Uniknya Nama Anak Indonesia Masa Sekarang

Salah satu tujuan Pemberian nama adalah sebagai perwujudan doa dan harapan (baik) orang tua terhadap sang buah hati. Oleh karena itu bisa dipahami jika kemudian (semakin banyak orang tua dan calon orang tua) meyakini bahwa semakin panjang nama yang dipilihkan untuk anaknya diharapkan semakin banyak doa yang tersertakan di dalamnya.

kalau dirangkum, pada dasarnya alasan pemberian nama-nama anak zaman sekarang antara lain adalah:
  • Alasan utama dan mayoritas pemberian nama pada anak-anaknya adalah doa dan harapan untuk kebaikan dan kebahagiaan hidup si anak di dunia – akherat.
  • Agar Special, yakni agar memiliki nama panggilan yang indah, nama yang istimewa atau tidak pasaran. Semakin unik nama yang dibuat, diharapkan nama tersebut agar kemungkinan tidak banyak anak yang memiliki kesamaan nama. 
  • Suapaya Keren atau gaul, asumsi penamaan anak yang menggunakan rangkaian beberapa kata secara unik (kombinasi dari berbagai bahasa misalnya) agar bisa namanya termasuk dalam daftar nama yang keren dan modern.
  • Dan ada juga loh yang memberikan nama anaknya dengan bonus alasan “balas dendam” karena namanya sendiri hanya satu kata.
Beberapa alasan diatas yang memungkinkan sang anak di kasih nama yang panjang ( beberapa kata/ lebih dari 3 kata) dan susunan suku katanya demikian unik, sampai saya gagap dan gak

Beginilah serunya blog yang bertema gado-gado (personal), bisa suka-suka menuliskan tema apa saja dan berasa seperti kutu loncat. Eh, maksudnya apa saja yang kebetulan melintasi rel passion menulis, pas possible buat diposting ya

Dan kali ini mengenai keunikan nama anak Indonesia zaman sekarang karena belum lama ini, setidaknya ada lima bayi perempuan yang baru lahir dari lingkaran teman/kenalan dekat. Tiga Pas kemarin dapat door to door) dan pas baca sebaris nama si baby yang cantik dan indah terdengar ketika diucapkan:

Pucuk di cinta ulam pun tiba. Ahaaiii…..kebeneran mengungkit kembali
Apakah anda juga memiliki ketakjuban seperti saya terhadap nama anak-anak sekarang yang special, keren dan unik. Atau, saya saja yang merasa demikian takjubnya karena nama saya yang memorable cukup satu kata? 
Apapun itu, yang jelas tak jarang saya mengalami kesulitan untuk mengeja nama-nama anak yang lahir di era milenium dan digital ini

Lha bahkan nama – nama tokoh di cerpen dan novel era kini pun erat dengan nama-nama yang unik dan menarik. Iya sih, kalau nama lebih dari satu kata sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala di Indonesia, termasuk yang segenerasi dengan saya juga banyak kok yang namanya dua kata atau lebih. Akan tetapi seiring perkembangan life style yang kekinian,  nama untuk sang buah hati pun semakin beragam, unik, lucu dan ya kadang bikin lidah keseleo untuk mengucapkannya, hehehe. 

Ada banyak sumber inspirasi untuk mempersiapkan nama bagi calon anak yang akan dilahirkan, baik nama bayi perempuan maupun nama bayi laki-laki. Dari tokoh film, artis, pemain sepak bola, pembalap F-1, dari bahasa Asing (Inggris, Latin, Sansekerta, Yunani, Arab, dsb), juga   internet  tentunya yang menawarkan berjuta-juta nama favorit nan keren dan special. 
Tak heran jika mulai banyak nama-nama anak yang memiliki komponen huruf double, seperti: qq, ue, ee, yy, ii, ll,  tanda strip juga kutip. Penamaan bayi yang menggabungkan dari berbagai bahasa yang kerapkali dipilih antara lain bahasa: Sansekerta, Arab, Latin, Jepang dan banyak bahasa lainnya (saya akui sejujurnya) ketika dikombinasikan menjadi satu nama anak memang definetely ver amazing, charming, great, wonderful and etc.

