7 Strategi Agar Web Jadi Juara Satu di Pencarian Google atau SEO

Website atau blog personal adalah salah satu wujud terjadinya pergeseran dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Banyak alasan awal seseorang membuat/menggunakan media blog. Why blogging? Bisa dijamin jawabannya akan sangat beragam: sekedar spending time, tempat curhat-curhatan, menyalurkan hobi, media untuk belajar, media sharing online hingga untuk personal branding.

Apapun alasan awal yang mendorong seseorang membuat blog, tak bisa dipungkiri  kalau semakin banyak blogger yang kemudian menekuni dunia tulis - menulis di blog ini secara lebih serius. Saya sendiri awalnya kenal blog ya buat penampungan tulisan alay curcol dan obsesi pengen punya tulisan yang bisa dimuat di media massa (tapi banyakan yang dikembalikan dengan segambreng “catatan”). 
Seiring berjalannya waktu, mulai terusik dengan internal challenge, " ya masak iya bertahun-tahun ngeblog isinya tulisan galau melulu ya?", juga Bismillahirrahmaanirrahiim  karena terpikat oleh perkembangan akan eksistensi blogger yang semakin diperhitungkan, bahkan mulai disejajarkan dengan profesi jurnalis media massa lho? 
Ngeblog pun mengalami metamorfosa, menjadi salah satu profesi yang menjanjikan. Banyak acara prestis yang melibatkan blogger, misalnya saat launching produk baru, seminar, workshop, hingga diajak kerjasama untuk campaign berbagai program/kegiatan baik di tingkat lokal, nasional bahkan international.

Semua pencapaian tersebut tentu saja Karena blog tersebut memiliki performance yang berkualitas, dari segi konten dan statistik. Mereka - blogger- yang mencapai pada posisi tersebut pada umumnya memiliki website/blog yang bisa menduduki halaman satu atau peringkat satu dalam pencarian Google ( search engine optimation atau SEO) berdasarkan key word yang tepat. 

Sejumlah strategi dikerahkan, bahkan sebagian lainnya rela mengeluarkan biaya besar untuk mencapai impian ini. Tapi apakah langkah-langkah tersebut sudah benar dilakukan dan efektif? ( ini juga PR besar saya hingga saat ini)

Nyatanya dari sekian banyak blogger yang berusaha menjadi yang terunggul di mesin pencarian Google, belum semuanya yang menuai keberhasilan seperti yang diharapkan, yang tak jarang akan memantik rasa “merasa” gagal, bosan, berganti platform (pindah ke platform digital lainnya), bahkan hingga ada yang memutuskan untuk berhenti ngeblog. Seperti nasehat yang sangat sering kita dengar dan kita pahami bahwa semua butuh proses, waktu, usaha yang berkelanjutan (up to date) dan tidak mudah menyerah jika ingin memiliki blog  yang  bisa masuk peringkat satu Google.

Mengapa harus jadi peringkat satu di halaman pencarian Google? Sebab dengan pencapaian itu, traffic pengunjung akan melonjak dan konsisten tinggi, konten Kita berpeluang viral, serta eksistensi blog Kita akan semakin menarik banyak pihak untuk bekerja sama yang saling menguntungkan tentunya. Setelah semua itu terwujud, tidak menutup kemungkinan dari aktifitas ngeblog akan menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan dari promosi / kerjasama dengan website kita yang semakin banyak. Berikut ini 7 strategi agar website atau blog kita bisa masuk dan atau menduduki halaman pertama atau peringkat satu di Google:

1. Menggunakan Web Analytic
Kita seharusnya peduli dengan jumlah kunjungan ke web Kita dalam sehari, klasifikasi pengunjung berdasarkan minat, usia dan lokasi, tautan yang paling sering dibuka, serta hal detail lainnya seputar pergerakan website. Ini merupakan tanggung jawab para pengelola web dan bahkan bisa menguntungkan dari sisi finansial.

Lagi pula, percuma saja Kita punya konten dan web yang bagus, tapi hanya sedikit yang mendapatkan manfaat dari keberadaannya karena faktor ketiaktahuan. Jika hal ini terjadi, kita harus mengevaluasi kinerja dari segi promosi dan branding web.  Setidaknya ada sejumlah manfaat dari penggunaan Web Analytic, di antaranya:
  • Termotivasi untuk selalu membuat konten berkualitas dan konsisten. Misalnya, Kita mendapati bahwa tautan tertentu lebih banyak dikunjungi. Maka Kita bisa membuat konten serupa yang berkualitas dan memuat informasi baru, sehingga jumlah pengunjung web terus konsisten tinggi.
  • Memiliki arahan untuk membuat konten, promosi, branding dan aktivitas web lainnya yang sesuai dengan perilaku mayoritas pengunjung. Misalnya, jika dalam data terdeteksi bahwa pengunjung Kita kebanyakan didominasi oleh kalangan muda dengan minat yang spesifik, maka Kita akan menyesuaikan segala konten dan informasi yang tersaji berdasarkan kondisi pengunjung.
  • Mampu mengevaluasi segala aktivitas yang ada di website berdasarkan data yang akurat dan terperinci. Ini akan sangat baik untuk menutup kegagalan dampak iklan dan kampanye, serta menghemat energi dan biaya ketika Kita ingin melakukan promosi web.
2. Pakai Sitemap

Kita bisa memanfaatkan Google Webmaster Tools untuk mendaftarkan sitemap website di mesin pencari. Sitemap yang didaftarkan yakni berupa xml atau txt yang fugnsinya menyimpan keseluruhan URL website. Dengan menggunakan sitemap, website kita akan semakin mudah ditemukan oleh mesin pencari, indeks website lebih cepat, menjadi akrab dengan mesin pencari hingga pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan, jika website Kita berbasis digital marketing.


