WHAT'S NEW?
Loading...

Srikandi Blogger: Aktualisasi Perempuan di Era Digital

Bagi saya pribadi, mendengar dan tahu akan Sebutan atau istilah Srikandi Blogger baru pada Bulan April lalu. Beberapa jeda waktu sebelumnya saya memang harus berkompromi dulu untuk semi hiatus dari blogging dan aktifitas lainnya yang berkaitan dengan dunia maya. Memang tidak totally sign off dari internet karena aktifitas pekerjaan masih tetap membutuhkan untuk mengakses internet. Dan Bismillahirrahmaanirrahiim mana kala saya kembali membuka pintu dunia maya alias mulai kembali bersimbiosis dengan internet kemudian mengintip “rumah” KEB atau Kumpulan Emak Blogger, saya pun terpana sekaligus terpaku kagum: Wouww ternyata sedang berlangsung ajang prestisius penghargaan Acer Srikandi Blogger 2013 untuk para blogger perempuan yang aktif, eksis, dan berprestasi, tidak hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata. spontan terbersit gelora hati untuk ikut berpartisipasi dan setelah mencari informasi lebih lengkap....taraaaa...ternyata tahap pemilihan Srikandi Blogger sudah memasuki Top Big 50!

Walau sempat ada sebersit rasa kecewa karena sudah tidak bisa ikut berpartisipasi, tapi sejujurnya saya salut dan respect banget dengan adanya Ajang penghargaan Acer Srikandi Blogger 2013 yang turut disponsori oleh RINSO tersebut. Sebuah event yang menjadi salah satu pembuktian jika di era digital ini, kaum perempuan mempunyai kesempatan emas untuk mengembangkan “building capability” dirinya, dengan tetap konsisten pada tugas utama di dalam keluarga maupun sebagai anggota masyarakat. Dengan terselenggaranya pemilihan Srikandi Blogger 2013 yang sukses telah mengukuhkan lima kategori ACER Srikandi Blogger 2013: Utama, Persahabatan, Inspiratif, terFavorit dan Lifetime Achievement.

Dengan adanya event inspiratif yang tergolong baru dan tentunya memotivasi banget khususnya buat para perempuan untuk akrab dan aktif dengan berbagai bentuk linkage di internet, saya berharap dan yakin efek pemilihan Srikandi Blogger akan membentuk gelombang yang bergerak dinamis dalam jangkauan yang luas dan di masa mendatang akan lebih besar memberikan output serta outcome untuk masyarakat secara luas. Pemilihan Srikandi Blogger berpotensi untuk menjadi salah satu mercusuar yang akan bisa membawa sinar terang untuk awake and aware bagi para perempuan di Indonesia terhadap daya magic internet yang luar biasa. 

Bukannya hendak berpresumtif skeptis atau mengecilkan populasi perempuan yang welcome pada perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi [IPTEK], khususnya terhadap internet. Dalam rangka mencoba ikut mengungkapkan opini dan pemahaman saya yang masih sederhana/sedikit tentang Srikandi Blogger, Aktualisasi Perempuan di Era Digital dengan memproyeksikan pada realitas seberapa intens para perempuan dalam menggunakan internet yang tak berbatas ruang, waktu dan ragam informasi yang up to date and profitable.

Jika ditanya, seberapa banyak kaum perempuan yang tahu dan bisa internetan? 
Sangat mungkin populasinya bisa mencapai minimal 60% [asumsi saya pribadi] dari total kaum wanita yang berstatus tinggal untuk Indonesia saja. Saya bisa menyebutkan angka demikian dengan batasan ruang lingkup: lha ponsel sekarang kan sudah pada lengkap dengan fitur internet tho? Jadi ya secara minimal, bisa mneggunakan HP tentu bisa login ke internet. Ya iya sih, tentu masih ada sekian % user HP yang fokus pada asas manfaat standar alat komunikasi: just for call and sms!

Tak bisa dihindari jika Internet yang maju sangat pesat telah banyak mengubah life style dan bergerak bebas tak kenal ruang, waktu, status social, usia, dan gender. Media social memungkinkan kita berinteraksi dengan siapa saja, darimana saja dan kapan saja. Peradaban umat manusia, dalam dinamikanya yang terus berkembang tentu tak bisa dilepaskan dari Internet sebagai salah satu produk perkembangan Teknologi. Era modernitas dengan berbagai aktifitas yang berjalan seiring dengan kemajuan IpTek dan kini membawa kita pada era digital. 

