5 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memutuskan Membeli Rumah

“ Kenapa ya, hingga saat ini aku tuh sukak banget dengan tipe-tipe rumah simple, tapi tetap okay buat family activity…. “ ujar anak mbarep, tiba-tiba membelokkan obrolan di suatu siang saat short trip tipis-tipis di daerah PIK.  Tanpa babibu a-i-u-e-o, saya buka-buka HP dan melihat model rumah dijual di Bekasi, menyodorkan padanya.

“ hohoho….bunda auto action azzaaa nyariin situs property yang menyediakan hunian tempat tinggal yang seeprti  rumah impianku yaa….”.
“ Iya, biar impianmu lebih konkrit, eksplisit dan memperkuat law attraction buat terkabul doong….”

Sekilas, Bismillahirrahmaanirrahiim,  percakapan kami terlihat ala-ala random talk, tapi ya mungkin memang mulai bermunculan impian tentang rumah impian yang dimiliki si anak mbarep ini seiring pertambahan usia. Apalagi sebentar lagi sudah akan lulus kuliah, make sense jika dia mulai kepikiran tentang rumah impiannya. 


Tak lupa saya menitipkan pesan sponsor hal-hal yang WAJIB dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah jika one fine day akan memutuskan membeli rumah. Beberapa hal yang saya wanti-wantikan adalah:

Menentukan peruntukan ( fungsi ) utama rumah yang akan dibeli

Sangat penting bahwa sebelum melakukan pembelian rumah, kita harus memastikan terlebih dahulu apa fungsinya: untuk rumah tinggal, sewa atau investasi. Untuk membeli rumah tinggal, Sangat perlu diperhatikan, kita harus benar-benar berpikir bahwa keluarga akan mendapatkan pilihan untuk dapat melakukan aktivitas di dalam kawasan, keamanan, lahan hijau atau taman, fasilitas umum seperti area komersial yang disediakan.

Ketersediaan Fasilitas Dasar

Mohon jangan hanya tergiur dengan harga rumah murah yang ditawarkan. Jika tidak dilengkapi dengan fasilitas yang diperlukan, dapat membuat biaya operasional rutin menjadi boros. Maka sangat penting juga untuk menanyakan segala fasilitas dasar yang dibutuhkan, seperti terminal bus, stasiun, jalan tol, pusat perbelanjaan, sekolah dan fasilitas umum lainnya yang mudah diakses.
Fasilitas-Umum-yang-Harus-Dekat-Perumahan
Fasilitas Sekitar Perumahan ( Mustika Village Sukamulya )

Program ( promosi ) Penawaran Rumah Realistis

Kita perlu menanyakan tentang program penawaran dalam membeli rumah secara sangat lengkap dan detail. Jangan sampai kita tergiur dengan iklan yang bombastis dan rayuan developer yang menjanjikan harga miring. Misalnya uang muka ditanggung developer, setiap pembelian rumah unit tertentu konsumen akan mendapatkan bonus mobil atau hadiah berupa barang elektronik super lux atau motor gedhe dan lain-lain (yang menggiurkan).

Pelajari sistem pembayaran dan semua syarat yang harus dipenuhi

Perhatikan syarat-syarat bunga, seperti fixed rate hingga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membayar, acuan suku bunga floating, denda pelunasan dipercepat, dan ketentuan teknis lainnya. Jangan sungkan untuk menanyakan semua hal-hal teknis dan periksa setiap klausul pembelian termasuk masalah bunga cicilan. Pembayaran bunga jangan terlalu memberatkan. Kalau terlalu besar, harganya bisa mahal.

Cek dan Re-Check Kondisi Finansial

Yesss….poin ini tidak bisa diabaikan. Membeli rumah (tempat tinggal) memang kebutuhan primer dan tetap penting untuk memastikan ketersediaan "kesehatan" keuangan bagi kebutuhan wajib yang rutin seperti belanja sehari-hari, urusan bayar membayar sekolah (pendidikan), pos dana darurat juga perlu dijaga. 

Dan saatnya membuat forecasting rencana pendapatan prioritas setiap bulan: pengeluaran rumah sehari-hari, biaya sekolah, tagihan rutin bulanan listrik, telepon dan internet dan kebutuhan primer lainnya. Dengan menghitung semua printilan pengeluaran rutin, diharapkan agar  rasio pendapatan dibandingkan dengan beban operasional kebutuhan pokok seimbang, dan pos untuk dana darurat tetap aman.

