5 Tips Mudah Untuk Hidup Sehat Lahir dan Bathin

Kesehatan sejati adalah menangani kesehatan sebelum penyakit datang serta hidup yang lebih lama terbebas dari penyakit.

Kalau ditanya, “ siapa yang tidak ingin hidup lebih lama, bahagia dengan kondisi kesehatan yang paripurna hingga usia tua?”. Tentu saja, semua orang menginginkan hal itu.
Bismillahirrahmaanirrahiim Everybody starts pure. Jangan lupakan kalau setiap orang dilahirkan dalam keadaan murni, baik pikiran, fisik dan segenap organ tubuhnya bersih, tanpa cemaran racun, atau polutan dan bahaya radikal bebas lainnya . Dengan bertambahnya usia, “kemurnian” tersebut  mengalami  penurunan kualitas karena berbagai sebab.

That’s why kita perlu banget untuk mengetahui dan memahami hal apa saja yang bisa menjadi sumber dan atau stimulan toxic. Mengacu dari kelima sumber utama penyumbang ketidakstabilan kesehatan, maka 5 Tips Mudah Untuk Hidup Sehat Lahir dan Bathin ini bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari :
  1. Menerapkan  pola makan sehat dan wajib sarapan, saya tempatkan sebagai langkah awal untuk mempersiapkan stamina yang mendukung tumbuh kembang anak-anak karena jiwa yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat. Minum air putih yang cukup, yaitu sekira sampai 2 liter dalam sehari dengan menu makan yang mendekati unsur 4 sehat 5 sempurna, atau memenuhi gizi seimbang, termasuk minum susu sesuai kebutuhan usia.
  2. Melengkapi dengan mengkonsumsi multivitamin, disertai dengan minum air yang seimbang ketika mengonsumsi multivitain
  3. Stay away dari merokok, alkohol, narkoba dan dan gaya hidup lainnya yang tidak sehat, termasuk vapor itu lho yang lagi hits. 
  4. Membiasakan diri melakukan olah raga, minimal jogging setiap pagi/sore dan cukup mendapatkan sinar matahari di pagi hari karena kaya akan vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.
  5. Serta, pastinya positif thinking dan keep in good behavior. Karena dengan berpikir positif ini akan mengahsilkan hormon-hormon yang baik bagi kesehatan. Bahkan jika bisa diringkas seringkas-ringkasnya, kunci utama hidup sehat adalah BERPIKIR POSITIF, hal-hal lainnya untuk meraih hidup sehat merupakan tips turunan dari berpikir Positif ini.
5 Tips Mudah Untuk Hidup Sehat Lahir dan Bathin
Ya ya ya, toxic atau racun yang oleh sebagian orang masih dianggap sebatas bahan kimia atau benda berwujud yang bisa meracuni manusia, membuat sakit dan menyebabkan kematian. Contoh konkrit dan belum lama ini menjadi trending topik adalah kopi sianida, yakni kopi yang ditambah zat asam sianida sehingga merenggut nyawa  Mirna Salihin.
Contoh racun lain yang sudah booming di kalangan masyarakat antara lain: racun tikus, mercury, Arsenik, racun (bisa) ular, pestisida, atau senyawa kimia asam/basa kuat juga memiliki sifat racun yang ganas. Mayoritas, toxic masih dipersepsikan sebagai benda berwujud yang bisa merusak, menyebabkan sakit hingga kematian. Padahal penggunaan desinfektan yang tidak tepat, seperti disemprotkan pada bagian tubuh manusia (yang tujuan awalnya untuk sterilisasi dari virus corona atau covid-19) berpotensi besar menjadi racun atau karsinogen yang dalam jangka waktu panjang bisa memicu terjadinya penyakit serius. 
Karena bahan-bahan desinfektan pada umumnya adalah bahan kimia yang bersifat asam kuat seperti chlorin, asam sulfat, asam chlorida atau senyawa lain yang memiliki tingkat keasaman tinggi (yang diformulasikan untuk membunuh kuman, bakteri dan sejenisnya) untuk penggunaan sterilisasi peralatan, lingkungan dan benda-benda yang memiliki potensi menjadi sumber kontaminasi silang.