Menyikapi pesatnya perkembangan teknologi IT yang membawa kita pada era digital, idealnya memang diharapkan kaum perempuan pun bisa menjadi pengguna yang bijak dan optimal. Menutup diri dari perkembangan internet justru akan menjauhkan diri kita dari dinamika peradaban sehingga kita akan menjadi makhluk yang tergerus oleh evolusi alam, menjadi sosok yang kuper, tidak up to date, mundur kembali pada pola kehidupan manusia di gua. Kepak sayap internet yang menjelajah berbagai aspek kehidupan dan menghipnotis sejatinya justru menawarkan banyak kesempatan yang meringkas ruang dan waktu seingga kita bisa beraktualisasi di era digital ini secara efektif, optimal dan intens dalam berkarya dan berkreatifitas.

Memang suatu fenomena yang fantastis betapa mulai anak-anak hingga orang dewasa/tua yang familiar dengan internet demikian aktifnya menggunakan pada fragmentasi produk era digital: social network yang pesat berkembang berbagai jejaring sosial seperti: Facebook, twitter, Friendster, [bermacam-macam] Free Messenger and voice, dll. Dan aplikasi-aplikasi tersebut lebih dominan untuk communication tools: Mendekatkan yang jauh dan semoga makin mengakrabkan community yang sudah dekat.

Jika dilihat dari sudut pandang: pengembangan diri dan peningkatan kemampuan, masih ada satu sayap era digital yang saat ini masih dianggap exclusive alias media online yang secara penilaian umum kaum perempuan dianggap TIDAK User friendly yaitu: Nge-BLOGGER. Sehingga tak heran kalau aktifitas nge-Blog masih identik dengan dominasi cowok. Padahal para blogger laki-laki [yang saya kenal] rata-rata memiliki empati yang tinggi untuk mendukung blogger perempuan once step prgress by the time. Sebagai ilustrasi sederhana dan tidak jauh-jauh adalah lingkungan terdekat saya: 
  1. Komunitas teman kerja yang secara akademik dan fasilitas online cukup support. Dari 25 orang teman kerja saya [bergender perempuan], semuayan aktif sebagai user social networking dan bahkan dalam sehari bisa up date status lebih dari 10 kali dan rajin berkomentar untuk lingkaran komunitasnya. Dan yang punya Blog baru dua Orang. 
  2. Circle teman sekolah dan kuliah yang berpopulasi gender perempuan sekitar 60-70 orang dimana secara mayoritas juga melek internet dan aktif sebagai user socmed, namun yang sudah menjejakkan diri sebagai blogger baru 3 orang. 
  3. Dan yang paling dekat lagi, adalah lingkungan keluarga saya....baru saya dan seorang sepupu yang nge-blog ria. 
Pengambilan sample tersebut memang masih dalam lingkup mikro, sekedar sebagai ilustrasi betapa aktifitas nge-BLOG masih dianggap: asing, harus pintar menulis, perlu skill yang canggih IT dan jamaknya masih erat memegang stigma jika bikin blog dan mengelolanya itu sulit serta menyita waktu. Sehingga tertutupilah the amazing benefit side dari kegiatan nge-blog.

Terpilihnya para Acer Srikandi blogger 2013, semoga menjadi pelopor lahirnya para Srikandi Blogger berikutnya. Sehingga secara perlahan namun pasti akan menetralisir beragam opini yang kurang pro-aktif tersebut. Dengan demikian Srikandi Blogger bisa menjadi Aktualisasi Perempuan di Era digital secara lebih luas. Sejujurnya saya juga pernah berada pada pandora pola pikir dan paradigma tentang Blogging seperti yang masih banyak dialami para perempuan lainnya saat ini. Untuk rentang waku yang cukup lama: hampir dua tahun hasrat saya untuk nge-BLOG berada pada delay time karena pikiran-pikiran yang kurang cerdas di atas. Hingga di sekitar pertengahan 2009 saya berusaha menerjemahkan kalimat yang cukup sering saya dengar dan baca: Kapan saat yang tepat untuk melangkah adalah ya just take it start! 

