Serunya Menikmati Petualangan di Pulau Penyu Sukamade

Melanjutkan edisi postingan [Reportase] Trip on Rajegwesi-Teluk Hijau dan sengaja memilih judul “One Night Stand @Sukamade” karena memang demikian adanya: saya menginap semalam di Sukamade bersama teman-teman yang baru saja saya kenal dalam acara mbolang ini. Di postingan sebelumnya sudah saya resume mulai keberangkatan hingga perjalanan off road menuju Pantai Sukamade yang menyeberangi beberapa sungai plus adegan salah satu navigator ada yang kecebur sungai. 

Maka Bismillahirrahmaanirrahiim, menjelang jam 3 sore sampailah kami di guest house area konservasi penyu [Taman Nasional Meru Betiri]. Sebagai ‘tamu’ yang sopan, kami segera menemui penanggungjawab lokasi konservasi penyu: Pak Didin dan Mas Avian [boleh dunk dipanggil ‘Mas’ karena orangnya BeTi gitu usianya dengan kami dan sudah adat baik kami yang biasa menggunakan panggilan ‘Mas’ untuk konteks informal pada makhluk berkromosom XY]. Alhamdulillah masih ada satu kamar kosong yang bisa kami tempati dengan harga sewa seratus ribu semalam yang fasilitasnya: 4 kasur busa saja tanpa dipan/ranjang.
Merubetiri Banyuwangi

Kamar yang lebih comfort sudah full booked oleh rombongan Club TAFT Surabaya [dari info yang kami dapat, ada 60 orang dalam rombongan tersebut]. Tetap bersyukur setidaknya yang 7 cewek [cantik] tak perlu tidur di hall terbuka [semacam balai desa]. Cukup 4 bapak dari tim’nya Land Rover dan satu teman cowok saja yang tidur di mobil.

Setelah merapikan ala kadarnya kamar, menumpuk semua barang bawaan jadi satu, mandi bergantian [ada 2 kamar mandi di guest house yang kami tempati] dan lainnya menyerbu kantin. Rasa lapar yang lumayan menyangat membuat menu serba ‘instant’ yang available di kantin terasa sangat nikmat. 
Tempat Penetasan telur-telur penyu secara semi alami
Pak Didin Sedang Menjelaskan mengenai sifat Tukik
Usai menyantap makanan kami pun diajak oleh Pak Didin dan Mas Avian untuk melihat-lihat area pembiakan penyu yaitu telur-telur penyu yang dikondisikan agar bisa menetas untuk kemudian anak-anak penyu [disebut tukik] dilepaskan ke laut untuk menjalani takdir hidupnya secara bebas. 
Bersama Mas Avian, saalah satu petugas penjaga gawang penetasan telur penyu

Rumah untuk melakukan proses penetasan telur penyu (Tak jauh dari Guest House)
Tukik yang baru keluar dari dalam cangkang telur penyu
Sambil melihat tukik-tukik yang lucu, kami pun membuat sebutan untuk Mas Avian sebagai Bapaknya Tukik [karena perannya dalam membiakan telur penyu] dan gelar ‘bujangan lokal’ yang kami anugerahkan padanya [anak dan istrinya tinggal di Jember].  Setelah acara ‘kencan’ dengan tukik puas, kami pun segera menuju pantai yang berjarak tempuh jalan kaki hampir 1 KM untuk menikmati sunset. 
Jalur menuju Pantai Sukamade [setelah puas bermain-main dengan tukik] 
Walaupun cuaca berawan, tapi view sunset tetap menawan dan eksotis. Dan selalu saja kami excited jika berada di pantai dan suasana semakin heboh seru ketika kami bertemu/kenalan dengan rombongan club motor CB [4orang] dari Surabaya. Dan inilah beberapa hasil capture cantiknya sunset [meski berselimut awan] di pantai Sukamade: 



Jadi mereka naik motor CB dari Surabaya ala backpacker, truely backpacker menurut saya. Mereka juga bawa tenda, jadi all out deh persiapan mbolangnya. “Kalau gak dapat tempat untuk menginap, ya kami mendirikan tenda deh”, demikian penjelasannya dan mereka memang sudah sering melakukan touring ke banyak lokasi adveture ala backpacker jika long week end.

