WHAT'S NEW?
Loading...

[Belajar] Teknik SEO dalam Blogging

Sekian lama ngeBLOG [walau belum bisa dibilang ajeg up date] dan Bismillahirrahmaanirrahiim lumayan sering mendengar yang namanya SEO alias Search Engine Optimization tapi toh masih saja yang hang untuk mengaplikasikannya dalam blog. Iya sih, ketika saya mulai menjejak dunia blogsphere dengan simple reason: mendokumentsaikan tulisan. Awalnya, saya berasumsi: yang penting saya bisa ‘menyimpan’ tulisan di media yang tidak dimakan rayap dan bisa saya baca-baca lagi kapan saja, dan gak masalah ada yang membaca atau tidak? Terdengar konyol dan sedikit individualisme. Tapi ya memang seperti itulah mind set saya di awal-awal ngeBLOG.  Hal ini lebih karena saya [terlalu] merasa tulisan saya yang acak kadut,  semrawut dan sekedarnya menulis. 

By the time, sedikit demi sedikit saya pun mulai jalan-jalan ke blog-blog lain dan mulai mendapatkan kunjungan balik, ternyata…. kalau ada yang baca tulisan kita ituh sensasi RASA sukaknya luar biasaa.  Nah, untuk menghadirkan visitor, selain memang kontennya yang berkualitas juga performa blog kita perlu ramah SEO sehingga ketika ada yang mengetikkan kata kunci di mesin pencarian google, yahoo, BING atau lainnya, maka blog kita akan terindek di halaman pertama. Meskipun saya masih termasuk orang yang ngeBLOG for funny dan belum mentargetkan pada hal-hal yang berkaitan dengan page view, page rank atau lainnya, toh tidak bisa saya pungkiri jika saya juga ingin BLOG saya SEO friendly kan? Seperti saya bilang: siapa sih yang gak hepi super duper jika ada yang berminat dan mengapresiasi tulisan kita? 

SEO dalam Blog
Dari hasil mencari-cari tahu tentang SEO seperti apa dan bagaimana menerapkannya? Alhamdulillah, saya paham jika SEO itu untuk mengoptimalkan eksistensi blog dalam pencarian mesin pencarian google. Konon, katanya jika semakin oke SEO-nya maka popular blog akan cethar membahana: nangkring di halaman pertama ketika ada yang sedang melakukan pencarian dengan mesin pencari: google, Yahoo, Bing dll

Tappii…untuk memoles agar blog SEO friendly, Alhamdulillah selama ini saya pahamnya selain bikin konten yang unik and be myself saat menulis, permak-permik tulisan agar SEO yang saya lakukan adalah menyelipkan model tulisan BOLD, ITALIC atau Underline serta sesekali saya kasih warna-warni. Dan sejak saya mulai berani ikut-ikutan lomba nulis di blog, khusus untuk lomba blog yang berbasis penilaian SEO, asas utama keikutsertaan saya adalah demi meng-up date blog. 

Aktifitas ngeBLOG pada dasarnya adalah menulis dengan HATI, RASA dan PIKIRAN. Iya, menuliskan tentang pengalaman-pengalaman kita sehari-hari yang artinya kita mendokumentasikan jejak hidup kita dan  di kemudian hari akan re-read, baik oleh kita sendiri maupun oleh visitor blog kita. So, ngeBLOG itu bisa disebut menuliskan kekinian dan membaca masa lalu [ketika kita membuka tulisan di waktu-waktu sebelum hari ini]. Dalam ngeBLOG pula kita menjalin sosialisasi secara lebih luas: lintas waktu, lintas usia, lintas teritorial, lintas pola pikir dan segala jenis lintasan lainnya. Dan yang lebih AMAZING lagi, ngeBLOG adalah wujud nyata ARISAN ILMU. Bisa jadi kita hanya menulis pengalaman sehari-hari yang kita anggap biasa, tapi tidak menutup kemungkinan memiliki nilai pembelajaran yang kaya hikmah bagi orang lain [yang membacanya].

Aihhh, kenapa prolognya jadi berkepanjangan pula ya? 

