WHAT'S NEW?
Loading...

JetLag


Istilah dan bagaimana JetLag tentu bukan hal baru dan tidak asing bagi kebanyakan sobat blogger. Bahkan sangat mungkin banyak di antara sobat bloggers yang sudah pernah (sering) mengalami kondisi JetLag. Kali pertama saya dengar istilah JetLag dari teman so long time ago, jadi lupa juga siapa tuh si teman yang sudah membuat saya terlanjur mendengar istilah elegan exclusive eksotis executive JetLag tersebut. Bismilllahirrahmaanirrahiim penafsiran saya kala doeloe itu adalah kondisi orang yang baru saja melakukan perjalanan jauh dengan waktu yang lama nian  maklum kala itu teman yang bilang lagi JetLag memang barusan datang dari luar kota. Akhirnya saya pun penasaran tingkat dewa ingin tahu definisinya gramaticalnya yang sah dan resmi menurut aturan EYD. Dari singgah ke padepokan Mbak Google mendapatkan wejangan arti JetLag “ Fatigue and sleep disturbance resulting from disruption of the body's normal circadian rhythm as a result of jet travel”. Jadi jika pengen di sebut mengalami JetLag mestinya long tripnya antar territorial yang mempunyai perbedaan waktu cukup significant, semisal ke Eropa, pergi menunaikan ibadah haji. Sehingga saat berada di tempat baru, psikis, biologis dan metabolisme tubuh masih ‘terbiasa’ dengan ritme di tempat asal (sebelumnya).

Nah kalau kita menempuh perjalanan ke salah satu negara di Eropa misalnya, dimana perbedaan waktunya adalah 6 jam #semoga gak salah neh, maka ketika jam 6 sore waktu di Mekkah maka di Indonesia sudah tengah malam dan biasanya sudah saatnya istirahat tidur pulas mengukir mimpi indah di pulau kapuk. Jadi saya sendiri seharusnya belum layak jika menyebut diri mengalami JetLag, secara menempuh long trip yang terdapat selisih waktu ya baru sejam saja bedanya yaitu ke Bali sehingga tidak ada pengaruhnya terhadap metabolisme tubuh dunk. Dan ide bikin postingan ini pun sebenarnya biar keren ajib menarik minat baca tulis #apa lagi ya? di ilhami oleh disoriented moment kemarin yang cukup bikin teman-teman kantor kompakan ketawa ngakak sampai guling-guling dan perutnya sakit #Call 911 saat mendengarkan forward storynya dari teman yang menjadi saksi atas kekonyolan yang saya lakukan.

Al kisah tersebutlah di sebuah desa nun jauh dari peradaban kota di mulai ketika hari minggu saya start balik ke habitat di ujung timur pulau Jawa. Saya sengaja memberitahu Kakak ( Cak PO) jadwal pesawat berangkat jam 5 sore padahal aslinya jam 17.30 (gak bohong kan masih jam 5 namanya). With simple reason, untuk back up kemacetan lalu lintas di jalan raya plus ‘macet’ di rumah, biasa gitu deh keponakan suka sak karepe dewe kalau di suruh siap-siap jika mau ikutan mengantar si tante yang cantik ini (pengalaman pernah ketinggalan pesawat dengan sukses karena si keponakan yang kecil ruwet dan susah banget di suruh mandinya, hehehe..)

Perjalanan lintas benua; traveling; keliling dunia
Alhamdulillah keberangkatan lancar jaya dan 2 jam nongkrong di Bandara dengan menikmati serunya internetan gratis tis yang wess..ewess…bablas bebas dari LoLa ~ Loading lambat, 17.40 GA take off dengan gemilangnya. Dan jam 8 landing dan loading bagasi dengan bebas antrian juga di Juanda dilanjutkan dengan menunggu jemputan travel untuk langsung On The Way ke Bumi Blambangan ~ Banyuwangi. Sudah ambil alternative travel pun  tetap saja tiba di Banyuwangi  tidak bisa secepat yang saya harapkan (biar bisa istirahat sebentar sebelum berangkat kerja). And Enjoy as usual, nyempatin tidur sejam (masuk rumah sekira jam 5) dan jadilah berangkat kerja telat sejam juga dan langsung involve in Monday briefing. A little effect of JetLag (boleh kan pinjam sebentar gunain istilahnya?), jelang jam 10 usailah ‘ceremonial’ briefingnya dan langsung menuju ke Ruang Laboratorium yang ternyata sudah menunggu sekian siswa yang hendak melaksankan ujian praktek. Cukup shock juga juga karena belum menerima disposisi sekaligus I felt so tired and huaammm….It’s okey, this not the first time. Sekilas saya amati wajah-wajah unyu mereka.
“ Sepertinya wajah kalian gak asing ya?” sapaku sok akrab dan ramah seperti biasa.Ya iyalah BU, kami kan pernah magang di sini…” Jawab beberapa wajah unyu itu nyaris bersamaan.Yang dari mana? Puger ya..?” sambil bertanya demikian saya melihat satu wajah yang stranger ~ belum pernah saya lihat sebelumnya. Sensor di otak saya recognize jika ‘penampakan’ tersebut tentu bukan salah satu siswa yang akan ujian praktek. But the fact my words just came up “Kok wajah yang ini gak pernah kelihatan waktu magang dulu?’ sambil straight tangan saya menunjuk pada sosok tersebut.“ Hehehe..” dia tersenyum manis “ Iya BU, kan saya Guru mereka?”What’s??? Alamak, saya pun langsung minta maaf dengan salting 180 derajat gittu deh.  Ketika akhirnya teman-teman kantor tahu 'incident' tersebut jadilah komentarnya pun senada seirama: “ Seminggu di Jakarta kok makin parah gini ya?”
Gubrakkkkk….(UNtungnya kalimat saya gak lebih spesifik lagi saat menunjuk sang Ibu Guru: Apa kamu pernah gak naik kelas atau gak lulus ya kok kamu keliatan tua gitu?)


