5 Keuntungan Bertransaksi Dengan Cara Cashless atau non tunai

Jika sebelum saya merasakan manfaat menggunakan kartu debit sebagai alat bertransaksi, maka ketika perkembangan system perekonomian yang menuju ke revolusi industry 4.0 dimana sistem online semakin banyak diterapkan diberbagai bidang, tak hanya di sektor bisnis, tapi juga transaksi jual dan beli barang maupun jasa. 

Bismillahirrahmaanirrahiim, tak terkecuali di kantor tempat saya bekerja (metrologi legal) yang output yang diterima konsumen/pelanggan adalah produk jasa tera/tera ulang terhadap alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP), mulai tahun ini juga menerapkan cara pembayaran secara cashless atau non tunai.
Dan sejak mulai mengenal cara pembayaran cashless ini, saya merasakan banyak kemudahan dan manfaat menggunakan cara pembayaran non tunai dengan menggunakan dompet digital yang saat ini sudah hits dengan adanya QR Code. Artinya, perubahan dari cara pembayaran tunai ke cashless yang jauh lebih praktis. Jika sebelumnya metode cashless dengan membawa kartu ini dan itu, kini bisa dilakukan dengan hanya scan kode dari HP yang kita bawa.

Berikut ini 5 keuntungan bertransaksi menggunakan cara cashless atau non tunai:
  1. Lebih praktis tentunya karena cukup melakukan pembayaran melalui aplikasi dompet digital yang sudah terpasang di gawai. Cukup tersedia kuota paket data, jaringan internet lancer dan tentunya tersedia saldo yang cukup di wallet digital kita. 
  2. Aman dan lebih nyaman karena kita tidak perlu membawa uang tunai dengan resiko ancaman kriminal dimana-mana. Segi keamanan lainnya, pembayaran non tunai tersebut sudah dilengkapi software/system untuk melindungi konsumen dari aksi kejahatan cyber.
  3. Pembayaran bisa lebih cepat dalam hitungan menit, bahkan bisa hanya beberapa detik dengan beberapa klik-klak dari gawai yang miliki. Mau bayar sekolah, pajak, tagiahn listrik, belanja bulanan/harian dan transaksi lainnya tidak perlu ribet bayar cash ke bank atau transfer melalui ATM. 
  4. Lebih simple untuk mengelola dan memonitor cash flow keuangan kita. Dengan metode pembayaran dan transaksi secara non tunai, maka semua rekam jejak transaksi sudah tercatat oleh system dan bisa dicheck swaktu-waktu. 
  5. Bisa lebih hemat karena metode pembayaran non tunai ini sering banget ada diskonan dan promo yang menggiurkan, yang memungkinkan kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah daripada saat kita membayar secara tunai. That’s why tentunya bikin emak semakin disayang bapak karena bisa lebih berhemat saat belanja.

Selain 5 keuntungan bertransaksi menggunakan cara cashless atau non tunai yang saya sebutkan di atas, aktualnya tentu masih banyak kemanfaatkan lainnya yang bisa kita peroleh dengan cara pembayaran non tunai ini. 
Dengan trend dan perubahan kegiatan transaksi jual-beli barang dan jasa menggunakan metode online ini, dampak bangkitan selanjutnya tentu menjamurnya peluang Payment gateway sebagai “pintu” untuk lalu lintas sistem pembayaran tersebut. 

Untuk mendukung segala model transaksi pembayaran, baik cashless maupun tunai, kita perlu cermat, dan bijkasana dalam memilih payment gateway. Iya kan meski grafik transaksi secara cashless meningkat drastis, tetap saja cara pembayaran tunai masih tetap diperlukan.  

Salah satu payment gateway di Indonesia yang saat ini patut dipertimbangkan adalah Prismalink, payment gateway yang komprehensif karena mempertimbangkan secara cermat agar selaras  dengan pertumbuhan era digital agar proses pembayaran menjadi lebih efektif, efisien dan aman. Bisa dikatakan payment gateway prismalink ini bisa menjadi solusi lengkap bagi pengguna karena terintegrasi dengan bank Nasional dan Multinasiona, ramah seluler, terhubung dengan berbagai produk perbankan, biaya transaksi yang kompetitif. 
.
Sebagai gambaran singkat tentang metode pembayaran yang disediakan oleh prismalink ini antara lain: 
  • Pembayaran secara online menggunakan credit card maupun debit dari semua bank yang berlogo VISA, MasterCard dan JCB dengan transaksi keamanan standar tinggi karena telah menggunakan Standar PCI DSS dan Sistem Keamanan 3DS. 
  • Bisa transfer Bank dan ATM. Seperti saya sebutkan diatas, even cashless mengglobal tapi metode transfer melalui bank atau ATM tetap akan berlaku dan dibutuhkan.  Menariknya adalah di Prismalink ini bisa menerima transfer pembayaran melalui semua saluran perbankan: counter teller, ATM, internet banking, dan mobile banking.  
  • Debet Online dari semua jenis kartu dengan VISA, MasterCard, langsung dari transaksi halaman pembayaran eCommerce dengan sistem transaksi keamanan tinggi.

Gambaran tentang apa dan bagaimana gateway prismalink yang sudah berdiri sejak tahun 2011 tersebut baru sebagian kecil. Untuk mengexplore lebih banyak lagi, bisa langsung download aplikasinya dan atau kunjungi https://www.prismalink.co.id/ yaaa…

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

9 comments:

  1. Cashless saat ini banyak jadi pilihan. Selain tidak ribet nyari kembalian dan sebagainya, juga praktis menurut saya mah. Bener banyak promo juga ya. Kalau kakak cash kan tetap saja bLm tentu dapat discount.

    ReplyDelete
  2. Kalau saya sendiri seneng bayar cashless itu karena praktis nggak perlu megang uang cash + banyak cashbacknya ehehe

    ReplyDelete
  3. duuuh bener ya jaman yg serba canggih ini bikin praktis segalanya termaauk metode pembayaran jg

    ReplyDelete
  4. Banyak keuntungannya yah bayar non tunai semacam cashless ya, apalagi ada wabah corona seperti sekarang. Bisa lebih aman terkena virus mematikan ini. Saya jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  5. Suamiku termasuk yang nggak suka bawa cash, oebih suka kalau transaksi online. Karena bisa ke data alur keluar masuknya kas kami. Dan memang memudahkan dalam bertransaksi ya mba

    ReplyDelete
  6. aku tuh suka banget bertransaksi secara cashless secara ga perlu print-print struk dan soal list belanjaan juga sudah bisa kita liat d record gitu, enaknya itu dan praktis pas ketinggalan dompet, kalo ketinggalan smartphone malah kelabakan

    ReplyDelete
  7. Yaaasss, bener mbak. Ternyata bayar cashless tuh banyak untungnya, praktis dan gak perlu ribet. Gak perlu lama-lama nunggu uang kembalianšŸ˜‚

    ReplyDelete
  8. Wah ak baru dengar soal prismalink nih Mbak. Di jaman skrg cashless emang udah jadi pilihan banger apakagi di musim wabah penyakit seperti sekarang .Harus jaga kebersihan, cashless bisa jadi pilihan banget.

    ReplyDelete
  9. Wah semakin dipermudah nih ya kalau bertransaksi karena ada payment gateway baru. Kebetulan udah kebiasaan banget apa apa cashless sekarang

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.