WHAT'S NEW?
Loading...

Sayap-Sayap Cupid

Sering kita dengar kalimat yang menyatakan bahwa cinta itu dari mata turun ke hati, sekilas kita menangkap ‘kesan’ betapa sederhananya proses jatuh cinta itu? Tapi apa benar demikian? Yang sebenarnya terjadi adalah sebelum turun ke hati, aliran cinta akan transit dulu di otak untuk melewati proses-proses kimiawi, dengan beberapa tahapannya sehingga sehingga aliran kimiawi cinta tidak sesederhana ‘dari mata turun ke hati’. Karena penasaran tentang istilah chemistry  yang yang dikaitkan dengan terjadinya [rasa] cinta, maka saya pun mengunjungi perpustakaan ini untuk mencari tahu reaksi kimia terjadinya cinta [dalam segala bentuknya]. Dan Bismillahirrahmaanirrahiim  ternyata jika dilihat rangkaian reaksi kimianya sungguh sangat luar biasa. Berawal dari  terkesan [terjadi dari kontak antara dua orang melalui alat indera] yang berlanjut pada ketertarikan. Pada tahap ini otak akan terangsang untuk menghasilkan tiga senyawa cinta, yaitu: Phenyletilamine (PEA), Dopamine dan Nenopinephrine.
Dari ketiga senyawa tersebut, senyawa PEA-lah yang paling berperan dalam proses kimiawi cinta. Dan ternyata senyawa PEA banyak terkandung dalam makanan yang berbahan coklat sehingga mungkin inilah sebabnya dari dulu sampai sekarang orang-orang suka memberi coklat pada seseorang yang dicintainya.

Dari terkesan, ketertarikan, selanjutnya adalah Pengikatan dimana pada tahap ini tubuh akan memproduksi senyawa Endropin  yang akan menimbulkan perasaan aman, damai, dan tentram. Dan tahap terakhir adalah Persekutuan Kimia yaitu ketika senyawa Oxyrocin yang dihasilkan oleh otak kecil mempunyai peranan dalam hal membuat rasa cinta itu menjadi lebih rukun dan mesra antara keduanya. Demikian tahapan aliran chemistry cinta dan tentu saja hal ini terpersepsikan untuk dimensi cinta secara luas, bukan hanya untuk lawan jenis, tetapi perasaan cinta seseorang kepada suami/istrinya, anak, teman, adik, serta saudara yang lain.
Ringkasan chemistry cinta tdi atas cukup menjelaskan secara ilmiah berbagai kisah romantis yang dikemas dalam antologi yang berjudul Sayap-sayap Cupid. Dan inilah review tentang kumpulan cerpen tersebut:

Judul                : Sayap-sayap cupid
Penulis             : Ririe Khayan, Novela Nian, Suyatna Erpas, Imania Eka D, dkk
Penerbit           : Pustaka Jingga
ISBN                : 978-602-18081-0-8
Tebal               : 266 hlm 14x21
Harga              : 36.000 [ Belum Ongkir ]

Melalui kumpulan cerpen ini kita dapat meresapi bagaimana sayap-sayap cinta membuat kita percaya akan adanya kesejatian cinta itu sendiri. Cinta yang sejati akan memberi kita sayap dan cinta yang penuh dusta akan membuat tersesat. Laksana sayap-sayap Cupid yang menerbangkan ke lapis tertinggi langit lazuardi. Cinta itu agung, cinta itu sayap, cinta itu pijar cahaya yang menerangi jalan. Memberikan cinta yang tulus kepada seseorang yang kita sayangi sama artinya meninggikan diri kita sendiri, dan bukan cinta yang penuh dusta. Dan kepada mereka dua insan manusia yang percaya akan kekuatan cinta yang agung. Temukanlah kebahagiaan di altar suci pernikahan yang sakral. Di situlah segala pengejawantahan cinta sejati, tak akan pernah mati walau sampai akhir dunia ini.
Cerita yang dipaparkan dalam antologi Sayap-sayap cupid yang semoga menjadi wacana tentang bagaimana mencintai seseorang yang akan menghadapkan kiblat hati atas nama cinta Ilahi. Cinta seorang ayah/ibu yang tak mungkin dikalkulasikan dalam numeric, penerimaan seorang istri yang penuh maaf, keteguhan sikap seorang menantu yang memilih untuk membalas air tuba dengan air susu, ekspresi cinta seorang anak untuk orang tuanya. Beragam kisah tentang cinta yang penuh warna dan yang melengkapi menariknya antologi ini adalah karena ada satu judul tulisan saya Bayang – Bayang Sutra : Dan aku harus bisa mengambil keputusan, memberikan jawaban yang paling baik untuk kebahagiaan semua orang tanpa mengabaikan kebahagiaanku sendiri. Hidup memang penuh kejutan, setidaknya bagiku. Maka dengan segenap rasa yang teraduk di relung hati, aku pun menuliskan jawabanku melalui email. Aku tak akan bisa menyampaikan dengan bibir berhias senyum dan wajah tenang jika mengatakan langsung.
Bismillah… Sejenak kutenangkan diri karena aku tahu, ini berat. Bukan hanya untukku, tapi juga untuknya.
Pada saat Mas Teddy membaca ini, aku harap rasa sakit yang kedua ini sudah memudar dan semoga aku tak perlu lagi merasakan sakit yang sama ini lagi dengan alasan yang sama seperti sekarang dan dua tahun lalu. Mas Teddy tentu tahu rasa  sakitnya seperti apa. Aku pernah merasakannya dan kini ternyata aku harus merasakannya lagi. Tidak apa Mas, aku tetap masih ada doa demi kebahagiaanmu. Demi rasa sayang yang pernah kita miliki, tolong jangan menguatirkan aku lagi karena rasa sakit ini pasti berlalu.