Setelah sunset tenggelam dengan sempurna, kami pun kembali ke base camp dan balik lagi ke pantai sekitar jam 8 malam untuk ‘nge-date’ dengan Ibunya penyu yang bertelur [hanya penyu betina yang naik ke darat untuk bertelur dan hanya terjadi jika tidak bulan purnama]. 

Kalau saat sunset kami bisa bebas bertingkah dan berteriak, maka moment untuk ‘bertemu’ dengan bundanya tukik, kami harus siap dengan syarat dan ketentuan: tidak boleh berisik dan tidak boleh menyalakan cahaya! 

Padahal cuaca lagi mendung dan tanpa penampakan bulan. Sesampai di pantai, kami diminta menunggu dulu. Mas Avian [as tour guide] dan Pak Didin melakukan trace keberadaan penyu yang [akan] bertelur. Kalau sudah menemukan lokasi penyu yang bertelur, maka akan diberikan ‘tanda’ dengan kilatan cahaya sekilas agar kami segera menuju ke arah tersebut. Hampir sejam menikmati hembusan angin pantai dan gigitan nyamuk serta sesekali ‘berisik’ dengan volume rendah akibat ada yang iseng/usil bikin kejutan ‘menakuti’, maklum pantainya berbatasan dengan hutan. Dan tanda kilatan cahaya pun akhirnya muncul, kami bergegas menuju arah datangnya cahaya tersebut. 

Begitu bergegasnya sampai gerak langkah kami mirip orang yang bergegas menyusul dukun bayi! Oia, dalam rombongan yang hendak melihat penyu bertelur ini bertambah dengan satu keluarga tapi kami tidak berinteraksi dengan mereka karena sikapnya agak kurang friendly. Setelah acara jalan cepat hampir 2 KM, kami bertemu dengan Mas Avian dan diminta menunggu aba-aba dari Pak Didin yang berada dekat dengan seekor induk penyu. Jadi kami baru bisa mendekat saat penyu tersebut sudah mulai bertelur. Saat menunggu tersebut, kami isi dengan ngobrol santai dengan Mas Avian. 

Banyak pertanyaan kami ajukan padanya, dan pertanyaan-pertanyaan dari Zha [miss hygiene] yang paling sering membuat kami tertawa. Inilah beberapa pertanyaannya yang berciri khas pengulangan kata awal: 
Mas..mas..mas..siapa yang pertama kali menemukan penyu?; Mas..mas..mas..penyu cowok dan cewek apa bedanya?; Mas..mas..mas..kenapa penyu cowok gak mau naik ke darat?; Mas..mas..mas..tau umurnya penyu dari mana?; Mas..mas..mas..apa penyu gak tersesat di laut untuk balik ke daratnya?; Mas...mas..mas..kalau penyu sakit sapa yang merawat?; Mas..mas..mas..kok ibunya penyu tega sih ninggalin telurnya begitu saja?; ....” 
Dan mungkin Mas Avian jadi gemes dengan pertanyaannya Zha, kemudian dengan becanda dia bilang “ Kalau mau nanya nama pak dukuh juga boleh lho?”. Dan dilanjutkan juga oleh Ning  dengan pertanyaan becanda pula“ Mas..mas..mas...kok penyu gak ikutan KB sih?”. Hahahhaaa...
Al hasil ternyata si penyu tersebut tidak jadi bertelur dan menurut penjelasan Mas Avian, secara alami penyu memiliki sensor untuk mengetahui kelembapan udara dan temperatur yang tepat untuk bertelur. Karena penyunya tidak jadi bertelur, kami pun segera mendekat sebelum dia balik nyemplung ke laut. Moment langka itu pun membuat kami antusias untuk mengabadikannya. 

Yang bikin kami kurang respect pada 1 keluarga [yang kurang friendly] adalah anaknya tuh dengan berat badannya sekitar 20-25Kg lha kok di suruh naik ke punggung penyu yang 'pending' mau bertelur?! Daripada bikin emosi melihat tingkah ‘mereka’ yang tidak berperikehewanan, kami pun segera beranjak dari lokasi dan balik ke base camp.

