3 Alasan Utama Mahasiswa Kedokteran Perlu Kursus Bahasa Inggris

3 Alasan Utama Mahasiswa Kedokteran Perlu Kursus Bahasa Inggris Secara Online. Belajar bahasa Inggris merupakan kesempatan luar biasa untuk mengenal bagian lain dunia. Secara sudah jadi rahasia umum jika Bahasa Inggris memainkan peran penting dalam ilmu pengetahuan, teknologi informasi, bisnis dan berbagai aspek kehidupan sosial lainnya. 

Terlebih di era digital yang  semakin global, serba terhubung dengan berbagai negara dari berbagai belahan bumi  dan tentunya membutuhkan kemampuan komunikasi yang universal, yaitu Bahasa Inggris. Bismillahirrahmaanirrahiim Bahasa Inggris yang dinobatkan sebagai bahasa Internasional, maka memiliki skill menggunakan Bahasa Inggris menjadi salah satu soft skill yang semakin urgent bagi bagi generasi milenial, pelajar, mahasiswa dan post graduated yang sudah menekuni karir. Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu portofolio yang tak bisa dihindari lagi karena hampir tiap hari HARUS bersinggungan dengan kalimat-kalimat yang menggunakan Bahasa Inggris. 

Saya sendiri yang kuliahnya di jaman doeloe merasakan galau dan dilematisnya mencerna buku-buku kuliah (teknik kimia) terbitan luar negeri. Apalagi jaman now yang dibaptis sebagai era global, semua jurusan kuliah tentunya  membutuhkan dan merasakan betapa penting dan perlunya mememiliki kemampuan Bahasa Inggris yang fluently, baik yang ambil jurusan teknik, eksak maupun sosial, ekonomi, psikologi, hukum dan jurusan kuliah lainya ). 
Fenomena ke-urgent-an untuk segera upgrade skill Bahasa Inggris juga dirasakan oleh anak kami yang belum lama ini (tepatnya tahun ajaran lalu) yang dinyatakan Lulus seleksi SNMPTN 2020 pada program studi Kedokteran di UB. Rangkaian panjang “perjuangan” Aida untuk masuk PTN dan menjadi mahasiswa kedokteran, kini membawanya pada awal perjuangan baru dan salah satunya adalah kebutuhan untuk meningkatkan skill Bahasa Inggris agar bisa survive di kedokteran, baik skill reading,  listening, speaking, dan  writing.

Kenapa berkemampuan Bahasa Inggris bisa  se-urgent itu, khususnya bagi Mahasiswa Kedokteran seperti anak kami tersebut ?

  • Dinamika riset di dunia kedokteran dan medis sangat cepat, makanya referensi buku dan jurnal penelitian untuk mahasiswa kedokteran biasanya serba berbahasa Inggris. Lha kalau mau menggunakan edisi terjemahan Bahasa Indonesia, bisa  tidak up to date lagi. 
  • Hampir semua materi kuliah, handbook, tutorial laboratorium, jurnal dan semua referensi yang related dengan dunia medis tersaji dalam bahasa Inggris. Bahkan tak jarang soal ujian juga diberikan dengan Bahasa Inggris, minimal ada saja penggunaan istilahnya dalam Bahasa Inggris. Intinya mau ga mau harus bisa reading ( yang tak hanya membaca tapi memahami konteks dan maksud isi tulisan). Kalau gak bisa reading Bahasa Inggris, truus gimana akan bisa memahami materi yang ada, bahkan sangat mungkin akan mengalami kesulitan juga saat ujian. 
  • And let’s say,  menggunakan buku kedokteran versi terjemahan, siapa yang bisa menjamin hasil terjemahan buku tersebut 100% sama isinya dengan versi buku asli?. Sebaik-baiknya buku versi terjemahan, kemungkinan ada gap interpretasi masih sangat besar. Novel terjemahan saja kadang masih banyak narasi yang bikin roaming, apalagi terjemahan buku engineering, medis atau kedokteran.  Jadi tetap prefer (PERLU) untuk membaca handbook versi asli yang berbahasa Inggris,  meski sudah punya edisi terjemahan. 
Setidaknya (versi pengamatan saya) minimal ada 3 alasan utama Mahasiswa Kedokteran Perlu Kursus Bahasa Inggris dan alasan yang pertama terasa paling substansial.  Saya yakin masih banyak alasan lain yang tak kalah pentingnya kenapa memiliki kemampuan berbahasa Inggris merupakan (salah satu) ketrampilan primadona yang perlu dimiliki oleh generasi milenial (khususnya). 