Breathe to renew cell in your blood. Breathe to renew the depths of consciousness.
Breathe and you dwell in the here and now ~ Annabel Laity 




Notes:
Buku ini bisa dipesan melalui sms 0856 4545 9192
Cara pesan Pesan SSC#nama lengkap#alamat lengkap#jumlah buku#no hp





Nama Kontributor:
*Yayah Nur Asyani *Ririe Khayan *Ens Asci Doci * DeAnnita *Tommy Alexander Tambunan * Riskaninda Maharani *Awiek Libra *Ari Jaztiva *Nia Annisa * Novela Nian *Rizki Kiky Suci *Rizal Dzikri *Nadia Halim *Zulfa Yulia *Nunu Nugraha *Nyna Liana *Nenny *Makmun * Suyatna Erpa *Unggul Triaji *Heryka *Imania Eka Diyanti * Abd. Sholeh *Risty Arvel As * Sauqi * Airin *Iffah Elhasan *Dedi Prestiadi

133 comments: Leave Your Comments

  1. wow, ini buku yang di buat rame rame itu ya mba ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoii Mas, ini Antologi kedua[ku]....bisanya masih rame-rame nulis bukunya neh

      Delete
    2. hohohoo...Antologi itu 1 buku yang nulis rame-rame alias banyaaakkk

      Delete
  2. Laris laris...
    Buku kedua ki yo mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaanku sama ma una mbak? Buku ke 2 yo mbak?

      Delete
    2. @ Una: Tepatnya tulisanku yang kedua dalam antologi...

      Delete
    3. @ AR: berarti jawabannya sama kayak ke Una deh..

      Delete
  3. wah jadi penasaran jadinya...

    tapi belum niat buat pesen, trims lah infonya semoga laris manis kaya kacang goreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiikk...sudah penasaran [dalam marketing, membuat orang lain bisa penasaran juga merupakan langkah keberhasilan]....

      Delete
  4. Ciee.. Ga ada yang lagi falling in love kah! :)) jeli mba ngasi taunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciee...hayyoo sapa yg lagi falling in love?

      Delete
  5. Sukses dengan buku Sayap-sayap cupid nya ya Mbak.

    ReplyDelete
  6. ..waw..
    .love is chemistry^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups...love is full chemistry reaction

      Delete
  7. wah ternyata ga mudah proses cinta itu ya, ada jalur kimianya. tapi kalau mikir terus jalur kimianya, kapan jatuh cintanya. saya mah mending jatuh cinta aja daripada membahas kimanya.
    ini lebih ke novel ya? wah saya takut sama nove, takut ke bayang bayang. heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe..ya gak usah di pikirin tentang detail reaksi kimianya Mas. Sebatas wacana saja bahwa secara ilmiah rasa cinta itu bisa di jelaskan dengan serangkaian reaksi kimia dalam otak/tubuh..

      BUkan novel, tapi gabungan tulisan cerpen dari beberapa [25] penulis..

      Delete
    2. wah kalau cerpen masih boleh lah. kalau novel mah takut, takut terbawa suasana, ntar jadi menhayal tingkat tinggi aku.

      Delete
    3. wah jangan takut dunk, nanti kalau aku bikin novel gimana dunk?