Oke deh, straight back pada hasil dari Arisan Ilmu yaitu Belajar Teknik SEO dalam Blogging. Dari sharing ilmu yang telah dipaparkan oleh Mas Jauhari, terdapat dua jenis SEO yaitu:
SEO Onpage
  1. SEO Onpage  adalah penerapan SEO yang mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia di blog, seperti tanda baca, underscore cetak tebal, miring, heading, pengaturan paragraf dll. Semisal kita menuliskan tentang tumbuh kembang anak, maka selain membuat yang berisikan mengenai tumbuh kembang yang berkualitas, frase/kata yang kita target akan di cari oleh pembaca (keyword) kita beri perlakuan unik: bold, italic, underscore, dll dengan berpedoman SECUKUPNYA dan jangan over load juga menggunakan kata/frase yang sama dalam satu artikel karena akan di indek sebagai SPAM oleh mbah gugel. Untuk pemilihan judul tulisan yang SEO masih mirip dengan aturan pemilihan judul tulisan pada umumnya yaitu: singkat dan eye chatching atau mengundang rasa ingin tahu: mau tahu apa mau tahu bangettt…kira begitu deh. . Jika menginginkan pencantuman judul yang lebih panjang, bisa dilakukan dengan meletakkan pada Tag, label atau juga sebagai keyword dalam tulisan. Sedangkan jika menyertakan gambar atau video hendaknya diberi nama file di rename dulu [sebelum di up load] yang disesuaikan dengan artikel yang ditulis. Demikian juga apabila menggunakan gambar/video dari sumber lain, sebaiknya di dunlut dulu kemudian di rename sebelum di aplut serta TETAPlah mencantumkan sumber aslinya. 
  2. SEO offpage merupakan teknik SEO yang memanfaatkan external link yang mengarah ke tulisan di blog kita, artinya ada blogger lain yang mencantumkan link kita dalam postingannya. Selain rajin-rajin Blogwalking, peluang sumber external link yang menuju blog kita tentunya manakala tulisan kita dianggap memiliki nilai lebih sehingga penulis dengan senang hati dan suka rela mencantumkan link kita dalam entry di blognya kan? Secara kan tidak mungkin kita rikues untuk mencantumkan link kita dalam tulisan blog orang lain. Kecuali kita mengadakan Giveaway/lomba blog, pada umumnya kan mempersyaratkan untuk mencantumkan link yang mengarah ke blog kita tuh? Menurut Mas Jauhari, SEO Off page ini banyak dilakukan dengan oleh pelaku internet marketer. 

Untuk penjelasan yang lebih detail Dari hasil ArisanIlmuYogyakarta silahkan klik tautan Youtube di bawa ini ya? Alhamdulillah, waktu acara kemarin saya iseng-iseng merekam sehingga bisa saya upload untuk melengkapi reportase yang teramat singkat ini. 

Dalam versi rekaman, juga terdapat penjelasan yang lebih detail mengenai keyword yang disebut SPAM. Dan walaupun saya belum sepenuhnya ngeh untuk menerapan SEO ini dalam blog, minimal ada pencerahan seperti apa dan bagaimana praktek dan teknik SEO. Setidaknya, saya mulai lebih PeDe sedikit untuk mengulik-ulik tulisan dalam blog agar SEO friendly ON page dulu. Juga kalau ada lomba-lomba yang berbasis SEO, kan saya mulai bisa tuh mempraktekkan SEO On Page-nya.  Kalau SEO offpage, sepertinya saya baru bisa melakukannya dengan berusaha membuat tulisan yang lebih baik. Selebihnya biar pengunjung blog ini yang menilai dan memutuskan layak atau tidak mencantumkan link tulisan saya dalam konten blognya. 

https://youtu.be/umjjuNjCaewe 
Salah satu contoh link external yang saya dapatkan dari postingan saya mengenai HISTAMIN   yang disertakan dalam postingan di entry blog di http://tiakarinaputri28.blogspot.com/2015/01/edukasi-keracunan-tongkol.html *pameria*. Kebetulan saya mengetahui link external yang mengarah ke blog saya juga dalam rangka uji coba ilmu yang saya dapatkan dari Arisan Ilmu Yogya, yaitu mengenai check and re-check link external yang diajarkan Mas Jauhari. 

