Raja Ampat, Wisata Alam di Papua Yang Menghipnotis Saya

“Jika ada kesempatan atau ujug-ujug ada yang ngasih tiket full board untuk wisata ke Papua, kamu akan memilih destinasi wisata kemana saja?” Tentu saja tanpa gagap dan tak perlu mikir dua kali, saya akan menjawab destinasi wisata di Papua ya Raja Ampat sebagai pilihan pertama.

Pilihan pertama ini bukan latah atau ikut-ikutan lho ya? Sejak pertama kali dengar tentang Raja Ampat dan sekian kali melihat pesona Raja Ampat yang riwa-riwi di berbagai lini masa, sejak itu Raja Ampat menempati urutan pertama bilamana suatu saat nanti diberikan kelapangan rejeki dan kesehatan untuk bisa menjejak di Bumi Papua.
Raja Ampat, Wisata Alam di Papua
Wayag, Raja Ampat ( @backpacker.co)
Bahkan setelah sekian tahun berlalu dan bermunculan destinasi wisata dengan hipnotisnya yang seakan menjadi “pesaing” bagi raja Ampat, mimpi saya untuk ke Raja Ampat belum tergeserkan. Semoga one day, this dream will come true.

Segitu pengen ke Raja Ampat ya? Tidak ingin mengalihkan dengan destinasi lainnya? Ya normally pengen juga bisa berkunjung ke destinasi lainnya dan Bismillahirrahmaanirrahiim kalau bisa menjelajah Raja Ampat, artinya destinasi lainnya InsyaAllah bisa dilanjutkan setelah ke Raja Ampat kan ya? Ibaratnya wujudkan dulu ke Raja Ampat, destinasi lain selanjutnya.

Singkatnya, destinasi pertama yang ingin banget saya kunjungi di Papua adalah Raja Ampat. Bagi orang seperti saya yang tahunya keindahan wisata di Papua dari media massa dan social media, tentunya kalau bisa ngetrip sampai Papua akan memilih destinasi yang memiliki efek bangkitan wisata lainnya yang sebanyak-banyaknya. Dan Raja Ampat memiliki kriteria tersebut, karena Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang membentang demikian mempesona, bahkan ada yang bilang surga dunia. 
Dengan datang ke Raja Ampat bisa mendapatkan kesempatan untuk menikmati pesona wisata dari 4 gugusan pulau yang terdapat di Raja Ampat dengan pesona eksotisme masing-masing: Pulau Waigeo, Misool, Salawati, dan Batanta akan memberikan pengalaman petualangan dan sajian pemandangan alamnya yang luar biasa. 
Teluk Mayalibit Dari Puncak Beo Raja Ampat
(Foto: Adi Nugroho/Kumparan)
Dan, yang tak kalah magisnya dari Raja Ampat adalah menikmati landscape dari Puncak Beo, yang menghamparkan pemandangan hamparan laut yang luas, membiru, jernih dengan ratusan jenis tumbuhan yang bisa kita jumpai di sini, serta tanaman bunga anggrek macan dan bunga sakura yang memanjakan mata  di sepanjang jalan menuju Puncak Beo. 

Selain gugusan pulau-pulai yang molek menawan hati, di Raja Ampat juga menikmati wisata bawah air dengan menyelam. Yups, Raja Ampat juga terkenal dengan kekayaan biota laut yang bisa kita nikmati ketika menyelam, lebih dari  1.500 jenis ikan dan penyu laut bisa kita temui di Perairan Raja Ampat. Tak hanya keragaman biota laut, kita juga bisa memuaskan diri menikmati keragaman jenis karang karena 75 persen dari semua jenis karang di dunia  bisa ditemukan di kepulauan Raja Ampat ini.
Sekian alasan yang saya sebutkan di atas merupakan hasil browsing berbagai sumber, dan baru sebagian kecil saja dari keseluruhan daya tarik Raja Ampat. Sepertinya jika bisa melakukan explore wisata di Raja Ampat secara all out, bisa menjadi tabungan cerita yang bisa dituangkan dalam bentuk  buku dan menghasilkan berjilid-jilid buku deh. 
Padahal Raja Ampat baru satu destinasi wisata alam yang berada di Papua. Masih sangat banyak lukisan bentang alam dengan segenap pesona dan keindahan yang merepresentasikan betapa Papua destinasi wisata hijau yang menawarkan kesempatan petualangan alam paket lengkap: wisata laut dengan kekayaan biotanya, hutan dengan keragaman hayati tertinggi di dunia karena 38 persen hutan primer yang tersisa di Indonesia berada di Papua. 

