7 Tempat Memorable Di Surabaya Yang Sukses Bikin Saya Kangen

Jika ada yang bertanya ke Saya, deskripsikan dalam satu kata tentang Kota Surabaya? Jawaban saya adalah MEMORABLE. Meski tak lama tinggal di Surabaya, bagi saya Kota Surabaya tak akan terlupakan dan tiap berada di Surabaya, saya merasakan seperti pulang kampung halaman (padahal kampung halaman saya kan di LA alias Lamongan Aseli lho?).

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Surabaya? Kota yang sudah Go Internasional sejak jaman tempoe doeloe melalui peristiwa heroik di Tahun 1945, dan yang masih gress adalah penghargaan yang diperoleh Taman Bungkul “ Asian Townscape Awards (ATA). Dan segundang sisi menarik lainnya: kuliner, tempat wisata, pusat perbelanjaan, wisata religi, sederet kampus yang hits pun berada di Surabaya.
Berada di Surabaya, tentu tak akan lengkap jika tidak menapaktilasi spot-spot bersejarah dan ikoniknya. Dan bagi saya pribadi, kalau ke Surabaya berusaha menikmati keindahan kota yang semakin sejuk dengan rapatnya pepohonan hijau di jalan-jalan dalam kota Surabaya.

Kalau mau dibikin list, destinasi jalan-jalan, tempat kuliner, mall yang megah, sepertinya bisa menghabiskan waktu berjam-jam dan tulisan saya ini bakal menjadi tulisan terpanjang dalam sejarah saya ngeblog. That's why, saya cuplik saja the most memorable place versi saya, pilihannya based on jejak kenangan yang pernah saya lalui di sana. Nah, inilah 7 tempat yang memorable dan sukses bikin saya kangen untuk ke kota Surabaya.
  1. Masjid Al Akbar. Pertama kali kesana saat sudah kerja, kebetulan lokasinya berdekatan dengan kantor saya yang di Surabaya. Awal kesana ya karena penasaran sama nama besarnya dan begitu tiba di Masjid Al Akbar ini memang sungguh-sungguh megah, besar dan luarbiasa. Senangnya lagi, tak jauh dari kawasan Masjid Al Akbar ini ada sentra PKL, jadi dapat bonus kulineran makanan Jawa Timur deh. Sebagai Masjid terbesar kedua di negeri ini, merupakan tempat yang memorable, pengennya tiap ke Surabaya bisa singgah ke sini deh. Masjid Al Akbar ini terlihat jelas sekali saat melintasi Jalan Tol Surabaya-Porong. Ciri khasnya kubah besarnya didampingi 4 kubah kecil yang berwarna biru. Jika ditanya apa yang bikin kangen? Semua hal yang ada di Al Akbar bikin kangen dan bikin betah berlama-lama pokoknya.
  2. Kampus ITS. Siapa yang tidak (selalu) kangen terhadap almamaternya? Yang tidak rindu untuk kembali sejenak “menghidupkan” masa-masa kuliah yang kaya warna dan cerita tak terlupakan? Dan bagi saya, tiap kembali ke kampus ITS, rasanya baru kemarin saya meninggalkan masa indah kuliah di sana. Rasanya semua tempatnya selalu menarik dan penuh kesan. Mulai dari perpustakaan, gedung rektorat, Masjid Manarul Ilmi, Lab. Bahasa Inggris, Gedung Graha Sepuluh Nopember (entah apa namanya sekarang), UPT Bahasa, Bunderan ITS, semua sudut dan ruas jalan di kampus ITS selalu membuat saya kangen untuk kembali kesana, meskipun hanya untuk sekian menit melintasi kawasan kampus. 