Jika boleh saya pakai dogma just take it start maka tidak perlu menunggu dinobatkan untuk menjadi Srikandi Blogger dalam suatu ceremonial resmi bagi siapa saja perempuan yang hendak untuk beraktualitas di era digital. Juga tidak perlu menunggu memiliki variable diri yang high quality untuk MULAI mengambil peran menjadi seorang Srikandi Blogger. By learning and doing then while keep on practice “Write what we like and share it....” Hal-hal yang kita lihat, rasakan dan alami sehari-hari merupakan lautan ide yang bisa kita tuangkan dalam blog. Pada awal-awalnya mungkin kita masih “asal” menulis, BUT be sure semakin sering/banyak kita menulis akan mengasah pena hingga kita menemukan gaya menulis yang mencirikan stylish diri kita sendiri. 

Dan yakin saja, bisa jadi hal-hal yang kita tuliskan sepintas biasa saja, tapi manakala sudah masuk dalam mesin pencarian mbah gugel ternyata banyak di view oleh user internet yang memang sedang membutuhkan informasi terkait dengan tema tulisan kita. Semisal saja: seorang Emak2 Blogger berbagi curhatan saat menghadapi anak balitanya demam dengan menceritakan hal-hal apa saja yang dilakukan untuk mengantisipasinya.

Pengalaman para Emak2 Blogger saat menghadapi situasi sang buah hatinya sakit, bagaimana dalam situasi yang menegangkan, panik dan kuatir namun harus bisa di-tenang-kan agar bisa mencari solusi terbaik bagi sang anak, yang kemudian issued menjadi sebuah buku Diary Bunda: Ketika Buah Hati Sakit merupakan salah satu bukti konkrit jika aktifititas nge-blog adalah media yang efektif sebagai Aktualisasi Perempuan di Era Digital. Atau yang fresh from the oven: Selingan Semusim karya dari Mbak Alaika sang Acer Srikandi 2013 yang notabene juga press released dari Aktualisasi tulisan beliau di Blognya. 


Sepanjang kita berkomitment untuk jadi blogger dalam batas koridor yang tidak melewati kanan-kiri “marka jalan” norma agama dan susila, kemudian by process berusaha mensinergskan rekam jejak di jalur on line dengan kiprah di dunia nyata, maka aktif jadi Blogger dalam porsi nge-BLOG yang proporsional tentu bisa menjadikan aktifitas Blogging sebagai media aktualitas diri yang lebih optimal dari situs jejaring sosial lainnya karena lebih berpeluang untuk berbagi hikmah dan manfaat secara universal, karena:
  1. Membangun kesadaran bahwa menjadi blogger membuka kesempatan yang luas dalam MEMILIH dan MENCIPTAKAN informasi positif yang seiring perjalanan waktu bisa jadi media untuk Aktualisasi Perempuan di era digital. 
  2. Dengan mengambil peran menjadi Srikandi Blogger maka automatically menempa para emak2 blogger untuk Up to date sekaligus Up grade diri secara continu. 
  3. Blog adalah merupakan media sharing pengetahuan yang potensial untuk memperkaya wawasan, pengalaman, dan sumber informasi yang akan meningkatkan kemampuan pola pikir [kecerdasan spritual, intelektual dan emosional]. 
Sedangkan Aktualisasi saya sendiri semenjak ikut menjejakkan diri sebagai blogger [ala kadarnya], selain point-point tersebutkan di atas yang powerful sebagai landasan dalam berblogging ria, ada lagi yang saya pedomani yaitu nge-BLOG merupakan aktifitas yang memiliki kombinasi spektakuler: download dan upload. Jadi ada timbal balik yang bersifat dua –arah. Dan Saya pun lebih suka menganggap internet dalam konteks sebagai media aktualisasi diri yang incredible. Bahwa dengan karakeristik internet sebagai sumber informasi yang menjangkau seluruh dunia dengan beragam informasi yang bisa di akses secara cepat, mudah dan murah adalah sangat potensial jadi ‘literature’ yang bisa di download untuk melengkapi dan meng-akselerasi kehidupan sehari-hari di dunia nyata. 