Tiba di base camp, suasana makin ramai karena rombongan club TAFT sudah datang ditambah 1 truck siswa SMK [nginepnya di hall]. Sekitar jam 11an kami sampai, ngobrol-ngobrol dan transfer foto ke netbook [meski tidak terjangkau sinyal seluler dan internet tetap ada teman yang bawa netbook] karena kapasitas simcard camera sudah hampir full.  Sempat mau bikin mie tapi heaternya rusak, lupa gak dicheck waktu mau dibawa. Akhirnya pesan kopi dan teh dari kantin untuk melengkapi suasana begadang bareng teman-teman [baru] club CB sehingga tidur hanya beberapa jam [dengan style tidur 7 orang yang beragam dan posisi ala pemindangan dalam kamar ukuran 3x3 meter plus diisi barang bawaan yang bejibun], jadi sinkron jika postingan reportase kali ini saya beri judul Serunya Menikmati Petualangan di Pulau Penyu Sukamade.
Saat paginya kami mendapat berita bahwa sekitar jam 2 dini hari Mas Avian dan Pak Didin akhirnya berhasil menemukan telur penyu untuk ditetaskan. Salut dengan mereka yang tiap malam ronda di pantai untuk mengumpulkan telur-telur penyu! 

Tapi dengan terpaksa kami memilih melewatkan moment pelepasan tukik ke laut karena memutuskan untuk berangkat lebih dulu mengingat target/ tujuan kami masih banyak. Namun crowded masalah stock BBM ternyata masih berlanjut sehingga membuat kami ‘parkir’ tak jauh dari lokasi penyeberangan yang menggunakan rakit. 

Yups, mobil kami kehabisan BBM dan terpaksa menunggu orang yang membelikan BBM datang. Mantap deh, kami jadi penunggu dan pengamat lalu lintas penyeberangan via rakit tersebut sampai jam 10! 

Padahal kami menyegerakan berangkat dari base camp tanpa sarapan demi kejar tayang menuju: Pulau Merah (tergantung situasi dan kondisi),TN Alas Purwo--> sadengan (savannah), Pancur--> pantai plengkung (sewa mobil lokal),Trianggulasri dan Kawasan konservasi hutan mangrove Bedul. 

Ya sudahlah, mau nggrundhel toh tak akan memperbaiki keadaan. Pilihan terbaik adalah menikmati apa yang ada di dekat kami: ikutan menyeberang bolak-balik jika ada penumpang yang hendak di angkut.  Kami pun bertemu kembali dengan Club CB yang akan melanjutkan touringnya ke TN alas Purwo. Dengan riangnya mereka bilang : 7 bidadari turun dari Land Rover yang kehabisan bensin! 

Asemprit, padahal kami dengan PeDe meninggalkan mereka, ternyata malah kami yang terlantar di tepian sungai dan menyantap mie instant hingga ludes dengan sukses [snack gak mempan untuk mendiamkan demonstrasi perut].

“ Habis makan mie instant keringan terus minum air putih nanti diproses pemasakannya di perut” demikian seloroh kami. Hohoho...scene adventure yang ‘arsenik’ tapi tetap amazing Sob!

Sampai di sini dulu reportase [naratif] saat di Sukamade: bertemu dengan Bapaknya Tukik, nge’date sama Ibunya Tukik, begadang di area pesisir namun ramai banget karena suasana long week end ternyata justru menjadi daya tarik orang-orang metropolitan Surabaya untuk menempuh off road. So, don’t worry and please have enjoy to read next story regarding this adventure....keep smile:)

Cerita tentang penetasan telur penyu bisa disimak di http://www.ririekhayan.com/2012/06/konservasi-penyu-di-meru-betiri.html

♠♠♠ Kisah sebelumnya [Reportase] Trip on Rajegwesi-Teluk Hijau ♠♠♠

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

104 comments:

  1. Terima Kasih sudah berkenan berkunjung ke website saya dan berkenan untuk bertukar link..
    Kidung Kinanthi juga sudah terpasang di blog roll saya silahkan dicek apabila ada kesalahan.

