7 Pertimbangan Memilih Game Online Yang Aman dan Nyaman Untuk Anak-Anak

7 Pertimbangan Memilih Games Online Yang Aman dan Nyaman Untuk Anak-Anak. Handphone, Laptop, main komputer bermetamorfosa dengan masif dan menjadi penarik yang magis sehingga anak-anak anteng (tidak rewel), berhenti tantrum, menjadi moodboster agar lahap makan, sederet  "kebaikan" lain yang ditawarkan dengan cepat memikat hati anak-anak.

Bismillahirrahmaanirrahiim, realita dilematis di era teknologi yang semakin canggih dan berkembang pesat belakangan ini, dimana hampir semua aktifitas berikatan dengan gadget dan internet. Apalagi karakteristik anak “ children see, children do “ dengan rasa ingin tahu yang membubung tinggi. 

Tidak bisa dihindari kalau penggunaan gawai pada anak-anak menjadi tantangan (kompleks) tersendiri bagi orang tua di era yang semakin digital. Hampir semua orang dewasa paham jika screen time berlebihan di usia anak yang masih dini tentu tidak baik terhadap kesehatan fisik dan psikis. Lha contohnya Mister William Henry Gates III ( Bill Gates, pendiri Microsoft) pun menerapkan aturan ketat dimana beliau baru memperbolehkan anak-anaknya memiliki HP setelah berusia 14 tahun kan?

Suka atau tidak suka, era digital tidak mungkin memisahkan anak-anak dari bermain game online, hal yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pertumbuhan era digital. Kita tak mungkin otoriter melarang dan secara sarkasme "mengharamkan" main game bagi anak-anak. 
Setiap hari aplikasi game online favorit maupun offline bermetamorfosa, di desain sedemikian rupa dengan fitur-fitur unggulan. Game yang sudah existing pun secara kontinyu di up grade atau di modifikasi dengan model yang lebih baru dan terlihat exactly different. Apapun bentuknya, kehadiran setiap mainan selalu digandrungi oleh anak-anak, yang domain usianya secara fitrah memang masih suka (sering) bermain.

Idealnya, orang tua terlibat dan menghabiskan waktu dengan anak-anak ketika mereka bermain game online. TAPI kenyataannya kita ( orang tua) tidak memungkinkan untuk stand by 24 jam, 7 hari seminggu, untuk menjadi “body Guard” dan membersamai anak-anak bermain game online

Lantas, Bagaimana MENYIKAPI FENOMENA ANAK YANG yang semakin DINI menggunakan gadget dan mengenal game online

Merangkum dari berbagai sumber, beberapa poin penting yang perlu dilakukan oleh orang tua untuk meminimalkan efek negative bermain game online bagi anak – anak  adalah :  

Yang Pertama, mengkondisikan anak-anak “patuh” terhadap jatah screen time.

Screen time adalah aitu berapa lama waktu yang diperbolehkan untuk menonton youtube, melihat TV, maupun main game, dan bentuk interaksi lainnya yang berhubungan dengan perangkat elektronik.
Pedoman Screen Time Untuk Anak-Anak Menurut WHO
Yang Kedua, membuat “kesepakatan”  penggunaan Internet secara BAIK

Hargai pikiran dan perasaan anak-anak, jadi kita sebaiknya tidak serta merta dan lantang mengatakan “ DON’T DO IT !” Perlahan-lahan, anak-anak dipahamkan prinsip menggunakan gadget dan internet yang baik dan benar, mengenalkan apa saja sisi negative main game online.

Konteks menggunakan gadget dan internet secara baik, juga memiliki arti  membimbing anak-anak agar selektif memilih konten-konten online, juga melakukan setting parental control pada HP, Laptop, computer dan perangkat gawai lainnya. Setting Parental Control ini merupakan bentuk pengawasan secara invisible  oleh orang tua untuk memfilter aktifitas (game) online yang dilakukan oleh anak-anak. 