Jika kita penasaran mengenai status link external ini, buka halaman google.co.id kemudian ketik pada space search: Links (link) namadomain, contohnya: link ririekhayan.com Mengenai penggunaan media sosial untuk publikasi blog, secara significant akan memberikan pengaruh pada page views. 

Yang juga perlu dipahami, SEO itu selalu berkembang seperti halnya manusia berinteraksi, mencari dan berbagi data di dunia Maya dan There is no secret ingredient. Dan sekali lagi, penjelasan detail lainnya silahkan disimak versi rekamannya yaaaaa….*promositerselubung* 

https://youtu.be/bZmDuGrlRNQ

https://youtu.be/UsTT-tYhpMw

Acara arisan ilmu yang dihelat oleh KEB bekerja sama dengan IDBlognetwork sukses memperkaya wawasan ngeBlog terutama mengenai SEO. Tidak salah kan saat di floorkan beberapa opsi tema, saya pun madhep manteb pilih tema SEO dalam Blogging. Dan ketika The time is coming: #ArisanIlmuYogya dengan narasumber Mas Jauhari yang merupakan co-founder ngonoo.com pun terselenggara dengan meriah di rumah Mak Primastuti Satrianto. Mak Kachan yang all out ngemsi sama Dhebay Kinanthi dan Emak-emak yang kompakers dengan dress code genjreng orange heboh habis-habisan apalagi saat sesi sapu jagat bawa kue-kue potluck yang berlimpah, seruuuuu! 


Gayeng menyimak paparan SEO dan Blogging
Sebenarnya ada juga sesi lomba livetweet untuk memperebutkan door prize, tappiii kok ya ndilalah koneksi internet di hape saya ngadat. Jadinya tak satupun tweet yang bisa masuk dalam list #DemiArisanIlmuYogya. Yang tak kalah WOUWnya adalah kopdar dengan emaks blogger yang bikin sensional. Lha bahkan sang Emak rumah ya baru saya kenal saat acara arisan ilmu kemarin itu. Ada juga yang heboh, Mak Lies yang nekad naik ojek untuk sampai di rumah Mak Prima. Kalau saya masih sama: nodong misua untuk nganterin deh. Hehehehee *parah*
Penyerahan Cinderamata pada narasumber

Para Pemenang live tweet 
Biar afdhol, narsis bareng dengan Emak Rumah
After all, semoga di next Arisan Ilmu bisa diselenggarakan lagi dengan tema yang lebih hot agar bisa jadi emak yang ngeBLOG tanpa mengabaikan tanggung jawab pada anak dan suami, seperti pesan sang narasumber: Blog ngehits di halaman pencarian google dan keluarga tetap harmonis. 


                 ♠♠ Facebook | Twitter | Instagram | Linkedin 


50 comments: Leave Your Comments

  1. Assssik ada aku. Ada videonya juga ini hihiiii jadi bisa ngecek soalnya kemarin aku nggak nyatet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada Mbak Lusi yang kinclong sedang in action menyerahkan cinderamata:)

      Delete
  2. yeay..ada fotoku lg nerima voucher..btw..ini pasti duduknya di depan makanya bs ngrekam..hihi..posisi bener2 menentukan prestasi ya mak. Aku dong duduknya di belakang ga bisa dpt foto-foto keren kayak gini ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeayyyy....celamat dpt pocer lagi deh...eh, menag lagi maksudnya.

      Delete
  3. m gitu to Seo itu mksh mba Ririen
    apa kabar? sejak Lbi musim 2015 kelar aku ko kangen ya heheh

    @guru5seni8
    www.kartunet.or.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. adu namabya klbhn 1 huruf.haga maaf mba

      Delete
  4. asyik tambah ilmu lagi, sudah lama gak mampir kesini, apa kabar mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baik. mana pepes kepiting mana?

      Delete
    2. mau dong pepes kepiting...
      kalau ada kepiting gulai juga mau kok

      Delete
  5. Mantep uraiannya Mbak Ririe, Makasih sudah berbagi ilmu pada kita-kita yang gak bisa ikutan ^^

    ReplyDelete
  6. terima kasih telah berbagi info....
    infonya sangat bermamfaat.....
    salam kenal dan salam sukses..
    .