Nama anak asli indonesia pun mulai jarang diminati (langka), seperti: Astutik, Purwanti, Wati, Budi, Arman, Adi, Minto, Wage, Paidi, Paijo, Sukirman, dll *maklumi ya, saya 

Para (calon) orang tua era kekinian ternyata memiliki kecenderungan untuk memberikan nama-nama anak yang memiliki komposisi unik, menarik dan cenderung sulit dieja, susah diingat serta lumayan ribet beud menuliskan (sample nama-nama unik tersebut antara lain:

Xiovelezynayla Meliexa,
Al-Gibran Vaarros Almiqdhad, 
Rayya Namyrra velove, 
Maritza Raghuf Syandana, 
Kasyapi Donahue Urdha. 

Nama-nama yang saya sebutkan hanyalah fiktif rekaan saya dan jika ada kesamaan semata karena kebetulan, jadi plisss…jangan dipersoalkan ya? Juga tolong jangan tanya apa arti dari nama-nama rekayasa saya tersebut ya? 

Tapi kalau merangkai nama-nama (unik) yang pernah melintasi imajinasi, beberapa kombinasi nama yang menurut saya mengandung rangkaian doa yang selayaknya disematkan dalam sebuah nama anak, antara lain:
Nama Bayi; Nama Yang Istimewa; Nama Unik; Anak Indonesia

Sudah Ijin Ibunya untuk di ekpose kok. Oia, namanya:
Iya sih, sah-sah saja mau memberikan nama anak sepanjang apa juga itu hak, kewajiban dan pilihan orang tua. Tapi perlu dan ada baiknya juga dipertimbangkan bilamana nama yang (akan) diberikan terlalu panjang bisa jadi akan:
  • Menimbulkan Kesulitan mengeja dan menuliskan, tak hanya bagi petugas acatatn sipil tapi juga pihak sekolah (guru) dan si anak sendiri saat sekolah.
  • Membutuhkan tingkat kehati-hatian yang lebih ketika menuliskan identitas saat ujian sekolah dan lainnya. Juga saat menuliskan dalam dokumen-dokumen resmi, salah satu ketik huruf saja urusannya bisa ruwet seperti benang kusut dan tidak singkat prosesnya untuk membenarkan kekelirusan tersebut
  • Butuh waktu lebih lama untuk mengisi identitas, sepanjang apapun nama yang melekat, yang dijadikan nama akrab panggilan biasanya hanya satu kata atau bahkan satu suku kata saja kan?
  • Perlu disingkat manakala (biasanya) space untuk menuliskan nama kan terbatas, seprti di Ijazah, lembar ujian, dll.
  • Susah diingat bagi orang yang baru dikenal atau saat berada di suatu acara  kecuali menyebutkan nick name-nya saja.
  • Muncul nama panggilan yang berbeda antara di sekolah, di rumah dan di antara para kerabat juga kan? 
Nama-nama singkat seperti nama saya yang cukup satu kata menjadi nama yang diangkap langka *berarti patut dilestarikan dunk?* atau bahkan dianggap aneh.
“ Namanya hanya Ribut saja? Tidak ada lanjutannya apa gettu?”
“ Ada kok, lanjutannya adalah selanjutnya jangan bahas nama saya lagi ya? Kalau merasa aneh untuk memanggil "RIBUT", say my nick name: RIRIE ”

Etapi, saya juga sudah pernah bikin nama yang special untuk keponakan:

Dan kalau boleh saya menyertakan doa dan harapan sekaligus impian jika nanti punya anak, saya ingin memberinya nama yang terdiri dari tiga (3)  kata demi mengacu pada peraturan pembuatan pasport untuk haji/umrah (boleh kan menyertakan tujuan penamaan untuk keperluan haji/umrah, kan doa juga tho?).  Untuk pilihan masing-masing kata-katanya, nanti saja kalau program hamilnya sudah diijabah, aamiin, semoga. 