      Delete
  8. wah keren euy...
    sukses dengan bukunya yaaa....
    mudah2an laris dan berlanjut di buku-buku selanjutnya

    btw ternyata proses kimiawi cinta itu seperti itu toh?
    hrs sering2 ngasih coklat nih...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rajin-rajin juga makan coklatnya ya MBak...hehehe
      Amiin, smeoga bisa menulis dengan 1 nama dalam 1 buku:)

      Delete
  9. semoga laris manis mbak, kereeeen ya bukunya sudah 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinn,buku antologi yang dua Mbak. Kalau buku dengan single writer : ririe khayan..belum di cetak [contentnya jg blm bikin]

      Delete
  10. Cinta memang penuh cerita ya :)

    Buku selanjutnya, ikut senang, semoga laris manizzzsss ^^

    Silakan lihat pengumuman kuis diblogku ya: http://yundahamasah.blogspot.com/2012/05/hasil-kuis-penerima-kbhs.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cinta selalu penuh cerita dan kaya warna..

      Mbakk..terima kasih. Sudah dari TKP dan ternyata saya menang di GAnya Mbak Keke. So surprise mengingat saya [selama] ini gak lucky kalau undian lho...hehehhee

      Delete
  11. Selamat kepada mbak Ririe atas terbitnya antologi kedua ( semoga diikuti antologi-antologi berikutnya, juga buku solonya. Amin, insya Allah ), dan juga atas terpilihnya sebagai pemenang di kuis bu Dokter Keke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Abi, semoga bisa merealisasikan untuk membuat buku solo..Amiin.

      Iya neh, gak nyangka bisa menang di GAnya Mbak Keke.

      Delete
  12. selamat mbakk.. saya di kirimi jugaboleh kok.. hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih...sip InsyaAllah nanti pengen bikin GA. Tapi belum ada ide neh...xixixiiii

      Delete
  13. selamat ya sayang...keren ih ternyata teman2 mimi mah,:D
    smg sukses dan laris bukunya ya Rie

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiin, semoga membawa berkah ya Mbak:)

      Delete
  14. waduh sudah buku yang kedua saja nih.... cakep mantep sekali .. semoga sukses bukunya mba....
    kapan ya bisa buat buku seperti ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk....semua orang bisa kok menulis..hanya belum mencobanya saja

      Delete
  15. ternyata cinta ada prosesnya ya di otak, kukira tinggal terkam saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. WHAHAHAHa...kayak haraimau dunk menerkam dan teuteup ada rangkaian reaksi kimianya di otak lho Pak

      Delete
  16. cinta pada pandangan pertama tidak termasuk dalam kriteria ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, beres Pak...love at the first sight pun di proses secara chemistry reaction...don't worry be happy...hehehee

      Delete
  17. Wah ternyata ini blog penulis Sayap-Sayap Cupid ya.. Salam kenal ya Mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sAlam kenal juga, ma kasih dah mampir....Yups, dan saya [bukan] si cupid lho..

      Delete
  18. keren kali ah sohibku ini.... congrats ya sist! two thumbs up deh buatmu dan penulis lainnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yooiiii Mbak, terima kasiih untu supportnya yaa...getting wonder untuk bisa menulis solo neh

      Delete
  19. Laris kaka...
    semoga bukunya bermanfaat untuk para pembaca =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiinnn, bermanfaat dan membawa berkah buat semuanya:)

      Delete
    2. Amiiiiin itu yang terpenting,,, ada berkah semua akan kerasa lebih manfaat =)

      Delete
    3. Yups, agreed. Jika berkah semuanya akan lebih indah rasanya

      Delete
  20. ih hebat deh, kerja sambil blogging, sambil bikin buku... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar nulis cerpen neh, belum jadi buku single #pengen maluu.

      Kerja sambil blogging, bisa bikin buku single, and doing adventure ....I dream it !

      Delete
  21. mantapp. ikut seneng ikut bersyukur. makin rajin nulis ya.. btw boleh tu diajarin tips nulis yang baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penegnnya sih makin rajin nulis, tapi nyatanya masih sering terjebak dalam 'tema' stag. Jd saya masih jauuuuhhh dari bisa nulis yang baikk...#Maaf

      Delete
  22. suatu hari nanti gue yakin Sayap-Sayap Cupid di gratiskan khusus buat gue hehehee...!

    ReplyDelete
  23. Selamat ya Ri, menang kuis di tempat mbak Yund, release buku baru pula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya MBak...asli di kuisnya MBak Keke gak nyangka jika bisa menang.

