Sambut Tahun Ajaran Baru Bersama Ruangbelajar Yang Cihuy

Sambut Tahun Ajaran Baru Bersama Ruangbelajar Yang Cihuy. Persiapan menghadapi tahun ajaran baru kali ini yang masih akan dilaksanakan secara daring, khususnya sebagai orang tua tentu sangat ingin agar proses school from home nanti bisa berjalan senyaman mungkin, khususnya bagi anak-anak. 

Menjalankan sekolah jarak jauh atau yang akrab disebut PJJ, Bismillahirrahmaanirrahiim tahun ajaran kedua yang digelar secara online. Secara resmi, pihak sekolah sudah menginformasikan bahwa untuk tahun ajaran baru kali masih sama dengan tahun lalu, PMB akan dilaksanakan secara online hingga waktu yang belum bisa ditentukan.

Salah satu yang bikin galau manakala ujian ujug-ujug listrik padam. Otomatis sambungan internet pun ikut off, bolehlah di siasati dengan paket data. Lha pas baterai habis, power bank running out. Kalau seperti ini, alamak emaknya pun ikut sport jantung, dan dag-dig-dwerrr….


It’s okay, tarik nafas dalam-dalam dulu….
Let it go ( sambil nyanyi ala-ala ost. Frozen ) kalau dramanya karena pemadaman listrik. The only one yang bisa saya lakukan adalah menyampaikan ke pihak sekolah, terutama ke wali kelas mengenai situasi yang terjadi, just be honest dan mohon pada wali kelas kebijakannya. So far, Alhamdulillah wali kelas cooperative dan support banget.
Yang bikin galau segalau-galaunya menghadapi pembelajaran daring sampai kepala pusing ala-ala efek KIPI Pasca Vaksin Covid adalah ….eng..ing…eeenggg…. “ Bund, tolong bantuin ngerjain PR yaaa…?”.
Glodaaaggg….pegang panci langsung jatuh deh. Lha ya gimana gak kaget bak kesengat lebah, bertahun-tahun tutup buku sekolah, terus tetiba dimintain bala bantuan ngerjain PR anak kelas XI begini?


Kebayang dilematisnya mamak macam saya yang puluhan tahun tutup buku sekolah, berasa roaming campur galau kalau ditanya-tanya mapel oleh anak-anak. Yihaaaaaa…..maafkan Bunda yaaaa.  Harus saya akui jika hayati, hati, pikiran dan daya telaah terhadap mapel anak sekolah jaman now bikin saya ngos-ngosan.

Teruuuusss…...
“ Coba saja berlangganan aplikasi belajar online Mbak, bisa tuh di coba pakai Ruangguru “, ujar seorang teman. Diikuti sederet testimoni yang mengungkit rasa penasaran ke level maksimal.

Berasa angin segar berhembus sepoi-sepoi, menyejukkan pas baca testimoni-testimoni kalau aplikasi Ruangguru pilihan terbaik bagi orang tua yang peduli dengan pendidikan anak. Diantara sekian banyak alasan-alasan yang mengemuka kenapa produk ruangbelajar dianggap sebagai sebuah terobosan dalam bidang pendidikan dan perkembangan teknologi belajar, beberapa diantaranya adalah karena: 

Pertama, Aplikasi bimbel ruangbelajar by Ruangguru memiliki layanan untuk belajar online secara mandiri yang lengkap 

Tersedia materi belajar untuk semua jenis mata pelajaran sesuai kurikulum yang berlaku, lengkap dengan Master Teacher yang mumpuni. Apalagi tiap-tiap mata pelajaran disajikan dalam bentuk  video yang sangat variatif.  ribuan video pembelajaran siap dipilih dan disimak dengan santuy karena  dikemas secara ciamik dengan animasi yang menarik, ditambah lagi terdapat rangkuman dalam bentuk infografis yang  mudah untuk dipahami siswa. 

Kedua, BANK SOAL dengan Stock latihan soal yang variatif  

Terdapat ratusan ribu soal beserta pembahasannya sebagai latihan dan self try out untuk mengasah kemampuan. Seacara di ruangbelajar ini dilengkapi dengan aneka fitur-fitur latihan seperti banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk make sure sejauh mana pemahaman anak terhadap mapel yang sedang dipelajarinya.