    ReplyDelete
  2. Asyik ya mbak. Inilah enaknya blogger, setelah trip bisa berbagi dengan orang banyak sekaligus menyimpan dokumentasi dalam blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, seruu...pengen lagi adventure jadinya #candu

      Delete
    2. Waah bikin ketagihan toh ... :D

      Delete
    3. fufufuufu...iya Mbak, pengen lagi adventure. Ketagihan yang emnyehatkan, kan aktifitas out door jadinya...#alasan

      Delete
  3. Seru ya Mbak, bareng kawan2 liburan :)

    Hmmm, dah lama aku nggak naik rakit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau saya, itu kali pertama naik rakit Mbak...hehehe

      Delete
  4. Have a nice trip, sista...Barakallah ^^

    ReplyDelete
  5. di bawa pulang ga kura-kura kecilnya! aku minta atau buat aku ajah :)) #maunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadouuw, jangan dunk, kan kasian. Habitatnya di laut. Dari 1000 tukik [setelah di lepas ke laut] yg berpeluang bisa hidup hanya 1 ekor yg bisa mencapai usia 20-50 tahun. Makanya ada konservasi penyu..

      Delete
  6. mbolang....emang mengasyikkan...... :D

    ReplyDelete
  7. Selalu ada makhluq ganteng bersembunyi di dalam rimbunnya Taman Nasional, mas Avian, dan Mas Ikbal. hahahaha, benar2 pemandangan yang menyegarkan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada yg ketularan sensornya si penyu neh...

      Lha gimana gak jd makhluk yang ganteng jika berada di rimbunnya hutan? Kan saingannya flora-fauna...xixixiiii

      Delete
  8. jadi ngiri deh mbak...ngiri jeng2nya..ngiri ngeblog nya....
    asyik yah...:D
    salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuukk MBak jalan-jalan, wisata alam seru banget deh meski berada di lokasi yg serba minimalis {minim sinyal HP, interet, listrik, tempat makan, dll] seruu banget lhoh...

      Delete
  9. seru ya mbak acara ketemu dengan keluarga tukik......hehe.....ngomong2, itu tukik nya boleh di bawa pulang nggak mbak...hihi...aku mau donk dibawain satu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru di adventure'nya Mbak. Bawa pulang Tukik boleh jika gak ketahuan...tapi saya gak tega deh, kasihan kan rumahnya di laut lepas Mbak.

      Delete
  10. =========================================
    berbagi Kata Kata Motivasi cuy
    Hidup ini penuh pilihan. Semakin baik keputusan yang kamu pilih semakin baik juga kamu dalam mengendalikan kehidupanmu.
    =========================================

    semoga dapat di terima :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan sennag hati diterima kata-kata motivasinya. Thx ya sob sudah berbagi motivasi:)

      Delete
  11. wuih seru banget Rieee..... kapan-kapan mau donk ikutan... serius lho!

    tukiknya gemesin banget ya Rie.... apalagi kalo banyaaaak... duh gimana rasanyaaa memandang tukik2 mungil yang banyak ya? pasti bikin gemes deh.

    Kasian deh terlantar, but I believed, lots of enjoyable time even though in a 'waiting time'. Pasti banyak pemandangan yang bikin rasa jenuh karena penantian jadi memudar, apalagi dengan teman2 (baru) yang menyenangkan....

    tq for reportasenya Rie... jadi ikutan ngerasa mbolang deh... :)

    ditunggu liputan berikutnya yaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius neh Mbak AL mau ikutan adventure? Berarti Mbak AL ke Banyuwangi dunk? asyiiikkk, Mbak Al ke banyuwnagi? InsyaAllah akhir mei mau touring ke Bali naik motor dan backpacker neh...

      Renc selanjutnya mau ke Taman Nasional Baluran, keren banget katanya di sana, serasa ke Afrika katanya....hahhahaa..

      Utk liputan part 3nya nanti yg alas purwo dan pantai PAncor Mbak, karena target lainnya terpaksa skip akibat kehabisan BBm itu.

