WHAT'S NEW?
Loading...

[Behind The Scene] Jus Strawberry, Apel dan Tomat

Saya yakin semua orang tahu kalau makan buah dan sayur itu bagus untuk esehatan tubuh kita. Tapi pada prakteknya, tidak semua orang dengan suka rela mau mengonsumsi buah dan sayur, terutama pada anak-anak. Kalau orang dewasa seperti saya sih, sayur dan buah apa saja hayuuuk sikat habis. Secara saya kan Bismillahirrahmaanirrahiim termasuk manusia pemakan segala jenis buah dan sayur. Eh, enggak juga sih. Saya paling tidak mau kalau disuruh makan buah simalakama meskipun dibayar berapapun. Ehmm, saya juga belum bisa kalau makan buah pake ~aka: Mengkudu. Dulu waktu masih kecil dan level nggragasnya tingkat dewa, saya juga tidak mau ikut-ikutan teman yang dengan yummy-nya makan buah pace/mengkudu tersebut. *Ahh…kok out of the topic lagi sih Rie?*

Back to the topic, Jus Strawberry, Apel dan Tomat  merupakan salah satu cara (terutama) untuk mensiasati Azka yang masih selektif banget makan buah/sayur. Jadi, tiap bikin jus (buah/sayur) yang jadi orientasi utama ya gimana agar Azka suka jus tersebut. Kalau untuk saya – suami dan kedua kakak Azka (Aida dan Ifa), kami mah buah apalah-apalah oke saja. Sesekali pilih jus sebatas sebagai variasi saja. Yang jelas kita semua sepakat kan kalau buah dan sayur sangat banyak, tak terkecuali ketika disajikan dalam bentuk jus, at least manfaat yang bisa kita serap antara lain: Sumber antioksidan dan pencegah kanker, membantu proses detoksifikasi tubuh, memperkuat  daya tahan tubuh, membantu proses pencernaan, mencegah penumpukan kolesterol dalam darah, membantu proses regeerasi sel kulit.
Jus Strawberry, Apel dan Tomat (Pengennya sekaligus praktek FoodPhotograph)
Nah, ide asal-asalan untuk membuat MINUMAN jus campuran Strawberry, Apel dan Tomat   ketika di kantor ada penjual dadakan yang keliling ke tiap-tiap ruangan. Saat menghampiri ke meja saya, si embak tersebut menawarkan dua pack strawberry. Mengingat buah strawberry kan termasuk buah yang bersifat lebih cepat rusak, sehingga saya beli 1 pack dan satu packnya dibeli teman.

Setiba di rumah dan lihat-lihat persediaan buah yang ada tinggal buah apel malang, pisang ambon dan tomat (selain untuk bumbu masak, tomat juga sering saya gunakan untuk campuran jus kok). Ya sudahlah, saya prefer untuk membuat jus dengan kombinasi buah Starwberry, Apel dan Tomat saja. Untuk jumlah masing-masing buah yang saya gunakan adalah:
a. 20 Butir Strawberry (buang kelopaknya dan dibelah)b. 1 buah apel (buang bijinya dan dipotong dadu untuk memudahkan pemblenderan)c. 1 buah tomat (Dipotong jadi 6 juga untuk memudahkan pemblenderan )d. Air mineral 200 ml dingin ( +5 potong es batu --> Optional)    *) Saya lebih suka menggunakan air es. 
Adapun tata cara untuk membuat Jus, masih sama seperti pada umumnya orang-orang lain membuat jus yaitu: Masukkan Strawberry, Apel , Tomat dan air mineral ke dalam blender dan putar hingga homogen. Tuangkan dalam gelas saji, aduk sebentar dan habiskan secepatnya ya selagi dingin. Kenapa selagi dingin? Karena oh karena selain demi rasa segar yang maknyus, juga untuk menjaga kualitas Vitamin yang terdapat dalam jus tersebut.

Mengenai campuran jenis buah apa saja yang bisa di mixed and match, yang penting yakin saja untuk mengombinasikan buah-buahan yang punya rasa kontras. Seperti durian dimixed dengan sirsak atau jeruk, rasa manis dan legit dari buah durian semakin menggigit dengan sentuhan rasa asam dari jeruk/sirsak. Memang sing sebaiknya kita tidak mengkombinasikan jus buah yang sama-sama memiliki aroma tajam seperti durian dan jambu biji, nangka dan durian. 

