3 Cara Mudah Menemukan Dokter Terdekat Secara Online

Ketika sedang merasakan gangguan kesehatan maka hal yang bisa Kita lakukan adalah dengan mengenali gejala yang dialami. Apabila penyakit tersebut merupakan penyakit umum maka bisa untuk dirawat di rumah dan minum obat sampai sembuh. 

Akan tetapi apabila lebih dari tiga hari gejala sakit yang dirasakan dan dialami belum ada tanda-tanda membaik, maka sangat dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Apalagi di masa pandemi covid-19, dimana-mana beberapa gejala yang timbul ada yang serupa sakit biasa seperti meriang, batuk-batuk dan pilek.
Kita sendiri yang HARUS perduli terhadap kondisi kesehatan karena kitalah yang paling tahu dan paham bagaimana pemetaan serta seperti apa saja tanda-tanda (fluktuasi) stamina tubuh yang terjadi.
Jika kondisi tersebut terjadi, kita bisa melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat yang berada di sekitar kita untuk mengetahui status kesehatan. Dengan mendapatkan pemeriksaan dari dokter yang terdekat secara cepat, akan menentukan penanganan dan perawatan secara lebih tepat dan sesuai dengan kondisi gejala sakit yang dirasakan.

Untuk mendapatkan dokter yang terdekat biasanya juga sangat mudah dilakukan. Kita bisa langsung mendatangi pusat layanan kesehatan seperti misalnya puskesmas atau rumah sakit. Selain itu juga ada tempat layanan medis lainnya seperti klinik, dokter umum yang buka praktek dengan waktu operasional hingga 24 jam, dan tempat-tempat praktek dokter di tempat kesehatan lainnya. 

Dengan banyaknya layanan kesehatan tersebut Kita bisa untuk memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan. Selain melakukan pemeriksaan dengan datang langsung ke pusat kesehatan, klinik atau  tempat praktek dokter lainnya, kita juga bisa dengan mudah untuk menemukan dokter yang terdekat dengan menggunakan sistem online.
3 Cara Mudah Menemukan Dokter Terdekat Secara Online
halodoc (dot) com
Dengan cara mencari dokter secara sistem online ini, kita bisa lebih terbantu karena lebih efektif dan efesien. Artinya, kita bisa melakukan over view mengenai profil-profil dokter yang kita butuhkan juga ketersediaannya atau stand by di tempat atau tidaknya. Iya kan akan menjadi dilema perasaan bilaman kita sudah langsung datang dan ternyata dokter yang kita butuhkan sedang tidak bertugas.
Terkait pencarian dokter terdekat secara online ini, saat ini ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan dokter yang terdekat dengan tempat tinggal kita. 3 cara mudah menemukan dokter terdekat secara online berikut ini bisa dilakukan saat kita butuh melakukan pemeriksaan kesehatan:

1. Mesin pencarian online
Tempat pertama yang bisa kita manfaatkan untuk menemukan dokter yang terdekat dengan tempat tinggal kita adalah di mesin pencarian. Cara ini akan sangat mudah untuk dilakukan karena cukup hanya mencarinya di mesin pencarian dan kemudian tekan cari (search) sesuai kata kunci yang dibutuhkan, misalnya dokter terdekat yang buka praktek layanan medis atau kunci lainnya yang relevan dengan pencarian jasa layanan medis/kesehatan.

Caranya pun sangat mudah, cukup dengan menghidupkan GPS di gadget untuk menampilkan lokasi tempat tinggal kita, selanjutnya buka browser pencarian dan memasukkan kata kunci, klik-klik(jika koneksi lancar) akan muncul sederet daftar yang menunjukan keberadaan dokter yang terdekat dengan kita. Oleh karena itulah bagi kita sedang mencari dokter untuk mendapatkan perawatan dan pemeriksaan sesuai dengan sakit yang dirasakan, maka bisa untuk menemukannya dengan mudah melalui mesin pencarian (browsing) di internet.

2. Aplikasi online
Tempat selanjutnya yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai dokter yang terdekat dengan Kita adalah dengan aplikasi online. Ada banyak sekali aplikasi online yang bisa Kita gunakan untuk mendapatkan dokter yang terdekat. Selain itu bahkan juga ada aplikasi yang menawarkan untuk dokter datang ke rumah, sehingga Kita tidak perlu untuk datang ke pusat layanan kesehatan tetapi cukup dengan menggunakan aplikasi online dan dokter bisa datang ke rumah.

3. Situs rumah sakit
Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan situs rumah sakit. Ketika Kita mencari dokter dengan spesialis tertentu maka bisa untuk mencarinya di rumah sakit. Kita bisa untuk berkunjung ke situs rumah sakit dan mengetahui jadwal praktek dokter untuk menemukan dan memilih waktu yang tepat untuk melakukan pemeriksaan. Dengan mengetahui jadwal dokter secara online ini akan mempermudah Kita mendapatkan pemeriksaan yang dibutuhkan dengan cara membuat janji atau reservasi terlebih dahulu.

Beberapa cara di atas bisa digunakan untuk Kita menemukan dokter terdekat. Sehingga bagi Kita yang akan melakukan pengobatan dan perawatan bisa untuk mendapatkan banyak keuntungan apabila menggunakan cara ini untuk menemukan dokter yang terdekat. Seperti bisa dengan mudah mengetahui jadwal dokter dan membuat janji. Selain itu juga bisa untuk mencari dokter spesialis yang dibutuhkan, memilih dokter dengan biaya atau tarif yang sesuai dengan budget, dan juga bisa untuk mencari dokter yang paling dekat dan buka praktek 24 jam sehingga bisa melakukan pemeriksaan kapan saja.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

24 comments:

  1. aku pernah nyari dokter hewan pake mesin pencarian di internet. alhamdulillah dapet dan bisa menolong kucingku yg habis ketabrak. membantu banget ya mesin pencarian itu

    ReplyDelete
  2. Sama aku juga pas pindah rumah nyari dokter yang recommended via online mbak. Apalagi skrng enaknya pakai aplikasi jg ada yang bisa konsul via online bahkan datang k e rumah, makin gampang ya?