KETIGA, HEMAT KUOTA INTERNET 

Meskipun berbasis bimbel online, tapi we don't need to worry bakalan nyedot paket internet. Tahu kenapa? Yups, FYI neh semua materi belajar yang terdapat di Ruangguru dapat di-download dan dipejarai  secara offline. Andai dan seandainya ada kendala soal jaringan internet atau paket data internetnya terbatas, sangat bisa kok materi mapel di dunlut dulu dengan numpang free wifi di area public. Kan sekarang sudah banyak fasilitas free wifi di area public kaan? 


KEEMPAT, Harga langganan yang terjangkau (Murah) 

Harga untuk berlangganan ruangbelajar ini terbilang murah, dan lebih hemat lagi karena saat ini ada flash sale menyambut tahun ajaran baru ini ada promo JADIJUARA dengan diskon 60%. 

Tuuuuhkan dengan diskon separah itu…saya lihat di aplikasi untuk paket langganan ruangbelajar untuk satu tahun ajaran 2021/2022 SMA/SMK tinggal bayar Rp. 599.000,-. 

Please be note ya, harga segitu untuk berlangganan selama satu tahun lhoooo….itungan per bulan kita cukup bayar Rp. 49.916,67,- saja. 

KELIMA, L A P O R A N   B E L A J A R  

Yang lebih memantapkan hati, ortu bisa banget untuk memantau sejauh mana perkembangan belajar putra-putrinya kok. Caranya pun sangat mudah, cukup kirim pesan via  WhatsApp Ruangguru di nomer 081578200000, dengan format “Rapor Anak”. Dalam sekejapan, dapat deh laporan belajar anak secara komprehensif.

KEENAM, Rajin pangkal pandai, semakin rajin makin banyak dapat hadiah 

Yeayyyy. Iya dong, kan dengan   Ruangguru Adventure dan Teman Belajar ini dilengkapi fitur gamification yang diharapkan bisa membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Ibaratnya neh, makin rajin belajar, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan. Siapa cobak yang tidak termotivasi ? 

Yessss….apalagi saat pandemi begini,  keberadaan Ruangbelajar by Ruangguru ini patut dipertimbangkan sebagai pendamping untuk membantu pembelajaran anak di rumah. Sebagai aplikasi bimbel online ruangbelajar terbilang aplikasi pembelajaran yang up to date karena dikembangkan secara kontinyu sesuai perkembangan dan kebutuhan proses belajar siswa. 
Wanna know apa sih fitur baru yang baru-baru ini rilis di aplikasi ruangbelajar ?
Ada 6 fitur baru rilis di Bulan Juli ini dan siap menyambut tahun ajaran baru dengan semangat belajar yang lebih hype di ruangbelajar ini antara lain:

1. FITUR ADAPTO  

Dengan Fitur Adapto ini diharapkan akan membuat siswa mendapatkan pengalaman belajar secara lebih lancar, berkelanjutan dan imersif. 

Artinya, adanya fitur Adapto untuk memastikan para siswa memahami materi yang sedang dipelajari sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.  Fitur Adapto ini memungkinkan anak-anak bisa lebih optimal untuk mencerna materi yang disampaikan oleh para Master Teacher di Ruangbelajar karena ada "opsi" jika belum mengerti atau belum jelas, maka bisa diulang lagi dan baru akan naik level berikutnya jika anak sudah memahami mapel yang disampaikan. 

Bisa dikatakan bahwa siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri, melatih mereka untuk membuat pilihan dan  belajar dengan kecepatan mereka sendiri.  Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya.

2. FITUR Rencana Belajar  atau Playlist Belajar 

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran. Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan time line atau agenda di sekolah. 

At least bisa mendorong siswa memiliki kebiasaan yang lebih disiplin terkait konten apa saja yang harus mereka pelajari setiap minggu. Dengan adanya fitur laylist belajar ini diharapkan bisa memberikan cara yang lebih mudah bagi siswa untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar berikutnya.

3. FITUR Subtitle Video 

Berdasarkan tolok ukur untuk aplikasi pembelajaran global (khususnya pada konten yang telah direkam sebelumnya), transkrip atau subtitle video untuk membantu siswa merekam video pembelajaran secara lebih banyak kata demi kata. Siswa dapat melihat konten secara mendetail selama menonton video, memastikan mereka memahami materi yang disampaikan dalam video dan tidak melewatkan poin penting yang terdapat dalam tayangan video pembelajaran.

