memainkan ketiga jenis game tersebut. Jadi, meski saat ini mereka menjalani system pembelajaran secara learning from home tapi nyaris setiap hari main bareng di platform game online tersebut.
Eksistensi game online sekarang ini semakin naik daun dan mendapatkan apresiasi bergengsi karena memiliki manfaat positif bagi anak-anak, tentu saja dibutuhkan keterlibatan orang tua agar anak-anak tidak kecanduan game online. Selain itu, semakin kekinian semakin banyak kompetisi yang mempertandingkan gamers yang disebut dengan esports ini. 
Intinya semua kegiatan bisa bermanfaat dan memilik dampak positif, selama digunakan secara bijak dan menerapkan standar kewajaran (tidak berlebihan). Clear kan, bahwa manfaat main game online tidak hanya untuk mengisi waktu luang, atau sarana untuk menghilangkan Stress tapi juga banyak kompetisi  dengan hadiah menggiurkan, sebut saja salah satunya yang sekarang hapenning adalah ESPORT
Mumpung ngomongin tentang esport, pas banget sekarang GoPay sedang menyelenggarakan kompetisi esport “ GoPay Arena Championship (GAC). Festival Esports Online Terbesar di Indonesia yang mempertandingkan game Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire. Invitation Qualifier GAc ini akan mempertandingkan tim pro player dan Open Qualifier yang akan terbuka untuk umum. Nah, di Grand Final, kedua tim tersebut akan saling bertanding satu sama lain untuk menentukan siapa yang terbaik.
Kesempatan istimewa banget ini bagi yang #SeriusMain, buruan deh daftar ya? Periode pendaftaran sudah mulai dari tanggal 16 Juni sampai dengan 29 Juni 2020 yang memperebutkan hadiah total senilai Rp1 Miliar dan puluhan juta saldo GoPay. Ciamiiik parah kan ya?

Festival-Esports-Online-Terbesar-di-Indonesia

Saya sampai ikutan heboh memprovokasi Azka agar mau ikutan turnamen esport tersebut, agar aktifitas main game online nya lebih terarah dan memiliki target (prestasi). Artinya harus rajin dan intens berlatih lagi dan agar sesi mengupgrade skill game online, khususnya Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire bisa efektif dan efesian perlu banget tuh menggunakan aplikasi game premium dari Google Play.

Pertimbangannya sih simple, dengan menggunakan game premium maka selama main game bisa lebih focus dan tidak terganggu oleh iklan-iklan yang berseliweran berulang-ulang. Alasan lainnya, top up game bisa lebih mudah, bisa melakukan refund dengan cepat kalau-kalau karena alasan tertentu hendak membatalkan pembelian aplikasi. Dengan membeli  aplikasi premium di google play juga bisa lebih murah, serta banyak promo-promo keren di google play yang bisa dibayar dengan GoPay lhoh ?

Eh, jangan bilang kalau tidak tahu kalau pembayaran aplikasi di Google Play Store bisa dilakukan dengan akun GoPay ya? Bagi yang belum tahu, mudah banget kok menambahkan GoPay ke Google Play. simak deh langkah-langkah mengaktifkan GoPay di Google Play berikut ini:
  1. Yang pertama, langsung saja buka aplikasi Google Play Store  dari gawai dan klik pada menu yang ada di bagian kiri (atas).
  2. Pilih menu “Metode Pembayaran (Payment method) ”.
  3. Selanjutnya pilih menu “ Tambahkan GoPay (Add GoPay) ”. Pada pop-up muncul akan mengarahkan pada akun GoPay untuk verifikasi. Lanjutkan saja dengan klik “lanjutkan (continue)” yang terdapat pada bagian bawah.
    Cara-Mengaktifkan-GoPay-diGoogle-Playstore
  4. Pada tampilan berikutnya merupakan afirmasi bahwa GoPay sudah terhubung dengan Google Play dan bisa langsung klik “ Lanjut/ continue” yang ada di bagian bawah layer ponsel.
  5. Jika akun GoPay belum terdapat PIN, setting penambahan PIN GoPay dulu. Setelah itu, baru lanjutkan memasukkan PIN GoPay pada Google Play.
    Cara-Mengaktifkan-GoPay-diGoogle-Playstore
Fixed ya, GoPay sudah terhubungkan  pada Google Play Store dan siap digunakan untuk beli game, top  up game atau beli aplikasi lainnya di Google Play deh. Yang lebih menariknya lagi, dengan menggunakan GoPay untuk pembayaran di Google Play  ini bisa lebih mudah, cukup sekali klik, dan bebas biaya admin. 

Lantas, Bagaimana Cara Membayar aplikasi di Google Play Store dengan menggunakan GoPay ?