Sekilas tulisan ini baru mencuplik dari sisi wisata alam, belum mengulik wisata kuliner dan budaya. Hasilnya, saya semakin ingin bisa ke ngetrip ke Papua, at least ke Raja Ampat dulu tak apalah. 
Bagaimana dengan anda, manakah tempat wisata di Papua yang ingin dikunjungi ?


Postingan ini diikutan #BlogCompetitionSeries #EcoNusaXBPN


Referensi : 
Wikipedia  (tanggal akses 18 Maret 2020)
Kumparan (tanggal akses 19 Maret 2020)

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

11 comments:

  1. Raja Ampat ini impian para diver, spot terbagus di Indonesia kabarnya ada di sana.
    Saya pun pengin mba bisa ke sana, entah berapa lama ya harus nabung agar bisa sampai ke Raja Ampat yang sangat memukau ini.

    ReplyDelete
  2. Seandainya ga jauh sudah dari dulu pergi ke sana. Penasaran banget sama pesona bawah lautnya yang katanya paling indah di dunia. Papua oh Papua, tetap jadi bagian Indonesia ya...

    ReplyDelete
  3. Pengen juga bisa maen ke Raja Ampat. Efforr nabungnya harus lebih kenceng hehehehe. Semoga ada jalannya bisa sampai ke sana buat eksplorin keindahan alamnya. Ku juga mau deh kalau ada yang nraktir jalan-jalan ke sana :)

    ReplyDelete
  4. Raja Ampat salah satu destinasi yang ingin sekali aku datangi, sayang banget belum sempat kesana dan beberapa teman kalau diajak kesana pada gak mau. Semoga bisa kesana deh tahun ini setelah semuanya kembali normal.

    ReplyDelete
  5. raja ampat selalu kerenlah.. pengen bgt ke sana. pemandangannya indah banget.. :)

    ReplyDelete
  6. Raja Ampat stil My Fave One dari duluuu, destinasi impian banget dan belum kesampaian sampai sekarang, huhu. Semoga bisa menjejak disana secepatnya dan menjadi salah satu Saksi keindahan Alam Indonesia dengan segala kekayaan Budayanya :)

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah ke Papua mba apalagi ke raja empatnya. Aku sering denger tempat wisata raja empat. Jadi penasaran, betapa kerennya ya tempat itu apalagi papua terkenal dengan alamnya yang alami, asri, sejuk dan seger

    ReplyDelete
  8. Menurutku raja ampat juga menghipnotis dunia secara banyak banget wisatawan asing yang juga kesana, pengen banget kesana juga, nunggu giliran kalau ada kerjaan kantir ke sorong biar bisa mampir ke sana

    ReplyDelete
  9. Saya pun pengen ke raja ampat mbak. Tahun kemarin ke papua barat tapi cuma ke Sorong, nggak sempat mampir ke raja ampat karena waktunya udah mepet

    ReplyDelete
  10. Pengen jalan jalan ke raja Ampat aku kayaknya asik banget yah seru gini moga wabah ini segera usai ya

    ReplyDelete
  11. Aku pengen ke papua kakakku di sana mak. Sapa tau bisa ketemum kangennya setengah mati. Liat poto2nya seru rja ampat emang secara harganya sesuatu juga kan

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.