WHAT'S NEW?
Loading...

Darimu.....

Jika ada yang bertanya [saia tanya sendiri saja karena kenyataannya belum ada yang tanya kok....] sejak kapan saya iseng corat-coret nulis puisi ngawur ala saya? Ingat saya sejak SMP tapi hanya sekedar nulis di lembar-lembar buku tulis saat jenuh mendengarkan guru memberikan penjelasan yang berdurasi lama #maafkan saya yaa para guruku. Makanya saat SMP saya tidak punya dokumentasi coretan puisi alay yang saya buat. Bahkan saat SMA pun, saya masih suka-suka nulis puisinya di lembaran kertas kemudian dibuang.  Baru saat kelas 3 SMA, secara sengaja saya menuliskan dalam buku tersendiri. Dan Bismillahirrahmaanirrahiim tentu saja model kalimatnya lebih acak kadut dari sekarang. Bertepatan dengan Bulan Nopember dimana terdapat moment bersejarah yaitu hari Pahlawan yang sebentar lagi kita peringati, ternyata dari koleksi puisi lama tersebut, saya pernah membuat puisi yang ber’ide tentang pahlawan. Mau tahu seperti apa puisi saya di jaman SMA...inilah salah satunya yang saya beri judul : Darimu...

Dari jasamu,
Dari pengorbanan tanpa pamrihmu
Untuk cucumu

Kebahagiaan yang kunikmati kini
Udara kemerdekaan yang mengisi rongga dadaku
Adalah buah perjuanganmu
Semua tulus kau relakan
Demi ibu pertiwi tanah tumpah darah
dan generasi keturunan, anak cucu bangsa

Kini
Kau terbaring beku
Kau telah tiada lagi
Namun semangat ksatriamu
Merupakan selubung ‘kan terus menyala
Adalah warisan tiada ternilai buat kami
“ Merdeka atau Mati !”

Rapi dan bagus hand writingnya kan?
Nah, itulah hasil karya puisi saya saat SMA. Tatanan kalimat dan diksinya lugu kan? Tapi tulisan saya bagus kan? Iyalah bagus, wong saat SMA jabatan prestisus di kelas sebagai sekretaris yang artinya siap rebonding jari jemari karena tiap kali pelajaran yang banyak teorinya, kan sering ditulis di papan. Dan hasilnya saya menuliskannya dua kali, di depan kelas dan menyalinnya lagi di buku tulis saya sendiri. Kira-kira, sekolah sekarang masih ada gak ya muridnya di suruh nulis di papan tulis kayak dulu? Semoga gak ada, terutama di daerah yang sudah melek teknologi, masak era digital begini masih nyuruh muridnya mencatat? Maaf, jadi nglantur jauh amat yaaa....

Oke deh, selamat menyambut Hari Pahlawan dan semoga jangan ada tawuran lagi yaaa...Jangan biarkan Indonesia terkenal sebagai negara yang generasinya hobi tawuran.



122 comments: Leave Your Comments

  1. Kayaknya jaman dulu saya juga suka nulis puisi asal2an mbak, tapi sekarang suseh banget bikin puisi dan sering ga bisa memahami puisi orang. hikz.

    Tapi puisi mbak Ririe diatas saya bisa memahami kok, bahasanya sederhana :)



    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gak bisa sering2 nulis puisi kok..masih terpengaruhi oleh si moody kalau mau bikin puisi:)

      Delete
  2. puisi yang bagus mbak, begitu besarnya jasa para pahlawan kita,tnggal bagaimana kita sekarang mengisinya dan yang tetntu tidak kita isi dengan tawuran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, rasanya sangat gak menghargai pengorbanan para pahlawan jk di era yg bebas dr imperialisme ini justru diisi dengan tawuran ya

      Delete
  3. Saya juga sering corat coret nulis puisi lo Kak, padahal dulu hanya corat coret, tapi setelah dibaca sekarang kok bagus ya hasilnya, kayak punya Kak Ririe, apik Kak puisinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama neh, saat SMA suka corat-coret dan ketika di baca sekarang berasa hemmm..lumayan juga puisi saat abege dulu ya

      Delete
  4. Ya, para pahlawan kita memang sudah berjasa banget terutama buat kedaulatan negara kita, Indonesia

    Merekalah pejuang tanpa pamrih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pahlawan tanpa tanda jasa adalah pejuang tanpa pamrih yg berkorban demi kepentingan bangsa.