  3. Masjid Sunan Ampel. Masjid yang sakral dan selalu ramai dan penuh, tempat yang memorable. Saya suka kesana sama teman-teman kost, beramai-ramai. Sekali kesana, eh nagih pengen kesana lagi dan lagi.
  4. Tugu Pahlawan. Kawasan tugu Pahlawan ini sangat strategis, selain di dalamnya terdapat museum sejarah, di sekitar area Tugu Pahlawan banyak wisata lainnya yang kece badai. Kalau hari Minggu (dulu) ada semacam pasar Sunday Morning gettu deh. Berada disana, sangat mmebuat betah, tempatnya asyik, banyak spot-spot yang bisa diexplore, terlebih bagi yang hobi fotografi.
  5. Tunjungan Plasa. Saya bukan orang yang Shopholic, tapi jika ditanya mall mana di Surabaya yang paling saya sukai? Jawabannya adalah Tunjungan Plasa, ya meskipun sebanyak appaun saya kelilingi TP ini dan masih saja bingung kalau hendak keluar (sering nanyak satpam kalau mau keluar). Selain TP, mall di Surabaya yang memorable bagi saya adalah Galaxy Mall, di mall inilah dulu sewaktu masih kuliah saya suka escape kala menunggu jam kuliah lanjutan yang terlalu lama. Dengan sandal jepit, tas punggung dekil, dan dibuntuti para Mbak SPG tiap kali masuk ke tenan, tapi saya menikmati semua itu, meski ada baper-bapernya, tapi seru juga kok dengan penampilan kucel tapi PeDe berjalan-jalan di mall yang terbilang mihil barang-barangnya. 
  6. Pasar Blauran, saya tak akan bisa melupakan pasar yang satu ini. Di Pasar ini saya dulu suka dan sering hunting buku dan majalah bekas. Mau cari buku fiksi, non fiksi, novel, komik, hand book kuliah, tempat hunting yang recommended dengan budget ala saya ya di Pasar Blauran ini. Selain itu, barisan kulinernya lengkap cuyyy. Hehehe….
  7. WAPO atau Warung Pojok, meski namanya warung tapi sebenarnya lebih tepat jika disebut café. Di WAPO ini hampir tidak pernah sepi pengunjung, baik dari mahasiswa, anak sekolah, orang tua, karyawan. Lokasinya strategis juga, di dekat Kampus Unair, RSUD Dr. Sutomo, juga tidak seberapa jauh dari Stasiun Gubeng dan beberapa perkantoran lainnya. Masa-masa masih kuliah, WAPO adalah tempat favorit untuk “menodong” siapa saja yang ultah, jadian, wisuda bahkan yang putus pacaran pun harus siap mentraktir di WAPO ini. Menu terbilang jumbo, jadi biasanya kami pesan sekian menu untuk sekian banyak orang. 
Meskipun saya pernah lima tahun tinggal di Surabaya dan masih berkelanjutan sering di Surabaya pasca lulus kuliah (karena kantor utama di Surabaya), saya masih saja gagap arah dan peta. Jangan ditanya, apakah saya akan bisa naik motor sendiri untuk ke tempat-tempat Memorable tersebut? Kalau dari Tambaksari ke ITS, InsyaAllah bisa tapi dengan metode menghafalkan rute jalan. Kalau rutenya diganti atau diubah, dijamin saya akan kehilangan arah deh. Tapi kalau dari ITS ke Taman Bungkul, atau dari ITS ke Tugu Pahlawan, harap dimaklumi saya tidak hafal rutenya, hehehe
Dulu, bagi saya gampil saja kalau mau road show mengunjungi 7 Tempat Memorable Di Surabaya tersebut. Masih banyak teman-teman kuliah yang tinggal di Surabaya, atau opsi pilihannya yang bisa dibajak untuk nganterin kemana-mana adalah keponakan.