      Delete
  12. mbak2 tuh si mbak zaa di sumpel ajah deh mbak tanya nya banyak bener :p

    eeh sukamade pernah tapi pas kesana cuaca ndak bagus :(, bedeway tuh kayu pinggir pantai masih ada toh di sukamade :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dunk, nnati kena pelanggaran HAM lho. Zha emang lucu orangnya. Hygiene tingkat dewa deh, bahkan meski kelaperan jika tangannya belum cuci pakai air gak bakalan mau makan dia..

      Oh ya? jd dah lama dunk tuh dahan pohon jd penunggu pantai sukamade. Ajib deh tuh kayu..bertahan sekian lama oleh deraan ombak..

      Delete
  13. lautnya bagus... disini juga bagus tapi gak di lestarikan.
    penyunya jomblo gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penyunya yg naik darat di jamin jomblo dunk..kan penyu jantan [sdh sifat alaminya] gak bakal naik daratan. Lha emnag naksir ya penyu? hihihiiiii

      Delete
  14. weleh2, mbak Rie ngebolang mulu! pengen akuuutttt, eh, ikuuuuttt! pengen ngendong piyu, eh.. penyu. dsab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebaliik tuh, aku yg nunggu undangannya utk mbolang ke wilayah barat. Ayoo kapan mau ngajakin mbolang?

      Delete
  15. hahaha jadi ketawa pas bagian : “ Habis makan mie instant keringan terus minum air putih nanti diproses pemasakannya di perut” betul betul betul mba setuju, kalau minum kopi begitu juga yaa.. pertama kopinya di telen, baru gulanya, abis itu airnya, tinggal si perut deh yg ngolah :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayyyaahh, emang pernah juga kok minum kopi ala begitu. Jd kopi ma gula di campur tanpa air...xixixii

      Delete
  16. asyiik lanjut yang kemaren. cuma yang goa jepang tu yang saya masih penasaran.

    asyik bener ya bisa berhandai-handai begitu sama teman2. Ngiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang goa Jepang memang sengaja skip pak, selain waktu yang gak cukup..goanya juga semacam bungker perlindungan di tanah getuu [kata teman yg sudah pernah lihat]. Jadi ya langsung menuju ke Sukamade setalh dari rajegwesi..

      Delete
  17. wahhh, asyik banget itu mba :)
    si mba liburan kaga ngajak-ngajak nih :D

    ReplyDelete
  18. grrr!
    makin mupeng pingin travelling nih... huhuhu :'(

    ReplyDelete
  19. liburannya seruh,foto2nya juga keren deh...
    btw,penyu nya sama besar denganmu mbak rie hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. wheee, masak saya sebesar penyu? Kayaknya masih 'gemuk' si penyu kok...#sok langsing

      Delete
  20. baca postingan ini jadi semakin pengen liburan nih
    hiks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yukkk..bentar lagi liburan panjang anak sekolah tuh MBak.

      Delete
  21. bagus tempatnya ... sederhana tapi seru banget kayaknya... jadi mau kesana juga nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jamin gak bakal nyesel dan pengen balik lagi deh kalau udah dr sana..

      Delete
  22. Foto-fotonya seruuuuu! Saya suka yang foto terbang itu deh 123 horeeeeee :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tuh foto dapatnya dari tiga kali TAKE..makanya ta kasih caption 1,2,3...hehhehe

      Delete
  23. Seru banget acaranya Rie, kapan-kapan ngajak-ngajak dong Rie :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Hany kapan pulkamp'nya? bisa tuh mbolang di Baluran Mbak. Atau Mbak HAny yg ngajak-ngajak saya ke Alaska pasti seru banget tuh...hehhehe

      Delete
  24. One Night Stand jadi pengen nyanyiin Cinta Satu Malam~
    Waw aku malah heran kalau manggil mbak ke makhluk berkromosom XY.
    *lanjut baca*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeee, maksdku kalau manggil orang laki-laki yang baru aku kenal dan usianya masih belum terlalu tua biasa pakai sebutan ' MAs' gettooo..

      Delete
  25. wahh, rame banget perjalanannya. tiap baitnya lengkap dgn tampian foto! kereen!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau mbolang serunya rame-rame jadi heboh deh..