4. FITUR PENCARIAN 

Dengan Fitur pencarian ini diharapkan bisa membantu siswa menemukan materi belajar secara lebih cepat dan tepat. Fungsi pencarian merupakan fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa akan dipelajari di aplikasi, dan membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran yang dimaksudkan.

5. FITUR PET MISSION 

Fitur Ruangguru Pet diharapkan bisa berfungsi semacam ice breaking, yang dapat mendorong siswa  yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar ketika menggunakan aplikasi ruangbelajar ini. Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika siswa bisa menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan mendapatkan 1 batu evolusi untuk hewan peliharaan mereka.

6. FITUR TES MINAT BAKAT 

Fitur Tes minat bakat merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC, yang bertujuan untuk membantu siswa mendapatkan gambaran karier atau passion apa yang sesuai dengan dirinya. Tes minat bakat mengukur kemampuan deduktif, aritmatika, spasial, induktif dan reasoning

Sambut-Tahun-Ajaran-Baru-Bersama-Ruangbelajar
Tuh kan, semakin kesini makin glowing saja performa ruangbelajar by ruangguru ya.
Intinya kehadiran aplikasi bimbel online Ruangbelajar ini menawarkan pilihan yang sangat menarik karena membuat belajar jadi mudah dan lebih menyenangkan bagi anak-anak, dan tentunya gak bikin mamak galau-galau lagi deh. 
Meski Pandemi belum tahu kapan berakhir, tapi kita tetap harus siap dong menyambut tahun ajaran baru yang masih diselenggarakan secara daring.

Btw bagi yang punya kisah menarik selama mendampingi pembelajaran daring, feel free boleh dong di share...

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

22 comments:

  1. Pas banget nih buat muat murid-muridku..
    Kasihan kalau pas ada soal sulit trus ortu gak bisa bantu..
    Mksh y mb rekomendasinya.

    ReplyDelete
  2. Ruang guru nih seolah mengerti ya kebutuhan siswanya. Semua disiapkan, mulai dari ruang belajar, les sampai konsul online. Jadi di era pandemik begini sangat dibutuhkan anak-anak begitu juga emaknya.

    ReplyDelete
  3. jadi platform yang satu ini cihuy ya mba hehehe.. btw do they have classes for reguler subjects but done in English?

    ReplyDelete
  4. Hhhaaa, iya banget Rie, RUangbelajar hadir ditengah pandemi berassa sepoi2 angin segar buat bu ibu dan anak2 yaaa. Setidaknya membantu banget saat PJJ dan bisa menjadi solusi juga, karena udah ga diragukan lagi kualitas Ruangguru ini, terbaik.
    Wkakakka kbayang tuh tatkala ujian ujug-ujug listrik padam., auto sambungan internet pun ikut mati, data ga punyaaa selama di rumah ngandelin wifi aja. Sudah bobo cantik deh!

    ReplyDelete
  5. Hahahaaa, mbaaa pancinya sekarang udah aman dong ya. Anak2 terbantu dengan bimbel online dari Ruang Guru yaa. Eh nggak sampai 100 ribu ya sebulannya mba? masih cukup terjangkau buat aku, nanti bisa dicobain nih. Ada fitur minat dan bakat jg yaa. Cakep2 fiturnyaa

    ReplyDelete
  6. Benar banget ini mbak
    aku juga baru ajak anakku daftar bimbel online di Ruangbelajar by Ruangguru ini
    Jadi klo ada soal soal yang sulit lagi, sekarang sudah aman
    Belajar di Ruangguru sangat menyenangkan, video animasi pelajarannya menarik

    ReplyDelete
  7. Baru aja selesai meeting online dengan pihak Sekolah anak Cikalku, langsung mampir kesini. Dan jadi ingin daftarin Bimbel di Ruang Guru, karena proses pembelajaran yang fun adalah kunci banget di masa Pandemi ini, supaya Anak gak mudah jenuh namun tetap dapat menimba ilmu.