Tapi sekarang? Kalau dari Yogyakarta naik pesawat, salah satu cara indah untuk mengunjungi tempat-tempat memorable tersebut ya menggunakan Golden Bird Suarabaya. Layanan taksi Onlien kerjasama antara Traveloka dan Blue Bird ini menawarkan layanan 24 jam dan berbagai jenis mobil sesuai kebutuhan pelanggan. Apalagi pengemudi sudah siap dengan pelayanan prima yang ANDAL: aman, nyaman, mudah, dan dipersonalisasi. Artinya, dengan menggunakan Golden Bird Surabaya ini, kita akan mendapatkan pelayanan yang excellent seperti:
  • Layanan 24 jam, dengan waktu penjemputan yang fleksibel, pengemudi sudah standby sebelum waktu penjemputan. Jadi tidak perlu parno seumpama penerbangan mengalami delay,  pengemudi Golden Bird yang kita pesan tetap akan menunggu.
  • Asyiknya, tidak perlu ada antrian di bandara dengan titik penjemputan yang aman dan nyaman.
  • Layanan door-to-door yaitu dari depan pintu penjemputan dari atau ke bandara, juga  dari bandara ke tujuan Anda.
  • Harga all include: pengemudi, bahan bakar, tol, biaya parkir, dan pajak.

Nah kan, kalau sewaktu-waktu saya atau siapa saja yang ingin mengunjungi tempat-tempat yang memorable di Surabaya, atau hendak jelajah kuliner di Seantero Surabaya, meski gagap arah dan rute jalan, bisa deh menggunakan Golden Bird Surabaya ini. 

Bagaimana dengan Anda, kota atau destinasi wisata manakah yang paling memorable dan sukses bikin kangen ?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

23 comments:

  1. Kampungya di LA maksudnya Lenteng Agung? hihihihihi
    Aku cuman sekali ke Surabaya, dan rasanya lebih panas dari Jakarta :D Kemarin ditawarin ke SBY sama suami, tapi karena ngga tau mau kemana, jadi ngga mau ikut.. coba kemaren baca tulisan ini dulu, pasti langsung cuuss mau ikut ke SBY :D

    ReplyDelete
  2. Aku waktu kecil sering ke Surabaya soalnya dari Kalimantan naik kapal dan itu nikmat banget rasanya.

    Dulu sih sering nya ke ayam goreng pemuda lalu Tunjungan plaza.

    Ah.. kapan ya bisa ke Surabaya lagi...

    ReplyDelete
  3. Aku kadang takut naik kendaraan uum sama taksi di Surabaya Mba, lumayan ini ada golden bird terpercaya ya. Aku pengen ke WAPO Mba :D

    ReplyDelete
  4. Bunda ini sampe usia semuda sekarang, huk huk huk... Blm pernah ke Surabaya. Apalagi sampe memiliki memorable places. Do'ain ya suatu saat madih diberi kesempatan sama Saang Pencipta utk berkunjung ke Kota Buaya ini
    Aamiin.

    ReplyDelete
  5. Uhuy ada arek LA yg kangen Sby. Ciyeeee. Saya mah gak mau kangen ITS sm Blauran. Soalnya itu dulu tempat main pas sama mantan. Ahahah. Ntar gagal move on cyin...

    ReplyDelete
  6. HAHAHA...

    Langsung ngakak pas di bagian ini:

    "... (padahal kampung halaman saya kan di LA alias Lamongan Aseli!"

    Baidewei,
    Aku baru tahu tentang singkatan WArung Pojok itu, WAPO!
    Untung BW ke sini.

    Aku baru main ke TP (Tunjungan Plza) beberapa waktu lalu.
    TP memang luas sekali ya, mulai dari TP1 sampai TP7, betul?
    Wajar lah kalau sesat, muahahaha.

    Dari daftar tempat di atas, baru TP yang aku kunjungi.
    Itu juga karena janjian sama teman.

