WHAT'S NEW?
Loading...

CAPTCHA dan Banned

Saya yakin bagi semua blogger dan para penjelajah dunia cyber sudah tidak asing dengan istilah CAPTCHA dan banned. Dan Bismillahirrahmaanirrahiim inilah cerita CAPTCHA dan banned yang pernah saya alami pada sebuah forum diskusi/sharing pendapat. Ada sistem reward untuk member aktif yang cukup fantastis dari akumulasi perolehan poin maka terjadi banyak kecurangan di forum tersebut. Sehingga diberlakukan sistem CAPTCHA. Namun di awal-awal CAPTCHA diterapkan masih belum beroperasi dengan stabil yang menyebabkan sering terjadi case ‘validation eror’ sehingga muncul duplikasi commment. Akibatnya banyak member yang aktif di banned [tanpa warning terlebih dahulu] dan langsung dijatuhi punishment melakukan tindakan copas. Maka kami pun melakukan verifikasi juga atas dukungan teman-teman di forum [yang tidak kena banned]. 

Salah satu teman yang banyak support adalah yang punya back ground lawyer. Dia memberikan arahan dan bimbingan bagaimana membuat pembelaan diri yang sistematis dengan dilengkapi telaah data yang akurat/valid sehingga tidak bisa dibantah lagi. Serangkaian ‘pembelaan’ kami kirimkan [via email] ke CS forum yang berisi telaah detail terhadap ‘data’ yang dianggap bukti ‘kesalahan’ kami di forum. Teman yang paham hukum tersebut pun di bantu suaminya yang mengerti tentang aplikasi IT, ikut serta memberikan dukungan dengan cara mengirimkan analisa kelemahan sistem IT dalam forum tersebut dan perbedaan tentang mana member yang secara sengaja melakukan kecurangan dan member yang di banned karena validation eror. Namun email tidak di tanggapai dan di forum admin memberikan pernyataan yang terlihat tidak profesional [baca:emosional] yang intinya register lagi saja apa susahnya? Bagi kami yang kena banned, akar masalahnya bukan sekedar bikin akun lagi itu mudah. 
Waktu itu hampir sebulan kami melakukan fight back karena yakin tidak melakukan kecurangan di forum. Tapi akhirnya kami pilih melupakan peristiwa banned daripada wasting time memberikan counter balik tanpa ada respon yang relevan. Toh akhirnya kami sesama member yang aktif membentuk grup di FB dan tetap bisa berkomunikasi secara akrab. Berawal saling comment di forum dan melalui seleksi alam [waktu] akhirnya kami menemukan mana orang-orang dari forum yang memang bisa jadi teman yang baik. Memang beberapa teman ada yang membuat akun baru dengan tujuan memberikan opini balik untuk pernyataan-pernyataan admin yang dianggap tidak obyektif terkait kasus banned terhadap member. Dan saya sendiri memilih tidak membuat akun lagi dengan alasan:
  1. Jika saya membuat akun baru, secara tidak langsung saya mengakui jika saya telah berbuat salah sehingga mau mengikuti saran admin untuk membuat akun baru.
  2. Meskipun membuat akun baru itu mudah, tapi bukan berarti admin bisa SEMUDAH itu men’dellisting member.
Sejak di banned, sesekali saya masih melihat ke forum sebagai outsider meski dengan rasa kecewa terlebih jika membaca pernyataan admin. Teman-teman yang biasanya jadi member aktif dan ‘lolos’ dari banned juga akhirnya tidak antuasias lagi berinteraksi di forum. Kami lebih sering ngobrol di grup FB dan hanya sekilas saja kadang membahas tentang forum tersebut. Dan inilah surat ‘cinta’ saya ke admin untuk pembelaan diri setahun yang lalu [dengan editing pada nama forum tersebut]:

Dear Admin XX yang Bijaksana,
Setelah saya simak dan pelajari DATA, maaf saya kurang setuju kalau attachment file yang admin berikan kepada saya disebut sebagai alat “bukti”, karena suatu alat bukti paling tidak harus memenuhi kriteria validitas dan traceability secara menyeluruh. Untuk melengkapi email saya sebelumnya, saya sampaikan sebagai wacana bersama tentang sumber-sumber kesalahan yang mengakibatkan muncul DATA yang di identifikasi menyimpang/salah:
  1. Apakah DATA tersebut merupakan hasil dari Human eror yaitu hasil tindakan copy paste mengingat pengertian copy paste adalah suatu tindakan duplikat yang dilakukan secara berulang- ulang dengan susunan kalimat yang sama di lakukan copy kemudian hanya melakukan paste saja dalam jumlah yang banyak ( ratusan bahkan ribuan ) dalam waktu yang relatif singkat.
  2. Apakah DATA tersebut terjadi karena kesalahan sistemik yaitu kerusakan menyeluruh pada sistem yang ada. Mengingat definisi kesalahan sistemik adalah suatu kondisi sulit/kerusakan yang terjadi pada suatu system yang apabila tidak diatasi dapat menyebabkan kekacauan proses dan akses loading (untuk forum XX misalnya) sehingga menyebabkan data-data yang di hasilkan terjadi deviasi yang fatal
  3. Apakah DATA tersebut hasil dari kesalahan random/acak yaitu kesalahan yang terjadi secara kebetulan/tidak di sengaja dimana besarnya berfluktuasi pada waktu yang bervariasi/tidak seragam.
Dari 3 jenis sumber kesalahan terhadap suatu DATA yang memberikan performance menyimpang/salah tersebut, maka analisa saya adalah sebagai berikut:
  1. DATA yang saya terima adalah termasuk kesalahan random ( acak) atau yang lebih di kenal oleh member XX dengan istilah validation eror,
  2. DATA yang Admin sebut “bukti” copas yang saya lakukan, saya lampirkan di attachment file   beberapa comment saya sticky untuk view case'nya.
  3. Secara menyeluruh baik jumlah maupun selang waktu comment dalam data tersebut sama sekali TIDAK bisa di kategorikan COPAS karena Copas di forum XX adalah tindakan memposting yang dilakukan dengan sengaja dalam jumlah yang banyak ( puluhan/ratusan bahkan ribuan) agar poin meningkat secara drastis untuk mereply 1 comment ( kasus copas di XX )
  4. Comment yang sama terposting untuk reply 1 comment terjadi maksimal 3 kali karena jika CAPTCHA eror, saya melakukan option resave. Kalau ada comment yang sama lebih dari jumlah 3 kali, bisa di trace kembali kalau comment tersebut untuk reply member yang berbeda (topic yang berbeda) mengingat dalam mengakses forum XX saya menggunakan open Tab 4 sampai 5 window melalui Opera dan Internet Explorer untuk mengantisipasi proses loading XX yang lambat
Dari uraian di atas, beberapa hal lagi yang ingin saya sampaikan adalah :
  • Saya tahu dan sadar sekali kalau tindakan tidak sportif akan berakibat fatal yaitu sampai pemblokiran akun, jadi tidak ada benefitnya jika saya melakukan tindakan yang melanggar peraturan yang admin berlakukan di XX.
  • Saya sangat setuju dengan sikap/tindakan sportif, maka demi kebaikan forum ke depan, semestinya Admin pun bisa sportif juga ( karena sikap dan tindakan sportif dalam suatu system/komunitas berlaku secara integral pada semua variable yang ada dalam system dan komunitas tersebut) menganalisa sebab dan permasalahan yang terjadi secara comprehensive sebelum diambil tindakan pusnishment, terlebih jika dicermati korban dari punishment ini rata-rata menimpa  pada member yang aktif di forum. Jika kondisi ini terus berlangsung, maka sangat mungkin member akan lebih memilih pasif dalam berinteraksi di forum.
  • Kiranya Admin bisa intens dalam menyelesaikan masalah validation error agar kedepannya tidak sering terjadi lagi.  Punishment terhadap member dengan penghapusan account bukan problem solving yang konkrit dan tidak fair karena sumber masalahnya adalah  validation error.  Karena hal tersebut justru akan membuat member yang aktif akan menjadi phobia untuk aktif  berkomentar di forum dan akan membuat forum tidak kondusif lagi suasananya.
  • Saya dan member yang terblokir khususnya, serta semua member forum pada umumnya sangat berharap Admin bisa lebih proposional dalam meninjau dilema double comment yang terjadi akibat validation error ini, tidak semata-mata menimpakan kesalahan pada member.

Demikian hasil telaah ini semoga bisa jadi wacana dan pertimbangan bagi Team Admin dalam melakukan pembenahan forum demi kebaikan dan kemajuan forum dimasa mendatang sehingga forum ini bisa lebih secure dan nyaman untuk semua member berinteraksi aktif dalam sharing opini secara sportif dan edukatif.



Pertengahan April 2011 akun saya di banned oleh adminnya dan setahun kemudian [akhir April 2012] ternyata saya dinyatakan masih termasuk dalam daftar member yang berhak menerima reward dari forum tersebut. Ketika kami [dulu] bersikeras melakukan pembelaan pun bukan untuk mendapatkan rewardnya, tapi berharap admin mau melakukan corrective action atas keputusan sepihaknya melakukan banned. Maka semenjak pembelaan kami tidak mendapatkan respon, kami pun merelakan dan menganggap semuanya sudah selesai.