      Delete
  24. Tulisan indah yang dipadukan dengan pemikiran ilmiah...
    Saya baru tersadar bahwa sebelum kehati memang transit dulu...
    Dan saya tertarik dengan ulasan tentang Phenyletilamine, Dopamine dan Nenopinephrine.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan saya pengen melihat gambaran visualisasinya terjadinya reaksi-reaksi tersebt Pak Mars:)

      Delete
  25. Lihat tulisan [Belum Ongkir] dibagian harga,,, rasanya gimana gitu (T^T

    Ternyata buatnya rame-rame ya mbak (^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe..ya gak usah di lihat, langsung kirim sms saja ya..

      Delete
  26. wah, uwdah ontologi kedua ajah mbak. mupeng deh.

    buat GA dungz, biar yg mnang dpat buku ini. mugi2 itu sya. hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. doakan semoga bisa bikin GA. Masih belum ada ide GAnya ttg apa dan njurinya gmn...

      Delete
  27. mbak rie.. aku mau dunk..
    gak usah beli ya...
    hadiah ajah buat ku,, nyidam nih .. Ckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ngasih hadiah, berarti harusnya ngasih ke semua yg di sini ya....#ampuunn

      Delete
    2. Mbak Rie... Mbak Fitri gak perlu dikasiiih, masak pingin kena panah cupid lagi :p

      Delete
    3. Santai saja, Mbak Fitri mah udah gak perlu panah cupidnya. BIar beli Antologinya saja..#promo

      Delete
  28. Replies
    1. Semoga menarik dan ada manfaatnya...

      Delete
  29. Pingin,ngumpulin dulu ah dokunya,thanks dah sharing,happy blogging.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp, semoga segera terkumpul dokunya..happy blogging juga:)

      Delete
  30. wahwah.... judulnya posting ini udah bikin senyum senyum sendiri... ada romansa dan kerinduan deh nyesep di hati... ^___^
    marketingnya asik banget... memang dari konsep kisah isinya aja udah unik yah.. tentang persenyawaan cinta dalam bahasa ilmiah.... ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Strategi pemasaran biar lebih menarik rasa penasaran dan meningkatkan keinginan utk membeli, salah satunya dengan review yg 'manis' kan...hehehhe

      Delete
  31. weits keren ... udah 2 aja
    saya blom jadi2 malah huhuhu

    sayap-sayap cupid, maulah lagi kena panahnya sekali lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Mbak Niq mau kena panah cupid lagi? Ngimpiiii :p
      Panahnya yang dulu aja diasah lagi Mbak, biar tajem :D

      Delete
    2. @ Mbak Nic: bukan 2 buku Mbak, tapi dua judul tulisan dalam 2 buku...jd saya belum rilis buku dengan single penulis [ririe khayan]...

      Delete
    3. @ Mas Samaranji: whahahaha, Mbak nic mah mau borong antologi tuh. Boleeehhhh...#ngarep.com

      Delete
  32. Wuaaaah... khusus saya jangan suruh beli ya Mbak Rie... hehe :D

    Yang reaksi kimia cinta itu ada dalam bukunya atau cuman tambahan di postingan ini yah, Mbak? Kereeen. Semoga larisss dan bermanfa'at tentu ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Khusus saya, gratis... mau mau... :D

      Delete
    2. Uraian reaksi kimianya hanya ada di review ini, maksud hati sih untuk melengkapi bahwa cinta dalam segala bentuknya ada reaksi kimianya..

      Btw, wah...pd suka bukunya di gratiskan neh...

      Delete
  33. bujut udah buku ke dua ye ..
    laris dah ..
    amin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiinnn..dan semoga bisa segera bikin buku single ya:)

      Delete
  34. hidup itu pilihan... dan pengambilan keputusan secara baik merupakan seni dari hidup itu sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUps...life is about how to make right choice..

      Delete
  35. cupid,,,,
    suka sneng sndiri lw ngedenger atw ngbaca tntg "cupid^^

    ReplyDelete
  36. Tulisan Mbak yang pertama Judulnya apa Mbak?...membaca sekilas untuk antalogi yang kedua kayaknya menarik...Sukses mbak untuk Novelnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antologi pertama Ironi Strip dua [http://www.ririekhayan.com/2012/04/ironi-strip-dua.html]
      Terima kasih, semoga bisa membuat novel..

      Delete
  37. postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blooger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengennya sih bisa menulis yg enak di baca dan menginsprasi, Amiiin:0

      Salam keal juga, dan sudah saya folback:)

      HAppy blogging..

      Delete
  38. wow berarti udah punya buku antologi juga ya, hehe selamat... saya musti banyak belajar menulis setidaknya sering2 berkunjung kesini dan membacanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp, dengan senang hati di tunggu kunjungan-kunjungannya. Juga saran dan kritiknya ya..