Patience with Family is Love; with Others is Respect; 
with Self is Confidence; and with GOD is Faith


45 comments: Leave Your Comments

  1. Baru tau dengan istilah JetLag disini,hehe..JetLag menrutku habis perjalanan naik Jet hahaha,,

    Matur nuwon Infonya Mbak (Jet Lag buat Mbak ya) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah apalagi kalau naik jetsky tuh...mantabs punya.

      Delete
  2. sik tak mbayangkan gimana saltingnya ketika bu guru memperkenalkan dirinya.
    lho tak kiro Njenengan ki dari Lamongan to, eh jebule kok Banyuwangai

    ReplyDelete
  3. @Djangkies Aslinya Lamongan Pak Ies, kalau di Banyuwangi karena kebetulan ladangnya cari sesuap nasi saat ini masih di Banyuwangi..

    ReplyDelete
  4. saya baru tau arti sesungguhnya dari JetLag itu ya setelah baca artikel ini,sebelumnya saya pernah nonton video clip nya kotak feat simple plan yang judulnya jet Lag,saya kira ini artikel mau mambahas video itu,ternyata saya menemukan pengetahuan baru, terimakasih sebelmnya.

    ReplyDelete
  5. owh saya baru tahu artinya Jetlag. Dulu saya kira Jet itu pesawat jet, dan lag itu lambat... jadi pesawat jet yang lambat (^ ^

    ReplyDelete
  6. Salam sahabat
    Hehehe ada aja ya dengan istilah unik baru tahu
    Weleh ketinggalan berita

    ReplyDelete
  7. wkwkwkwk... waduuhhh... ini bikin ngakak kalimat akhirnya. untung gak bilag gitu y mbak, bisa2 di pentung guru se indonesia tuh, ahahaha

    ReplyDelete
  8. wakakkak......untung cuma bilang begitu.. kok ndak pernah liat kamu.... aah bisa2 ajah deyh mbak ririe neyh :D

    ReplyDelete
  9. baru tau jeltak ^^

    wah~kayaknya saya kenal kamu ^^

    ReplyDelete
  10. hehe... untung dikira murid oleh kamu Rie... jadi ibu guru merasa sedikit senang donk, artinya masih muda kan?

    btw, welcome back yaaa.... sayang kita ga bisa ketemuan ya sist..

    Aku malam ini balik ke Jakarta, stay several nites there baru kembali ke Aceh....

    ReplyDelete
  11. belum pernah bepergian jauh jadi blm merasakan jeklag, heheh. paling jg beda sejam doang, heheh :D

    ReplyDelete
  12. Salaaaaah.
    Penerbangan Jakarta-Jeddah memang tujuh jam.
    Tapi perbedaan waktunya lebih cepat WIB empat jam.
    Kalau di sana jam enam sore, maka di sini jam 10 malam. :P

    ReplyDelete
  13. berarti gurunya kelihatan muda dong mbak :D

    oia, CMIIW klo gak salah mekah - indonesia cuma 4 jam deh mbak :)

    ReplyDelete
  14. @de hoppus Nah ini saya kebalikannya kalau begitu, video klip punya Kotak itu belum pernah lihat lho? #Ndesoo

    ReplyDelete
  15. @Sam Rinaldy Nah ini juga saya baru tahu kalau Lag itu artinya terlambat # Haduhh

    ReplyDelete
  16. @Dhana Arsega Nah kalau Mbak Dhana neh yang sudah sering ngalami JetLag beneran ...