    ReplyDelete
  3. Aku amaan, kalo ada apa2 tinggal tanya dokter david dokter andalanku, bisa onlen atopun dateng langsung ke kliniknya, biasanya kan sentuhan dokter bikin langsung sembuh hahahaa.

    Nah bener Ri, sekarang ini apps online pun butuh banget di situasi sekarang.

    ReplyDelete
  4. aplikasi ini memudahkan masyarakat buat mendapatkan info terkait dokter terdekat di wilayah domisili mereka ya mba.

    ReplyDelete
  5. Apalagi di masa kayak gini ya mba. Takut klo hrs ke rs jg. Aku sempet mau cobain blm jadi mlulu konsul online sampe akhirnya udah sembuh keluhannya..

    ReplyDelete
  6. Iya nih.. Onlen dulu aja ke dokter. Sudah banyak juga aplikasi konsultasi ke dokter

    ReplyDelete
  7. Masa pandemi begini, memang lebih baik mencari alternatif dokter yang bisa stand by online ya mbak, karena riskan sekali jika kita ke RS kuatir terpapar virus Corona

    ReplyDelete
  8. Kalo aku prefer pake aplikasi mbak. Pilihan dokternya buanyak, dan Insya Allah terpercaya. Kapok lah cari-cari diagnosa sendiri dengan cara googling. Yang ada malah jadi makin pusing.

    ReplyDelete
  9. Kalo aku biasanya pas baru pindah, selalu cari tahu tempat dokter praktek (apalagi kl tinggal di pelosok), rumah sakit dan puskesmas lewat tetangga. Selanjutnya biasanya baca info2 lewat situs rumah sakit. Alhamdulillah lumayan membantu

    ReplyDelete
  10. Daku sering ke halodoc yang versi web, buat cari-cari artikel tentang kesehatan.
    Sekarang ini aplikasi kesehatan seperti halodoc ini membantu banget untuk orang seperti aku yang suka malas kalau antri di rumah sakit.

    ReplyDelete
  11. Ini jadi solusi banget ya ditengah pandemi yang mengharuskan kita untuk tetap berada dirumah aja.. semoga kita semua senantiasa sehat dan tau harus melakukan apa jika ditengah pandemi ada yang merasakan kesehatan terganggu

    ReplyDelete
  12. Iya mau ke rumah sakit saat seperti ni was-was ya, adikku sakit gigi akhirnya ditahan2 dan bisa berobat di dokter gigi di kompleks kami, untung mau Nerima pasien pas dia lagi tutup praktek karena corona

    ReplyDelete
  13. Klo lagi panik kadang lupa semua...
    Nah bs searching dokter terdekat lewat gawai membantu pikiran yg kadang tiba2 mentok krn panik

    ReplyDelete
  14. Era teknologi yang terus berkembang semakin memudahkan masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhan termasuk pelayanan kesehatan. Untuk Aku sendiri paling baru pernah konsultasi via apps kesehatan dengan dokter, tapi untuk tindak lanjut lebih sering langsung ke puskesmas/rumah sakit

    ReplyDelete
  15. Aku malah gak pernah pakai sistem online. Seringnya langsung dateng ke rumah sakit, trus pilih atau tanya dokter yg sedang praktek atau recomended itu siapa :)

    Ternyata bisa juga ya kalo caranya begitu, jd lebih praktis ya.

    ReplyDelete
  16. Dalam masa pandemi seperti sekarang ini, memang paling aman konsultasi online dulu aja ya...

    ReplyDelete
  17. Seperti adik saya yang mencari dokter spesialis ketika pindah ke kota lain, melalui apliksi online jadi lebih mudah. Gak perlu satu-satu perdi ke rumah sakit

    ReplyDelete
  18. Benet ini jaman sudah digital apapun jd mudah termasuk Tempat pertama yang bisa kita manfaatkan untuk menemukan dokter yang terdekat dengan tempat tinggal kita adalah di mesin pencarian.. y mba

    ReplyDelete
  19. aplikasi online kiini memudahkan banget y mba jadi tahu nih eh ternayta ada dokter praktek yang sesuai dengan kebutuhan dan domisili

    ReplyDelete
  20. Aku pernah ngalamin masa-masa dimana semua kamar di Rumah Sakit Bandung, penuh.
    Padahal anakku butuh opname karena DB. Dan bener, kak....harus instal apps kesehatan yang ada saat ini agar memudahkan dan gak panik.

    ReplyDelete
  21. Zaman udah canggih ya mbak, sekarang bisa dengan mudah mendpatkan info dokter dan kesehatan. Aplikasi kesehatan online juga banyak
    Sakit dikit tengok gugel, cari dokter tengok gugel, hahaha... Telpon rumah gak laku deh kayaknya karena ada gugel
    Makasih tipsnya mbak

    ReplyDelete
  22. Aplikasi ini manfaat banget terutama klo kita lagi beradap di daerah lain atau baru pindah rumah ya. Jadi tahu dengan cepat saat darurat berobat

    ReplyDelete
  23. Semenjak hadirnya aplikasi tanya dokter atau apapun itu yang sejenis, bisa konsultasi dengan doketnya secata online pun bisa didatangkan di rumah

    ReplyDelete
  24. saya lebih suka menggunakan aplikasi online karena lebih mudah dan fleksibel

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.