      Delete
  5. tulisanya bagus mba...puisinya juga bagus

    ReplyDelete
  6. saya g pernah bisa menilai puisi itu bgus atau tidak, bagi saya puisi itu bagus semua

    ReplyDelete
  7. Hahahah sekarang masih Oktober ya. Wah keren keren ya Memoar Puisi Puisi sejak SMA masih tersimpan dengan baik. Saya aja cuma punya buku buku SMA aja yang masih agak untuh. Keren keren, Bakat puisinya mba ternyata sudah sejak SMA rupanya. Mantaffssssssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. whaduuuhh, efect keinget omongan si Una yg bilang tgl 10 Nopember mau ke Surabaya neh. Jd berasa sekarang udah Nopember. Gpp kan, hari Pahlawannya kurang sebulan lagi...hehhehe

      BUku-buku SMA saya masih tersimpan baik..apalagi yg buku paket. di sayang-sayang karena dulu bisa belinya penuh perjuangan, jd klo ada yg pinjam [wktu saya dah lulus], saya tanyain begitu si peminjam udah naik kelas/lulus sekolah.

      Delete
  8. Puisinya natural, persis kalau anak SMA yang buat :). Aih, padahal sekarang aku juga ga jago kalau disuruh bikin puisi natural. Malah lebay kebacanya, :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama MBak, sekarang kalau saya bikin puisi bikin bingung yg ngebaca tuh. hehehhee. #pengakuan

      Delete
  9. mampir mbak .//
    mau jalan lagi yaa...

    ReplyDelete
  10. Wah bagus lho Mbak karyamu saat SMA dulu. Kalau corat coret saya dulu sih malah menggambar, apapun digambar haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebalikannya denganku tuh, kalau suruh gambar bisanya ya lukisan sawah, matahri terbit dan bunga dalam pot..hehehe

      Delete
  11. wah gak nyangka jiwa patriotisme dan heroisme serta kepeduliannya ada sejak SMA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telat ya mas, kalau jaman dulu usia SD saja sdh berani meyobek bendera belanda kan?

      Delete
  12. itu saat mbak ririe masih lugu, bikinnya. sekarang kan nggak lugu lagi nih.. wkwkwk. bagus koq Mbak... lebih natural malah.

    btw, hari pahlawan masih sebulan lagi lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kalau ksrg puisinya sdh gak natural dunk:(

      #iya neh, rajinnya saya kan..hari pahlawan msh sbulan lg tp saia sdh bikin postingan heroisme skrg

      Delete
  13. wah keren deh mabk ririe masih punya koleksi puisi waktu SMA. kalo gue jangankan puisi, 1 lembar helainya pun gak ada tuh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kenangan SMA teuteup tak terlupakan dunk tentunya...hehehe

      Delete
  14. selamat hari pahlawan ya, sy baca2 dulu ya ya artikel krennya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee,,hari SUmpah Pemuda dulu neh kayaknya

      Delete
  15. aku jaman SMA juga suka nulis puisi, tapi skrg kok belum bisa lagi ya

    btw, bagus mbak puisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhee..masih ada beberapa yg lain, dan Alhamdulillah saya ternyta jaman SMA gak ada nulis puisi roman

      Delete
  16. masih tersimpan rapi ya mbak...
    membuka file-file jadul membangkitkan kenangan tersendiri. membaca tulisan mbak ini, aku jadi ingat dulu aku juga suka tuh disuruh nulis di papan heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bahkan sempat lht buku SMP saya masih ada lho? Rapikan saya...

