Header Ads

Life is flowing in its story leaving history for better present and future
  • What's News

    Puisi Tanpa Judul

    Edisi membuat puisi saat pas-pasan..maksudnya pas mood baru bikin puisi. Bismillahirrahmaanirrahiim  dan sebenarnya puisi ini hasil dari up date seorang teman di FB yang memberikan clue beberapa kata agar secara estafet atau apalah namanya dilanjutkan oleh siapa saja. Dan berikut ini puisi asal-asalan saya [lagi] yang berawal dari 1 paragraf yang saya post untuk mereply clue kata-kata yang diberikan “ bunga, musim gugur dan kematian ” jadi saya sendiri juga bingung tata letak kalimat-kalimatnya ini nyambung apa tidak, mohon dimaklumi karena  asal muncul kalimat dan saya rasa enak ya di tulis saja. Dan inilah hasil paragraf yang saya tambah lagi 1 paragraf untuk postingan jelang berangkat mudik:

    Kala dimensi fraktal ingatan membiaskan sketsa tentangmu,
    sang pengampu surga yang mengentah di mana
    Partikel udara mengalir rapi menemani penantian yang bergelombang
    mengembunkan rasa  pada jejak – jejak detik

    Pada kelopak bunga yang meluruh,
    bersama musim gugur yang melantakkan dinding ketabahan,
    Dan hamparan langit hitam menjadi pelengkap,
    keberturutan duka akan kematian nurani insan

    Pelangi hasil jepretan beberapa hari lalu
    Demikian puisi edisi ‘asal bikin’ yang terdiri dalam dua paragraf yang MUNGKIN juga tidak nyambung, jika ada yang berkenan memberikan judul pada puisi tanpa judul ini, dengan senang saya persilahkan. Kalau hendak menambahkan paragraf lagi, nanti akan saya edit postingan ini. Hahahaha...happy long week end for all. 

    92 comments:

    1. hehehee... mantap nih, gabung kata2 ilmiah dan puitisnya!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gabung kata-kata ilmiah ya...beginilah kalau stock kata sastranya minim..

        Delete
    2. Iya,,, Ilmiah ^^

      Kampungnya Mbak di mana??

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kampunya di Lamongan Mbak, mampir ya kalau kebetulan ke Jawa Timur...hahaha

        Delete
    3. Replies
      1. Halah una, senengane ngabur..
        Aku melu ngabur juga un wkwkwk...

        Delete
      2. @ Una: ayo dong jangan kabuurrr

        Delete
      3. @ AR: hayyyyahh, kok pada ngaburr sih...

        Delete
    4. dimensi fraktal tuapa mbak..??
      bahasanya tinggi apa aq yg katrok...
      :P

      ReplyDelete
      Replies
      1. fraktal pada awalnya dipelajari sebagai benda-benda matematis. Geometri fraktal adalah cabang matematika yang mempelajari sifat-sifat dan perilaku fraktal. Fraktal bisa membantu menjelaskan banyak situasi yang sulit dideskripsikan menggunakan geometri klasik, dan sudah cukup banyak diaplikasikan dalam sains, teknologi, dan seni karya komputer...jadi ada yg bilang fraktal memang indah tapi sulit jika sdh masuk dalam soal-soal matematika..hehehhe...

        Delete
    5. Wuih ramai bahasa fisikanya, bagusnya tuh dikasi judul.. "Fisika Cinta", hehe..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah...kalau fisika cinta sepertinya ketinggian, bisa di protes oleh orang2 fisika tuh..

        Delete
    6. Enaknya yang mudik... senang2 deh mbak sama keluarga. Aku nggak ada ide judulnya he..he...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mudik bagian dari rutinitas kok Mbak, bisa sebulan sekali/lebih..jd enjoy saja meski kadang trejebak macet yg lumayan lama. Iya neh, masih belum ada judul..jd kayaknya tetap deh "puisi tanpa judul" saja

        Delete
    7. Ketika ane tarik vektor dari gambar spektrum pelangi dan bahasa fisika quantum, ane gak dpt apapun kecuali endomorphin dari puisi tanpa judul ini!

      *halah, ngomong aku ki? #bikin sakau

      ReplyDelete
      Replies
      1. kok pake vektor? cukup garis bujur saja buat pelanginya. Nah kalau sampai ke fisika quantum...kejauhan, saya gak begitu bisa fisika (guru fisika dulu sempata protes tuh). Okeyyy, at least bisa bikin endomorphin yaa..

