Berhijab Ala Bohemian Style, Why Not? Inilah Caranya

Trend hijab dari waktu ke waktu semakin banyak diminati, beragam busana muslimah dengan padu padan model dan warna yang di mix & match berbagai jenis aksesoris mampu menghadirkan gaya fashion  unik dan look fashionable yang membuat penampilan tampak beda serta lebih mempesona.

Bismillahirrahmaanirrahiim salah satu trend hijab yang memiliki ruang luas untuk menuangkan kreasi dan taste personal tanpa takut dikatakan norak adalah gaya hijab bohemian style

Awalnya gaya fashion bohemian diartikan sebagai ekspresi/cara berpakaian yang mengeskpresikan kebebasan, sehingga sering dianggap nyentrik dan identik dengan orang-orang yang menyukai seni. Namun, siapa yang menyangka kalau kemudian gaya bohemian ini banyak diminati, bahkan berkembang menjadi salah satu tren fashion dianggap kekinian.
Image Pinterest
Yaks, style bohemian atau yang kerap diistilahkan dengan boho chic ini identik dengan pemilihan baju  longgar yang dikenakan, berbahan tipis dengan corak yang full warna-warni, lengkap dengan aksesoris gelang, kalung, anting dll yang menegaskan kesan “ramai”. Menurut saya, gaya bohemian/hippie ini seperti gaya penampilannya Kassandra ( gadis gypsy ) deh kayaknya. 
Dan, bagi muslimah tak perlu worry karena gaya berhijab ala bohemian ini sangat potensial untuk dimodifikasi karena pada dasarnya fashion ini dominan dengan baju-baju yang longgar, bisa dikenakan untuk acara formal maupun santai, kegiatan out door pun sangat bisa.

Jika mengacu terhadap konsep dasar gaya fashion bohemian, saat ini sangat banyak selebritis yang kerap tampil dengan style fashion bohemian. Bagi yang gagap fashion seperti saya pun bisa dengan mudah berhijab ala fahion bohemian ini, intinya harus percaya diri dan yang terpenting menerapkan aturan main menutup aurat dong.

Untuk style berhijab ala bohemian, bisa menggunakan kreasi sendiri, pakai ini dan itu, yang penting terlihat rame, unik dan fashionable. Sekilas, gaya berhijab bohemian ini memang seperti terlihat "semau gue", tapi sebenarnya tetap ada rule dasar agar bisa disebut bohemian stylish.  Seperti artikel ini yang mengulas secara ringkas apa saja item utama bohemian yang perlu diperhatikan agar tampil anggun, elegan dan tetap mengutamakan syar’inya berbusana muslimah:

Yang pertama adalah Bagian Atasan. 
Untuk baju atasan bisa dipilih model baju seperti tunic atau blus yang longgar dengan pattern etnic, bisa juga ditambah dengan topi model lebar, hairband atau turban juga oke kok. Untuk jenis warnanya bisa dipilih warna nature: krem, coklat, putih, hijau atau bisa juga menggunakan warna-warna yang cerah ceria yang memancarkan semangat. 

Yang kedua adalah DRESS. 
Bohemian dresses menjadi salah satu item yang memiliki point of view yang penting (menentukan) style bohemian. Banyak model dress yang bisa dipilih untuk memperoleh kesan bohemian yang kental seperti dress yang flowly, dress yang panjang hingga mata kaki, print dress, hingga sleeveless dress yaitu dress tanpa lengan seperti model tanktop pun bisa dipilih sebagai item fashion boho chic. Untuk bagian dress yang terbuka bisa disiasati dengan mengenakan layering, t-shirt sebagai dalaman atau juga bisa mengenakan outer yang berbahan adem. 

Once again, factor pemilihan warna-warna natural seperti putih, kuning, hijau, dan cokelat merupakan warna yang mendukung gaya hijab bohemian. Jika galau memilih motif atau kurang nyaman dengan motif yang rame, bisa dipilih motif dress yang abstrak atau etnik, dijamin akan menghasilkan gaya bohemian simpel tapi terlihat elegan lho.

Ketiga adalah OUTER
Selain Bohemian dress, mengenakan outer juga menjadi item fashion yang mendukung gaya fashion hijab bohemian. Terlebih outer ini memiliki fungsi yang fleksible, selain sangat praktis untuk dipadukan dengan dress yang terbuka bagian atas atau ketika mengenakan hot pants, Outer juga memberikan kesan fashion hijab bohemian yang stylish.

Keempat untuk Bawahan.
Untuk melengkapi gaya berhibab ala bohemian, bawahan juga harus diperhatikan. Tapi untuk bawahan ini relative lebih mudah karena tersedia banyak bawahan yang bisa dipilih untuk menunjang penampilan gaya fashion hijab boho chic mulai celana panjang yang berbahan loose dan model yang lebar, maxi skirt, bell pants, hingga pallazzo pants. Untuk pemilihan motif, bisa diselaraskan dengan dress, atau atasanya yang akan dikenakan. Juga bisa memilih motif tribal, floral atau motif lainnya yang memang memberikan kesan atau bisa memperkuat kesan style bohemian.

Kelima  Aksesoris.
Meski item aksesoris  ini sifatnya komplementar, tapi memiliki peran yang tak kalah penting dengan item fashion lainnya. Tak jarang, penggunaan aksesoris justru bisa membuat penampilan berhijab dengan style bohemian ini bisa terlihat lebih stylish. Anting, kalung dan bross yang memiliki unsur etnic biasanya akan membuat gaya bohemian lebih berkilau. Termasuk dalam aksesoris yang identic dengan gaya bohemian adalah tas, sepatu dan belt yang terbuat dari bahan suede, kulit, atau kayu. 
Image Pinterest 
Ternyata tidak sulit kan untuk tampil berhijab dengan gaya bohemian ini? Karena pada dasarnya gaya fashion bohemian adalah jenis fashion yang idenntik menggunakan warna-warna yang cerah, motif ramai, model baju santai tapi sederhana. Kalau butuh inspirasi bagaimana tampil berhijab dengan gaya bohemian, bisa tuh di kepoin IG artis seperti istrinya Uya Kuya, Melly Goeslow, Chikita Fawzy dan masih banyak lagi lainnya. 

