7 Jenis Kamera Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Kamera

Saat ini, ada banyak smartphone dengan kamera yang memiliki spesifikasi mumpuni. Sehingga, semakin banyak yang merasa cukup dengan menggunakan smartphone sebagai tool untuk mengambil gambar, sekedar dokumentasi maupun dalam rangka mengeksplore hobi fotografinya. 

Tidak heran jika kemudian gawai-gawa terbaru berlomba menghadirkan kualitas kamera yang high end, dan kita pun prefer untuk berinvestasi kamera dengan membeli smartphone saja. Tapiii, benarkah kebutuhan akan kamera sudah benar-benar tercukup hanya dengan menggunakan kamera yang terintegrasi pada gawai?

Bismillahirrahmaanirrahiim, bagi sebagian orang  memiliki kamera yang beneran kamera (bukan kamera di HP) adalah kebutuhan, dimana fungsi kamera yang diharapkan tidak atau belum bisa tercover dengan menggunakan kamera HP. 
Mengenal jenis-jenis Kamera Digital dan spesifikasinya
Bagi fotografer pro, memiliki kamera mumpuni tentu menjadi kebutuhan primer. Bagi mereka, fungsi kamera tak bisa digantikan oleh keberadaan smartphone meski built in dengan fitur kamera yang memiliki spesifikasi canggih. Bagi Sebagian lainnya, yang masih tahap belajar fotografi atau sekedar suka motret-motret (seperti saya) memiliki kamera terpisah dari ponsel merupakan kebahagiaan tersendiri.

Tapi bagi seorang pemula fotografi atau buat orang seperti saya, bila ingin membeli kamera digital tentu bukan perkara mudah.  Bagaimana tidak, ada sangat banyak pilihan kamera dengan berbagai merk, harga dan kualifikasinya.
Honestly, postingan special by my request ini berawal dari kegalauan saya untuk membedakan jenis-jenis kamera dan keingintahuan jenis kamera seperti apa yang sebenarnya saya dibutuhkan? Selama ini saya tuh bingung membedakan antara kamera DSLR, Mirrorless, compact camera, SLR dan jenis kamera lainnya yang sangat banyak ragamnya di pasaran.
Apakah kita mencari kamera professional, yang sesuai ketersediaan dana, mencari kamera yang sesuai dengan kebutuhan, atau mencari kamera yang stylish (compatible dibawa kemana-mana). Sebelum membeli, kita harus mengetahui dulu tipe-tipe kamera sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dan berikut ini adalah 7 jenis kamera yang bisa kita pilih untuk mendukung passion potography maupun dokumentasi kegiatan:

1. Compact Camera

Kamera compact atau compact camera lebih familiar disebut dengan kamera saku adalah tipe kamera dengan range harga yang paling rendah dibandingkan jenis kamera digital lainnya. Kamera jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan juga ringan. Kamera jenis ini biasanya dilengkapi dengan setting otomatis standar. 
Cara penggunaan camera ini pun relatif sangat mudah digunakan. Kita hanya tinggal memilih objek yang ingin difoto, dan klik cekrek, udah deh proses pengambilan foto selesai. Kamera secara auto akan mengerjakan banyak hal lain seperti fokus, pengaturan cahaya, dan warna. 

Compact camera ini juga biasanya tidak memiliki fitur penggantian lensa, ada fungsi zoom tapi biasanya hasil pixelnya kurang bagus. Sehingga kurang cocok untuk penggunaan profesional.

2. Zoom Compact Camera 

Jenis kamera ini hampir sama dengan compact camera. Dari ukuran, cara menggunakan dan pengaturan kamera relative sama dengan compact camera. 
Jenis-jenis kamera yang perlu diketahui sebelum membelinya
shutterbug.com
Hanya saja memiliki fitur powerful zoom lens yaitu memiliki fungsi zoom yang lebih jauh. Biasanya zoom range-nya adalah 28-300mm. Jenis kamera ini sangat cocok untuk foto-foto personal dan kebutuhan pribadi. Tapi kurang dapat diandalkan untuk kebutuhan profesional.

3. Advanced Compact Camera

Jenis Advanced compact camera ini umumnya diperuntukkan bagi para penghobi fotografi yang berpengalaman. Mereka ingin memiliki kamera sederhana, di luar kamera profesional, tapi menginginkan keringkasan compact camera.
Jenis-jenis kamera digital
teds.com.au
Tipe kamera ini biasanya hadir dengan mode pengaturan eksposur manual dan juga manual fokus. Jadi kamera memiliki fitur yang lebih lengkap, tapi memiliki bobot yang ringan dan mudah digunakan.

4. Adventure Camera (Action Camera)

Jenis adventure camera atau action camera ini sedang naik daun dalam beberapa tahun ke belakang. Action cam biasanya memiliki banyak kesamaan dengan compact camera. Hanya saja dilengkapi dengan beragam fitur luaran yang cocok untuk berpetualang.
Jenis kamera digital untuk dokumentasi saat olahraga atau menyelam
petapixel.com
Biasanya tipe kamera ini tahan air dan tahan guncangan. Lensanya dilindungi dengan kaca yang kuat. Bentuknya kecil sehingga bisa ditempel ke berbagai elemen petualangan.