Yang Ketiga, mengajari dan mengajak anak-anak untuk perduli (kritis) memilih game online yang positif, edukatif serta bisa mengasah kreatifitas 

Khusus untuk poin yang ketiga, menurut pendapat saya, beberapa hal ini yang biasanya saya jadikan bahan pertimbangan saat Memilih Game Online Yang Berkualitas untuk anak-anak adalah:
  • Memperhatikan sistem rating, status game tersebut tepat untuk usia berapa dan mencermati ulasan (user experiences) yang diberikan oleh orang-orang yang  sudah menggunakan game tersebut. 
  • Kemudian mari kita lihat apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari game tersebut untuk anak-anak, juga untuk kita sebagai orang tua dan orang dewasa (kan orang tua juga perlu sesekali main game online juga untuk healing-helaing). Harapannya, spending time dengan game online dan bisa mendapatkan (bonus) manfaat baik: menghilangkan stress, bisa santai, dan menikmati quality time bersama keluarga. 
  • Desain game yang mudah dipahami dan dimainkan, menyenangkan dan tidak membuat ketagihan.
  • Tidak perlu mendownload aplikasi untuk bermain, sehingga tidak kuatir space memory gadget kita terkuras untuk menyimpan aplikasi game tersebut.
  • Tidak perlu mendaftar atau membuat akun pengguna. I do like this point, iya dong untuk urusan main game online masak iya harus ribet pakai daftar ini dan itu, kan bukan mau masuk sekolah ? 
  • Tidak ada iklan yang muncul berseliweran di homepage atau pada saat sedang asyik nge-game. Bisa roaming dan emosi jiwa kalau lagi seru main game, tiba-tiba muncul iklan. 
  • Game yang sepenuhnya gratis, tidak perlu membayar sepeser pun, mulai dari level beginner hingga top of the top. Jinjja, kan main game online demi fun time, selama masih banyak pilihan game online gratis yang berkualitas, kenapa repot-repot milih game yang berbayar kan?
Berdasarkan 7 Pertimbangan Memilih Game Online Yang Aman dan Nyaman Untuk Anak-Anak (versi saya), sepertinya game online yang tersedia di website Money Games hampir memenuhi kriteria tersebut. 
Lhoh kok tiba-tiba merujuk ke money games sih? Apa tidak salah milih game, itu kan game permainan uang? Apa baiknya main game ini ?
Sebelum berjilid-jilid pertanyaan tentang game online ini, saya perjelas saja dulu jika game-game yang terdapat di website ini dirancang dengan formulasi game yang berbasis Wirausaha, Bisnis dan Manajemen keuanganan untuk Anak-Anak. 

At least dengan memainkan game-game yang terdapat di site Money Game ini terdapat beberapa value lebih antara lain: 
  • Anak-anak akan berlatih berhitung ( penjumlahan, pengurangan, perkalian). Bisa dibilang jika money game ini mengajak anak-anak untuk belajar berhitung secara menyenangkan karena disajikan dalam bentuk permainan.
  • Otomatis belajar Bahasa Inggris karena semua step permainan disajikan dalam Bahasa Inggris yang sederhana dan mudah dipahami.
  • Melatih anak untuk menghargai waktu, sebab durasi waktu yang tersedia untuk memberikan uang kembalian terbatas. Semakin cepat bisa memberikan jawaban yang benar, maka akan ditunjukkan dalam score yang muncul setelah durasi waktu bermain habis (end games).
  • Game untuk belajar yang berisi berbagai macam permainan berbasis matematika dan bagaimana mengelola keuangan ini dapat menjadi sarana belajar yang menyenangkan untuk mengajarkan anak tentang konsep matematika yang benar. Dengan permainan ini Anda juga dapat menghindari ketakutan akan matematika sejak awal, membantu anak belajar matematika secara alami melalui aktivitas bermain yang menyenangkan.
Agar lebih jelas super jelas, sebagai gambaran konkrit seberapa menariknya konten money game ini, boleh dong saya sharing experience salah satu game yang sudah saya coba, yaitu Cash Back

Nah, di game cash back ini memberikan challenge (bagaimana) bagi pemain ( perform as seller) mampu memberikan sejumlah uang kembalian dengan nilai yang benar, tepat dan cepat.