    ReplyDelete
  8. Aku juga tertarik untuk pakai ruangbelajar buat anakku, Mak.. Tadinya kupikir mahal, ternyata jauuuh lebih murah dari bimbel biasanya. Yang paling bikin anakku tertarik sih fitur PET Mission itu, jadi belajarnya seru, kayak main game aja gitu.

    ReplyDelete
  9. Aku tertarik karena harga layanannya yang masih terjangkau ya mba ini aja yang tingkat SMK ternyata 600K aja yah buat setahun, jadi inget dulu pas zaman sekolah udah mah pulang mahal eh harga bimbelnya juga lumayan banget

    ReplyDelete
  10. Ruangbelajar di ruangguru memang sangat membantu apalagi di musim pandemi kayak sekarang. Anak-anak tidak bisa secara langsung diajari gurunya. Sayapun sering ngintip video-video pembelajarannya, menarik banget dan gampang diikuti oleh anak-anak.

    ReplyDelete
  11. Yeah, tahun ajaran baru, semangat belajar lagi!
    Belajar dengan cara yang menyenangkan ya di Ruangbelajar by Ruangguru ini, asyik, anak-anak bakal lebih cepat memahami materi yang diajarkan. Orangtua pun bisa memantau perkembangan belajar anaknya.

    ReplyDelete
  12. Tahun ini kota saya masih daring.. padahal kota sebelah sudah luring. Karena anak mulai bosan (udah ngarep tatap muka) jadi saya pengen suasana yang berbeda. Ruangguru bisa banget jadi alternatif :)

    ReplyDelete
  13. Iyaa sepertinya Ruang Belajar ini bisa membantu anak lebih memahami materi pelajaran di sekolah ya Mbak karena disampaikan dengan lebih fun dan seru..

    ReplyDelete
  14. Ruangbelajar ini membuat anak belajarnya makin semangat dan tidak membosankan.

    ReplyDelete
  15. Menarik banget nih emang belajar secara online di ruang guru ya.. Kayaknya buat makin memantapkan belajar anak..mending pake ruang guru ya..biayanya juga terjangkau..

    ReplyDelete
  16. Aku sering baca pengalaman teman-teman yang menggunakan Ruang Belajar by Ruanguru ini. Kalau aku perhatikan kian hari makin banyak inovasinya, ya, Mbak? Ada Pet Mission-nya segala, ya ampun kepikiran aja deh. Ini mah kayaknya jadi aku yang mau belajar biar bisa punya Pets-nya haha. Dan setuju banget, paling deg-degan kalau anak minta bantuan ngerjain PR. Takut salah euy menghadapi soal-soal anak sekolahan zaman now.

    ReplyDelete
  17. Tahun baru ini atau tahun ajaran baru ini tentu sangat berbeda banget dan penting banget adanya ruang belajar ini buat anak-anak

    ReplyDelete
  18. cara pembelajaran di ruang guru menurutku menarik banget jadi enak juga anak2 untuk belajarnya. dari video yg mudah dipahami dan ada bank2 soal yg seru jd mamanya ga ribet nulis soal lagi, hehehe

    ReplyDelete
  19. Aku suka...aku suka.
    Terutama bagian afforble price dan hemat kuota.
    Aku suka bingung kalau anak-anak sekarang gak paham materi pembelajaran di sekolah. Karena caraku mengerjakan uda beda banget sama cara anak zaman sekarang.

    Jadi need help to study?
    Instal dan berlangganan apps ruangbelajar dari ruangguru aja yaa..

    ReplyDelete
  20. Tahun ini saya belajar dengan dua anak SD. Yang satu sih kelas 1, meskipun perlu didampingi tapi pelajaran masih ringan. Nah yang gede ini yang berat karena kelas 5, butuh fokus karena mau menghadapi AKM. Kalau tips ala saya itu persiapan rutin setiap malam. Jadi malam hari anak-anak wajib belajar, besok paginya udah enak krn udah paham materi yg mau dikasih guru. Tinggal kerjain tugas deh.

    ReplyDelete
  21. Ruang guru memiliki fitur yang sangat lengkap, sangat membantu aktivitas belajar anak saat ini
    #ainhy edelweiss

    ReplyDelete
  22. Anakku sudah daftar dan downloadn aplikasi ruang guru nih, produknya banyak ya ada ruang belajar juga yang bikin orangtua tambah kebantu selama anak-anak pjj ini

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.