Dan tadi siang saya di mention oleh teman sesama ‘korban’ banned. Dia menceritakan kalau dapat telpon dari CS forum tersebut yang mengabarkan bahwa dirinya masuk dalam dafar yang berhak mendaptkan voucher 2juta Rupiah dan menanyakan apakah saya juga mendapatkan telpon yang sama mengingat posisi kami saat itu memang berada dalam top 20 member yang berhak dapat voucher. Karena terkena banned maka [mestinya] kami tidak berhak mendapatkan reward tersebut. Tidak lebih dari 30 menit setelah saya membaca status teman tadi, ternyata saya juga di telpon dari CS tersebut yang mengkonfirmasikan jika saya termasuk member yang dapat voucher 2 juta! Alhamdulillah, Bahwa jika rejeki kita memang tak mungkin akan tertukar ataupun salah alamat. 

75 comments: Leave Your Comments

  1. Hemmm.. mengenai banned kayaknya adminnya masih trauma harus delled comment yang dobel2 kali mbak hehehe...

    Btw selamat ya mbak, dapat voucernya banyak banget... wah2 jadi iri hahhaha...
    makan2 mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin sepertinya 'gengsi' kalau harus merevisi keputusannya sehingga keukeuh membiarkan banned berlanjut. Tapi sepertinya ada 'reshuffle' dalam tim admin. Karena kalau tidak ada perombakan dalam admin, tidak mungkin saya dan teman-teamn yg di banned masuk dalam daftar penerima voucher tersebut...

      Delete
  2. kasih 1 vouchernya :)
    *adminnya jangan-jangan ada maksud dibalik semua itu O.o, temenku juga kayaknya pernah mbak, aneh, alasannya kurang logis :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, alasan dan 'bukti' yang diberikan mengandung banyak kelemahan sehingga saya dan teman-teman melakukan pembelaan diri.
      Btw, vouchernya 1paket tuh...hehehe

      Delete
  3. Kok aku ra dong tho mbak. :))
    Lha protes tapi kok ujung2e entuk hadiah @_@
    Ra paham ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Protessnya karena di banned secara sepihak dengan pemberian buti yang masih bersifat 'data mentah', makanya protes. Tapi kala itu protes kami tdk di reken, admin forum seakan tdk mau mengkoreksi keputusannya. Makanya kami juga akhirnya melupakan saja ketimbang perang urat saraf tanpa hasil.

      Lha gak tau kenapa, kok ternyata pihak brand produk tersebut kemudian memmasukkan kami utk bisa mendapatkan reward tersebut. Aturannya kalau kena banned, segala bentuk reward mestinya hangus.

      Perkiraan kami, ada perombakan tim admin di tahun ini dan mengkaji ulang forum yang diselenggarakan tahun 2011. KArena kala terjadi banned, kami sempat membuat protes di fan page forum tersebut.

      Delete
  4. wah, berujung dengan indah ini namanya, hihiy, :D
    selamat ya mba, hmm, lumayan buat nabung naek haji :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sudah gak kepikiran lagi tentang forum tersebut ternyata dihubungi jika masih berhak dapat rewardnya.

      Eh, vouchernya tdk bisa di cash'kan...hehhe

      Delete
    2. wew, gitu ya, sayang banget, padahal asikan kl bentuk uang ya :D

      Delete
    3. whehehehe...ya di nimati saja mas. Semoga lain kali bisa dapat hadiah ONH Plus..Amiinnn:)

      Delete
  5. Ga enak sih emang mba. Tapi enaknya di penghujung ^^ jajanin! :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah...kalau masih rejeki InsyaAllah tak akan salah alamat ya..

      Delete
  6. indah pada akhirnya.....hehehe^_____^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah sudah bisa melupakan segala keruwetan dan tidak ingin mempermasalhkan status banned, ternyata diputuskan masih masuk daftar penerima reward'nya...Alhamdulillah:)

      Delete
  7. wah ini hasil dari kesabaran dan perjuangan

    semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat sudah ikhlas menerima di banned...ternyata rejeki itu masih untuk saya...Amin:)

      Delete
  8. Waahh Ada Voucher di sini ??
    MAuu

    ReplyDelete
  9. Tidak sia-sia semua perjuangannya Mbak. Selamat Ya Mbak Ririe

    ReplyDelete
  10. voucher 2 jutaaaa.....?
    fuih....bikin ngiri
    hehehe....

    ReplyDelete
  11. kok akeh men mbak nilai vouchernya?

    monggo di bagi dua mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, itu voucher reward utk tipa catur wulan. JAdi kalau gak kena banned sebenarnya punya peluang untuk dapat 3 x catur wulan. Namanya rejeki sudah di atur dengan sangat adil kan..

      Delete
  12. dapat voucher sampe 2 juta mbak...? makan bakso yuk....hehe...

