Kini Naik Ojek Online GOJEK Makin Aman dan Nyaman

Sejak awal kemunculan ojek online, sejak itu pula saya mulai mengenal dan menggunakan jasa ojek yang berbasis online (internet), cukup pesan via aplikasi dari smartphone dan ojek datang menjemput dalam hitungan menit.

“Kok berani sih tengah malam naik ojek?” demikian pertanyaan dari seorang teman bernada heran, takjub. Ada nada takjub ketika mendengar cerita saya tiba di Bandung tengah malam dan naik ojek online dari stasiun ke tempat kost. Pengalaman naik ojek online tengah malam, dini hari dan melalui rute-rute yang asing ini menjadi bagian ritme saya ketika menjalani diklat selama 5 bulan di Bandung.

Seperti keheranan yang ditunjukkan oleh teman diklat saya kala itu, aslinya saya juga menyimpan sejuta rasa takut dan khawatir saat naik ojek online di kota “asing” atau timingnya yang memasuki durasi malam atau dinihari.

Saat itu, ya Bismillahirrahmaanirrahiim aslinya saya tidak begitu saja SOK berani naik ojek online dini hari, apalagi  di kota yang jalan-jalanya tidak familiar bagi saya. Langkah antisipasi saya saat itu ya janjian dengan teman sesama diklat. Jadi tiap mudik ke Yogya, saya nyari teman-teman yang searah tujuan mudiknya, sehingga ketika balik ke Bandung bisa janjian naik ojek online beriringan dari stasiun.
Trik saya berbeda lagi kalau naik ojek online di seputaran Yogyakarta. Kalau naik ojol di dalam Yogyakarta, strategi yang saya terapkan biasanya adalah share identitas driver ojek online : nopol kendaraan dan nomor HPnya ke suami sebelum start naik ojol. Selain itu, saya juga mantengin terus aplikasi selama perjalanan, untuk memonitor rute yang dilalui driver ojek online on the right track atau menyimpang dari jalur resminya.

Begitulah langkah-langkah preventive yang saya lakukan setiap kali naik ojek online. Tapi sekarang, saya tak perlu serepot itu untuk mengamankan diri selama menempuh perjalanan dengan naik ojek online.

Selama menggunakan jasa ojek online, Alhamdulillah saya mendapatkan driver yang baik hati, ramah dan sangat membantu banget. Salah satu pengalaman yang tak akan terlupakan adalah ketika saya pesan ojol dari salah satu stasiun di Bandung hendak ke hotel, dimana tempat kegiatan akan dilaksanakan. Saya yang gagap arah, tidak tahu jika lokasi hotel tersebut dekat banget dari stasiun. Nah saat pak ojol datang, beliau tanya saya hendak kemana. 
“ Hotel ini dekat dari sini Mbak, bisa kok dengan jalan kaki sekitar lima menitan,” jelas pak driver sambil menunjukkan lokasi hotel tersebut dan memberikan deskripsi rute yang harus saya lalui. Dalam hati saya mbatin, “Bapak ini baik banget ya, kalau dia mau kan bisa saja tetap mengambil orderan dan membawa saya ambil jalan memutar. Tapi si bapak driver ojol justru membantu saya untuk sampai di lokasi hotel dan menyarankan saya untuk cancel orderan ojol”. 
Aplikasi GOJEK kini hadir dengan menawarkan service yang sangat prima. Terobosan baru yang dilakukan gojek dalam rangka untuk meningkatkan kualitas dan memberikan layanan yang terbaik dari waktu ke waktu. Fitur-fitur dan layanan baru yang dihadirkan oleh GOJEK dalam rangka memberikan jaminan keamanan, keselamatan dan kenyamanan sehingga aplikasi GOJEK bisa diandalkan dan semakin handal bagi semua penumpangnya.

Panggil Bantuan Darurat

Kepo kan, apakah itu  Panggil bantuan darurat ( Emergency Button ) Dengan fitur ini, kita sebagai penumpang ojek online akan mendapatkan rasa aman yang lebih karena tombol ini memang dimaksudkan untuk keadaan atau situasi darurat. 
Dengan tombol Panggil Bantuan Darurat ini, apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga (buruk) semisal kecelakaan atau tindak kriminal di jalanan, maka akan langsung terhubung ke Unit Darurat GOJEK yang siap sedia memberikan pelayanan 24 jam, hari Senin – Minggu, non stop pokoknya. Tentu saja, harapan kita semua, semoga saja fitur ini tidak terpakai bagi kita ya, jadinya kan perjalanan kita aman dan nyaman sentausa hingga sampai tujuan.