Alasan-Utama-Mahasiswa-Kedokteran-Perlu-Kursus-Bahasa-Inggris

Semua alasan dan sebab kenapa bisa berbahasa Inggris dengan aktif dan lancar tersebut secara simultan bisa menjadi motivasi (memaksa) untuk sesegera mungkin melakukan achievement Bahasa Inggris, khususnya untuk penguasaan GRAMMAR (Tata Bahasa), TENSES, VOCABULARY dan  SKILLS (reading, listening speaking, writing ).

Then, bagaimana caranya Up Grade Skill Bahasa Inggris secara Lengkap dan Gak pake Ribet ? 

Waktu yang terbatas, iya sih terdengar klasik alasan ini, tapi ya memang adanya demikian. 

Semenjak jadwal kuliah resmi dimulai tahun lalu dan dimasa pandemi pula sejak awal kuliah, hampir setiap hari dan seharian full time duduk anteng di depan laptop mengikuti kuliah secara daring. Apalagi menyambut tahun ajaran baru ini, Aida menjelang semester 3 yang kemungkinan masih dilaksanakan secara PJJ, besar kemungkinan ritme kuliahnya akan masih sama seperti 2 semester sebelumnya. Hampir tiap hari secara full day kuliah secara online yang dilanjutkan mengerjakan setumpuk tugas yang serba kejar tayang, antara tugas matkul dan membuat video-video praktek ala-ala dokter menghadapi pasien. Saya yang hanya melihatnya saja puyeng, apalagi yang ngejalanin cobak ?

Alhasil ambyar dong sederet ritual belajar bahasa Inggris yang biasanya dilakukan secara mandiri dengan metode doing by learning:

  • mendengarkan lagu bahasa inggris sambil menerjemahkan  lirik - lirik lagu tersebut, 
  • menonton film yang menggunakan bahasa inggris tanpa subtitle untuk menambah kosa kata
  • sesekali  menyempatkan membaca buku berbahasa Inggris dan membuat re-write.

Lalu, bagaimana cara belajar Bahasa Inggris dengan keterbatasan waktu yang ada? Apalagi kondisi pandemi dengan yang mengharuskan kita untuk social distancing, pembatasan publik dan penutupan tempat umum, termasuk tempat les tentunya.

Well, salah satu pilihan yang  layak untuk dipertimbangkan adalah kursus Bahasa Inggris Online di English Academy. Dari sekian banyak pelanggan yang sudah menggunakan Kursus bahasa inggris online di English Academy umumnya memberikan testimony positif bahwa English Academy ini banyak nilai plus, antara lain biaya yang relative lebih murah, jadwal dan tempat belajar fleksibel, hingga program unggulan yang tidak kalah dengan kursus bahasa inggris secara offline.

Secara lebih detail, berikut ini kelebihan belajar Bahasa Inggris di English Academy yang bisa menjadi bahan pertimbangan  bagi siapa saja yang sedang mencari les Bahasa Inggris online:

  1. Kursus  Bahasa Inggris terbaik dengan pengajar professional ( Master Teacher ) berstandar internasional, berpengalaman, didukung oleh pengajar berpengalaman dan, pembelajarannya tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dan tepat sasaran.
  2. English Academy Menggunakan kurikulum berstandar internasional  yaitu kurikulum Cambridge yang digunakan oleh kursus-kursus Bahasa Inggris dunia. 
  3. Terampil Beragam Keterampilan Berbahasa Inggris dengan Cepat dan Mudah karena kegiatan belajar bahasa Inggris menggunakan Program Explorer yang menyenangkan, dirancang secara khusus untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sehingga lebih tepat sasaran. Pelajar diajak berpartisipasi dalam permainan dan kegiatan kelompok 
  4. Kelas Online Interaktif dan Berbasis Teknologi.  Akses ribuan materi dan video belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan. Dengan live teaching oleh pengajar internasional, pelajar diberi kemudahan dalam mengakses dan menyerap pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan belajar secara optimal.
  5. Program TOEFL iBT Complete Prep yang dirancang untuk mengoptimalkan persiapan dalam mengikuti TOEFL iBT. Program ini secara khusus membahas materi TOEFL iBT  Complete Prep berkulitas secara intensif selama 26 kali pertemuan dalam dua bulan. Pada program ini, kita juga bisa berdiskusi langsung dengan guru terkait materi TOEFL iBT

Apa saja siih PROGRAM KURSUS BAHASA INGGRIS di English Academy ? 

Program kursus di English Academy  dapat diikuti oleh semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, sampai karyawan dan masyarakat umum. Istimewanya jika Kursus bahasa inggris online di English Academy, setiap kelas akan dikelompokkan berdasarkan usia dan hasil placement test yang diselenggarakan secara GRATIS .

Berikut ini pilihan paket belajar yang bisa dipilih di English Academy

  • Program Runner Usia 7-10 Tahun.  Dalam kelas ini, anak-anak akan diajak untuk mengenal dan memahami berbagai macam tata Bahasa Inggris secara interaktif.  Metode dan  materi pembelajaran dirancang  agar mudah dipahami dan menyenangkan, disesuaikan bagi anak dengan rentang usia 7-10 tahun.
  • Program Sprinter Usia 11-14 Tahun. Program Sprinter ini untuk mengasah keterampilan lanjutan Bahasa Inggris. Dengan metode belajar yang menyenangkan, disusun agar relevan bagi pelajar berusia 11–14 tahun. 
  • Program Ranger Usia  15-18 Tahun.  Program Ranger ini secara intens dirancang untuk meningkatkan keterampilan lanjutan Bahasa Inggris pelajar SMA, relevan bagi pelajar berusia 15–18tahun. 
  • Program Explorer Di Atas 18 Tahun, Kursus Bahasa Inggris untuk karyawan dan umum. Kelas Explorer ini dirancang untuk mempertajam kefasihan Bahasa Inggris bagi tingkat pelajar dewasa (mahasiswa) dan umum.

Bisa disimpulkan bahwa English Academy memang menargetkan untuk meningkatkan keterampilan pelajar agar fasih berbahasa Inggris, sehingga mereka dapat bersaing pada tingkat internasional. Untuk mendukung semua program-program tersebut, English Academy mengoptimalkan sistem pembelajaran interaktif berbasis teknologi, seperti Live Teaching dan rekaman video belajar yang mudah diakses kapan saja.

 Truuus Berapa Biaya Kursus Bahasa Inggris Online di English Academy ? 

Kursus  Bahasa Inggris online dengan kurikulum andalan yang interaktif dengan pengajar dan kurikulum berstandar internasional,  dibandrol dengan harga langganan yang funtastis, terjangkau untuk semua kalangan. 

Apalagi saat ini sedang ada Program Promo English Academy.  Daftar sekarang, bisa meraih kesempatan dapat diskon hingga 80% dan tambahan potongan hingga Rp150.000. Daftar sekarang dan harga yang kamu dapatkan jauh lebih murah dibandingkan tempat les online sejenis dan akan mendapatkan diskon menarik.