Kira-kira, ituleh beberapa Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memutuskan Membeli Rumah. Tentu saja, masih banyak hal lain yang perlu dipertimbangan sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang.
Membeli rumah membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Yeekan....membeli sepatu saja kita pilah-pilih dengan super detail, apalagi membeli rumah. 
Jaga hati agar tak tergiur dengan iklan dan poster promo yang aduhai. Menjadi pembeli yang kritis, aktif bertanya dan membaca setiap klausul pembelian. Jika Anda mengajukan KPR, pilihlah bank yang terpercaya dan terbukti terpercaya. Perhatikan seperti bunga KPR di tahun pertama dan tahun-tahun berikutnya.

That’s why, saya sengaja nge-klik salah satu situs rumah dijual di Bekasi Mustika Village Sukamulya sebagai salah satu contoh perusahaan pengembang rumah berlokasi super dekat dengan wilayah industry di Jalan Raya Sukatani, Desa Sukamulya, Cikarang, Bekasi, dengan harga yang bersahabat mulai dari Rp 214.000.000 - Rp 301.000.000 (saat ini). 

rumah-dijual-dibekasi

Sekilas Tentang Mustika Village Sukamulya

Selain lokasi strategis, harga yang ditawarkan yang relative ramah untuk lokasi rumah di se-closed itu dengan sentra bisnis di Jakarta, fasilitas umum lengkap, yang tak kalah glowingnya adalah Lingkungan perumahan yang asri meliputi taman Hijau 3.300 meter persegi dan Danau Resapan 4600 meter persegi.
Pembelian rumah di Mustika Village Sukamulya Cikarang ini bisa dilakukan dengan membayar DP 2 juta dan tersedia pilihan pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kondisi finansial kita, yaitu: pembelian dengan cara KPR, Cash keras 2x pembayaran dengan jangka waktu 1-2 bulan atau juga bisa dengan cara cash bertahap sampai 6x pembayaran / 6 bulan, bunga 0%. Wouuw kaaann….
Dengan lokasi perumahan yang tak jauh dari stasiun KRL berjarak sekitar 20 menit dari Pintu Tol Cibitung-Cilincing ( on progress), dekat terminal bus, cukup dekat dengan kawasan industri Bekasi dan sentra bisnis Jakarta, sekolah juga tak jauh, tempat belanja, rumah sakit dan wisata wahana air, wajar kan jika harga jual yang di patok cukup terbilang bersahabat. 

Teruuus pada penasaran dong Siapa pengembang perumahan Mustika Village Sukamulya ini?

Developer Mustika Land  sudah berpengalaman selama 36 tahun di bidang property, bekerja sama dengan developer Jepang Creed Group, menunjukkan bagaimana kualitas perumahan yang akan dihasilkan  menghasilkan Perumahan Mustika Village Sukamulya ini. 

Just FYI ya, Creed Group Japan merupakan salah satu  perusahaan investasi real estate asal Jepang yang berdiri sejak 1996  dengan portofolio yang beragam proyek di Jepang dan Asia Tenggara. Jadi dengan profil company yang well experienced ini, untuk urusan kualitas bangunan InsyaAllah recommended.


Kalau masih ingin tahu lebih banyak ketersediaan rumah dijual di Bekasi ini, cuuus saja dilihat website Mustika Village Sukamulya, meskipun tinggalnya di luar Jabodetabek, mungkin saja kan Anda tertarik untuk membeli salah satu unit rumah di sana sebagai investasi

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

21 comments:

  1. Mencari rumah ini ibaratnya seperti mencari jodoh ya mbak, harus banyak hal yang dipertimbangkan, diketahui dan di cek n ricek. Jangan sampai salah beli rumah, karena ada informasi yang kurang kita ketahui.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr nih, gak gampang ya cari rumah tuh. beneran jodoh2an aja. lokasi enak, harga kemahalan, yang terjangkau eh lokasinya jauh, ahaha. itu baru dari segi lokasi aja belum mikirin fasilitas yang ada. walaupun list-nya "cuma" 5, tapi waktu mikirinnya itu yang lama XD

      Delete
  2. Yep!
    Setuju sama komentar Mba HM Zwan, memilih rumah bak memilih jodoh ne!

    Setuju juga sama hal-hal yang harus dipertimbang di atas sebelum memutuskan membeli rumah.

    Well,
    Sudah borong berapa unit, Mba?

    ReplyDelete
  3. Baguusss bgt ini perumahannyaaa
    Pengembang kredibel, fasilitas juaraaaa, harganya jg ramah ya

    ReplyDelete
  4. selain fasilitas, kenyamanan bangunan, adanya resapan, saya juga memilih rumah karena kemudahan akses dan adanya jalan yg sudah baik. Sepertinya beli rumah di sini, syaratnya sudah oke ya

    ReplyDelete
  5. Bekasi saat ini menjadi pilihan untuk hunian yang terdekat dengan Jakarta. Selain nyaman, juga fasilitasnya kian lengkap sehingga cocok untuk tempat beristirahat.
    Mustika Village Sukamulya menawarkan semuanya dengan lengkap.

