WHAT'S NEW?
Loading...

Puisi Tanpa Judul

Edisi membuat puisi saat pas-pasan..maksudnya pas mood baru bikin puisi. Bismillahirrahmaanirrahiim  dan sebenarnya puisi ini hasil dari up date seorang teman di FB yang memberikan clue beberapa kata agar secara estafet atau apalah namanya dilanjutkan oleh siapa saja. Dan berikut ini puisi asal-asalan saya [lagi] yang berawal dari 1 paragraf yang saya post untuk mereply clue kata-kata yang diberikan “ bunga, musim gugur dan kematian ” jadi saya sendiri juga bingung tata letak kalimat-kalimatnya ini nyambung apa tidak, mohon dimaklumi karena  asal muncul kalimat dan saya rasa enak ya di tulis saja. Dan inilah hasil paragraf yang saya tambah lagi 1 paragraf untuk postingan jelang berangkat mudik:

Kala dimensi fraktal ingatan membiaskan sketsa tentangmu,
sang pengampu surga yang mengentah di mana
Partikel udara mengalir rapi menemani penantian yang bergelombang
mengembunkan rasa  pada jejak – jejak detik

Pada kelopak bunga yang meluruh,
bersama musim gugur yang melantakkan dinding ketabahan,
Dan hamparan langit hitam menjadi pelengkap,
keberturutan duka akan kematian nurani insan

Pelangi hasil jepretan beberapa hari lalu
Demikian puisi edisi ‘asal bikin’ yang terdiri dalam dua paragraf yang MUNGKIN juga tidak nyambung, jika ada yang berkenan memberikan judul pada puisi tanpa judul ini, dengan senang saya persilahkan. Kalau hendak menambahkan paragraf lagi, nanti akan saya edit postingan ini. Hahahaha...happy long week end for all. 

92 comments: Leave Your Comments

  1. hehehee... mantap nih, gabung kata2 ilmiah dan puitisnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gabung kata-kata ilmiah ya...beginilah kalau stock kata sastranya minim..

      Delete
  2. Iya,,, Ilmiah ^^

    Kampungnya Mbak di mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampunya di Lamongan Mbak, mampir ya kalau kebetulan ke Jawa Timur...hahaha

      Delete
  3. Replies
    1. Halah una, senengane ngabur..
      Aku melu ngabur juga un wkwkwk...

      Delete
    2. @ Una: ayo dong jangan kabuurrr

      Delete
    3. @ AR: hayyyyahh, kok pada ngaburr sih...

      Delete
  4. dimensi fraktal tuapa mbak..??
    bahasanya tinggi apa aq yg katrok...
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. fraktal pada awalnya dipelajari sebagai benda-benda matematis. Geometri fraktal adalah cabang matematika yang mempelajari sifat-sifat dan perilaku fraktal. Fraktal bisa membantu menjelaskan banyak situasi yang sulit dideskripsikan menggunakan geometri klasik, dan sudah cukup banyak diaplikasikan dalam sains, teknologi, dan seni karya komputer...jadi ada yg bilang fraktal memang indah tapi sulit jika sdh masuk dalam soal-soal matematika..hehehhe...

      Delete
  5. Wuih ramai bahasa fisikanya, bagusnya tuh dikasi judul.. "Fisika Cinta", hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...kalau fisika cinta sepertinya ketinggian, bisa di protes oleh orang2 fisika tuh..

      Delete
  6. Enaknya yang mudik... senang2 deh mbak sama keluarga. Aku nggak ada ide judulnya he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudik bagian dari rutinitas kok Mbak, bisa sebulan sekali/lebih..jd enjoy saja meski kadang trejebak macet yg lumayan lama. Iya neh, masih belum ada judul..jd kayaknya tetap deh "puisi tanpa judul" saja

      Delete
  7. Ketika ane tarik vektor dari gambar spektrum pelangi dan bahasa fisika quantum, ane gak dpt apapun kecuali endomorphin dari puisi tanpa judul ini!

    *halah, ngomong aku ki? #bikin sakau

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok pake vektor? cukup garis bujur saja buat pelanginya. Nah kalau sampai ke fisika quantum...kejauhan, saya gak begitu bisa fisika (guru fisika dulu sempata protes tuh). Okeyyy, at least bisa bikin endomorphin yaa..