Kabar baiknya neh, menu Panggil Bantuan Darurat saat ini sudah bisa diakses oleh customer GO-CAR se Indonesia Raya. Semoga banget fitur ini segera bisa diakses di GO-RIDE juga ya.

Bagikan Perjalanan

Fitur lainnya adalah adanya Bagikan Perjalanan (Share Trip), nah dengan fitur ini penumpang bisa membagikan tautan “lokasi saya sekarang” kepada anggota keluarga, kerabat, sahabat atau orang terdekat lainnya melalui Whatsapp atau LINE, yang berisi informasi antara lain:
  • Titik Pickup dan Drop off, yaitu informasi mengenai lokasi penjemputan dan tempat (dimana) penumpang diturunkan.
  • Data detail pengendara yang meliputi Nama, nomor kendaraan, penilaian, dan nomor pemesanan yang kita (pengguna) order.
  • Status perjalanan (apakah sedang menunggu dijemput, dalam perjalanan, atau sudah tiba di lokasi yang dituju).
  • Rute perjalanan yang dipilih oleh pengendara selama mengantarkan penumpang. 
Dengan fitur Bagikan Perjalanan (share trip) ini diharapkan akan membuat penumpang bisa merasa lebih aman dan tenang selama perjalanan karena sepanjang jalur yang dilalui oleh pengemudi gojek senantisa bisa dipantau oleh orang-orang yang sudah kita kirimi “lokasi saya”

FYI, fitur ini sudah bisa diakses diseluruh Indonesia baik untuk pengguna GO-CAR maupun GO-RIDE.


Driver Jempolan.

Seperti kita ketahui, perfomance driver gojek adalah ujung tombak kinerja GOJEK. Menyadari betapa pentingnya peran para drivernya, maka memiliki mekanisme dan proses rekrutmen yang ketat sehingga driver yang terpilih adalah mereka yang memiliki kualifikasi tertentu.

Dalam rangka untuk meningkatkan skill driver, GOJEK menyediakan modul pelatihan untuk semua driver. Modul tersebut berisikan mengenai tata cara menggunakan aplikasi navigasi (pengarah) jalan, bagaimana merawat kendaraan yang baik agar kondisi kendaraan terjaga, mematuhi peraturan lalu lintas, juga etika dalam memberikan pelayanan yang baik kepada (calon) penumpang.

Untuk maksud dan tujuan tersebut, GOJEK secara serius bekerjasama dengan Rifat Drive Labs (RDL Gojek) menyelenggaraan pelatihan untuk driver, dipandu oleh Duta Keselamatan Berkendara, Rifat Sungkar. Program RDL Gojek ini mengedukasi tentang pengetahuan tentang tanggung jawab, kesabaran, dan empati, defensive riding, keselamatan berkendara, pre trip inspection dan Sesi Praktek.

GOJEK juga mengedukasi mitra driver melalui #Trikngetrip, yaitu campaign yang menyampaikan pesan dengan cara yang menyenangkan, untuk para mitra driver dalam memberikan pelayanan terbaik dan tips dalam berkendara serta perjalanan.

Masih satu frame dengan tujuan menghadirkan mitra driver yang handal, GOJEK juga menyelenggarakan workshop melalui Bengkel Belajar Mitra, dengan mengajak para profesional di bidangnya untuk membahas tema-tema yang relevan dengan keselamatan dalam berkendaraan sebagai driver GOJEK.

Dalam rangka memberikan motivasi, GOJEK memberikan sebuah penghargaan, bernama Driver Jempolan yang disematkan pada driver berupa pin pada jaket GOJEK yang dikenakan oleh driver. Tentu saja reward ini diberikan kepada para mitra driver yang telah menunjukkan kinerja terbaik dan memberikan kontribusi positif di dalam masyarakat.