      Delete
  26. Tak kira itu gambar kijing... huhuhu eh ternyata tempat penyu.
    Eh itu unyu yaaa... yang pink pink,
    maksudku yang dibawa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, itu tempat penetasan penyu. Karena penyu setelah bertelur langsung di tinggal sehingga rawan di ambil manusia [dijualbelikan] jika ttp dibiarkan di pasir pantai.

      Delete
  27. Aku masih gak paham sama kondisi harus gak boleh nyalain lampu mbak @_@

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya cahaya akan membuat penyu tak jadi bertelur ...tunggu episode tentang penyu secara ekslusive pada postingan mendatang. Hehehe..1 adventure bisa bikin berapa postingan neh? #kemaruk

      Delete
  28. wuuiih... assiiiiiiikkkk bnagetnih... kaya rev konsultan ajja.. :D
    hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. fufufufufu...rev konsultan? Kayak gini ta bisa masuk kriteria tersebut? masih jauuuh deh kayaknya

      Delete
  29. saya baru mendengar istilah " tukik " bisa nambah kosa kata :D
    Hebat itu bapaknya tukik dengan sabar merawat dan menjaga tukik. Ancung jempol !
    Seperti saya dulu waktu camping makannya mie mentah, tapi rasanya gurih dan nikmat jika perut kosong..:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. wowowowooo...sama neh, saya kenal istilah tukik juga dari hasil ke sukamade itu. Kalau dulu waktu masih jd anak kost kuliahan juga getu, mie instant mentah jd snack deh ....

      Delete
  30. anjrittt ... bikin ngiler aja nih poatingan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. weiii...kuk anjrittt? Emprit saja mantap, bisa terbang tuh jadi ka bisa mbolang kemana- mana suka lho?

      Delete
  31. huaaaa,,.. penyunaa besaarr banget...


    hmmm.. jadi waktu di Bali....

    cyut cyut gitu penyunya...

    mbak.. itu jembatan runtuhnya nakutin yaa..??

    hmmmmm hiks aku mbok diajak mbakkkk

    ReplyDelete
  32. wah asyik banget wisatanya..jadi bisa ketemua bapaknya tukik, ramai dan seru...jadi jealous nich :), btw-foto-fotonya apik banget..salut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horeee bisa bikin jealous...#Lho?

      Iya sayangnya utk di up load di blog kudu compress jd super kecil shg penampakannya jd kurang jelas.

      Delete
  33. *iiihh kog ada ya, keluarga yg tega banget sama hewan. Bener2 tak berperikehewanan deh!!

    *Istilahnya gimanaa gitu: kencan dg tukik? ngedate dg ibunya penyu? hehe...

    *makan mie kering, ditambah minum air = mie nya ngembang di dalem perut ya? wkkwkkwkk, lucu mbak.
    XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. sengaja pilih istilah yang 'menggoda' biar penasaran kan?

      hoho belum pernah ya makan mie instant dengan cara unik tersebut, cobain deh pasti seru tapi nunggu saat darurat sih biar nikmat abiss..

      Delete
  34. jadi pengen liburan sama teman2 juga nih... #ngiri

    ReplyDelete
  35. Alangkah indahx pantaix...jd pengen juga megang penyu yg kecil tuh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aSLINYA AGAk geli gimana gettu megang tukik, tp diberaniin...sempat jatuh jg untungnya jatuh ke pasirr...

      Delete
  36. Wahh, bagus bgt yah pantainya..

    Pengen kesana deh buat nenangin pikiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaaa...jauh nian nenangin pikirannya sampai ke ujung timur Pulau Jawa ya?

      Delete
  37. aku ampe mlongo liat foto2nya...
    gak ada kata yg bisa aku ucapkan selain:
    "seruuuuuuuuuu...."
    ^_^)b
    itu tukik kecilnya unyu2 bgt .. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, emang seruuuu banget kok.

      Tukiknya bikin geli pas megangnya.