      #senasib kita ya, dpt tugas mulia nulis di papan

      Delete
  17. Mihiiiii hari pahlawannya maju sebulan... :P
    Tulisanmu ampe sekarang sama ya mbak :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mihiiii..sregepnya akyuu kan, hari Pahlawan kurang sebulan sdh ta memoar skrg.

      Wiiii, masak sey tulisanku sama sampai sekarang? Kayaknya sey gak sama...bagus yg dulu karena konsisten style tulisanku. Kalau skrg nulis 1 lembar sj aneka gaya keluar semua tuh model hurupnya

      Delete
  18. buat aku sendiri ngga bakalan nyuruh nulis dipapan tulis, buku siswa sudah ada akalau menjelaskan materi pelajaran enakan pakai lcd proyektor malah lebih menarik

    wah masih sma sudah pinter nulis puisi yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus gettu pak, lha hari gini ,masih nyuruh murid nyatet kan kebangetan. kecuali jk sekolahnya berada jauh di daerah terpencil dan fasilitasnya serba terbatas ya..

      Delete
  19. pantesan pinter bikin puisi nih mbak Ririe, dari sekolah dulu sudah terbiasa ya mmebuat puisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee..pengalihan dari rasa jenuh dan ngantuk kalau kelamaan ndegerin guru kasih penjelasan Mbak..#murid bandel

      Delete
  20. terlatih sejak lama, pasti jadi pintar bikin puisi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehee..terlatih sih gak, wong hanya iseng2 pas moody saja bikin puisinya

      Delete
  21. Waaah puisinya masih ada ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya juga masih ada kok mbak..hehehe

      Delete
  22. Bernostalgia yang baik Mbak Rie. Membaca beberapa catatan harian ataupun tulisan pelajaran sekolah masalampau menguatkan kenangan di waktu Silam.

    Iya dah Selamat Hari Pahlawan Juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenangan yg memiliki romansanya masing-masing, selalu indah kela sdh menjadi kenangan ya..


      Hehhee..selamat hari Sumpah pemuda:)

      Delete
  23. itu jenis tulisan tangan yg populer kayaknya :)
    btw Rie, baru ngeh kok fotonya mirip banget ama juniorku di kantor ya.. sampe ngecek ulang, jangan2 ini blognya dia, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. # Berarti tulisan kita semirip dunk Mbak? DUlu juga beberapa teman ada yg mirip gaya nulisnya, terutama utk model huruf: e, m, g dan a

      # Ini kali pertama di blogsphere ada yg pernah melihat saya mirip dengan seseorang yg dikenal dilingkungan terdekatnya. Kalau dulu ada teman sekolah yg bilang saya mirip kajol Mbak...hahahhahaa

      Delete
  24. iya mba tulisannya bagus, hebat gimana ga bagus, sudah di asah sejak SMP. kalau saya, bosan dengan guru ya becanda, jadi kemampuan becanda saya yang berkembang. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kadang juga becanda kok, sampai gurunya giliran diam mnunggu muridnya menyadari jika telah asyik sendiri...hehhee

      Delete
    2. hehlehe. sama aku juga pernah ngalaminya, dan anehnya kadang kita ga sadar. malah sampe ada yang bilang, ud giliran kamu aja yang ngomong.

      Delete
    3. lhah...aku prnh dimarahi oleh guru Bahasa Daerah, gara-gara dia njelasin ta tinggal mbaca buku perpustakaan...hahhahaa

      Delete
  25. hihi, tulisan tangan saya jaman dulu sudah susah saya baca sekarang, barangkali karena pada saat itu suka meng-enkripsi tulisan agar kalau nyontek ngga ketahuan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. di enkripsi? Semacam tulisan kode-kode ya? hahahahaa..trik jitu neh

      Delete
  26. tulisan tangan ne keren mbak rie, apikan tulisan ne mbak rie :D

    Wuih dari SMA bikin puisi keren yaa mbak, kok masih ada itu kertas nya jaman sma :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu mah bukan kertas...dari buku Non. Beberapa buku tulis SMAku masih tersimpan rapi sampai sekarang lho?

