7 Cara Sedekah Shubuh Agar Hidup Penuh Berkah

7 Cara Melakukan Sedekah Shubuh Agar Hidup Penuh Berkah. Sedekah memang diketahui sebgai pensuci atas harta yang dimiliki. Tidak ada batasan waktu untuk melakukan sedekah, tapi yang paling diutamakan yaitu pada waktu Subuh atau sebelum matahari terbit. Sedekah tidak melulu soal harta, mendoakan orang yang sedang sakit juga merupakan bentuk sedekah. Dan berikut ini cara melakukan sedekah di waktu Subuh agar mendapatkan kehidupan yang penuh dengan berkah.

Menyediakan Kotak Khusus Sedekah Di Rumah
Anda yang salat Subuh di rumah, tetap bisa melakukan sedekah ini dengan cara menyediakan kotak khusus. Bismillahirrahmaanirrahiim, tidak perlu menunggu banyak uang untuk melakukannya, asalkan rutin dengan jumlah rupiah yang kecilpun bisa dilakukan. Masukkan setiap rupiah terbaik yang Anda miliki ke kotak sedekah di waktu Subuh dengan penuh keikhlasan dan panjatkan doa. Kumpulkan sebanyak yang dibisa, dan salurkan kepada yang membutuhkan.

Mengisi Kotak Amal Setelah Salat Shubuh di Masjid
Tangan kanan memberi dan tangan kiri tidak perlu mengetahui, inilah cara terbaik mengeluarkan sedekah. Allah tidak melihat seberapa besar nilai uang yang Anda keluarkan, tapi seberapa ikhlas menyalurkan setiap harta yang dimiliki di jalan-Nya. Isilah kotak amal seusai Anda salat Subuh, tanpa perlu memperlihatkan jumlah uang yang dimasukkan ke dalamnya.

7-Cara--Sedekah-Shubuh-Secara-Istiqomah
Menyingkirkan Hal yang Mengganggu di Jalan
Sedekah shubuh tidak melulu soal harta yang dimiliki, tapi Anda juga bisa melakukannya dengan mnyingkirkan segala hal yang mengganggu di jalan. Misalkan, Anda pergi atau pulang dari Masjid, lalu melihat batu, paku, sampah yang berserakan, atau hal lainnya, maka segera singkirkan dengan niat seagi sedekah secara ikhlas.

Memberikan Kultum Subuh
Anda yang memiliki ilmu memang sudah seharusnya untuk dibagikan, dan ini akan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain. Istimewanya sedekah di waktu Subuh dengan memberikan kultum seusai salat adalah dapat menjadi amal jariyah yang tidak akan pernah terputus sekalipun Anda telah meinggal dunia.

Memberi Makan Tetangga atau Orang di Sekitar
Saat ini terdapat sebuah kebasaan baru yang sangat baik, di mana semua orang berlomba untuk memberikan makanan kepada orang-orang. Tahukah Anda jika yang paling utama adalah melakukan sedekah makanan tersebut di waktu Subuh, kepada orang yang terdekat terlebih dahulu? Bersedekahlah atas apa yang Anda miliki kepada orang yang ada di sekitar, seperti tetangga, keluarga, dan orang yang membutuhkan lainnya.

Azan Subuh Menjadi Sedekah
Pernahkah Anda mendengar tentang kisah Bilal yang mengumandangkan azan untuk pertama kalinya di Madinah? Dia merupakan sosok muazin pertama di zaman Rasullah, dan dikisahkan bahwa sandal Bilal sudah ada di surga, sementra dia masih hidup. Dari sedikit kisah tersebut, ditarik makna bahwa orang-orang yang membangunkan dan mengajak untuk salat berjamaah memiliki pahala yang luar biasa, terutama dilakukan pada waktu Subuh.

Senyum dan Salam Bertemu Saudara Seiman
Islam tidak pernah membebankan umatnya, Anda tidak memiliki harta lebih, atau bahkan ilmu untuk disedekahkan, maka berikanlah senyuman dan salam kepada saudara seiman. Itu juga dapat dijadikan sebagai sedekah Subuh. Ucapkan salam secara lengkap saat bertemu, dan itu merupakan sedekah terbaik, karena berisikan doa akan keselamatan.

Demikian sharing mengenai bentuk-bentuk amalan sedekah Shubuh agar hidup lebih berkah, semoga kita termasuk golongan orang yang bisa istiqomah melakukan sedekah dengan sedekah sebaik-baiknya hingga akhir hayat husnul khatimah, aamiiin.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

9 comments:

  1. yang terakhir itu sedekah yang paling sederhana dan mudah dilakukan oleh siapa saja ya mbak. Mengucapkan salam dan tersenyum kepada saudaranya bukan hanya memberikan rasa aman dan nyaman namun menuai pahala pula. makasih remindernya mbak

    ReplyDelete
  2. MasyaAllah betapa utamanya sedekah subuh ya mbak.
    Gak mesti berupa uang tapi juga senyuman atau perbuatan lainnya ya.
    Kalau di rumah, anak2ku kubiasakan infak digital gitu tiap tiap hari bergantian, bukan nominal yang besar tapi moga2 berarti
    Tujuannya supaya anak belajar sedekah, trus merasa terhibur juga pencet2 aplikasi digitalnya, gtu aja mereka dah hepi hehe

    ReplyDelete
  3. MasyaAllah inspiratif dan informatif banget ya mba Ri...
    gak sesempit yang kita bayangkan makna dari sedekah

    ReplyDelete
  4. Banyak cara untuk berbuat baik, sebanyak cara untuk bersedekah ya Mbak. Gak punya uang, masih ada yang bisa disedekahkan. Entah tenaga, kebaikan hati, atau hanya sekadar senyum. Memasukan uang ke kotak kecil setiap habis shalat subuh saya pikir sangat baik. Walau dengan jumlah kecil, lama-lama akan banyak juga dan dapat membantu orang

    ReplyDelete
  5. Banyak cara melakukan kebaikan termasuk untuk bersedekah. Kita sebagai manusia yang sering terlalu ribet karena banyak alasan. Padahal tuntunan agama sudah memudahkan segalanya. Bahkan sesederhana senyum yang dilakukan dengan ikhlas adalah sebuah sedekah yang membahagiakan.

    ReplyDelete
  6. MashaAllah~
    Tabarakallahu.. Aku baca di buku Ustadz Ali Jabber juga mendawamkan sedekah shubuh di tabungan khusus agar saat sudah terkumpul, bisa dikeluarkan haknya kepada hamba Allah yang membutuhkan.

    ReplyDelete
  7. Iya,sedekah subuh itu banyak pahalanya ya kak
    selain itu juga membuat hidup jadi makin berkah

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah ya mbaaa bisa selalu berbai kebaikan dan mengingatkan kita semua akan indahnya sedekah subuh ini

    ReplyDelete
  9. Tulisan Mbak Rie ini jadi pengingat buat saya. Senyum pun bisa jadi sedekah ya. Dan banyak cara sebenarnya bisa dilakukan.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.