        Delete
    8. saya ngomeni foto pelanginya aja deh ... soalnya kita sama, beberapa hari yang lalu saya juga foto-foto pelangi ^_^

      ReplyDelete
      Replies
      1. pengennya dpt pelangi yg lebih jelas, ternyata jd makin lama makin pudar..hehee

        Delete
    9. Blas, ra bakat gawe puisi aku mbak hehehe...

      Btw foto pelanginya bagus mbak ririe :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. saama dunk,saya juga gak bakat kok bikin puisi, hanya suka saja sesekali bikin puisi

        Delete
    10. wah saya paling susah klo memahami puisi, tapi sepertinya menarik dari kata katanya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya juga suka dengan kata-katanya, maka jadilah puisi tanpa judul ini

        Delete
    11. wah saya mesti belajar bikin puisi dari mba e....

      ReplyDelete
    12. Mudik kemana nih..
      puisi meskipun tak ada judul ytetep keren Mam..

      ReplyDelete
      Replies
      1. mudik ke LA mbak..tau kan LA? Terima kasih pengen seneng deh puisinya di anggap keren

        Delete
    13. jadi pengen nyanyi pelangi pelangi...

      ReplyDelete
    14. kali ini ga ngerti nih puisinya... maaf ya..

      ReplyDelete
    15. 2x, 3x, 4x, 5x baca masih belom ngerti 7x, 9x tetep gak kecerna ... woiii, butuh berapa kali baca nih biar bisa ngerti tentang puisi ini !!! #lemparsendal ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. kan belum 100x...lanjutin sampai 100x atau 1000x dulu ya..pasti bisa..ayoooo...

        Delete
    16. pelangi pelangi,
      alangkah indahmu.
      merah kuning hijau,
      di langit yang biru.
      pelukismu agung
      siapa gerangan
      pelangi-penlangi

      ReplyDelete
      Replies
      1. ciptaan Tuhan...
        Horeee...selesai nyanyinya...hehehe

        Delete
    17. Pelagiku tak seindah yg kemarin..hehe..

      ReplyDelete
    18. Waduh, terlalu dalam isinya sampe-sampe aku ga ngerti hehe #garu2kelapa eh #kepaladeng

      ReplyDelete
      Replies
      1. belum sedalem karya Khalil Gibran lho...hehehhe #jauh kalee

        Delete
    19. kata-kata puisinya indah kelas expert hehehe walaupun aku gak ngerti :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. huaaa....maaf jika kata-kata puisinya pake bahasa planet Mbak

        Delete
    20. haduh, ndewa banget nih kata"nya. Belum pernah denger kata fraktal. Apa'an tuh artinya? :0

      ReplyDelete
      Replies
      1. Berarti sekarang dah pernah dengar ttg fraktal kan? Biasanya di gunakan dalam matematika (salah satunya)

        Delete
    21. sederhana tapi menyentuh, berkunjung balik yaaa..^_^

      ReplyDelete
    22. udah bagus mbak bisa bikin puisi,aku ajah ga bisa hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. bisa jadi tulisan tsb juga belum bisa di sebut puisi, saya saja yg PeDe menyebutnya sebagai puisi neh...hehehe

        Delete
    23. Replies
      1. Monggo di simakkk...terima kasiah sdh mau menyimak:)

        Delete
    24. berat nih bahasanya ... hehehehe
      kereeen

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah kok berat sihh, padahal gak ada maksud memberatkan lho...hehehe

        Delete
    25. Ada yang bilang, jika sebuah puisi semakin sulit dipahami, maka puisi ini semakin bagus. Dan, saya tidak mengerti puisi ini hehehe. Tapi, bagus kata-katanya hehe :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah, kok baru tahu saya kalau ada yg bilang gitu? BUkannnya semakin mudah di pahami maka akan semakin baik tuh puisinya karena lebih banyak yg paham...yang penting bikin puisi deh..

        Delete
    26. asyiknya yang sedang mudik..... salam hormat untuk bu'e dan pak'e ya Rie....

      nih aku coba tambahin biar tambah asal jadi puisinya.....