My personal opinion, gaya fashion bohemian ini memungkinkan bagi seseorang untuk tampil unik, khas, beda dan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi trend setter. Berhijab ala bohemian, bisa menampilkan sisi kreatif dan tampil dengan ciri tersendiri, harus siap dikomentari sana-sini juga tentunya (jika lingkungan sosial kita belum terbiasa dengan gaya berpakaian yang rame ini). Jangan kaget jika ada yang mengatakan "aneh atau nyleneh" juga. 


Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

21 comments:

  1. Boho chic ini gaya kesukaan aku mbaaa
    Kesannya laid back, tapi tetep artsy
    Estetik banget gitu lho.
    Seruu dah boho chic style ini

    ReplyDelete
  2. boleh nih gayanya dicontek untuk stlye fashionku.. hwhee.. mungkin untuk lebaran nanti kali ya.. Untuk silaturahmi, mudah2an covid segera berlalu.

    ReplyDelete
  3. aku nyerah deh urusan beginian haha gak siap dikomenin orang banyak, tahus endiri di negeri kita ini gak bisa aneh2 haha

    ReplyDelete
  4. Wah menarik nih ide style pakaian ala Bohemian. Kok aku jadi pengn ngulik, ya. Semau gue gitu tapi tetep kece ya

    ReplyDelete
  5. iya mbak biasanhay tergantung loingkungan ya penerimaannya. Kadang aku pakai baju juga menyesuaikan dengan tujuan kotanya deh atau lingkungan rumah yang mau kunjungi. Style Bohemian aku suka juga nih jadi tumpuk2 gitu ya

    ReplyDelete
  6. Aku berani pakai style bohemian kalau mau pergi ke luar kota (buat liburan). Kalau masih dalam kota sendiri aku belum Pede, Mbak. Pasti banyak yg komentar. Hahahaa.

    Kalau pas di luar kota kan ya bodo amat, kalaupun ada yang ngatain orang yg gak kenal. :D

    ReplyDelete
  7. Aku suka liat orang dengan style bohemian ini, tapi aku sendiri ga pede, mbak. Hahaha. Apa lagi kalau pergi ke acara-acara yang orang pada kenal, udah parno duluan takut dikomentari aneh-aneh. Tapi kalau di tempat asing mungkin aku berani coba. Hahaha.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya gata ini lagi ngetrend kak, di tiktok sering banget liat stylenya begini
    cakep ya, jadi pengen coba juga. Suka corak dressnya

    ReplyDelete
  9. Hmmm, boleh juga nih, boho chic!
    Mau ah ntar eksekusi pas silaturahmi Idul Fitri.
    Etapi, kudu ngulik-ngulik dulu koleksi di lemari

    Btw,
    Semoga covid-19 cepat pergi!
    Aamiin.

    Boho chic, wait for me!

    ReplyDelete
  10. Cakep juga ya gaya bohemian ini. Apalagi ada tutori padu padan pakaian dengan aksesorisnya.

    ReplyDelete
  11. Baru tahu ada berhijab gaya bohemian ini, kalau ngumpul keluargaku, keponakan gaya hijabnya nyentrik dan tetap angun kok. Jadi, tergantung pergaulan ya.

    ReplyDelete
  12. wah aku nggak paham soal ginian, asal kita nyaman dan sopan...gaya apapun nggak maslah dan bisa diterapkan, btw padu padan bajunya lucu juga yaa gaya bohemian ini

    ReplyDelete
  13. Aku suka dengan motif outernya tuh. Aku kan penggemar outer. Paling mudah dipadupadankan dengan baju yang lain, sekalian untuk menutupi beberapa area tubuh yang memang harus disembunyikan.

    ReplyDelete
  14. Klo outer aku suka mba.. tapi klo kemudian terlihat nyleneh...hi..hi
    Ga siap. Ga pede klo lantas jd pusat perhatian... 😊

    ReplyDelete
  15. Aku suka lihat-lihat gaya dan model berhijab salah satunya bohemian ini tapi ya gitu masih enggak pede kalau mau coba. Secara aku pendek dan kira-kira bohemian style cocok gak ya untuk orang pendek?

    ReplyDelete
  16. Belum pernah coba gaya bohemian Mbak. Soalnya aku cenderung simple dan gak modis kalau pakai baju . Hihihi ngaku..

    ReplyDelete
  17. Sy suka melihat orng dengn beragam style hijab selama tertutup ga ketat. Yg bohemian sy suka nuansa ethniknya

    ReplyDelete
  18. Duh jadi kangen OOTD kan lihat tulisan ini, hahaha. Suka motif bohemian gini, dan biasanya jilbabnya aku pakai yang polos kalo dressnya sudah gaya bohemian.

    ReplyDelete
  19. Keren bih style nya. Tetep cantik Dan syari banget klo bisa memadupadankan

    ReplyDelete
  20. Aku suka gaya bohemian ini deh. Cocok untuk yang pakai jilbab ya. Tinggal ditambah cardigan dan jilbab atau gaunnya yang nutup lengan.

    ReplyDelete
  21. gaya bohemian ini dari dulu aku suka. aku juga punya beberapa dress bohemian. kalau dipadupadankan dengan pashmina jadi cakep gitu

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.