    ReplyDelete
  7. Tunjungan Plaza menurutku memorable mba. Soalnya itu mall pertama yang kau kunjungi pas di Surabaya . Kliatan gede banget apalagi aku waktu itu lama tinggal di ambon. Hihihih

    ReplyDelete
  8. Huhuuhu... aku belom pernah ke Surabaya nih. Kepengen banget deh menjejak tempat-tempat itu. Semoga bisa segera main ke Surabaya. Aamiin. :D

    ReplyDelete
  9. Surabaya.. wah aku blm singgah di sana. Mau kapan2. Itu Wapo mengingatkan aku sama warung di kampus dulu juga. Tempat menodong traktiran macam2 ya mba.
    Mba Ri dulu di ITS ya jadi memorable banget Suroboyo ^^

    ReplyDelete
  10. Mbak aku sudah beberapa kali ke Surabaya. Tapi destinasi yang tulis di atas yang pernah aku singgahi hanya tugu Surabaya. Berarti musti balik lagi nih. Ternyata masih banyak yang belum aku samperin 😃

    ReplyDelete
  11. Baru ini ada blogger yang nulis pasar blauran, aku jadi kangen dawetnya huhuhu. sayangnya tahun ini aku gak mudik, duh pengen bangeeet

    ReplyDelete
  12. Kalau buat saya, satu kata buat surabaya itu "panas"

    Kota paling memorable yang pernah di tinggali itu Bandung.
    Kalau yang dikunjungi dalam waktu singkat itu tanjung pinang

    ReplyDelete
  13. Terus kapan ya aku bisa main ke Surabaya dan menikmati wisatanya. Semoga bisa mengunjugi tempat-tempat ini juga

    ReplyDelete
  14. Traveloka berinovasi lagi ya mba bisa kerjasama sama taxi begini jadi kece. Aku belum pernah stay di surabaya mba. Pengen jadinya

    ReplyDelete
  15. Bagiku Surabaya juga memorable karena 27 tahun aku hidup di sana hehehe :D
    Iya Surabaya emang kyknya gak banyak wisata yang alam banget, mungkin ya ada taman2 dan hutan mangrove gtu unggulannya, tapi wisata sejarahnya itu banyak :D
    Ah WAPO, itu dulu zaman mahasiswa kalau bisa makan di sana udah berasa kaya, pdhl kadang beli nasgor doank dibagi dua ma temen wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Aku hanya numpang lewat aja kalau ke Surabaya mba, belum pernah khusus untuk jalan-jalan ke sana. Pengin juga nih menikmati kota Surabaya bareng teman-teman blogger, kapan-kapan kudu diagendakan.

    ReplyDelete
  17. Saya suka Kota Surabaya, banyak makanan enak, hehehe. Saya suka dengan kota besar dan meliat bagaimana masyarakatnya dan transportasi umumnya. Enak ke Surabaya kemana-mana terasa dekat.

    ReplyDelete
  18. Saya belum pernah berkunjung ke Surabaya, Mbak. Banyak juga tempat wisata bagus yang bisa dikunjungi ya...

    ReplyDelete
  19. Auto nyanyi..."Surabaya....surabaya oh surabayaa...
    Kota kenangan...kota kenangan...takkan terlupa..."

    MashaAllah~
    Keluarga besarku di Surabaya semua, kak.
    Dan memorable berikutnya...Monkasel, Patung Jalesveva Jayamahe, Kenjeran, Jembatan Suramadu, Ice Cream Zangrandi, sate laler ondomohen, mie ayam sebelah Masjid Pemda, Lontong balap, rujak cingur, Bonbin.

    Looh...ini yang bikin kangen looo...

    ReplyDelete
  20. Dari dulu sering banget dengar tugu pahlawan ini namun belum kesampaian terus untuk berkunjung ke sana. Hanya ingat dalam pelajaran sejarah saja.

    ReplyDelete
  21. Aku sih kalau balik lagi ke Surabaya nih pengen banget ke Masjid Sunan Ampel apalagi waktu kesana hanya kulineran saja jadi kali ini mau explore ah.

    ReplyDelete
  22. Aku lama ga mainke Surabaya. Tapi besok april penerbangan kami dr KL transit Surabaya. Hehehehe. Meskipun cuman transit tapi mau main sebentar sama anak2

    ReplyDelete
  23. Baru 3 kali ke kota ini itupun buru. Hanya sempat ke TP aja ma masjid Sunan ampel. soale nginapnya deket situ. /satu hal yang berkesan adalah puanaaas pol mba

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.