Ketika pertanyaan “ What is racun ?” saya ajukan pada anak saya mereka punya definisi yang beragam mengenai racun sebagai berikut:
  • Azka (kelas 3 SMP) “ Racun ya benda atau zat yang bisa menyebabkan muntah-muntah, kesakitan, juga bisa menyebabkan kematian jika dimakan/minum oleh manusia. Kayak keong racun tuh termasuk racun kan ?”
  • Aida ( kelas 3 SMA) “ Racun itu benda, bahan, zat atau apalah-apalah  yang memiliki efek berbahaya misalnya luka, sakit, ataupun bisa menyebabkan kematian jika terjadi  interaksi dengan benda tersebut. Jadi kalau orang patah hati, termasuk terkena racun deh karena merasa sakit dan menyebabkan kematian seperti kisahnya Romeo dan Juliet itu lho Bund “ ( hedew, emaknya ini jadi baper dengar jawaban racun ala anak ABG yang kayak begini).
  • Ifa ( the new comer at college), “  Sesuatu bisa dikategorikan racun manakala memiliki dan bisa menyebabkan kerusakan, luka/sakit hingga  kematian (secara langsung maupun tak langsung). Racun itu bisa berupa benda berwujud  dan tak berwujud,  pokoknya semua hal yang membawa efek tidak baik bisa disebut racun. Makanan dan minuman yang enak bisa kok jadi racun. Termasuk kurang piknik juga  bisa jadi racun …” sebelum melebar kemana-mana, emaknya  pun langsung  menimpali “ berarti kebanyakan nonton drakor juga bisa menjadi penyebab keracunan tuh “.
Sedangkan kalau dilihat dari kbbi, racun memiliki arti sebagai berikut:
racun/ra·cun/ n 1 zat (gas) yang dapat menyebabkan sakit atau mati (kalau dimakan, dihirup): 2 Kim zat yang menurunkan mutu logam atau sepuhan; 3 zat yang merusak atau menghambat aksi katalis atau enzim; 4 ki yang merusak batin: bacaan, tontonan, stress, dll (https://kbbi.web.id/racun)
Berdasarkan dari definisi-definisi toxic tersebut dan dalam rangka ikhtiar menjaga kesehatan, adalah sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan mengenal sumber polutan bagi kesehatan. Dengan mengetahui sumber-sumber polutan, kita bisa merumuskan tindakan konkrit untuk menghentikan, menghindari atau meminimalkan resiko terpapar toxic. Setidaknya 5 hal ini bisa menjadi sumber dan atau stimulan toxic
  1. Zat (fisika, kimia, berwujud dan tidak berwujud), benda atau makhluk hidup (binatang, tumbuhan, mikroorganisme) yang secara fitrah memang membawa sifat sebagai racun. Misalnya sianida (KCN), zat asam/basa kuat (HCl, Asam Sulfat, Asam peroxide dll) , dan senyawa reaktif lainnya (mudah terbakar, mudah meledak, oksidator, korosif).  Jenis tumbuhan yang beracun juga cukup banyak, seperti biji jarak, biji kecubung, pohon strycine, dan masih banyak lagi jenis tumbuhan yang menghasilkan toxic mematikan ketika dimakan.
  2. Lingkungan (polusi udara, tanah, dan air) tercemar berpotensi merugikan kesehatan bagi organisme hidup, khususnya manusia. Baik di lingkungan kerja, rumah, sekolah dan di mana saja kita berada, ketika kualitas udara, air dan tanahnya tidak baik, tentunya bisa dikategorikan berpotensi poisonic bagi kesehatan kan?
  3. Pola makan tidak seimbang, mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet, perasa, pemanis buatan, pewarna sintetis dan bahan tambahan pangan kimia lainnya 
  4. Gaya Hidup tidak sehat. Kurang aktifitas fisik, kurang istirahat, dan berbagai kebiasaan yang berkembang dewasa ini memperbesar  grafik penurunan kesehatan.
  5. Stress yang menumpuk. Tuntutan ekonomi yang meningkat dan semakin kompleks memicu racun stress ketika kita tidak bisa mengelolanya dengan baik. Kondisi stress yang berlarut-larut bisa membuat penuaan dini, dan muncul hormon beracun lainnya yang dapat mempersempit aliran darah ke jantung maupun ke  otak.
Kalau dipikir-pikir, sejak kita bangun tidur, kembali tidur dan bahkan saat tertidur, bahaya toxic sangat dekat dengan kita ya Bun ?” tanya Ifa sekaligus membuat resume dengan ekspresi ala-ala serius seperti saat menikmati tayangan drama Korea kesukaannya.