      Delete
  38. wew, posting yang sangat panjang :))

    Reportasenya seru, jadi pengen ikutan :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reporase versi naratif ya begini jadinya super panjang. Kalu di singkat nanti malah kayak prosedur pembiakan penyu namanya: siapkan ini, lakukan itu, lanjutkan...dst

      Delete
  39. apa kabar mbak? maaf baru bisa berkunjung. seru ya lihat penangkaran penyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kabar sehat dan baik Mbak. Semoga Mbak Fitri juga sellau sehat dan dalam lindunganNYA, amiin:)

      Konservasi penyu cocok juga utk wisata edukasi anak-anak sekolah agar perduli pada perlindungan penyu [sebagai salah satu binatang yang harus di lindungi]

      Delete
  40. wah semakin seru saja jalan-jalannya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap moment jalan-jalan selalu ada sisi-sisi ke'seru'anya sendiri-sendiri..

      Delete
  41. sungguh menyenangkan sekali ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, harus menyenangkan kalau jalan-jalan. Gak boleh BeTe deh...nti jd gak asyik suasananya

      Delete
  42. wah asik bener ... mau touring kesitu ah kapan-kapan ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip, gak akan nyesel lho klo touring ke Sukamade. jungle trackingnya mantabs..

      Delete
  43. kira2 umur penyu yang paling gede itu berapa puluh tahun ya mba ?
    untung ada penakaran telur penyu,soalnya kalau telur penyu dibiarkan menetas dialam terbuka akan beresiko dicuri oleh oknum yg tidak bertanggung jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha..silahkan di tunggu pada edisi postingan special oleh-oleh dr mbolang di Sukamade nanti ya?

      Kalau telur penyu tdk di 'openi' yg ada habis di embat orang-orang utk di jual lho

      Delete
  44. Saya blm pernah denger untuk objek wisata ini, kayaknya menyenangkan sekali...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, sekarang sudah kenal dunk dengan obyek wisata ini, sdh pernah ditayangkan dalam salah satu program acara Trans TV kok...

      Delete
  45. wuiiiihh... seru buanget tuh kyakny :-O

    ReplyDelete
  46. mbolangnya seru banged.....hehe ternyata si tukik tuh namae penyu to?
    Btw pict nya bagus2 tuh, kereeeennnnn...

    Hepi wiken sist.... ^_^

    ReplyDelete
  47. wah seru dan mntabsss tripnya mba, jadi kepengen kaya gitu hehe..

    ReplyDelete
  48. jiahhhh c i penyuuuu mau dung satu ajeee unik amett tuh penyu

    poto potuuunya cakep cakeeppp ngikut dung hehehe

    ReplyDelete
  49. wah saya jadi ngiri dengan segala petualanganya, jadi ngiri dgn kebersamaanya, jadi ngiri dgn semua kehebohanya hehe ya jelas heboh kalau beberapa cewe harus di pertemukan dgn beberapa cowok utk sebuah kegiatan di alam bebas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap adventure dan kegiatan put door memang memiliki nuansa yg khas serunya.

      Oia,konfirmasi: BUKAN "beberapa cewe harus di pertemukan dgn beberapa cowok utk sebuah kegiatan di alam bebas" tapi konteks bertemuanya seperti kebanyakan kalau kita berada di suatu tempat kemudian tentu bertemu orang-orang baru untuk saling berinteraksi sebagai sesama yang kebetulan berada di tempat yang sama.

      Delete
  50. wihh... seru sekali ya, saya malah belum pernah lihat penyyuuu secara langsung apalagi megang. hehehee
    megang kura-kura doang, sepupu satukali pennyuuu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, kura dan penyu tuh sodaraan bukan ya? whahhahaa

      Delete
  51. Replies
    1. hihihihiii...iya cute Mbak, apalagi yg megang pake kaos pink itu...#narsis!

      Delete
  52. kenapa penyu malah diduduki -_____-

    ReplyDelete
  53. berbagi Kata Kata Motivasi gan
    Tak peduli seperti apa penampi lan kamu, percayalah, ada seseorang di luar sana yg akan mencintai kamu, JustTheWayYouAre!
    =========================================
    semoga bermanfaat dah , dan salam kenal

    ReplyDelete
  54. salam gan ...
    menghadiahkan Pujian kepada orang di sekitar adalah awal investasi Kebahagiaan Anda...
    di tunggu kunjungan balik.nya gan !

    ReplyDelete
  55. Induk penyunya besar banget yah...tukiknya juga lucu-lucu

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.