3. Menghapus Broken Link

Broken Link merupakan semacam penyakit yang harus dibersihkan dari website. Sederhananya, broken link ini merupakan link yang sudah rusak, sehingga ketika diklik oleh pengguna internet, yang keluar adalah halaman blank bertuliskan 404 Page Not Found. Kita harus rajin mengecek dan menghapus broken link sehingga performa web menjadi semakin prima. Seandainya broken link sudah sangat banyak dan butuh usaha extra untuk menghapusnya, bisa dipertimbangkan untuk mengganti template website.

4. Memasang Backlink yang Berkualitas

Backlink atau pranala balik merupakan link yang masuk ke suatu situs web, di mana link tersebut merujuk pada website kita. Jika menginginkan performa website bagus dan bisa menempati peringkat satu Google, kita harus rajin menyimpan backlink di sejumlah forum, website directory, blog orang lain serta di berbagai media sosial. Penyimpanan backlink di sejumlah tempat akan bagus untuk rating web

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink ini, misalnya rajin blogwalking, bikin postingan guest post di blog teman, bikin arisan blog (gantian membuat review/postingan dengan menaruh link blog kita pada konten tersebut). banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink bermutu, silahkan dipilih dan diterapkan mana yang dianggap nyaman bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas ini. 

5. Memilih Template 

Template blog yang responsif, user friendly,  speed ringan dan tampilannya eye ctaching ( simple tapi elegan) merupakan salah satu faktor yang bisa membantu konten web kita masuk di Google's page one . 

Jika konten berkualitas adalah the king-nya sebuah blog, maka template yang bagus adalah the queennya. Artinya, baik konten dan template ibarat dua sisi mata uang, sama-sama memiliki kontribusi yang significant terhadap performance web di mesin pencarian google. 

6. Update konten secara berkala. 

Jika memang belum bisa bikin konten secara reguler one day one post, diusahakan tetap ada update konten, semisal one week one post, or at least one post every month lah. Intinya keep update konten memiliki peran penting agar web kita bisa diperhitungkan keberadaannya pada mesin pencarian google. Lhah, masak iya sekali bikin post secara all out tapi setelahnya hiatus berpuluh-puluh purnama? 

7. Mengoptimalkan Peran di Sosial Media

Hampir semua orang di zaman kekinian memiliki media sosial. Karenanya, ini bisa menjadi celah untuk Kita mempopulerkan ragam konten di website melalui share di media sosial. Silakan membuat akun Kita di facebook, twitter maupun Instagram, lalu rajin-rajin berbagi link dengan teman - teman di media sosial. Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas konten agar orang-orang pun bisa mengapresiasi apa yang kita bagikan secara positif dan bisa meningkatkan jumlah pembaca blog kita. 
Sebenarnya masih banyak lagi strategi yang bisa dilakukan agar website Kita menempati peringkat satu pencarian Google. Tapi ketika bisa menerapkan 7 strategi di atas (tidak harus sekaligus), bisa dilakukan secara bertahap kok, InsyaAllah akan memberikan hasil positif bagi blog kita. Intinya, janganlah bosan melakukan optimasi website secara tekun dan konsisten. Selain itu, selalulah bersemangat membuat konten-konten lengkap dan terbaik, sehingga website Kita bisa diKitalkan oleh publik maya di mana pun mereka berada. 
So far, 7 Cara tersebut hanya sebagian dari buanyak strategi yang bisa diterapkan agar halaman blog kita bisa muncul Di halaman pertama Search Engine Optimization (SEO). 

Apapun alasan ngeblog dan impian yang ingin diwujudkan melalui blog, yang penting Happy blogging as always. Iya kan........?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

10 comments:

  1. Mba aku baca semuanya ini, bener-bener bermanfaat banget buat aku yang bermain di dunia blog, dulu nulis asal nulis aja hehehe, setelah baca ini jadi mikir dua kali, kalau bisa berkualitas kenapa enggak dimaksimalin ya

    ReplyDelete
  2. Wah nomor 3 belum kulakukan e. Tampaknya mudah tapi langkah awal memulai yang masih maju mundur karena agak gaptek

    ReplyDelete
  3. Wah artikel ini membantu saya yg masih belum paham SEO. Semoga bisa saya terapkan dalam blogku biar muncul di page one google. Terima kasih Mbak...infonya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Manfaat banget ini, Mbaak bagiku. Makasih yaa.

    ReplyDelete
  5. Mbak makasih banget ya udah sharing tentang ini, sungguh membantuku banget yang pengin blognya masuk halaman pertama mesin pencari hihihi

    ReplyDelete
  6. waaa mba ririeee makasih banget tipsnya!!!

    ReplyDelete
  7. Yang nomer 4 penasaran sama arisan backlink. Bermanfaat sih ya, asal semua disiplin melakukan. Jangan sudah dapat, terus kabur. Hihi..

    ReplyDelete
  8. Apik nih. Aku masih jor2an banget sama blog. Padahal kerja di pembuatan website dan artikel. Waktunya utakatik abis di kerjaan. Untung ada tulisan ini

    ReplyDelete
  9. Waini, tips yang berguna buat para blogger. Apalagi yang sedang merintis blognya seperti saya.

    ReplyDelete
  10. Tambah 1 lagi mba, berdoa karena saingannya juga menerapkan hal yang sama hehehe

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.