      Pada lentera langit yang meredup
      Bersama bongkahan awan kelabu yang kian berarak…
      Dan ratapan angkasa menatap kepanikan insan yang berlari…
      Sebuah Tanya terselip dihati…. Inikah saatnya?

      hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Iya neh Mbak, dua bulan gak mudik....kasihan ya.?

        Puisinya bagu Mbak..nanti ta masukin ya ke postingan biar nambah paragrafnya..Semoga saja di Lentera Langt gak GeEr tuh karena IDnya di pakai...hehehe

        Delete
    27. aku kagak fokus sama puisiny mba tapi aku fokus banget sama foto pelangi'a karena sangat amat langka pelangi itu ada di Jakarta dengan tingkat polusi metan yg tebal :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. Turut bersimpatik deh karena jarang muncul pelangi di langit Jakarta, semoga suatu saat nanti bisa deh lht indahnya pelangi ya..

        Delete
    28. pelanginya cantik mbak, puisinya juga

      mau mudik ya mbak, asiik....ketemu keluarga ya mbak, oleh2nya jangan lupa loh, hehee

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kebtulan pulang kerja kok pas ada pelangi Mbak...kebiasaan kalau mudik bawaannya capek neh Mbak...hehhee

        Delete
    29. wuih .. bahasanya tinggi kak ...
      mungkin cocok judulnya ..
      Puisi yang sangat bermakna namun tak mudah kau mengerti .. hehe

      ReplyDelete
    30. kasih judul pelangi di sore hari, ajha wes.. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. hahahaha...pelangi di malam hari ada gak ya?

        Delete
    31. Saya jg kadang suka nulis2 puisi mbak Rie, tapi kalau yg macam bak rie ini dah tingkat propensi kali yah... kata2nya luas. Kalo punyaku masih tingkat rt rw, yang apa adanya. ahahahah :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. tingkat propensi ya...gimana bisa sampai tingkat propensi kalau tingakt RT/RW saja gak lolos hayyoo? hahahhaa

        Delete
    32. Meskipun asal-asalan, lumayan juga puisinya. Cluenya aja terlihat susah, sobat mampu merangkai puisinya dan terlihat nyambung banget di puisi itu.

      ReplyDelete
      Replies
      1. terima kasihh, sesuatu banget neh...jd makin semangat deh kalau bikin puisi ....thx always:)

        Delete
    33. tanpa judul tapi dengan pelangi dan puisi yang bagus :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Heiii...pelanginya mmg sellau bagus..luar biasa tentunya. NAh kalau puisinya masih belajar dan belajar deh

        Delete
    34. "bunga, musim gugur dan kematian" dijadikan judul aja mbak

      daun2 berguguran di musim gugur ibarat kematian yah mbak :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. terima kasih utk usulan judulnya...dan kematian yang lebih parah adalah kematian nurani

        Delete
    35. pelanginye, subhanallah indah bangett :)

      biasenye puisi cuman orang2 tertentu aje yang ngerti makna didalemnye, dan aye kaga pinter tentang itu, jadi maaf2 niih kaga bise nyumbang judul :D hihihiii

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hhehehe...ribet dunk rangakaian puisi saya kaena susah di pahamin..

        Delete
    36. hamparan partikel udara di jejak detik

      mendadak terlintas judul itu setelah habis baca mbak.. judulnya panjang banget yaa?? hahahaha

      ReplyDelete
      Replies
      1. hamparan partikel udara di jejak detik...hohohoo..beoleh juga neh

        Delete
    37. Waduh saya kalo puisi lemot mbak. Nda ngerti :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. whahahaa...gpp Mbak, wong ini juga asal bikin tulisan kok

        Delete
    38. Replies
      1. hehehe..nanti sama dunk dengan lagu anak-anak mbak

        Delete
    39. aduh..otak gue yang sebesar biji kelengkeng ini gak gerti maksud yang ingin disampaikan oleh puisi ini..T_T

      ReplyDelete
    40. dikasih judul sob.. puisinya
      kasian tuh.. dah lahir nggak ada nama.
      :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya neh, dah terlanjur kahir tapi belum ada namanya....

        Delete
    41. bagus puisinya mbak -_- ajarin jugaaa.....

      ReplyDelete
      Replies
      1. weiii..saya juga masih belajar mbak...#tutupmuka

        Delete
    42. keren mbak puisisnya
      kunjungi blog ku juga ya

      ReplyDelete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.