Just back to the past, sebenarnya permainan ini sudah akrab di jaman dulu saya masih bocah. Saat itu, kami menyebutnya “dolanan pasaran” atau permainan ala jual-beli di pasar. Ketika permainan tradisional tersebut diadopsi menjadi game online, tentu memiliki daya tarik yang lebih besar nilai pembelajarannya.

Untuk menggunakan game cash back ini, terdapat opsi tutorial, so tidak perlu panik karena kita bisa belajar dulu kok. Untuk tahap awal/pemula, tersedia pengaturan tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit) yang bisa dipilih sesuai kenyamanan pemainnya. 

Mode Game Cash Back

So, here we go....
Sebagai gambaran singkat bagaimana cara mengoperasikan game cash back ysng cukup simple yaitu:
  1. Langkah pertama klik tombol "PLAY", tampilan game akan muncul pilihan MODE GAME ( seperti gambar di atas )
  2. Akan muncul pembeli-pembeli secara bergantian yang akan membeli barang, akan muncul berapa harga barang tersebut dan berapa uang yang diberikan oleh si pembeli.
  3. Dengan melihat harga barang dan berapa uang yang diberikan oleh pembeli, secara cepat kita harus menghitung berapa uang kembaliannya.
  4. Kemudian pilih uang yang diperlukan, bisa dalam kombinasi uang dan (pecahan) koin selama jumlah total akhir sesuai dengan jumlah uang kembalian yang sudah dihitung. 
  5. Jika sudah yakin jumlah kembalian sudah benar. Segera klik tombol “ GIVE CHANGE” ( berikan kembalian).
  6. Semakin cepat menjawab pertanyaan, maka semakin banyak transaksi yang bisa diselesaikan dalam tempo waktu yang tersedia ( + 90 detik).
Semoga uraian how to play cash back di atas bisa memberikan ilustrasi yang lebih clear tentang apa dan bagaimana game cash back. Ini baru salah satu contoh saja, masih ada lusinan game-game lainnya yang bisa dimainkan oleh anak-anak, orang tua dan orang dewasa juga bisa kok memainkan game – game yang di Money Games ini. 