Sebagai satu contoh konkrit tentang download, terkait dengan bidang pekerjaan saya di sektor perikanan adalah Pemberdayaan wanita nelayan agar bisa berKontribusi meningkatkan pendapatan keluarga dan mendukung usaha suaminya. Salah satu implementasi yang bisa dioptimalkan adalah Prinsip Pengolahan Ikan Tanpa Limbah. Untuk mengajarkan hal ini, tentu saya butuh ‘material’ yang akan lebih meringkas waktu, biaya, tenaga JIKA saya searching dan kemudian Download kan? Karena basically background saya bukan dari perikanan dan skill saya soal pengolahan ikan pun masih acak kadut. Untuk itu saya butuh back up yang up to date mengenai cara-cara pengolahan diversifikasi ikan yang baik dan benar berdasarkan Good manufacuring practice [GMP] dan dengan cara-cara pengolahan yang higienis [ SSOP= Standard sanitanition operation procedure] sehingga dihasilkan produk perikanan yang bermutu dengan value lebih tinggi dan mampu bersaing dipasaran. 

Untuk Aktualisasi diri di era digital dengan nge-blog dari arah upload adalah posting tulisan di blog tentang beragam tema tulisan. Pada awal-awalnya, tujuan saya publish tulisan di blog HANYA untuk dokumentasi untuk coretan tulisan acak kadut saya, sekaligus dalam memotivasi diri agar lebih semangat mengasah kemampuan menulis. Lha kalau tulisan kita ada yang mbaca, kemudian ada yang mau ngasih komentar tentunya sebuah euforia kebahagiaan tersendiri bukan? Hingga one day dari sebuah kontes menulis saya mendapatkan voucher penerbitan buku[tidak bisa ditukarkan dengan jenis lainnya] yang berbatas waktu, jadi sayang banget jika saya tidak memanfaatkannya. 

Aktif Blogging; Aktif menulis; Menulis itu Tidak sulit
Book of My Blog: Mozaik Kinanthi
Jika saya bertanya pada diri sendiri, apakah seorang Ririe ini sudah layak untuk menerbitkan sebuah buku berkualitas? Sejujurnya saya jawab: sangat belum. Akan tetapi jika saya menunggu dan menunggu sampai skill writing masuk kategori ELIGIBLE, maka sangat mungkin saya tak akan pernah menerbitkan sebuah buku apapun!. Berpegang dan Beralibi pada impian masa remaja bahwa saya ingin bisa menerbitkan buku dan Man Jadda Wa jadda...Alhasil, saya pun memilih dan memilah Upload postingan-postingan di blog plus beberapa soft file tulisan yang tersimpan di notebook. Then, jadilah MOZAIK KINANTHI dengan 3 kategori: fiksi, artikel dan puisi. 

After all, mengambil peran sebagai Srikandi Blogger merupakan Aktualisasi perempuan di era digital yang memiliki kelebihan tingkat kecepatan dan penggunaanya yang besifat flexible akan membuka peluang untuk achievement diri sebagai diri sendiri, istri, ibu dan anggota masyarakat. Menjadi Srikandi Blogger menawarkan beragam pilihan untuk meningkatkan aktualitas diri secara lebih global tanpa batasan ruang, waktu, dengan low budget dan mestinya sih tidak mengganggu tugas dan peran kodrati perempuan. Maka salah satu parameter yang bisa dijadikan tolok ukur suksesnya Srikandi Blogger:

Aktualitas perempuan di era digital manakala kediriannya sebagai seorang perempuan tetap memberikan performance prima sebagai seorang ibu rumah tangga yang bisa membawa suami ke tempat terbaiknya, bisa membawa anaknya meraih prestasi terbaik yang bisa diraih anak-anaknya, dan bisa terus mengayomi keluarganya di posisi terbaik dalam kondisi yang ada tanpa kehilangan jati diri dan eksistensinya. 



Notes: Alhamdulillah dinyatakan sebagai pemenang untuk Harapan I di http://emak2blogger.web.id/2013/05/21/pengumuman-pemenang-lomba-menulis-blog-acer-srikandi-blogger-2013/


29 comments: Leave Your Comments

  1. sebenarnya blogger cewe cukup banyak juga, cuman jarang muncul di permukaan.
    Beda dengan blogger2 cowo yang setiap ada acara kopdar offline lebih sering exist

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga ah sekarang blogger perempuan sudah banyak kok yang ikutan kopdar :)

      Delete
    2. Ga ada masalah dengan gender.
      Porsi ketemuan blogger wanita juga bisa sering jika mau.

