Pilar Post dan Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan dari Iklan di Blog

Tak ada blogger yang tidak suka kalau traffic blognya tinggi, viewer banyak, punya visitor yang loyal dan betah berlama-lama membaca tulisan yang menghiasai blog. Bahkan yang baru kenal dunia blogging pun mendambakan hal tersebut kan ya? 

Ada kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bilamana blog kita ramai pengunjung, banyak yang suka membaca tulisan-tulisan yang kita buat. Selain itu, blog yang performa statistiknya bagus tentu saja bisa menjadi “aset” yang bisa mendatangkan income pasif. Tentu saja, untuk sampai pada level ini butuh effort dan komitmen yang lebih dari sekedar menulis kemudian posting.
Pilar Post dan Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan dari Iklan di Blog
Pucuk dicinta ulam pun tiba, Bismillahirrahmaanirrahiim, Kumpulan Emak-Emak Blogger(KEB), menggelar event keren dengan tema yang nge-soulmate banget dengan impian blogger, termasuk saya yang tentunya pengen dong punya blog yang “produktif”. 

Taraaaa, Event KEBelajar kolaborasi antara KEB dan ProPS, Google Channel Partner Satu yang bertemakan  Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan “Smaller is Better”, tema yang sejujurnya langsung memikat hati saya. Poin plus lagi, acaranya digelar Hari Sabtu, ini kan jadwal favorit saya. Sedih wal baper kalau ada event yang on going di work days, hati berhasrat pengen ikut tapi terkendala jam kerja *numpang curcol*.

Baiklah, kembali ke cerita saya ikut acara KEBelajar yang bekerjasama dengan ProPS, acara berlangsung di Kunena Eatery, café yang asyik untuk menikmati “me time” menyimak serangkaian paparan materi yang disampaikan selama acara berlangsung. Acara KEBelajar kali ini dipandu oleh MC kocak Mas Aji Sukma, yang membawakan acara dengan sangat hidup sekali karena selalu ada saja yang diselipkan agar suasana tetap segar dan gak bikin ngantuk. 

Dalam acara KEBelajar kolaborasi antara KEB dan ProPS, dihadiri oleh Mak Sumarti Sumaelan selaku Ketua KEB, Mak Indah Juli ( Co Founder KEB ) dan tim dari ProPS: Mas Andre dan Mbak Ilona Juwita selaku CEO ProPS. Pada sesi pembukaan, Mak Icoel dan Mak Indah Juli, memberikan apresiasi yang tinggi atas antusiasme peserta yang semangat untuk menghadiri sharing ilmu yang didakan KEB di Yogyakarta ini. Salut, bangga dan bahagia karena peserta yang hadir tak hanya berasal dari wilayah yogya dan sekitarnya, tapi juga dari luar daerah antara lain dari Malang, Surabaya, Jember dan beberapa daerah lainnya. 

Antusiasme yang sepadan tentunya dengan tema yang diberikan karena sarat dengan muatan edukasi bagi blogger agar bisa mengelola blog agar lebih produktif. 
Pada sesi pertama, Mbak Ilona Juwita (CEO ProPS) buka-bukaan mengenai Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan. Setidaknya ada empat poin utama yang perlu dimaintain jika berharap bisa mendapatkan income dari iklan yang muncul di blog, yaitu::
  1. Monetisasi ala blogger, antara lain bisa dilakukan melalui: Content marketing, social influencer, Affiliate link, (memasang) iklan, dan berjualan produk digital seperti ebook, online course, online community, atau bisa juga email marketing.
  2. Mengenali masalah yang umumnya berkaitan erat dengan monetisasi iklan. Secara garis besar ada 3 hal utama yang penting untuk dikelola dengan serius agar blog kita bisa mendulang pundi-pundi rupiah atau dollar yang significant yaitu: performance blog (website), Layout atau desain blog, (bagaimana) melakukan optimalisasi platform.
  3. Platform monetisasi iklan dan apa saja hal-hal yang perlu dilakukan untuk melakukan optimalisasi Platform monetisasi.
  4. Membaca dan  menyikapi Peluang besar di masa yang akan datang dengan membuat konten yang menarik untuk global audience. Artinya, bagaimana kita sebagai blogger bisa membuat tulisan yang menarik minat pembaca dari belahan bumi manapun. Dan biasanya tema-tema yang “klik” bagi global audience antara lain tentang destinasi wisata, kuliner, keunikan suatu daerah: budaya, adat istiadat dan hal – hal lain yang sifatnya ever green.
Dari ke-4 topik utama yang disampaikan oleh Mbak Ilona, little-little bisa saya cerna untuk poin pertama dan keempat, walaupun masih terbata-bata dan belum maksimal penerapannya. Sedangkan untuk poin nomer dua dan nomer tiga, sepertinya saya butuh kelas lanjutan yang lebih intensive lagi *kode menungu #KEBelajar edisi lanjutan*.