    ReplyDelete
  17. @tunsa Hahaha...Alhamdulillah kalimat saya yg biasanya meluncur kayak air pancuran itu gak terucap kala kemarin. WAh, gak kebayang deh jika sampe terucap kalimat 'sedheng' gitu.

    ReplyDelete
  18. @Niar Sri Sadono Ningrum Lha si Guru juga ikutan pake jas Lab, saya baru masuk dan lihat sepintas gitu deh...hehee

    ReplyDelete
  19. @jiah al jafara hahaha...iya neh kayaknya kita udah kenal ya.?

    ReplyDelete
  20. @alaika abdullah Aslinya karena saya melihatnya sepintas kilas Mbak #ngeyel

    MAsih look younger daku lho? hahaha..# NArsis

    Wah, liburan di jogyanya pindah ke Jakarta neh? Mantab #dua jempol

    ReplyDelete
  21. @.:diah:. Sama Mbak, saya jg belum pernah bepergian jauh. Ya paling hanya beda sejam gitu juga.

    ReplyDelete
  22. kalau ke semarang naik kereta malam juga jetlag mbak hehehe ngantuknya itu yg gak bisa ditahan .oops itu gak termasuk jetlag kan. tapi kalau ke bali sih aku gak merasakan jetlag bahkan lupa kalau beda 1 jam

    ReplyDelete
  23. @Una Salah ya ? # pengen maluu

    Pdhl semalam aku browsing, compare WIB - Mekkah hasilnya 21.30 WIB = 14.30 utk mekkah...

    Tengkyu koreksinya, dah ta edit lagi tuh...hahaha

    ReplyDelete
  24. @niee yups, tengkyu so much. udah saya ganti tuh mbak...hehehe

    ReplyDelete
  25. @Lidya - Mama Pascal Saya belum pernah ke Semarang, hanya melintas pernah dulu naik bis ..

    ReplyDelete
  26. Hahah, berarti mba orangnya pelupa yah? hehe ..

    ReplyDelete
  27. @Ichsan Afriadi JK kondisi fatigue, fisik krg support...miss oriented antara yg tertangkap mata dengan yg terucap itu bukan 'pelupa' kayaknya

    ReplyDelete
  28. ana tau jetlag baru tahun 2011 kemaren dari someone yang baru pulang dari tanah haram. . .
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayooo, sepertinya aku tahu sapa some one nya? hehehee..#sok paranormal

      Delete
  29. ihh mbak rie... jaga kesehatan~ jangan terlalu capek T__T nanti drop loh~ gak bisa lincah lagi~

    aku juga pernah ngalamin jetlag mbak ^^ fufufu, kalo malem gak bisa tidur, kalo pagi ngantuk banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. weiii Maya, always jaga kesehatan kok biar tetap lincah. Sapa tahu nti bisa lincah sampai ke makasar tuh.

      Kalau JetLag yg sebenarnya diriku blm pernah ngalami May, kan paling jauh tripnya baru dpt yg selisih 1 jam kok

      Delete
  30. hehehe
    parah neh efect jetlag nya :D

    aq tau istilah jetlag di drama taiwan, berulang kali mereka nyebut2 jetlag begitu tiba di amerika dalam rangka migrasi :D
    tapi efeknya gak separah dirimu say hahahaha *just kidding*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau diriku sok gaya saja pake istilah jetlag Mbak, aslinya ya karena fatigue 15 jam lebih on the way Jakarta - Banyuwangi dilanjutkan langsuang kerja

      Delete
  31. Bru tau saat ini istilah jetlag

    thank tas sharenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya? wah senengnya bisa share infonya

      Delete
  32. mmm, pernah dgr sih ya tentang JetLag, tp jujur baru tau pemaparannya disini.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau bikin postingan gak ada ide, jd kebetulan ada incident kecil..ya ta sambungin ke jetlag deh

      Delete
  33. posisi psikis yg begitu bisa dikatakan sudah terpengaruh dengan kondisi menuju jetlag.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..jangan dunk Pak, cukup sekian saja JetLagnya

      Delete
  34. wkwkwk, kasian banget itu ibu guru, si emba kalau nulis cerita seru baget ya, ajarin dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wewwewww....yang seru itu 'ulah'ku mas Stu. Kalau ceritanya ya gitu deh...curcol

      Delete
  35. Hehe, saya sih ngebayangin kalo jetlag beberapa jam seperti ke eropa itu rasanya gak enak banget. Di saat tubuh harus tidur seperti saat di Indonesia, eh malah disuruh beraktivitas (karena di eropa). :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya membayangkannya JetLag ke Mekkah...hehhee

      Delete
  36. kalo saya sih alhamdulilah gak pernah kena Jetlag, soalnya belum pernah naik pesawat sih... (kesian deh gue)...paling-paling juga kena Jetpam... *,*

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.