Header Ads

Life is flowing in its story leaving history for better present and future
  • What's News

    3 Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Nama Blog

    Konon, sebaiknya nama blog disesuaikan dengan tujuan ngeblog kita sedari awal. Sebagaimana tujuan awal kita ngeblog, maka sangat direkomendasikan agar nama yang kita pilih bisa memberikan pengaruh positif “flowing” ke arah mana blog yang kita bangun selanjutnya.

    Bismillahirrahmaanirrahiim tak ubahnya memilih nama untuk anak  kita yang didalamnya terkandung doa dan harapan-harapan baik, begitu pun dengan pemilihan nama blog. Dari buku Blogging: Have Fun and Get The money, pada chapter yang membahas mengenai penentuan Nama dan Judul Blog, saya mendapatkan pencerahan bahwasanya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan judul dan URL atau alamat blog yaitu:
    1. Nama blog harus mudah diingat. Maksudnya adalah sebaiknya memilih nama blog yang singkat, kata-katanya wajar, dan tidak menimbulkan bias. Semakin singkat semakin baik, dan tentunya memberikan first impression yang ngenak atau langsung bisa diingat tanpa susah payah.
      3 Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Nama Blog yang SEO Friendly
      Tampilan Header Blog sampai dengan akhir Nopember 2016
    2. Menyamakan antara alamat blog dengan isi blog atau bisa juga dengan judul blog. Jika tujuan ngeblognya demi menyalurkan hobi menulis atau semacam diary digital, kategori yang seperti ini pada umunya disebut dengan lifestyle personal blog. Pilihan nama yang disarankan untuk blog personal ini maka nama dan alamat blog bisa menggunakan nama beken kita. Meski personal blog, juga memiliki kesempatan untuk menjadi blog yang profesional kan? Banyak bloger yang mendulang sukses dengan branding blog personalnya karena lifestyle blog memiliki kekuatan yang universal, yakni bisa menampung segala tema tulisan, sehingga banyak brand dan social media agency yang membidik kerjasama dengan personal bloger ini. Akan tetapi jika kita memang sudah yakin super mantap hendak membangun blog yang spesifik dengan tema tertentu, maka disarankan untuk memilih satu niche yang diminati tersebut. Semisal konten blognya tentang traveling, pilihan nama dan alamat blognya sebaiknya yang ada bau-bau tentang traveling. Tantangannya adalah kita harus kreatif memilih nama karena sangat mungkin nama blog yang kita sangat inginkan untuk menjadi nama beken blog kita ternyata sudah digunakan oleh orang lain. 
    3. Saat memilih alamat atau URL blog, seyogyanya di dalam URL tersebut terdapat keyword utama dari blog kita dan tetap menggunakan asas yang singkat dan mudah diingat. Alasannya sudah bisa ditebak kan, bahwa URL yang memiliki keyword bisa membantu blog kita lebih mudah di detect oleg Google Search Engine (SEO frendly). Sedangkan untuk judul blog, ya tentunya harus harmonis dengan alamat blog (URL) dan menggunakan keyword utama  yang mewakili keseluruhan isi blog.
    Pertanyaanya, apakah 3 Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Nama Blog tersebut sudah saya terapkan saat memilih nama blog dan URL blog saya ini? 
    Baiklah, inilah saatnya saya membuat pengakuan bahwa ketika saya memilih nama blog ini sama sekali belum menggunakan ketiga pertimbangan tersebut. Saat itu, saya belum tahu tentang tips dan trik membuat nama blog yang bisa disebut memenuhi aspek SEO friendly. Yang saya pahami hanya sebatas bahwa alasan ngeblog saya sekedar ingin menuliskan hal-hal seputar pendapat pribadi, tulisan tentang sekitar diri saya dan atau tentang pengalaman pribadi yang layak untuk dishare. It’s mean: blog pribadi.
    Dan seperti yang tersemat pada header blog, bahwa judul blog ini sejak awal ya Kidung Kinanthi. Bisa dibilang, saya jatuh cinta dan memberi judul blog ini dengan nama Kidung Kinanthi sekaligus memilih alamat blog www.kidungkinanthi.blogspot.com
    Why Kidung Kinanthi? Ada apa dengan Kidung Kinanthi sehingga membuat saya terpesona pada pandangan pertama, eh memilihnya secara spontan dan gak pakai mikir dua kali? Versi pemaknaan ala kadarnya versi saya adalah sebagai berikut:
    Kidung: lagu, nyanyian, curcolan, curhatan dan semua hal yang sepadanan dengan konsep tersebut.
    Kinanthi: sesuatu yang dinantikan, asa, harapan, and something similar.