      Delete
  8. saya ngomeni foto pelanginya aja deh ... soalnya kita sama, beberapa hari yang lalu saya juga foto-foto pelangi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya dpt pelangi yg lebih jelas, ternyata jd makin lama makin pudar..hehee

      Delete
  9. Blas, ra bakat gawe puisi aku mbak hehehe...

    Btw foto pelanginya bagus mbak ririe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saama dunk,saya juga gak bakat kok bikin puisi, hanya suka saja sesekali bikin puisi

      Delete
  10. wah saya paling susah klo memahami puisi, tapi sepertinya menarik dari kata katanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka dengan kata-katanya, maka jadilah puisi tanpa judul ini

      Delete
  11. wah saya mesti belajar bikin puisi dari mba e....

    ReplyDelete
  12. Mudik kemana nih..
    puisi meskipun tak ada judul ytetep keren Mam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik ke LA mbak..tau kan LA? Terima kasih pengen seneng deh puisinya di anggap keren

      Delete
  13. jadi pengen nyanyi pelangi pelangi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahhha,,,yuk nyanyi barengan saja ya

      Delete
  14. kali ini ga ngerti nih puisinya... maaf ya..

    ReplyDelete
  15. 2x, 3x, 4x, 5x baca masih belom ngerti 7x, 9x tetep gak kecerna ... woiii, butuh berapa kali baca nih biar bisa ngerti tentang puisi ini !!! #lemparsendal ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan belum 100x...lanjutin sampai 100x atau 1000x dulu ya..pasti bisa..ayoooo...

      Delete
  16. pelangi pelangi,
    alangkah indahmu.
    merah kuning hijau,
    di langit yang biru.
    pelukismu agung
    siapa gerangan
    pelangi-penlangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciptaan Tuhan...
      Horeee...selesai nyanyinya...hehehe

      Delete
  17. Pelagiku tak seindah yg kemarin..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa? pelangi itu selalu indah lho

      Delete
  18. Waduh, terlalu dalam isinya sampe-sampe aku ga ngerti hehe #garu2kelapa eh #kepaladeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sedalem karya Khalil Gibran lho...hehehhe #jauh kalee

      Delete
  19. kata-kata puisinya indah kelas expert hehehe walaupun aku gak ngerti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaa....maaf jika kata-kata puisinya pake bahasa planet Mbak

      Delete
  20. haduh, ndewa banget nih kata"nya. Belum pernah denger kata fraktal. Apa'an tuh artinya? :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti sekarang dah pernah dengar ttg fraktal kan? Biasanya di gunakan dalam matematika (salah satunya)

      Delete
  21. sederhana tapi menyentuh, berkunjung balik yaaa..^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasiihhh, segera visit back:)

      Delete
  22. udah bagus mbak bisa bikin puisi,aku ajah ga bisa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi tulisan tsb juga belum bisa di sebut puisi, saya saja yg PeDe menyebutnya sebagai puisi neh...hehehe

      Delete
  23. Replies
    1. Monggo di simakkk...terima kasiah sdh mau menyimak:)

      Delete
  24. berat nih bahasanya ... hehehehe
    kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kok berat sihh, padahal gak ada maksud memberatkan lho...hehehe

      Delete
  25. Ada yang bilang, jika sebuah puisi semakin sulit dipahami, maka puisi ini semakin bagus. Dan, saya tidak mengerti puisi ini hehehe. Tapi, bagus kata-katanya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kok baru tahu saya kalau ada yg bilang gitu? BUkannnya semakin mudah di pahami maka akan semakin baik tuh puisinya karena lebih banyak yg paham...yang penting bikin puisi deh..

      Delete
  26. asyiknya yang sedang mudik..... salam hormat untuk bu'e dan pak'e ya Rie....

    nih aku coba tambahin biar tambah asal jadi puisinya.....

    Pada lentera langit yang meredup
    Bersama bongkahan awan kelabu yang kian berarak…
    Dan ratapan angkasa menatap kepanikan insan yang berlari…
    Sebuah Tanya terselip dihati…. Inikah saatnya?