5. DSLR (Digital Single Lens Reflex)

Tipe kamera DSLR atau digital single lens reflex  ini biasanya digunakan para fotografer professional, juga pemula yang sudah mulai serius menekuni hobi fotografi. Ukurannya besar dan lebih berat daripada compact camera. Banyak profesional yang menggukan DSLR sebagai gadget unggulan mereka.
jenis - jenis kamera digital untuk fotografi
Pinterest.
Meskipun ada juga yang menggunakan jenis kamera mirrorless dan bridge camera. Desain dan fungsi kamera ini datang dari kamera film. Dengan jenis yang terbaiknya memiliki sensor full-frame. Sangat terinspirasi dari kamera film 35mm. Lensanya bisa diganti dan disesuaikan. Kualitas gambarnya sangat ditentukan oleh jenis sensor yang digunakan.

6. Mirrorless Camera

Mirrorless camera Disebut-sebut sebagai masa depan kamera, mirrorless camera memiliki fitur-fitur dari kamera DSLR. Tapi ukuran mirrorless camera ini lebih kecil, ringan, dan harganya relative lebih murah dibandingkan DSLR.
Jenis kamera digital yang praktis dan multiguna
idntimes.com
Nama mirrorles sendiri diambil dari tidak adanya cermin di dalam kamera untuk memantulkan cahaya pada sensor. Cahaya yang masuk melalui lensa langsung menuju sensor. 

7. Medium Format Camera

Untuk jenis Medium Format Camera ini harganya berada di luar jangkauan masyarakat biasa, dan seringkali tidak perlu untuk beberapa situasi foto. Medium format camera ini lebih sering digunakan untuk pengambilan yang bersifat skala produksi seperti periklanan.

Nama medium format sendiri mengacu pada 120 ukuran format film yang digunakan di Hasselblad V system film camera. Hasselblad adalah merek terdepan yang mengeluarkan jenis Medium Format Camera ini.
Jenis kamera digital untuk pembuatan iklan
pricebook.co.id
Medium-format camera memiliki sensor yang lebih besar daripada DSLR full-frame, sehingga kamera jenis ini lebih cocok untuk pekerjaan periklanan dan sejenisnya yang memang membutuhkan resolusi besar untuk pengambilan gambar.

Ulasan singkat 7 Jenis Kamera yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli ini kiriman dari mochammad.ramdhan@canva.com yang saya edit seperlunya, tanpa mengurangi konten (materi aslinya). Setidaknya, sebelum kita memutuskan untuk membeli kamera, kita perlu tahu dulu kan tipe-tipe atau jenis kamera digital yang beredar di pasaran agar kita bisa menentukan pilihan kamera yang sesuai dengan kebutuhan kita, juga sesuai budget yang tersedia.

Kira-kira, jenis kamera apakah yang ingin Anda beli? Atau, salah satu dari 7 jenis kamera tersebut mungkin sudah Anda miliki ? 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

27 comments:

  1. Kemaren istri nyebut soal mirrorless dan akhirnya beli. Baru tau apa artinya mirrorless hehehe

    ReplyDelete
  2. Berkunjung lama ga berkunjung, mau tanya nih soal kamera. Saya beli kamera miroles X-A3 kalau buat foto ga masalah tapi kalau buat video di malam hari kok hasilnya goyang goyang gambarnya trus cahayanya jadi berubah meredup, itu kenapa?maaf baru belajar kamera

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah punbya kamera DSLR berat ya mbak itu? semuanya disesuaikan dengan kebutuhan ya untuk menentukan kamera mana yang pas untuk hobi foto

    ReplyDelete
  4. baru 4 bulan ini aku punya dslr. rasanya seneng banget karna beli hasil nabung dari ngeblog. etapi aku masih meraba2 cara makenya sampe skr hihihi

    ReplyDelete
  5. Kameranya kok imut semua siiiih....

    aku pengen beli tapi kok yang di rumah aja (Fuji DSLR) aku belum paham mengoperasikannya dengan baik dan benar coba! Masih bertahan menggunakan OPPO aja gampang...

    ReplyDelete
  6. Yang paling banyak digunakan sekarang ini mirrorless ya, Mba. Kalau dslr mungkin krn relatif lebih berat,jd kdg males bawa2nya... Eh itu sih aku deng. Compact camera udah jrg bgt ya skrg

    ReplyDelete
  7. Aku punya DSLR tapi nggak bisa pakenya mba hahahaa... Suami sih yang beli, aku disuruh belajar, tapi ya ga mudeng-mudeng tuh. Kayaknya enakan pake mirrorless ya, lebih ringan juga gitu bobotnya.