      Delete
    3. geliat blogger perempuan sangat significant, semoga bisa memberikan warna yang lebih di dunia digital

      Delete
  2. Pemapaparanya komplit banget Mbak Ririe..siipp sukses yaa...

    ReplyDelete
  3. Seperti biasa tulisan mbak Ririe panjang banget aku sempat istirahat dulu minum dulu terus lanjut baca lagi :)

    Perempuan sekarang memang semakin melek teknologi digital ya.. ajang2 untuk perempuan berprestasi dan eksis juga semakin banyak terserah kita untuk mengambil setiap peluang untuk belajar dan mengembangkan diri.

    Semoga sukses mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HEHEHE...jd pengen sungkan krn kepanjangan nulisnya

      Delete
  4. dulu aku ngeblog cm pengen ngeluarin unek2 aja. Tp tak disangka justru dgn ngeblog aku menemukan dunia yg baru. Ktm sahabat2 blogger yg penuh smangat, dan senantiasa menebarkan energi positif. Ktm blogger2 yg inspiratif. Dan banyak dr mrka ini adalah perempuan. Jelas bahwa perempuan punya kekuatan yg besar di era digital ini. Hidup blogger perempuan! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah... saya blogger baru mas :D
      butuh teman buat ngeblog

      tapi setuju deh klo perempuan punya kekuatan yg besar :D

      Delete
    2. @ Mbak Cova: Dulu saya nge-blog pengen buat semanagt biar rajin nulis sajah MBak...makin lama dan mengalir, ya kira2 sama dengan yang Mbak Cova temukanKtm sahabat2 blogger yg penuh smangat, dan senantiasa menebarkan energi positif. Ktm blogger2 yg inspiratif

      @ Aly: siip mbak..#eh

      Delete
  5. saya kenal lho sama srikandi blooger 2013 hehehee :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? sama dunk...aku juga pernah mbolang bareng lhoh?

      Delete
  6. Srikandi Blogger memang hebat:) seperti dalam tokoh pewayangan Srikandi. Salam

    ReplyDelete
  7. saya ngga tuntas bancanya, sayang m'ba ririe ngga ikutan ya, padahal kalau ikut saya bakal dukung dan sms poling sebanyak banyaknya deh..hehehe...ngga pake poling sms padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi kalau pake poliing sms beneran , baka ndukung sayah dunk

      #GeEr

      Delete
  8. Tapi sekarang ngeblog didominasi perempuan lo, bahkan perempuan lebih sukses dan terkenal dari pada laki-laki.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dunk juga kutan terkenal...#ngaco

      Delete
  9. Selamat sore. Jury visit. Semoga sukses ya :)

    ReplyDelete
  10. Wow ... lengkap mbak.
    Oya, saya kalo pake HP masih sebatas nelepon dan SMS :)

    Alhamdulillah, pembaca blog saya banyak yang tahu update blog saya dari FB. Social network memang manfaatnya banyak. Tapi yang ngeblog, dalam lingkungan saya dalam kurun waktu 21 tahun ini, baru 5 orang ...

    Moga menang ya mbak. Duh, saya gak tahu kenapa gak buat2 postingan ini ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah lho, cobak klo mbak Nar ikutan....saya langsung ngeper deh

      Delete
  11. Pertama, salut dan selamat untuk sahabat yang terpilih menjadi pemenang Srikandi Blogger 2013.
    Kedua, selamat dan turut berbahagia atas terbitnya buku Mozaik Kinanthi. Jadikan ini langkah awal untuk terlahirnya buku-buku mbak Ririe selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. for all: terma kasih mas Abi sabila:)

      Delete
  12. Ririe syg, ongrats yaaa! So proud of you! :) Keep writing n inspiring us yaaa. Dh lm jg kita ga chit chat ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, lamaaaa banget kita gak chit chat yaa

      #hehehe, gak nyangka bisa masuk pemenangnya mbak

      Delete
  13. gak nyangka bisajadi pemenangnya sukses terus....

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.