    ReplyDelete
  13. kok dari banned bisa dapat hadiah ya.... seneng banget ya... aku ga ngerti sudah baca ulang ulang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngerti ya, tuh jawabannya sama kayak untuk commentnya Una..

      Delete
  14. vocernya beneran nih mbak? asyik dong ya.selamat

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAlalh beneran Mbak, tinggal nunggu surat resminya akan di kirim....

      Delete
  15. Wah, lumayan, Mbak..
    2 Juta rupiah banyak juga, tuh..
    Bagi2, donk >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah lumayan banyak bagi saya Mbak, meskipun bukan dalam bentuk cash tetap bersyukur masih dapat vouchernya

      Delete
  16. Wuiihhh...hadiahnye bikin ngiler :D
    bersusah dahulu kayaknye nih baru enak2 seterusnye #eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. weeeiiii, jangan ngiler dunk.

      so surprise pokonya ..

      Delete
  17. jadi dapet voucher itu beneran yaa mbak rie, alhamdulillah yaa mbak rie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, kata adminnya surat resmi plus vouchernya segera dikirimkan ke alamat...Amin:)

      Delete
  18. Kok nggak ada yang mbanned saya lalu ngirim voucher ya...
    Kalau ada yg begitu, sayapun mau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaa...sudah gak kepikiran dapat rewardnya setelah proses pembelaan diri di banned gak diperdulikan oleh admin.

      Delete
  19. Emang gak enak kalau gak ngelakuin tapi di tuduh gak2, ya kan mba... (asal komen padahal gak mudeng ceritanya) hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..tulisannya terlalu panjang ya...maaf:)

      Delete
  20. Replies
    1. SEGALA SESUATU ADA WAKTUNYA masing-masing....:)

      Delete
  21. setiap musibah pasti ada hikmahnya mba & itu terbukti loh,rencana Tuhan memang selalu indah :)

    ReplyDelete
  22. Aku ora dong Mbak. Podo karo Una. T_T

    ReplyDelete
  23. wah, aku gak paham sama ceritanya.
    yg aku tangkep cuman: awalnya mb ririe kayan ini mengalami suatu hal yg enggak menyenangkan (dibanned) gara2 sistem eror, tapi kemudian malah dapat reward berupa voucher.

    selamat ya mbak, memang segala sesuatu itu indah pada waktunya...
    ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. di forum tsb memang ada reward utk top 20 members dan saya ada dalam daftar top 20 saat kena banned. Jk kena banned maka selain tdk bisa akses forum, jg reward dianggap failed.

      Jd ada kemungkinan pihak brand manager melakukan review ttg 'kekacauan' forum yg mengakibatkan member kena banned sehingga akhirnya 'memulihkan' hak reward bagi top 20 members----> demikian asumsi saya dan teman-teman di forum tersebut.

      Delete
    2. ooohh, jadi begitu ceritanya...

      #manggut-manggut...
      kalau boleh tahu, forumnya bernama apa mbak? hehe...

      Delete
  24. Selamat yah dapat dua juta.Lumayan banyak juga tuh walaupun pernah kena banned sama adminnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. YUps...Bersyukur akhirnya perolehan reward utk member yg kena banned di recovery oleh pihak forum tersebut.

      Delete
  25. kalo gitu gue pengen di banned saban hari haja biar dapet 2 juta hehehehe....!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha..jangan sampai deh di banned. Kalau kasus saya banned'nya terjadi karena validation eror dan untungnya setelah setahun berlalu pihak management forum tersebut [sepertinya] melakukan peninjauan ulang.

      Delete
  26. Perjungannya benar2 sangat berat...!!1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm...mengalir saja, yakin gak bersalah ya membela diri. Ketika tdk di respon..ya sdh forget it. Namun saya yakin, sebuah brand tdk akan mengorbankan image produknya dalam penilaian masyarakat. 1 orang user kecewa sdh merupakan 'kerugian' bagi suatu brand...

      Delete
  27. forum apa sie nie ya sebenarnya? aga ga paham juga, tau tau dapat hadiah. tapi selamat ya.. ane boleh dong di bagi. eheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama forumnya off the record...demi menjaga securitas ..#Lebay.

      Terima kasiih:)

      Delete
  28. Wah, info bagus, nih. Bookmark ah. Makasih ya, Ririe ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. woooo, padahal saya hanya curcol lho? #Plakkkk

      Delete
  29. masalah ginian nyebelin deeeeh... *lempar meja* :P :D

    ReplyDelete
  30. forum apaan sih kok pakai reward-reward segala?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang forumnya juga dah ganti acara tuh...kebanyakan dapat protes kali dr member

      Delete
  31. Susah dahulu baru kemudian berenang

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.