Asuransi GO-RIDE 

Asuransi untuk penumpang ini merupakan gebrakan baru dari gojek untuk memberikan  pelayanan yang lebih baik untuk semua . Nah,  asuransi penumpang ini sebagai wujud dan upaya nyata GOJEK agar semua pengguna bisa mendapatkan rasa aman, nyaman, dan juga memastikan bahwa penumpang terlindungi dalam perjalanannya saat menggunakan menggunakan jasa ojek online Ojek.  
Manfaat asuransi GO-RIDE ini diberikan oleh GOJEK bekerjasama dengan paltform asuransi digital dimana asuransi penumpang GO-RIDE ini otomatis aktif, berlaku seIndonesia, dari waktu penjemputan hingga tiba di tujuan. Termasuk dalam program asuransi ini antara lain: jika terjadi kecelakaan atau pencurian oleh pelaku kriminal (begal) selama dalam perjalanan. Jadi penumpang juga akan lebih terlindungi dengan asuransi tersebut.

Jadi tak hanya driver Gojek yang berpeluang mendapatkan penghargaan dengan sematan sebagai Driver Jempolan, maka penumpang juga mendapatkan “penghargaan” berupa asuransi tersebut

Nah kan, makin canggih saja kan keberadaan GOJEK ini? Bukan sekedar aplikasi ojek online biasa, tapi aplikasi ojek online dengan program-program yang memanjakan penumpang sehingga siap untuk #uninstallkh&awatir saat menggunakan layanan GOJEK kapan dan di manapun.
Jangan lupa ya, segera update aplikasi GOJEK ke versi yang terbaru agar bisa mengakses fitur Share Trip, Emerbency Button, dan asuransi GO-RIDE karena semua manfaat canggih ini baru bisa kita akses setelah melakukan update aplikasi GOJEK.

Bagaimana dengan Anda, seberapa sering menggunakan jasa GOJEK untuk mendukung aktifitas sehari-hari Anda? Atau, Anda punya pengalamanan tak terlupakan ketika naik GOJEK kan ya?


Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

38 comments:

  1. Saya langsung cari fasilitas emergency button di aplikasi gojek, gak tau kalau ada fasilitas ini, selama ini gojek memang jd andalan saya kemana mana banyak yg baik hati mau berhenti sebentar untuk ke atm atau beli minum

    ReplyDelete
  2. Nah, fitur itu yang bikin kita sebagai perempuan nyaman ya, karena tenang, bisa langsung share posisi juga. Oya ada lagi yang khusus gojek perempuan itu apa yaa namanya? Masih ada gak sih?

    ReplyDelete
  3. Jir.. Baru tahu ada fitur begituaan

    ReplyDelete
  4. Loh loh aku pengguna gojek tapi kok baru tahu sih ada fitur yang ini. Hmm bagus yah semakin aman dan nyaman jadi gak usah takut kalo ada apa-apa. Makasi mbak sharingnya

    ReplyDelete
  5. Wah thanks infonya mbak, baru tahu fitur ini. Soalnya saya juga gojek mania ��

    ReplyDelete
  6. sudah muncul2 nih promo fiturnya di aplikasiku mbak. tapi blm kupencet hehehe. thanks penjelasannya ya mbak rie.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya kalau ada button darurat ini jadi bisa lebih terasa aman dan nyaman naik ojol

    ReplyDelete
  8. Wah, aku baru tahu fitur ini mbak. jadi nggeh deh kalau naik gojek bakalan nyaman sama fitur tersebut. Asyique
    TFS yah mbak

    ReplyDelete
  9. keren ya fiturnya...ngebantu banget nih buat yang sering nge-gojek malam-malam :)

    ReplyDelete
  10. Sudah lama saya gak naik GOJEK. Palingan seringnya order makan aja buat makan siang di kantor.


    Perjalanan dini hari itu memang was-was banget ya, Mbak.

    Dengan adanya fitur baru yang semacam untuk keamanan, Gojek makin keren deh.

    Untuk perekrutan Gojek ini memang enggak main-main. Waktu itu temen saya datanya kurang lengkap, jadi ditolak untuk menjadi seorang driver Gojek.

    ReplyDelete
  11. Sekarang fitur Gojek makin lengkap ya, menjamin keamanan penumpang dan drivernya. Belajar dari kasus yang terjadi beberapa waktu lalu, motor pengendara Gojek dibegal. Kasian juga motor yang dijadikan tumpuan untuk mencari nafkah begitu saja hilang tanpa bisa digantikan. Untung sekarang ada solusinya.

    ReplyDelete
  12. Berarti setelah share identitas mas gojek ke suami, mbak mantengin hp mulu donk buat lihat rutenya udah bener atau belum. Apa malah gak tambah undang bahaya karena main hp di jalan? Umtung deh sekarang fitur gojek makin canggih. Gak perlu sampe mantengin begitu lagi. Kalau dirampas orang di jalan, gimana?