Tema selanjutnya yang tak kalah menarik dan berkorelasi kuat dengan paparan Mbak Ilona adalah penyampaian materi oleh Mak Carra aka Mbak Carolina Ratri mengenai Pilar Post atau istilah kerennya postingan yang memiliki pesona dan daya tarik tinggi bagi pengunjung blog, meskipun itu tulisan tidak kita apa-apain, tapi tetap saja bisa menjadi “magnet” kuat yang membuat view blog tinggi. 
Penjelasan dan contoh yang bisa disebutkan salah satunya adalah konten di blog yang memiliki most popular sepanjang sejarah kita ngeblog. Dari sekian banyak konten yang unggah di blog, tentunya ada satu post yang paling populer kan? Dan diikuti beberapa postingan berikutnya yang memiliki viewer yang tinggi juga. 

Menyimak penjelasan dari Mak Carra mengenai pilar post ini, bisa jadi kalau di blog saya adalah postingan tentang ular masuk rumah yang saya buat pada jaman dahulu kala saat saya masih “lugu” belum kenal ilmu SEO, juga belum paham bagaimana cara mudah meningkatkan pembaca di blog. Sekedar menuliskan kejadian nyata yang saya alami saja, tapi hingga saat ini postingan tersebut memiliki view paling tinggi dibandingkan postingan lainnya, bahkan postingan yang sengaja saya buat untuk praltek menerapkan ilmu-ilmu blogging yang pernah saya ikuti.

Pilar Post ini tak bisa hanya mengandalkan hukum kebetulan tersebut. Biasanya Pilar Post adalah artikel yang bercirikan ala-ala gaya tutorial yang bertujuan mengajarkan sesuatu kepada pembaca/pengunjung blog. Pada umumnya pilar post adalah tulisan yang memiliki jumlah kata lebih dari 500 kata dan memiliki banyak tips atau saran yang sangat praktis. 

Duet keren 2 narasumber: MAk Carra dan MBak Ilona
Menurut Mak Carra, pilar post ini bisa kita buat dengan sengaja, tentunya dengan menerapkan teknik menulis SEO friendly, termasuk diantaranya menentukan target audience blog, melakukan riset keyword dan membuat kerangka tulisan  agar tema yang akan kita tulis bisa fokus dan tidak melebar kemana-mana.
Pilar post sangat penting untuk menunjang kinerja statistik blog agar pengunjung bisa tetap tinggi. Karena kita tidak tahu, postingan yang mana yang akan mendulang viewer tinggi, maka buatlah tulisan yang memang dibutuhkan dan disertai cara penulisan yang SEO friendly, antara lain menggunakan keywords utama yang dimasukkan ke url (maksimal 3 – 5 keywords), memilih subheadings yang tepat, gunakan meta search description, image dikasih alt yang relevan dengan konten, dan jangan lupa memperhatikan penggunaan dan jumlah Internal & external links.
Dengan adanya pilar post, seandainya karena sesuatu hal sehingga kita berada pada fase hiatus ngeblog, gak perlu worry karena pilar post akan menjaga traffic blog tetap hit dalam daftar  pencarian search engine atau SERP (baca: gak anjlok parah banget) ”, kira-kira demikian ringkasan materi yang disampaikan oleh Mak Carra.