By the Way and let bus way go away
Apa definisi sebuah nama disebut unik menurut Anda?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

25 comments:

  1. setuju mbak Rie...nama harus punya arti yang bagus dan nggak ribet dalam pengucapan dan penulisan. Kalau ribet (misal banyakan hufuf mati daripada huruf hidup) ada potensi salah nulis di ijasah misalnya...nha malah susah mesti diurus lagi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ATau bisa jadi saya saja yang rada parno karena terbiasa dengan nama yang singkat dan super jelas serta mudah diingat kali ya

      Delete
  2. Kayaknya gara2 gugling lebih mudah, jadinya perbendaharaan kata2nya lebih banyak. Kalo dulu kan harus beli buku panduan nama bayi dulu. Haha!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau zaman ortuku, berdasarkan feeling kayaknya saat ngasih nama anak-anaknya. Atau niru nama anak yg ditemuinya dan dirasa bagus namanya.

      Delete
  3. Oh gitu ya mbak.. saya padahal rencana mau kasih nama yang panjang dan sulit dieja lagi hhehe.. terimakasih pencerahannya mbak Rierie.. oh iya ngomong2 istri saya sudah 7 bulan dan predeiksinya laki2.. ada masukan gak mbak kira2 namanya siapa?? terimakasih. :) *bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat menyambut kelahiran sang buah hati ya Mas. Semoga lancar dan semuanya sehat wal afiat. Kalau soal pilihan nama, itu beberapa sample nama yg mgk bisa di kombinasikan. Semoga saja ada yg berkenan.

      Delete
  4. Setiap orang tua punya mimpi punya anak dan dikasih nama sesuai kreatifitas mereka. Jadi, intinya.. nama juga sebuah karya seni meskipun "ponidi" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti, PONIDI juga bisa jadi salah satu nama yg merupakan karya seni bagi si ortu yg membrikan nama tsb pd anaknya kan ya?

      Delete
  5. Buat nama emang ngga boleh sembarang... tapi jangan yg sulit di ucap lisan... kasian manggilnya... sekarang emang udah banyak yang kreatif buat nama untuk anaknya...

    ReplyDelete
  6. yang terpenting adalah memberikan nama buat sang buah hati yang mempunyai arti yang baik dan bagus.

    ReplyDelete
  7. Wah jadi inget anaknya temen aku, namanya diambil dari nama stadion Inter Milan :D
    Unik, tapi tetep memiliki makna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pakai nama Stadion INter Milan? Pastinya unik tuh, bergaya nama Italia gettu kan ya

      Delete
  8. Aamiin ... semoga diijabah Allah soal mengandung anak itu ya, Mbak Rie.

    Nama anak yang di foto-foto itu unik2 ya ...susah pula ngingatnya :)

    ReplyDelete
  9. Mbak Rie... Nama adalah do'a memang. Eh, tetanggaku ada 2 loh yang namanya sama kayak, Mbak Rie, satu cowok, satu cewek. Mungkin dengan nama itu terselip do'a dari kedua orangtua, Mbak. Jadi biar pendek sekalipun yang penting do'a yang terkandung.

    Dan nama sekarang memang lucu-lucu, babyku yang baru enam bulan namaya juga 3 kata cukup. Tsabit Qeis Abrisam. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya cantik nian, eh..itu nama Cowok ya Mbak?

      Kalaus aya pengennya ngasih nama ke anak (nanti kalau diberi amanah anak), kombinasi antara nama Jawa, Islam dan Sepak bola. Hehehe

      Delete
    2. Anakku cowok, Mbak. :))

      Wuih pake nama pesepak bola jugaaa.. Semoga segera terwujud ya, Mbak.

      Delete
    3. iya mbak, pengen sih. keren juga kan kayaknya

      Delete
  10. Btw tak kira itu nama yang kamu tulis ada beneran di dunia nyata: Xiovelezynayla
    ZZZ

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.