4 Jenis Air Gun Untuk Mendukung Hobi Berburu Dan Pajangan

Everybody need Hobby, kalimat yang paling mengenak dari tokoh film Tony Stark si Iron Man. Iyap, hobi adalah salah satu pewarna hidup yang bisa mengurangi stress dan menjalani rutinitis keseharian dengan lebih fresh. Dan Bismillahirrahmaanirrahiim kalau berbicara tentang hobi, setiap orang tentu memiliki hobi sesuai kenyamanannya masing-masing. Indahnya lagi jika dari hobi kita bisa mendapatkan penghasilan, hobi yang dibayar, demikian sebutan kerennya. Saya termasuk kelompok ini, jika bisa menghasilkan something (materi atau non materi) dari hobi, ya kenapa tidak? Hehehehe..

Bagi sebagian orang ada yang rela mengeluarkan cost tidak sedikit demi hobi. Tidak mempermasalahkan lagi berapa anggaran yang harus dialokasikan demi menunjang hobinya. Misalnya yang hobi automotive, aeroplane, golf, dan sederet hobi mahal lainnya.  

Salah satu hobi yang perlu dimodali juga adalah hobi bersenapan angin, yang lebih femes dengan sebutan air gun atau air rifle, yaitu sejenis senjata api replika yang penggunaanya diperuntukkan sebagai penunjang olahraga menembak atau hobi berburu. 

Secara umumnya yang suka sama senapan angin memiliki hobi berburu, olah raga menembak (sasaran/target), mengusir hama, atau bisa jadi sekedar untuk koleksi yang dipajang di rumah.

4 Jenis Air Gun
Sebagaimana sebutannya senapan angin, tentu saja alat ini mengandalkan udara, angin atau gas CO2 yang dipadatkan (solid), yang ditempatkan dalam tabung kecil dengan tujuan untuk memberikan “power” mendorong keluar peluru melewati laras senapan dengan tekanan antara 450 – 1200 fps. 

Bagi yang suka berburu, senapan angin yang disarankan adalah senapan angin jenis pompa atau gejluk. Dari segi harga, senapan model ini terbilang relatif terjangkau dan memiliki kelebihan yang mudah untu dimodofikasi serta adanya ketersediaan suku cadang yang mudah dibeli di pasaran.

Bagi yang masih pemula dan belum memiliki banyak referensi visual menegnai senapan angin, maka membeli alat ini tentu perlu datang langsung ke toko yang berjualan dan bertemu penjualnya agar bisa melihat dan mengenali detail senapan angin yang anda butuhkan dan aksesoris senapan angin seprti apa yang diinginkan. 
Aksesoris senapan angin
Tapi bagi yang sudah familiar dengan hobi senapan angin, dan dengan alasanya efisiensi waktu, tenaga, maka baginya membeli secara online tentu lebih fleksible. Tentu saja, jika mau membeli secara online, anda sudah sangat paham betul jenis, model dan pernak-pernak lainnya yang terkait untuk memudahkan ketika melakukan pemesanan.

Ngomongin hobi yang berkaitan dengan senapan angin ini, salah satu toko yang sudah menjual senapan angin secara online adalah Jaya Air Rifleng, yang menjual jenis-jenis air gun sebagai berikut: 
  1. Senapan angin PCP atau Pre Charged Pneumatic, menggunakan udara atau gas yang setiap hari kita hirup dan campuran dari beberapa gas lain, jadi tidak hanya oksigen murni, dimana udara dikompresi pada tekanan yang tinggi yaitu 1000 sampai dengan 3000 psi.
  2. Senapan angin sharp atau dikenal dengan sebutan senapan uklik, menggunakan pompa untuk memadatkan udara yang dimaksudkan untuk melontarkan proyektil. Senapan uklik ini, jika berdasarkan tipe pompanya, maka ada 2 cara pelepasan angin, yaitu : Knock open valve dan Dumping system.
  3. Senapan angin gejluk, dimana nama ini berdasarkan cara pemompaannya yaitu yang dinekal dengan istilah dalam Bahsa Jawa “digejluk” (bahasa jawa) atau dikocok. Sistem ini adalah alternatif dari sistem pompa manual (selain pompa tangan). 
  4. Senapan Angin Mini, disesuaikan dengan ukurannya yang relatif kecil atau mini, yaitu dengan berat kurang lebih 3 kg dengan panjang senapan 40 centimeter (cm) yang biasanya dibuat dari bahan kuningan asli..

Penasaran dengan kisaran harga air gun ini? 
Harga senapan angin
Harga masing-masing jenis senapan angin cukup nervariasi, sesuai dengan dengan ukuran dan modelnya. Sekedar wacana saja, harga senapan angin dibandrol mulai kisaran harga 400K  – 900K, biasanya untuk harga segitu adalah jenis senapan angin yang standar dan klasik. Semakin baru modelnya, harganya juga semakin mahal.  

So, Adakah yang punya hobi mengoleksi air gun ini?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

7 comments:

  1. Kalau ngomongin soal air gun, aku awam banget mba. Gak tahu soal guna dan kekuatannya. Mungkin karena bukan penggemar kegiatan semacam itu kali ya? Biasanya para mas2 dan pak bapak suka main air soft gun jadi paham hehehe

    ReplyDelete
  2. Kalo ngomongin "gun", anak dan suamiku nihhh cocoknya.
    Segala macam "gun" mereka apal dan tahu cara pakenya :D

    ReplyDelete
  3. Dasar aku tuh katrok tadi dikira 'air gunung' jebulnya senapan. Aku baru sekali pakai yang ginian tapi bukan berburu melainkan latihan tembakan. Dan ternyata nagih

    ReplyDelete
  4. ngoleksi sih ga tapi suka pakai aja, kebetulan salah satu hobbyku adalah olahraga menembak, di Jakarta sering latihan ini tapi di Jogja belum nemu tempatnya. dan baru ngeh kalau alat ini di jual bebas, tapi entah sama atau gak dengan yang dipakai buat olahraga, tapi dari bentuk senapan dan aksesorisnya mirip dan sama kayaknya.

    ReplyDelete
  5. wihh air gun. aku sendiri entah kenapa lebih suka model dengan bipod. enak karena ada 'tatakannya' jadi senjata nggak terlalu goyang

    ReplyDelete
  6. Yang suka olahraga airgun mungkin asyik banget ya. Sayang kadang saya merasa keberatan saat pegang alatnya ini. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  7. Pernah diajakin main, tapi enggak jadinya asyik keknya ya. Jadi inget main bedil-bedilan pakai gedebog pisang.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and friendly.