Biasanya Pilar Post adalah artikel yang bercirikan ala-ala gaya tutorial yang bertujuan mengajarkan sesuatu kepada pembaca/pengunjung blog. Pada umumnya pilar post adalah tulisan yang memiliki jumlah kata lebih dari 500 kata dan memiliki banyak tips,  saran yang sangat praktis maupun menjadi rujukan bagi pembaca. Mak Carra juga menyarankan untuk berkomitment menulis secara rutin minimal 1 postinga dalam satu minggu. 

Bagaimana, sangat menarik kan ya tema-tema yang dipaparkan oleh para narasumber pada acara KEBelajar kolaborasi antara KEB dan ProPS di Kunena Eatary pada tanggal 16 February 2019 kemarin? Iyalah, buktinya banyak peserta yang semakin penasaran dengan mengajukan bejibun pertanyaan, antara lain seperti (beberapa Q and A yang sempat saya catat) di bawah ini:
  1. Mak Veronika: blog dibuat jd format AMP. Pilihannya sebagian AMP (hanya beberapa post) atau totally AMP krn biar cepat di index google dan user experience bagus. AMP beda dr non AMP, page view bagus, dst
  2. Mak Lusi: tema blog crafting dan adsense, sebaiknya bagaimana untuk ke depannya?
  3. Mak Irul: terkait dengan banyaknya grup-grup untuk Blogwalking, seberapa sih efek BW terhadap statistik blog? Bagaimana BW yang aman?
  4. Manda: adsense dan ad exchange ( script). Apakah bs dipakai semua secara bersamaan di blog ? Bgm Utk mengurangi spam score?
  5. Mak Nunung: benarkah blog sudah mulai ditinggalkan? Bgm nasib blog yg sdh ada?
  6. Mak Diba: saat membuat url untuk sebuah postingan, mana yang lebih baik, URL pendek ataukah URL panjangan yang harus detail?
  7. Dan masih banyak pertanyaan lainnya ( serta maaf jika terdapat pertanyaan yang tidak macth dengan penanya aslinya, efek lupa-lupa gak ingat. )
Para Pemenang lomba live tweet
Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan penyerahan hadiah/cinderamata untuk pemenang live tweet dan Instagram. Terus, pastinya ditutup dengan acara poto-poto happy bersama dong. Yeayyyy, saya pun berkesempatan kopdar dengan Mak Icoel, setelah bertahun-tahun berteman dalam satu WAG. Inilah bonus indahnya blogging, kalau ada event off air, bisa kopdar dengan banyak teman yang sebelumnya hanya saling sapa di dunia online, dapat teman baru, temu kangen-kangenan karena jarang ketemu, dan pastinya dapat ilmu baru yang bermanfaat sekali. 

Oia, belum saya kenalin ya siapa sih si ProPS yang berkolaborasi dengan KEBelajar kali ini?