      Delete
  39. mantap yaa mbak.. bisa berkipraahh di bidang keantologian .. hehee

    salam kenal :)

    numpang follow yaah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar Pak, semoga bisa lebih baik dalam menulisnya.

      salam kenal dan segera saya folback..

      Delete
  40. MasyaAllah
    barakallahu fiik mbak rie ^^ suka suka suka
    sukses yaaa mbak

    ReplyDelete
  41. Assalamu'alaikum sista....
    Hmmmm....asyiknya bisa nulis hingga jadi buku gitu. . Kereeennnnn....
    Selamat n Sukses ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'laikum salam..
      Mbak Iffa jga bisa kok, saya yakiin itu..Terima kasih, sukses juga untuk Mbak Iffa ya:)

      Delete
  42. waah ada bukunya jeng ririe lg.. selamat yaaa.. :)
    eh aku dah beli loh yg Ironi 2 strip, tp blm slese bacanya. Btw ntar klo ktm aku mo minta tdtgannya jeng ririe di bukuku.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho...seneng deh Mbak Cova sdh berkenan membeli Ironi strip 2, terima kasih ya Mbak. Jadi merasa kayak seleb deh kalau di mintai tanda tangan, hehehhe

      Delete
  43. moga-moga laris ya ,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin, terima kasih..wilujeng juga ngeblognya ya:)

      Delete
  44. wah antologi! selamat mbak Rie...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat bisa bikin buku solo...amiin:)

      Delete
  45. Wehehe... Ada reaksinya juga yah mba..
    Manteb nih..

    Mbanya hebat masalah cinta-cintaan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tersanjung deh di bilang hebat masalah cinta-cintaan. PAdahal saya gak pernah cari masalah [cinta-cintaan] tuh...

      Delete
  46. kalau ini yang ke-2, yang pertama mana mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg pertama Ironi strip 2. Ada kok di postingan review book ini

      Delete
  47. Apa yang di sampaikan oleh Mbak Ririe Khayan itu memang ada benarnya, kalau yang namanya cinta itu bermula dari mata dulu lalu turun ke hati, dan cinta itu hidup, memang kehidupan semakin indah karena cinta, tanpa cinta maka semua kehidupan menjadi hancur, maka cinta adalah amanat dan cinta adalah anugerah yg wajib dimiliki oleh setiap insan bahkan setiap makhluk hidup. terima kasih kawan, artikel yg bagus dan bermakna,
    ohya salam perkenalan dari saya yang follow # 273 #
    saya harap anda juga datang dan follow kembali, sebagai persahabatan kita, salam sukses untuk mbak ririe....
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin lengkap deh penjabarannya.

      Sudah saya folback, happy blogging ya..

      Delete
  48. dibeli...dibeli...dibeli...

    mbak, buat aku gratis yaa, biar bisa promosi ke temen2... :D
    #ngarep, hehehehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukkk...di borong ya...hahahha. Nti kalau bikin GA bisa gratis jika menang sih...silahkan di tunggu ya:)

      Delete
    2. siiaap mbak, aku tunggu GA nya..
      haha..
      eh berarti harus folo dulu dink ya, ok deh, siipp...
      ;)

      Delete
  49. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Tuhan lebih tau segala hal daripada kita.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Always thx for visiting here...

      Hapy blogging yaa dan sukses juga utk rekan-rekan di outbond training malang

      Delete
  50. aku mau bangun cinta, kalau jatuh cinta ga mau...sakit

    ReplyDelete
  51. selamat ya mbak... moga segera terbit buku ketiganya amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasiih, Antologi ketiga dalam proses cetak Mbak...pengennya sih boko solo tapi masih belum bisa neh:(

      Delete
  52. Replies
    1. Terima kasih, salam kenal juga yaaa..

      Delete
  53. wah sepertinya bagus nie, tapi ko ada jumlah bukunya ya? bearti ga boleh mesen satu aja dong. eheheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho..rayuan pulau kelapa tapa angin yang berhembus...gak mempan lho? wkwkwkwkkw

      Delete
  54. Hoaaa... Mbak Rie curang \^O^/, postingan baru gak diijinin koment, asemik.

    Mbak Rie bikin giveaway doooong, biar ada kesempatan buatkyu utk dapetin buku ituuuu.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. postingan baru yang mana gak di ijinin comment sob? di Blogs satunya ya..@senagaja euy

      Delete
  55. Antologi itu asik ya mba, bisa bikin keranjingan deh :).. semoga laris manis bukunya :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.