      Delete
  27. Jadi inget jaman SMA dulu, namun saya tak pernah tuh bikin puisi kaya mbak rie...

    ReplyDelete
  28. bukan cuma mencatat mbak, menghapalnya juga banyak banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaaa...iya banget, apalannya buanyak banget.

      Delete
  29. Puisinya hebat mbak,,,punya kreatifitas tersendir ya mbak :)

    ReplyDelete
  30. Udara kemerdekaan yang mengisi rongga dadaku ...kata ini sangat kuat makna-nya, semoga saja kita masih bebas menghirup udara itu di zaman yang serba tidak pasti ini...semangat...merdeka !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemerdekaan dr penjajhan ternyat belum di follow pada kemerdekaan pada segmen yg lainnya ya Bang. Padahal para pahlawan sdh berkorban dan berharap perjuanngan bsia dilanjutkan demi kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia..

      Delete
  31. saya juga suka bikin oretan kaya gini kalo iseng hehe

    ReplyDelete
  32. menjadi sekretaris kelas itu sebenare keuntungan sendiri loh mbak Rie.. bisa lebih nyantol pelajaran, soale membaca berulang-ulang.. Kapan nih dikasih tahu tulisan puisi cinta pertamanya :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, saya justru gak pernah bikin puisi yg ada unsur cinta-cintaan lho dulu..

      Delete
  33. lho? sama mb'... aq juga sering nulis dobel... rebonding jari beuh, kalo tulisan ala saya sih walaupun dikertas kadang tak simpan juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. TOS! kita rebondingnya janjian saja yukkkkk....hahahhaa

      Delete
  34. wow awetya coret2an semasa SMAnya, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa buku tulis SMA juga masih ada lho? #pamer

      Delete
  35. hehe... udal udal buku lagi ya mbak ... pasti banyak kenangan yang tersimpan di sana ..... kalo punyaku sudah tak kilokne mbakk,, gawe tumbas brambang mak'e ..... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dapat berapa kilo brambangnya neh? hehhehee

      Delete
  36. wah puisinya mbak Ririe khayan kok bagus banget yah, padahal itu puisi waktu sma yah, bagaimana dengan puisi yg sekarang pasti lebih mantap deh...saya merasa salut ternyata album kenangannya masih ada yah???, seperti yg saya lihat tulisan aslinya.
    wah..wah.. mantab sekali ini mabk.
    terima kasih sudah berbagi ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...kalau puisi yg sekarang lbh sering membingungkan tuh Pak. Beberapa hal/benda yg pnya nilai memorable..memnag saya saya simpan pak, tapi ada beberapa yg tidak terselamatkan: makan rayap:(

      Delete
  37. sy nyerah kl di suru bikin puisi mbak.. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa...kuk nyerah sih...? jangan menyerah..jangan menyerah...

      Delete
  38. coretan jaman sma aja udah ilang apalagi jaman smp & sd,tp memang beliaulah yg membuat kita hebat seperti sekarang ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu SD saya baru mulai suka baca puisi saja kok.

      Delete
  39. aku paling ga bs nulis puisi. Dulu sekelas puisiku yg paling ancur. Dan tiap dibacain di dpn kelas, rasanya pengen kabuur... maluuu.. wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa...tapi gak jadi kabur kan MBak?

      Delete
  40. Dari dulu sampai sekarang kesulitan bikin puisi. Tapi anehnya ane suka puisi. Jadi penikmat aja kali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuukk dunk sesekali nyobain bikin puisi yaa

      Delete
  41. wah, jadi pengen buat2 puisi juga... terlihat seperti sedang meluapkan hati lewat tulisan

    ReplyDelete
  42. Mula2 nulis aku yah nulis puisi mbak, karena puisikan pendek ya bisa selesai sekali duduk :D Ayo mbak ubek-ubek lagi buku-buku zaman doeloe siapa tau ketemu lagi tulisan lain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maunya sih posting lagi yg jadul-jadul, tapi kapan - kapan lagi ahh...