    ReplyDelete
  7. waaaa makasih yaa sharingnyaaa lengkaapp maakk... ada fotokuuu, yeyeye lalala... makasih yaaa... *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaaa...akhirnya kesampaian narsis berjamaah sama emak rumah acara arisan ilmu neh

      Delete
  8. weww..makin oke nih nyoal SEO bloggingnya. kerenn, penjelasan simple dan mudah dimengerti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha...jd pengen malu sama yg sdh expert di SEO neh

      Delete
  9. MAkasih ya Mbak Rie sudah dibagiin ilmunya.. :D

    ReplyDelete
  10. Tfs mbak... sdh ngeblog dr kapan taun baru tau seo itu apaan hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dunk, sampe skrg br bs seo on page.

      Delete
  11. ada arisan lagi kapan ya mak?.
    pengen gabooong.. :((. huhuhuhu..

    ReplyDelete
  12. heading penting ya, mba? kadang aku ga gitu merhatiin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarene bgitu Mbak, tool yg ada di dashboard di utamakan dan di optimalkan penggunaannya

      Delete
  13. Aku baru sanggup menerapkan SEO yg sederhana macam bold underlined ituu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu yang saya juga belum paham
      ehh

      Delete
    2. Mbak Rahmi: idem mbak. Selama ini saya juga br modif dgn style hurup tsb

      Pak Zach: Ehemmm

      Delete
  14. Mbak Ririe akhirnya bicara juga soal Seo Friendly.
    padahal dulu nggak peduli beginian deh saya tau. ehh saya sok tahu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. reportase hasil arisan Ilmu KEB Jogya Pak, mayan buat tambahan postingan kan? hehehehe

      Delete
  15. ada nama Dhebay Kinanthi. kakak-adik ya sama Ririe Kinanthi?

    ReplyDelete
  16. wah dapet ilmu seo ya mbak, izin mneyimak ilmunya

    ReplyDelete
  17. Tengkyu banget infonya mba rierie..salam kenal yaa..
    Sejauh ini aku baru mulai dengan yg pakai bold aja..skrg jadi makin nambah ilmunya..

    ReplyDelete
  18. Sharing yang sangat penting ini, Mbak, sungguh banyak hal saya belum mengetahui SEO dalam ngeblog begini. Makasih banyak yaaa :)

    ReplyDelete
  19. TFS mak...luar biasa ilmunya dan seru juga acaranya.

    Memang SEO itu penting

    ReplyDelete
  20. bicara seo paling seru deh mba :D
    terimakasih juga mbak sharingnya :)

    ReplyDelete
  21. Saya bukan lagi nggak ajeg dalam ngeblog, malah lebih parah dari itu dalam setahun terakhir ini.
    Urusan SEO, ehm udah lama juga saya nggak mempelajarinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kalo kita kursus sama Mbak Riri Kang pakies?

      Delete
  22. Salam kenal Mbak Ririe. Tadi browsing di google plus. Eh dapat link ini. Dan ternyata ini acara yang sama dengan Mbak Lieshadi share. Makasih ya Mbak sharingnya. Jadi makin belajar soal SEO.

    Febriyanlukito.com

    ReplyDelete
  23. seoooo ... seo .. oo .ooo wis koyo yel-yel wae .. XD

    ReplyDelete
  24. Wah info bagus banget nih. bisa mulai diterapkan

    ReplyDelete
  25. SEO itu gampang2 susah mungkin ya... :)

    ReplyDelete
  26. Maryland SEO Company providing Internet Marketing (SEO) services for businesses in MD, DC, VA, and Nationwide. Baltimore Marketing1on1.com

    ReplyDelete
  27. Akhirnya bisa mampir......#kibasjilbabtruskipas2

    ReplyDelete
  28. Sip mbak, semoga semakin sukses.

    ReplyDelete
  29. wah ada link blog aku juga.. hihiihi
    makasih ilmu-ilmu nya mbak :)

    ReplyDelete
  30. terima kasih mba atas ilmunya semoga bisa saya terapkan

    ReplyDelete
  31. terimakasih atas penjelasannya, harus di coba nih wkwk :D kalau sempat kunjungi jg www.reynaldi.my.id

    ReplyDelete
  32. Saya masih blank soal SEO mbak Rie, nyari kata kunci aja masih bingung hehe. Masih mau nulis aja sudah alhamdulillah mbak :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.