    ReplyDelete
  6. Nentuin fungsi utama rumah yang mau dibeli emang wajib ya. Kalau single dan rumah besar, pasti akan kerepotan dengan perawatannya. Beda kasus kalau buat tinggal bersama keluarga. Intinya memang kudu cek and ricek dulu, jangan terburu-buru

    ReplyDelete
  7. aku setuju mba, hal-hal yang tersebut di atas memang penting buat dipersiapkan sebelum membeli rumah

    ReplyDelete
  8. Mencari rumah itu gampang gampang susah dan rejekian yaa....memang wajib mencari tahu sebanyak banyaknya rumah yg kita cari sesuai budget. (Gusti yeni)

    ReplyDelete
  9. Setuju jika kita mesti cek promosinya realistis enggak, jangan sampai Jangan sampai kita tergiur dengan iklan yang bombastis dan rayuan developer yang ujung-ujungnya nipu

    ReplyDelete
  10. Ah iya
    Beli rumah nggak bisa sembarang ya mbak
    Banyak hal yang harus dipersiapkan
    Agar nggak salah beli

    ReplyDelete
  11. Sepakat sih perlu banget hati-hati dalam mencari perumahan apalagi saat ini ada banyak kasus penipuan, tapi info Mustika Village Sukamulya sangat mendukung untuk memilih perubahan yang amanah ini ya.

    ReplyDelete
  12. Kalau ada promo yg bombastis seharusnya kita cek lagi dna bisa saja kita curiga ya... Belajar dari musibah, kedepannya kalau beli rumah itu lihat juga kontur tanah dan posisinya ...

    ReplyDelete
  13. Memilih rumah kayak memilih jodoh, kata banyak orang dan terjadi di diri kami saat beli rumah kedua. Pertimbangan banyak, termasuk fasilitas perumahan, lokasi strategis, dan budget jangan sampai terlampau, agar gak pusing dengan cicilan tiap bulan.

    Nah perumahan Mustika Village ada di bawah perusahaan dengan pengalaman panjang ya selama 36 tahun di bidang property. Apalagi kerja sama dengan developer Jepang Creed Group yang kredibel

    ReplyDelete
  14. Mbaaa dirimu sekarang di Bekasi? Milih rumah emang jodoh2an kadang ya mba, tapi ini rekomen banget sih apalagi harganya duuuuh kayaknya ga ada lagi daerah jabodetabek yg dibawah 300jtan mba...

    ReplyDelete
  15. Salut sama si Sulung, masih muda, kuliah belum selesai, tapi sudah punya pemikiran soal rumah yang akan di miliki.
    Yup, membeli rumah tuh karena niatnya bakal ditempati seterusnya memang mesti dipertimbangkan dengan baik ya mbak. Nggak cuma lokasi, tipe dan fasilitas, tapi juga kondisi keuangan sendiri

    ReplyDelete
  16. Cikarang emang prospeknya bagus ke depannya ya mba, apalagi kalau kereta api cepat itu jadi katanya bakal lebih maju dan berkembang hehe.
    Iya mbak kalau mau beli rumah jangan buru2, soalnya kek milih jodoh, kudu bener2 mempertimbangkan banyak hal yaa. Pakai bank pun kadang soalnya gak jamin aman krn bank taunya cuma ambil untung tp kadang gk bisa dikomplain hehe.
    Semoga dimudahkan membeli rumahnya semangaaat.

    ReplyDelete
  17. Waaa noted bgt mbaa
    Ini ada sodaraku yg jg mau cari rumah.
    Ntar aku infoin tips nya ya

    ReplyDelete
  18. sampai sekarang masih galau mau beli rumah di mana, belum menentukan tempat tinggal yang fix. Soalnya kalau udah punya rumah jadi kayak harus di situ terus sementara kami masih nomaden. tapi tips di atas ku simpan buat pertimbangan ya

    ReplyDelete
  19. Beli rumah emang paling enak yang dekat dengan KRL. Kemana-mana mudaah dan gampang. Juga dekat dengan pintu tol, jadi gak perlu bermacet -macet kemana -mana

    ReplyDelete
  20. rumahku sekarang deket sama KRL, terbantukan banget sih. Walau mefet waktunya santai karena tinggal cusss sampai deh. Jalan tol juga gak jauh

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.