      Delete
  43. aku sangat suka dengan puisi diatas.
    dengan gaya bahasanya, kata perkatanya
    sungguh sangat dalam maknanya,,,,

    aslinya sahabatku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. treima kasih..makin semnagat neh nulis puisi... #tapi kok belum ada ide buat nulis puisi lagi ya

      Delete
  44. posting yang sangat bagus, dan bermakna sekali

    ReplyDelete
  45. Kalau saya, dari dulu hingga kini masih belum bisa berpuisi, Mbak Ririe. Makanya saya selalu kagum pada yang mahir berpuisi, salah satunya Mbak Ririe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum kan? Berrati sangat mungki suatu saat nanti AMs Abi juga bisa banget bikin puisi...

      Delete
  46. Saleum,
    jadi ingat semasa SMA dulu, aku bikin puisi buat nembak hati seseorang dara. syukurlah puisiku sakti mbak, aku dapatkan dia. hahaha... namun sejak merid, aku malah kehilangan semangat buat nulis puisi. karena kata kata terindah itu sudah ada disampingku tiap hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betapa romantisnya nembak sang calon istri dengan rangkaian puisi. Kalaus aya kayaknya gak bisa deh nembak seseorang dengan puisi...#LHOH?!

      Delete
  47. Kunjungan perdana dirumah mbak riri,......
    Puisi saat SMA,.. tentunya masih berlanjut sampai sekarang mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trima kasi atas kunjungannya yaaa..

      Alhamdulillah masih sesekali suka bikin puisi sampai sekarang...

      Delete
  48. kalo saya bisa nulis puisi hanya ketika jatuh cinta pada pacar yang sekarang menjadi ibu dari 3 anak saya Mbak. Salah satu puisinya masih tersimpan sampai sekarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puisinya di laminating Pak, kan penuh kenangan tuh...

      Delete
  49. wah sis,,, bakat nulis nya dari jaman smp toh?? mantaf,, di asah terus ya,, semoga kelak bisa terkumpul dan di bukukan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menerbitkan satu buku berisi puisi? Hemmm...bisa gak yaa

      Delete
  50. waaah aku waktu SMA juga sering nulis puisi di buku diary kok... beberapa nanti aku posting juga ah di blog ku... *terinspirasi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohohoho...di tunggu postingan special nostalgia SMA-nya yaaa

      Delete
  51. wueeh, apalagi aku pas jaman SMA dulu, asli dah, tulisan paling bagus, orang sampek miring2 bacanya, hohohohoho

    sayangnya berkas2 SMA banyak yang tak ditemukan, maklum waktu itu di pesantren, banyak kitab dan berkas2 tercecer tak karuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh lah sampai miring mbacanya jadi sekalian olah raga kan? hehehe

      Delete
  52. Boleh minta ajarin puisi g' bunda.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada yg merendah neh rupanya...bukannya justru saya yg mestinya di ajarin tuh

      Delete
  53. haha, biar aku aja yang nanya mbak :)
    keren loh tulisan tangannya
    puisi lagi <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan yg lainnya apa?

      Puisimu aku juga suka <3 lho?

      Delete
  54. Jadi inget lagunya bondan fade2black! Kita untuk slamanya....
    Kenangan pada guru, temen2, pak bon, ibu kantin, karyawan, dll

    tentang persahabatan, cinta, persaingan, dll
    emang suasana yang pas untuk dibikin dalam larik2 puisi...

    Dah tak colek, rie! Hehehe, maap telat... ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. telat is better than never kan, Rie...?? hehehe

      Delete
    2. sooner is better than late...yeee

      Delete
  55. puisi sodaranya motivasi.hehehe salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin semoga membawa motivasi yg baik yahh

      Delete
  56. wowh .... ada puisi nya ,,, :p
    kunjungan siang mba ... :D

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.