Tapiii....kalau mau bikin jus dengan cita rasa yang anti mainstream, ya gak apa-apa sih dicoba bikin jus yang terdiri dari buah-buahan yang memiliki aroma kuat/tajam, semisal jus durian+jambu merah+nangka (gak bisa bayangin rasanya karena belum pernah nyoba bikin)


Tips- Tips seputar pengeJUSan yang merupakan ilmu baru dalam proses mengejus adalah 
  1. sebaiknya memblender buah tanpa es batu, kemudian di dinginkan dalam kulkas sehingga menghasilkan jus dengan rasa dan aroma yang lebih fresh dan nikmatos lezatos. Selain itu, bisa juga menggunakan cara lain yaitu: buah dibekukan dulu, baru kemudian di blender. Contohnya starwberry, tomat dibekukan baru kemudian di blender. 
  2. Sedangkan untuk menghilangkan aroma/rasa kurang enak pada buah-buah tertentu seperti brokoli, seledri, alpukat, pepaya, kweni, bit, bisa ditambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon pada saat memblender atau ketika akan disajikan. Trik ini suitable untuk semua jenis jus buah kok, sekaligus bisa memunculkan sensasi rasa asam segar.  
  3. Salah satu cara untuk menghentikan proses pembusukan strawberry adalah dengan membuang kelopak daunnya sesegera mungkin setelah kita mencucinya.
At least, manfaat masing buah yang saya buat jus kali ini kan spektakuler tak kalah dengan keluarbiasaan kandungan buah pada umumnya. Apalagi jika rutin meng-include-kan dalam pembuatan mixed jus untuk keluarga, tentu serapan manfaatnya lebih optimal untuk kesehatan bersama.

“An Apple a day, keep the doctor away” Quote yang sangat terkenal bin fenomenal dan relevan dengan kandungan flavonoid kuersetin dan antioksidan tinggi yang dikandung dalam buah Apel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel lima kali seminggu dan tomat 3x seminggu akan bisa memiliki paru-paru yang lebih sehat daripada orang yang tidak mengonsumsinya. Juga bisa menurunkan resiko kanker, hasil riset di Finlandia menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi apel memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit kanker. Serta mengandung serta pektin yaitu serat yang bisa melarutkan lemak dalam pencernaan.

Strawberry banyak mengandung Asam elagis yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan tumor dalam paru-paru, esofagus, payudara, serviks dan lidah. Selain kaya akan vitamin C dan Asam elagis, buah strawberry juga banyak mengandung senyawa fitokimia seperti: Antosianin, Katekin , quercetin, kaempferol dan  sumber flavonoid yang baik. Satu cangkir sari buah strawberry  (144 g) mengandung sekitar 45 kalori atau setara dengan 188 kJ.

Tomat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan vit. C tinggi. Selain itu juga mengandung Vit. A, pigmen alami likopen dan Betakaroten, Kandungan likopen, Vitamin C dan A bermanfaat untuk menghambat perkembangan kanker karena ketiganya bekerja secara sinergis mencegah kerusakan DNA akibat radikal bebas terutama pada paru-paru dan prostat.

Demikian saja, short story behind the scene of Jus Strawberry, Apel dan Tomat. 
Anda suka bikin MINUMAN jus juga kan? Hayoooo….Apa jus favorit anda dan keluarga neh?






Note: Literatur tambahan diambil dari buku: Terapi Jus untuk Kesehatan tanpa Efek Samping (by Nurchasanah)






22 comments: Leave Your Comments

  1. Jadi inget jaman pacaran sama mantan, sukanya kalo makan di cafe, juz nya juz strawberry

    ReplyDelete
    Replies
    1. ciyeee...jadi inget masa lalu neh ? Siapakah itu? *kepo*

      Delete
  2. Duuh sugernyaa. Aku juga suka jus stroberi mbak, tapi yang nggak terlalu manis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga suka yg gak terlalu manis dan gak begitu dingin

      Delete
  3. aku suka alpukattttt cepet kenyang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka alpukat, suka jambu biji juga, strawberry, pisang...semuaaa.*rakus*

      Delete
  4. klo bikin jus tomat biar ga ada ampasnya gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di saring Mbak atau pakai juicer *sudah tahu*

      Delete
  5. kalo aku sih gak neko neko.. jus buah tanpa campuran apapun bisa aku lahap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbenernya, kalau saya sendiri...gak usah du jus juga habis ludes ituh buah-buahan mas

      Delete
  6. duh campur-campur buah untuk jus masih kerasa asing buatku hihi anyway ada sarankah teh supaya strawberry bisa tahan lama? kan biasa gampang menghitam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. strawberry bisa tahan lama dibuang kelopaknya setelah di cuci kemudian di masukkan dalam kulkas deh

      Delete
  7. siang-siang gini lihat jus duh segernya

    ReplyDelete
  8. eh iya mbak kalau beli jus di luar kan mesti blender buah dengan es batu. mending gitu ya di blender tanpa es baru masukin kulkas. saya belum pernah nyoba pakai sayuran mbak, rasanya gimana gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya campur dg sayuran krn Azka picky kalau makan sayuran. Tapi masih sebatas wortel dan tomat sih yg saya campurkan utk jus

      Delete
  9. Weiizzz siang siang gini bikin ngiler gan :D
    haha
    Ohh ya mampir ke blog sederhana saya ya gan sebagai tanda persahabatan :)

    ReplyDelete
  10. Paling seneng ngejus kok mba, apalagi keluarga saya semua penyuka buah2an ..yummy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiii, kalau utk anak-anak...jus adalah cara jitu utk anak yg msh selektif makan buah ya mbak

      Delete
  11. wah boleh niiih resep nyaaa.. kadang klo mix n match buah buat di jus, takut ga match.. makasih bundaaa, admin sangat merasa terbantu banget :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.