    ReplyDelete
  8. Kameraku rusak karena kesiram air nih Mak (malah curhat) Mudah-mudahan bisa segera beli lagi. Maunya puya DSLR sama Mirrorless sih hahaha maruk ya. DSLR itu kesannya elegan dan keren. Tapi soal keringkasan Mirrorless juaranya emang

    ReplyDelete
  9. Waah kebetulan lagi cari-cari kamera nih mbak. Ada referensi lain nih. Awalnya sudah kepentok sih sama mirror less

    ReplyDelete
  10. Pengen punya kamera baruuu. Ini kameraku agak ngadat, mau bawa benerin ke CS rsminya masih masa pandemi hiks. Yawda sabar2in dulu deh, nabung jg soalnya kebutuhan lg gak tentu gini ya hehe

    ReplyDelete
  11. Aku ngalamin semua transformasi kamera2 diatas itu, kecuali nomor 7 ya, itu untuk pro dan TV kayaknya ya.
    Dan sekarang lebih nyaman pakai mirrorless untuk keperluan apa aja bisa. videography, sosial media, foto pribadi, foto produk, anything semua bisa :)

    ReplyDelete
  12. Aku punyanya mirrorless mba cuman masih belum paham sepenuhnya wkwkk asal foto cekrek blass aja dah mau ngulik belum sempet aja hahaha

    ReplyDelete
  13. Owalah, aku kira compact camera sama DSLR ini sama lho mbk. Ternyata beda ya hehe.. Makasih banget infonya, semoga tahun ini bisa beli kamera mirorless

    ReplyDelete
  14. Saya suka dengan merk camera Canon dan Nikon. Sejauh ini paling baru sanggup yg camdig dan prosumer. Untuk memiliki DSLR atau mirolles rasa2 nya mesti banyak hal lain yang harus di prioritaskan :)

    ReplyDelete
  15. Aku mirrorless tapi sedih ga ambil yang ada layar kaya bisa selfie :(
    Cuma sejauh ini luamayan lah cukup nikon

    ReplyDelete
  16. Komplit Mbak. Banyak juga ya jneis camera. Taunya cuma DSLR dan camera mirrorles aja selama ini.

    ReplyDelete
  17. aku so far masih pakai DSLR karena terlanjur sudah punya lumayan komplit lensanya dan compact juga terakhir - terakhir ini. Plus smart phone mba...makin kereeen foto - fotonyaa

    ReplyDelete
  18. aku akuuuuu.. alhamdulillah pake mirrorless udah 3 tahunan. Aman nyaman dan cinta bener sama mirrorless deh pokoknyaaaa.. hihi

    ReplyDelete
  19. Pengen banget punya kamera keren begini utk menunjang kegiatan menulis. Trimkasih ya mbak informasinya, jd belajar banyak rentang kamera dr sini.

    ReplyDelete
  20. Aku punya mirrorless dan dslr
    Keduanya beda secara khusus
    Namun sama sama bisa bantu urusan kerjaan

    ReplyDelete
  21. Banyak ya jenisnya ternyata, jadi tinggal pilih saja mana yang pas ya mbak , saya sih pakai mirrorless .

    ReplyDelete
  22. aku pas hamil kemarin ngidamnya kamera mirrorless jadi pas ditanya mau kado apa ya kadonya kamera aja wkwkwk dan alahdmulillah kesampaian 2 minggu habis lahiran,, sebelumnya aku pake DSLR tapi karena udah hampir 10 tahun kecepatan shootnya mulai lamban dan kualitasnya entah kenapa menurun,, tapi tetep kusimpen sih,, targetnya sekarang action figure tapi kalo dipake buat ngevlog biasa di dalam ruangkan kurang bagus kudu dipake adventure,,

    ReplyDelete
  23. Nice post, Mbak. Aku termasuk orang yang buta tentang per'kamera'an ini. Taunya cuma motret dari hape aja. Pernah dimintain tolong sama temen motoin dia pake kamera guede yang ada moncongnya itu, bolak balik jepret beberapa pose hasilnya nihil, ternyata ada bagian lensanya yang masih closed. wakakaka. katroknyaaaa.

    ReplyDelete
  24. Naksir sm si mirorless heuheu tp nahan diri yg ini aja mash bisa dipake plus blm ada uangnya haha

    ReplyDelete
  25. saya lebih suka kamera action karena mudah dibawa apalagi saya sering berpetualang di alam bebas

    ReplyDelete
  26. Aku belum kesampaian beli mirrorless Mbak. Mau belajar gitu juga sudah males duluan, apa karena emak-emak ya. Kalau anakku suka belajar fotografi. Ada DSLR lama di rumah yang sekarang mulai rusak. Tapi dia belajar pakai kamera di sekolah jadinya

    ReplyDelete
  27. Aku pernah menyesal karena beli kamera DSLR, awalnya ga tau tipe-tipenya soalnya pengen yang mirrorless biar gampang dibawa kemana-mana dan ga berat. Akhirnya terlanjur beli mau gimana lagi deh

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.