Cara-Memilih-Game-Online-Gratis-Yang-Berkualitas-untuk-anak

Well, game cash back yang saya ceritakan di atas baru salah satu game online yang terdapat di Money Game. Masih banyak game lainnyalusinan permainan untuk anak-anak yang menyenangkan, gratis, dan bebas iklan  yang dikelompokkan menjadi beberapa kategori sebagai berikut:
  1. Permainan Uang (Money Games), yaitu permainan yang berbasis pada proses menghitung uang dan membuat uang kembalian. Termasuk dalam kategori ini beberapa game yang menampilkan konsep uang baru termasuk Bitcoin dan modern day tulips - NFTs
  2. Game Real Estate (Real Estate Game) yaitu permainan membeli dan menjual properti, membuat kota LEGO yang berkembang pesat, sehat dan sejahtera (makmur).
  3. Game Simulasi Bisnis Makanan (Food Business Simulation Games), yaitu permainan menjalankan kedai kopi, toko kelontong, pertanian, atau restoran lain.
  4. Game Simulasi Bisnis (Business Simulation Games), yaitu game membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi pemilik perusahaan.
  5. Game Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Games merupakan permainan yang mengajarkan anak-anak tentang logika pengkodean perangkat lunak, bagaimana cara membuat dan mengujinya, bersama dengan game idle clicker yang fokus untuk membangun bisnis startup yang sukses.
  6. Game Politik Kantor (Office Politics Games ) adalah game clicker ragdoll yang unik dapat digunakan untuk menjelaskan persaingan internal, resolusi konflik dan bagaimana membangun team work, dan menjadi endless runner.
  7. Kategori games lainnya yang tak kalah menyenangkan tapi tidak termasuk di dalam 6 kategori games di atas, seperti game tentang daur ulang, energi hijau, dan beberapa game terkait makanan.
Gimana, lengkap kan koleksi game online yang ditawarkan di situs Money Games ini ? Apalagi sebentar lagi musim liburan, sederet menu game online di situs ini bisa dijadikan alternative leisure time untuk melengkapi game-game yang sudah ada sebelumnya.
Once again, selain pertimbangan jenis game online yang sesuai usia anak-anak, juga sangat penting untuk disepakati bersama anak-anak jatah screen time yang proporsional, antara aktifitas offline dan online.
Jadi....
Tunggu apalagi, gercep aja di check-check dulu game online gratis yang tersedia di website Money Games ini. Hopefully dari sekian banyak jenis game yang ada di Money Games ini semoga banyak yang cocok dan bisa menjadi salah satu game online gratis yang aman dan memiliki nilai edukasi bagi anak-anak. Super asyik lagi kalau ternyata game-game di situs ini juga ada (banyak) yang cocok untuk orang dewasa sebagai ice breaking rutinitas sepanjang hari

Oh iya, siapa tahu ada yang punya permintaan khusus atau game impian yang lebih cethar, boleh banget memberikan komentar atau tinggalkan umpan balik di situs game ini. Bisa jadi masukan atau saran tersebut akan direspon oleh tim kreatifnya. Dan impian Anda tentang sebuah game online yang lebih futuristic bisa menjadi kenyataan deh. 


Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

24 comments:

  1. wah bisa dipertimbangkan nih oleh para orangtua untuk memilih games2 di money games yang edukatif dan aman untuk buah hati.

    ReplyDelete
  2. Bener banget nih jaman sekarang makin marak games online . Kita sebagai ortu suka ga suka, era digital ga mungkin memisahkan anak-anak dari bermain game online.
    Tinggal bagemana kita memberikan yang terbaik dan rekomen money games yang edukatif.

    ReplyDelete
  3. Akupun ga sreg dengan game yg harus registrasi bahkan minta akses ke sosmed dan data lain di HP. Selain itu pop up iklan yg muncul kadang ga relevan dg usia anak. Bahaya lho. Perlu pengawasan orang tua at least kita coba dulu lah sebelum kasih ke anak.

    ReplyDelete
  4. Kok seruuuuu bgt ini.😂😁
    Iya nih mba
    Bentar lagi liburan, ni anakku kyknya jg makin intens gaming nya.
    Makasi rekomendasi nya yah

    ReplyDelete
  5. Game simulasi bisnis kayaknya seru nih supaya sekalian belajar jadi pengusaha dari kecil. Sama game simulasi bisnis makanan juga bagus ya. Siapa tahu beneran pinter masak dan jualan makanan dari kecil hehe.. Penasaran juga nih saya seperti apa gamenya. Anak jadi belajar praktek sekalian dari game.

    ReplyDelete
  6. wah iya ya..Ketika permainan tradisional diadopsi menjadi game online, tentu memiliki daya tarik yang lebih besar nilai pembelajarannya. Cus ke games gratisan di website money games

    ReplyDelete
  7. Gamesnya bagus keknya ya, Mba tentang mengelola uang dan bisnis. Boleh juga nih buat rekomendasi ke Adek.