Makanya, sangat penting bagi kita untuk memiliki pengetahuan dasar tentang sumber-sumber racun atau toxic tersebut. Dengan mengetahui apa saja sih yang bisa menjadi  sumber toxic, maka untuk hidup dengan meminimalkan radikal bebas dan polutan lainnya bisa dengan mudah diterapkan menjadi  bagian dari kebiasaan baik kita sehari-hari.  Bagaimana kita bisa membuat strategi perang jika tidak tahu siapa lawan yang akan kita hadapi kan?”

Bunda Kekinian dan siapa pun perlu dan wajib tahu kelima jenis sumber racun tersebut agar bisa mempersiapkan sejak dini untuk membersihkan diri sehingga bisa menikmati usia dengan hidup sehat sampai tua.

Dengan memahami karakteristik sumber toxic dan betapa dampak hazards dari kelima kelompok sumber toxic diatas bagi kualitas hidup kita, maka langkah-langkah berikut ini bisa dijadikan rambu-rambu yang patut dipatuhi demi hidup yang  lebih sehat dan bahagia tanpa toxic.

Jadi menurut Anda, hal-hal (benda atau non benda) apa saja yang termasuk kriteria "toxic" dalam hidup ini? 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

6 comments:

  1. Jadi harus pandai memilah mana yang kategori toxic mana yang tidak ya mba.

    ReplyDelete
  2. Toxic itu drama yang gak berkesudahan, moody, pacaran gak jelas, kantong kempis. They are ratcun yang mengerikan.
    Sejak WFH ini gaya sarapanku kacau kakak.
    Btw pernyataan (pertanyaan) di bagian depan penyusunannya kurang tepat kelihatannya.

    ReplyDelete
  3. Harus bisa memilah-milah sendiri ya mb, biar jauh dari sumber toxic. Teman yang selalu membuat kita berpikir negatif juga toxic yang dapat mempengaruhi imun tubuh. Harus dijauhi juga.. Semoga kita selalu tejaga ya mb,dari sesuatu yang berimbas buruk untuk kita lahir maupun batin

    ReplyDelete
  4. pikiran yang negatif menurutku itu toxic yang paling berbahaya juga mba, so kita harus tetep positif thinking, bahagia dan bisa menghindari juga kelima hal yang tadi mba tulis sebagai sumber toxic

    ReplyDelete
  5. Gadget bisa disebut toxic tak? Soalnya suka bikin males mandi, makan minum pun sambil pencat-pencet gadget, tidur pun meluknya gadget... hehehe...

    ReplyDelete
  6. omongan tetangga zaman now juga bisa jadi toxic, hahaha... omongan netijen juga mba... sekarang memang harus milih-milih kalo mau bergaul... kalau asal gaul dan ternyata lingkungan pergaulannya bad yaudah dadah babai, mungkin bisa jadi bad juga...

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.