    ReplyDelete
  13. Ojol emang andelan banget deh ya mbak. Kalo lagi males nyetir, males nembus macet, males susah nyari parkir, pesen ojol.....semua beres. Hihi

    ReplyDelete
  14. Fitur-fitur tadi memang bikin kita merasa lebih aman ya mba. Tak perlu terlalu khawatir jika pergi sendirian. Insyaallah aman

    ReplyDelete
  15. lumayan sering pakai jasa ojek online. Saking seringnya pakai, kalau lihat ada driver ojek online melintas di depan rumah, anak bungsu saya yang berusia 2,5 th selalu bilang "itu ada teman mama". Haha... dikiranya semua driver ojek online itu teman mamanya, karena sering antar jemput mama

    ReplyDelete
  16. Bisa diandalkan banget ini mamang ojol
    soalnya aku juga kalo sendirian dan males bawa motor biasanya pesen gojek
    di antar sampai tujuan pelayanan ramah pula

    ReplyDelete
  17. Gojek memang juaraaa ya mba..aku juga penggemar Gojek dan makin aman karena fitur baru ya

    ReplyDelete
  18. Keren banget fitur-fitur barunya, jadi ngerasa aman kalau pakai go-jek ya mba. Jujur aja go-jek ini ngebantu aku banget. Coba mau update ah biar tau layanan terbarunya ��

    ReplyDelete
  19. Fitur baru Gojek yaaaa, bikin pelanggan makin aman

    ReplyDelete
  20. Nah, fitur ini nih yang dibutuhkan, terutama bagi kaum perempuan ya. Walaupun aku bukan pengguna gojek, tapi aku sangat senang melihat semua fitur yang dimiliki gojek ini, jadi suatu saat jika butuh aku ga ragu lagi pastinya.

    ReplyDelete
  21. Asik nih fitur baru gojek jd makin aman n nyaman naik gojek

    ReplyDelete
  22. Pas aku update juga muncul nih fitur ini. Makin memudahkan dan bikin nyaman ya.

    ReplyDelete
  23. Sejak ada gojek, saya sudah berlangganan menggunakan jasanya setiap kali akan keluar.
    Mudah cepat dan pastinya armadanya banyak

    ReplyDelete
  24. Kalau ke luar kota, aku selalu ngandalin Gojek sebagai sarana transportasi. Dengan adanya penambahan fitur2 di atas makin nyaman nih naik gojek

    ReplyDelete
  25. Wah makin banyak fitur yang bisa bikin penumpang aman dan nyaman dalam menggunakan layanan gojek ya.

    ReplyDelete
  26. aku yang bikin aman dari Gojek itu karena ada live location itu lho mbak. buat pantau anakku yang sering naik gojek kalau aku ga bisa jemput, buatku itu cukup aman

    ReplyDelete
  27. Sejak GOJEK punya fitur-fitur keamanan yang strict begini, saya jadi jarang bawa motor ke mana-mana hehehe ... Lebih aman dan nyaman untuk pejuang pulang malam kayak saya

    ReplyDelete
  28. Ada asuransinya mantap betul. Pantas jika gojek semakin terdepan.

    ReplyDelete

  29. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete
  30. Paling sering aku naiknya GOCAR soalnya kemana2 berempat bareng bocah. Wah sekarang udah ada fitur panggilan darurat merasa lebih aman lagi deh pakai layanan gojek.

    ReplyDelete
  31. Semoga Go-Ride juga segera ada, ya. Kalau lagi khawatir, biasanya aku share live location aja. Tapi kalau ada fitur yang makin bikin merasa aman, lebih baik dong.

    ReplyDelete
  32. Aku sering pakai Go-car buat pergi-pergi sama anak-anak pas suami nggak di rumah. ALhamdulillah... jadi makin aman karena inovasinya

    ReplyDelete
  33. Ga perlu cemas lagi dengan jasa gojek ya mbak

    ReplyDelete

  34. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete
  35. Seneng banget kalo dapat driver ojol yang baik hati ramah dan senang menolong gitu. Jadi makin nyaman aja nge-ojol.

    ReplyDelete
  36. Tentunya semakin nyaman yah. Untuk kita ortu juga bisa melatih anak untuk menggunakan fasilitas ini jika memasrahkan mereka diantar ojol

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.