    ReplyDelete
  8. kalau yg ada iklan2 itu aku nggak bolehin biasanya. Anak2 cuma mainan yg tertentu aja, itu pun udah PR banget ya nyuruh udahannya heheuuuu. Ini gamenya coba cek ah, pas lagi liburan sekolah juga nih, menarik^^

    ReplyDelete
  9. Wow, momen yang cocok sekali buat anak2 bermain game online :D Permainannya tentang bisnis, ceritanya bisa dapetin uang juga ya heheh seru nih. Money games yang edukatif seperti ini bagus juga ya, itung2 latihan menjadui pengusaha hihih...

    ReplyDelete
  10. ini cukup seru gamenya, dan bisa jadi pertimbangan, ada benefitnya pula ya.
    Memang bener dalam pemilihan game anak, orangtua butuh pengetahuan tentang game si anak, baiknya bisa tahu menyeluruh tentang game itu sendiri

    ReplyDelete
  11. Iya mbak, sebagai orang tua kita memang tak bisa sepenuhnya melarang anak-anak untuk main game online. Yang bisa dilakukan adalah membatasi dan mengarahkan untuk memilih game yang bermanfaat. Syukur-syukur bisa ikut menemani, ataupun memainkan game bersama anak

    ReplyDelete
  12. Anak suka main game tapi kita sebagai orangtua juga harus milih game yang tepat, aman buat anak. Oke juga kalau milih game yang gratis

    ReplyDelete
  13. Seru sih kalo main game bisa jadi tempat anak-anak belajar juga seperti di Money Game ya Rie. Ini mainnya cukup di website nya aja ya? Nggak ada aplikasi nya kah?

    ReplyDelete
  14. Dulu waktu keponakan masih pinjam HP, kuisi game buat belajar dan gak bikin berat. Jadi gak cuma main aja deh. Sekarang udah terserah dia, tapi biasanya buat ngembangin skill

    ReplyDelete
  15. wah aku baru tau ada game kayak gini, lumayan bisa sekalian belajar matematika juga sih yaa anak-anak, haha.

    ReplyDelete
  16. Pasti anak-anak suka dengan gamenya ya mba. Menarik. Yang penting anak-anak juga harus cukup kegiatan fisiknya agar seimbang.

    ReplyDelete
  17. Nah, rekomendasi main games yang seru, ada edukasinya dan gratis. Semua yang serba digital itu gak selamanya buruk kok ya..
    Bisa juga jadi baik kalau diarahkan dengan benar sedari kecil. Semoga bermain Money Games anak-anak jadi cerdas atur keuangan, meski awalannya virtual dulu uangnya ya..

    ReplyDelete
  18. Ini rekomendasi game online yang bagus buat anak² ya, Mbak. Aku belum pernah nyobain, nih. Pingin nyobain Cash Back juga jadinya. Kayaknya anak aku seneng, Mbak. Hahaha

    ReplyDelete
  19. Di jaman teknologi ini memang sih mau gak mau anak juga harus mengenal gdget lebih dini kalau gak mau ketinggalan ayau gaptek. mengenalkan bukan berarti memiliki gadget sendiri ya mbak & harus ada aturan serta pendampingan dari orangtunya.
    Waktu memilih game juga pasti yang bermanfaat, gak cuma untuk menyenangkan saja

    ReplyDelete
  20. Nggak semua game bisa diakses sama anak
    Tentu pilih yang sesuai umur dan punya manfaat bagi anak

    ReplyDelete
  21. Kalau saya pribadi ada beberapa situs yang saya block, trus kasi jam screen time. Kalau download game yang sesuai usia anak dan gak aneh2. Lalu kalau di luar rumah no screen time, supaya menikmati apa yg bisa dinikmati saat jalan2.
    Intinya gpp anak pegang gadget, main, asal ortu kasi rules kerat.

    ReplyDelete
  22. Makasih rekomendasinya ya Kak, ntar kalau anak udah gedean harus tegas begini nih

    ReplyDelete
  23. Asyik juga ya ada game edukatif kaya gini, jadi anak anak bisa main game sambil belajar, sangat rekomended buat anak anak ya.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.