    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya neh Mbak, dua bulan gak mudik....kasihan ya.?

      Puisinya bagu Mbak..nanti ta masukin ya ke postingan biar nambah paragrafnya..Semoga saja di Lentera Langt gak GeEr tuh karena IDnya di pakai...hehehe

      Delete
  27. aku kagak fokus sama puisiny mba tapi aku fokus banget sama foto pelangi'a karena sangat amat langka pelangi itu ada di Jakarta dengan tingkat polusi metan yg tebal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Turut bersimpatik deh karena jarang muncul pelangi di langit Jakarta, semoga suatu saat nanti bisa deh lht indahnya pelangi ya..

      Delete
  28. pelanginya cantik mbak, puisinya juga

    mau mudik ya mbak, asiik....ketemu keluarga ya mbak, oleh2nya jangan lupa loh, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebtulan pulang kerja kok pas ada pelangi Mbak...kebiasaan kalau mudik bawaannya capek neh Mbak...hehhee

      Delete
  29. wuih .. bahasanya tinggi kak ...
    mungkin cocok judulnya ..
    Puisi yang sangat bermakna namun tak mudah kau mengerti .. hehe

    ReplyDelete
  30. kasih judul pelangi di sore hari, ajha wes.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha...pelangi di malam hari ada gak ya?

      Delete
  31. Saya jg kadang suka nulis2 puisi mbak Rie, tapi kalau yg macam bak rie ini dah tingkat propensi kali yah... kata2nya luas. Kalo punyaku masih tingkat rt rw, yang apa adanya. ahahahah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tingkat propensi ya...gimana bisa sampai tingkat propensi kalau tingakt RT/RW saja gak lolos hayyoo? hahahhaa

      Delete
  32. Meskipun asal-asalan, lumayan juga puisinya. Cluenya aja terlihat susah, sobat mampu merangkai puisinya dan terlihat nyambung banget di puisi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasihh, sesuatu banget neh...jd makin semangat deh kalau bikin puisi ....thx always:)

      Delete
  33. Replies
    1. Sipp deh kalau gtu...tanpa judul saja ddeh

      Delete
  34. tanpa judul tapi dengan pelangi dan puisi yang bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heiii...pelanginya mmg sellau bagus..luar biasa tentunya. NAh kalau puisinya masih belajar dan belajar deh

      Delete
  35. "bunga, musim gugur dan kematian" dijadikan judul aja mbak

    daun2 berguguran di musim gugur ibarat kematian yah mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih utk usulan judulnya...dan kematian yang lebih parah adalah kematian nurani

      Delete
  36. pelanginye, subhanallah indah bangett :)

    biasenye puisi cuman orang2 tertentu aje yang ngerti makna didalemnye, dan aye kaga pinter tentang itu, jadi maaf2 niih kaga bise nyumbang judul :D hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhehehe...ribet dunk rangakaian puisi saya kaena susah di pahamin..

      Delete
  37. hamparan partikel udara di jejak detik

    mendadak terlintas judul itu setelah habis baca mbak.. judulnya panjang banget yaa?? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hamparan partikel udara di jejak detik...hohohoo..beoleh juga neh

      Delete
  38. Waduh saya kalo puisi lemot mbak. Nda ngerti :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahahaa...gpp Mbak, wong ini juga asal bikin tulisan kok

      Delete
  39. Replies
    1. hehehe..nanti sama dunk dengan lagu anak-anak mbak

      Delete
  40. aduh..otak gue yang sebesar biji kelengkeng ini gak gerti maksud yang ingin disampaikan oleh puisi ini..T_T

    ReplyDelete
  41. dikasih judul sob.. puisinya
    kasian tuh.. dah lahir nggak ada nama.
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya neh, dah terlanjur kahir tapi belum ada namanya....

      Delete
  42. bagus puisinya mbak -_- ajarin jugaaa.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. weiii..saya juga masih belajar mbak...#tutupmuka

      Delete
  43. keren mbak puisisnya
    kunjungi blog ku juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasihh, segera berkunjung balikkk...

      Delete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.