Prosedur pembelian aplikasi di Google Play menggunakan GoPay sebenarnya gak ribet, sama mudahnya kok dengan menautkan GoPay ke Google Play. Sebagai contoh saja, bisa diikuti langkah-langkah pembelian game premium di google play berikut ini:
  • Pilih aplikasi yang ingin dibeli dari Google Play Store  
  • Pilih kategori games yang premium, selanjutnya klik pada harga game yang akan dibeli.
  • Pada pop up menu yang muncul, langsung saja klik “ LANJUTKAN atau CONTINUE”. 
  • Pada layar berikutnya (sudah ada opsi pembayaran dengan GoPay), langsung klik pada “ 1 – TAP BUY ” yang ada di bagian bawah layer gawai. Kemudian masukkan kata sandi yang kita gunakan pada Google Play Store. Kadang ada juga alternative verifikasi menggunakan “ Touch the fingerprint sensor ”, selain menggunakan password.
    Bayar-aplikasi-Google-PlayStore-dengan-GoPay
Nah satu lagi, ada kabar bahagianya bagi pengguna baru, bisa menikmati promo Google Play dengan cashback 100% dari tanggal 1 s/d 30 Juni 2020. 
Dan sekali lagi neh, bagi siapa saja  yang tertarik mengikuti turnamen esport GoPay Arena Championship (GAC), info lengkapnya bisa dilihat di www.gopayarena.id. Kuy yaaa…ditunggu battle kaliyan di esport terkeren tahun ini.



Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

22 comments:

  1. Saya taunya cuma mobile legend, tapi belum tau cara memainkannya. Cuma denger aja banyak yang kecanduan game tersebut. Gitu aja.

    ReplyDelete
  2. Whoaaaa, seruuu banget niiih
    Mumpung anak2 masih #DiRumahAja kayaknya bisa diarahkan buat ikutan kompetisi yaaakk
    Mayan hadiahnya :D

    ReplyDelete
  3. Wihh mantap hadiahnya. Anakku suka nge-game juga tapi masih level anak kicik. Cuma dia mainnya Roblox. Emang selama #Dirumahaja ini mau gak mau kasih selingans ama anak biar gak bosen. AKhirnya ya dikasih HP itu meskipun gak terus2an tapi selalu setiap hari.

    ReplyDelete
  4. Buat Gamers familiar nih yaa, aku ga pernah main games, jadi katro dengan istilah2 diatas.
    Btw makasih infonya loh Rie, tak kasih ade dan ponakan yang suka main games

    ReplyDelete
  5. nggak cuma cowok deh, kayaknya game itu juga populer di kalangan anak cewek.. bhkn mbakku aja sukaa maenin pubg. kalo aku sih lebih suka maenin game desain2 aja hehe

    ReplyDelete
  6. Saya gak ngerti ttg game yang lagi hits di atas, tapi sering dengar. Anak saya yang usia 7 tahun suka cerita tentang game-game tersebut, tapi saya gak ngerti, mau gak mau saya harus belajar biar bisa diajak komunikasi 2 arah sama anak.

    ReplyDelete
  7. Mba Riri anakku yang cowok nlom kenal game2 yg kayak gini nih...
    akunya gak bisa ngikutin jugak hahaha...biar ayahnya aja deh nanti

    ReplyDelete
  8. Anak saya penggemar PUBG, nih. Kalau udah main bisa ngoceh seru deh sama teman-temannya

    ReplyDelete
  9. Anakku tuh juga senang banget sama game online tapi selalu aku pantau terus setiap dia main karena aku batasi. Sekarang tuh enak banget ya, bisa pakai gopay untuk pembayarannya game onlinenya.

    ReplyDelete
  10. Anak saya masih lima tahun, jadi belum main game. Tapi lihat keponakan yang smp, duh kayaknya tiada hari tanpa free fire deh.

    ReplyDelete
  11. wah, we are have not boy, but they are love playing game to, with gopay, make our transaction easy and not afraid be late or suddenly off

    ReplyDelete
  12. Anakku Alde juga main Free Fire dan ML ada juga sih manfaatnya main game bisa tambah kosakata bahasa Inggris dan tambah keterampilan juga ya

    ReplyDelete
  13. Aku ga paham game-game anak lakik begini, hahahaha. Sukanya cuma main Hayday dan dinner dash yang game berat.

    ReplyDelete
  14. Bermain games zaman sekarang memang seru yaah...
    Dan banyak kejadian unik karena bisa berkenalan via games lanjut ke dunia nyata.
    Ditambah ada wadah seperti turnamen esport GoPay Arena Championship.
    Semoga dengan berkompetisi, semakin menambah kreatifitas dalam bermain.

    ReplyDelete
  15. Game online kekinian banget ini anak2 jaman now pada tahu malah emaknya yg gaptek. Klo hobby nya bisa disalurkan walaupun game bisa jd profesi ya apalagi sekarang ada esport

    ReplyDelete
  16. Wah aku jujur ga tau semua ini gamesnya mba hehehe karena akunya juga gaptek wkwk pdhl suami suka main games ya ga ngeuh juga

    ReplyDelete
  17. Pinter ya Azka. Tiga game online di atas sangat familiar, tapi aku belum pernah mencobanya. Hahaha. Saldo gopay kudu top up terus nih biar aman buat bayarnya. :D

    ReplyDelete
  18. Adik sama ponakan nih fans berat Mobile Legend. Mereka asik banget kalau udah maen. Kadang suka cela-celaan kalau ada yang kalah. Saking asiknya bisa lupa makan

    ReplyDelete
  19. Game favorit sejuta umat ini yaa. para gamers pasti suka banget main game ini sampe lupa waktu

    ReplyDelete
  20. Asyik ya Gopay ini. Kalau anakku mainnya mobile legend, sama teman-teman sekolahnya. Tapi suka kuingatkan biar nggak kebablasan.

    ReplyDelete
  21. Anakku yang main Pubg cuma yang sma mbak. Kalau yang lain mainnya main craft hahahaha. Jadul pisan

    ReplyDelete
  22. There are so many games out there and sometimes I hate to see them playing all day long. We really have to curve that

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.