    Jadi kalau saya gabungkan, makna Kidung KInanthi adalah media dimana saya akan dan ingin mencurahkan uneg-uneg, mendokumentasikan rekam jejak yang baik-baik dari peristiwa di sekitar saya dan hidup saya, serta siratan asa-asa yang semoga bisa terwujudkan. 
    Pertimbangan Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Nama Blog agar SEO Friendly
    Header Blog ini (sekitar) tahun 2014

    Dan dari semua itu saya membuatnya menjadi judul blog KIDUNG KINANTHI dan sub judul: Life is flowing in its story and leaving history for better now and tomorrow (hidup mengalir dalam ceritanya masing-masing, meninggalkan sejarah untuk dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya agar har ini dan esok yang lebih baik).

    Dan ketika saya iseng-iseng bikin TLD pun menggunakan alamat URL dengan nama pena saya : Ririe Khayan. Alasannya, sederhana saja: sepertinya  sound so great jika alamat blog saya menggunakan nama pena saya itu. Apalagi pas saya rikues URL www.ririekhayan.com langsung available (belum ada yang menggunakan), ya saya menganggapnya “ Wouw keren, Ririe Khayan semacam bisa saya patenkan deh”.

    Sampai dengan saat ini, sebelum tampilan blog yang saat tampak di blog ii, sebelumnya header blog ini sudah mengalami pergantian penampakan cukup banyak (karena saya tidak bisa mengingat semuanya, jadi ya boleh lah kalau saya sebut banyak kan?), mengikuti pergantian template yang saya gunakan. 
    Demikianlah, sejarah singkat kenapa memilih nama blog yang sekarang saya gunakan. Bagaimana dengan anda, tentu punya alasan yang juga memorable kenapa memilih nama blog yang digunakan sekarang kan? 


    #BPN30dayChallenge2018
    #Day3 #KenapaMemilihNamaBlogYangSekarangDigunakan

    11 comments:

    1. Saya setuju dg nama blog disesuaikan dg alamat blog juga, jadi orang2 akan lebih mudah ingat dg keduanya.

      ReplyDelete
    2. Nama blog lebih baik disesuaikan dengan alamat blog sih, okelah.. otewe, ganti nama blog. Tapi, entahlah, apakah aku akan punya nama pena lagi atau enggak?

      ReplyDelete
    3. Patenkan.
      Kalau punya nama yang uda "gue banget" langsung umumkan pada dunia...agar jadi image untuk kita.

      Saluut~

      ReplyDelete
    4. Nama blog aku sama dengan alamat blog, alasannya biar mudah inget aja, soalnya saya pelupa, makasih ya tipsnya, lagi cari nama blog baru nih

      ReplyDelete
    5. Blog pertamaku ganti2 nama sejuta kali. Pas blog lain baru deh ini kayanya cocok buat aku dari sisi yang lain

      ReplyDelete
    6. kalau nama emang wajib bangetbanget kak. makin gampang diinget makin gampang ditulis. kalau sudah dapet nama bagus mesti langsung dibeli domainnya dan langsung diisi konten bagus biar banyak pengunjung

      ReplyDelete
    7. Syukurlah aku udah manteb banget sama nama blog. Baik nama, isi yang acak-acakan dan alamat blognya. Heheu

      Sekarang lebih mau fokus ke tulisan dulu. Hehe

      ReplyDelete
    8. Menentukan sebuah nama blog itu mungkin terlihat mudah, namun pada kenyataannya sedikit susah. Saya aja perlu memakan waktu 2 - 3 jam lebih untuk menentukan nama blog dan thema blog apa yg akan diseriusin

      ReplyDelete
    9. aku tak kreatif, nama blog ya itu, url blog ya itu, ah, payah ya aku wkwkwk

      lebih ke diary erina sih, karena nulisnya ttg kehisupan sehari hari

      ReplyDelete
    10. Nama Blog atau judul blog ya mbak.. aku ngarang aja waktu buat.
      Ceritanya pengen buat blog baru, indya alloh sdh siap dengan namanya.. hee

      ReplyDelete
    11. Duh mbak, sub judulnya kok bikin aku baper yak. Hahaha.. Emak baperan

      ReplyDelete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.