Here we go, sekilas tentang sosok ProPS yang sudah berkiprah sejak 2016 lalu ini merupakan google channel partner yang difasilitasi oleh Google. ProPS ini bertujuan membantu blogger atau publisher (pokoknya yang website ataupun portal online) unutk mendapatkan “gajin atau income” dari iklan yang dipasang pada blog/website. 
Bisa dibilang, ProPS yang memiliki nama lengkap PT. Promedia Punggawa Satu ini “Mak Comblang”  antara publisher dengan Google. Jadinya bidang yang ditangani oleh ProPS antara lain terkait dengan Produk Google Publishing, antara lain AdSense, Manajer Iklan: Ad Exchange, Manajer Iklan: DFP Small Business / Premium, Google Analytic 360, Kebijakan Google.
Saat ini, klien publisher ProPS terdiir dari berbagai macam kategori unutk monetisasi iklan di Indonesia dan Asia Tenggara. Sharing profit yang ditawarkan berkisar dalam ratio 80% untuk publisher dan 20% untuk ProPS. 
Ada yang tertarik untuk memaksimalkan pendapatan dari blog atau website, monggo dikepoin ke websitenya di http://props.id/ dan FB: www.facebook.com/ProPSid, atau kalau ingin kontak by email: info@props.id
Sesi seru foto bareng, yeaayyyy
Sekian dulu reportase ala-ala saya saat mengikuti sesi KEBelajar yang mengangkat tema Langkah Jitu Memaksimalkan Pendapatan Iklan dan Pilar Post.  Over all, acara yang diselenggarakan ini sangat bermanfaat, terutama bagi penulis blog semacam saya yang masih gagap dalam mengelola blog dengan lika-liku monetisasi blog. Terlebih lagi, tempat dan makanannya berlimpah, bikin belajar ON terus hingga sesi terakhir.

Akhirnya, saya hanya bisa berucap terimakasih buat Komunitas KEB yang telah sukses menyelenggarakan acara keren ini berkolabarasi ProPS. Juga terimakasih khususnya untuk para narasumber yang sudah berkenan berbagi ilmunya. Semoga akan ada sesi lanjutan di Yogyakarta dan dikondisikan pelaksanaannya di hari libur atau Hari Sabtu/Minggu.

Keterangan: Dokumentasi by Mas Ardian Kusuma

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

11 comments:

  1. Membuat konteb yang ever green, itu sepertinya yang harus mulai saya perhatikan. Selama ini tulisan kebanyakan tentang reportase event doang..he3..tfs mb...

    ReplyDelete
  2. Ini acara yang sangat bermanfaat menurut saya. Sebelum berandai-andai dapat banyak iklan yang paling penting emang membenahi konten dulu ya. Dan caranya sudah dijelaskan dengan gamblang oleh Mbak Cara. Bikin konten pillar post maka traffic akan naik, traffic tinggi iklan pun akan mudah masuk.

    ReplyDelete
  3. Akutu bingung sama SEO mb. Tulisan-tulisanku yang cuma iseng, kadang malah muncul di page one. Giliran nulis pakai kaidah SEO, malah nggak ketauan rimbanya di Google. *Eh malah curhat* :')

    ReplyDelete
  4. Wah, nggak ikutan acara nya nih, sabtu masuk kerja.. makasih mbak sharingnya, aku jadi bisa baca liputannya

    ReplyDelete
  5. susah susah gampang emang bikin konten yang everlasting, kudu sabar dan membiarkan pembaca yang mencari sendiri (dan ketagihan sendiri) hehehe

    ReplyDelete
  6. Kontenku banyak yang evergreen, tapi belum Saya pilah-pilah kategorinya, karena dulu asal ngeblog aja, sharing ilmu dan informasi, gak mikir hal-hal teknis.

    ReplyDelete
  7. Keren .banyak ilmu yang bisa diserap ya mbak. Tapi emang bener sih, para blogger masa kini kudu naik kelas .... Yaitu menghasilkan uang dari ngeblog, gak sekedar puas Krn tulisannya dibaca org .hehe salam hangat mbak

    ReplyDelete
  8. acaranya seru nambah ilmu dna teman, mudah-mudahan bisa ikutan lagi kalau ada acara seperti ini, bermanfaat sekali buat blogger pemula seperti saya :)

    ReplyDelete
  9. Wooww!! Sangat menarik dan perlu didalami secara step by step..😄😄

    ReplyDelete
  10. Pengen bisa masang iklan adsense di blog tp ga bisa huhuw

    ReplyDelete
  11. Mbaaak, trus yang pertanyaan2 itu, jawabannya apa dong? Aku jadi penasaran. Kenapa ada gosip blog mulai ditinggalkan? :o

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.