Salah satu contoh Harga Spesial Untuk Program Explorer, Paket kursus 3 bulan cukup membayar Rp. 1.687.500. Lebih murah lagi jika mengambil paket kurusus 1 tahun, cukup membayar Rp. 5.625.000,-

Singkat cerita, secara comprehensive English Academy by Ruangguru ini menawarkan les Bahasa Inggris yang dirancang sedemikian rupa agar pelajar lebih mudah dalam menyerap semua kurikulum yang diberikan  sehingga memiliki skill:

  • Speaking   dengan percaya diri berbahasa Inggris, baik secara formal atau informal.
  • Reading yang dapat membaca dengan efektif, bacaan keseharian hingga artikel akademis.
  • Listening and Writing, yakni kemampuan menyimak, mendengar dan memahami konten atau materi audio visual dalam bahasa Inggris dan kemudian untuk menuangkan ide dan  pendapat  dalam tulisan kreatif hingga esai.

Masih pengen tahu lebih detail, cuss saja  klik http://www.english-academy.id/, dan jangan kaget ya jika ternyata biaya Kursus bahasa inggris online di English Academy lebih murah dibandingkan kursus sejenis lainnya.


Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

24 comments:

  1. Bener banget mbak, kuliah kedokteran ki buku2ne udah bahasa Inggris, tebel2 n banyakan import, klo gak belajar bahasa Inggris gimana coba?
    eh eh anake mbak ririe ki dh kuliah kedokteran? kok emake ijih ketoke enom banget ta???

    #mlayuNdakdibuntelkarung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, anak yang nomer 2 itu Mas. Yg mbarep weh meh lulus...jadwalnya KKN sekarang tp blm bisa krn PPKM.

      #iya Alhamdulillah nikahnya paket kumplit soale, jadinya makmut = mamak imut akutuh...hehehe...

      Delete
  2. Dulu mbak kosan aku ada yang kuliah kedokteran dan semua bukunya bahasa inggris. Hehe.. gimana bisa ngerti ya kalau bahasa inggrisnya saja masih belepotan? jadi memang penting ya belajar bahasa asing karena kelak kemampuan itu akan menjadi skill yang terpakai dan tidak akan sia-sia

    ReplyDelete
  3. Yap, apapun profesinya belajar bahasa inggris itu penting banget, saya aja sudah segede gini masih ikut kelas online untuk belajar bahasa inggris. English Academy bisa banget jadi rekomendasi yang tepat.

    ReplyDelete
  4. Temenku yang kuliah kedokteran juga tiap kutanya-tanya soal ini itu, dia sering banget ngirim artikel atau jurnal yang isinya Bahasa Inggris.

    Emang bener, Bahasa Inggris itu penting banget ya untuk dipelajari di zaman sekarang, apalagi buat yang kuliah kedokteran. Untung aja sekarang udah banyak aplikasi yang bisa membantu buat belajar bahasa, jadi makin terbantu deh:D

    ReplyDelete
  5. kalau mahasiswa kayaknya wajib deh mbaa bisa bahasa inggris. apalagi kalau jurusan eksak yaa, pasti bakal berkutat sama jurnal2 terus tuhhh dan rata2 ya jurnal asing hehehe

    ReplyDelete
  6. Bener banget mba, saya punya temen anak kedokteran pas kuliah aja buku pinjeman dari perpus pake bahasa inggris semua.
    Selain buat baca referensi mungkin juga untuk mempersiapkan dokter yg bisa ngobrol pakai bahasa inggris, siapa tau dapet pasien bule mendadak. Hehe

    ReplyDelete
  7. Kebayang kalau mahasiswa kedokteran ngga bisa bahasa Inggris, pasti kesulitan baca jurnal kesehatan yang sebagian besar berbahasa Inggris.

    ReplyDelete
  8. Bener mba, zaman kuliahku dulu anak kedokteran diktat kuliah bhs indonesianya dikit yg bisa dijadikan referens, jadinya mereka fotokopi diktat kuliah bhs inggris gitu, mana banyak istilah asing yang harus mereka pelajari lagi

    ReplyDelete
  9. Wah, selamat Mbak, anaknya diterima di fakultas kedokteran ya. Semoga lancar dan semangat belajar. Aku setuju memang bahasa Inggris itu kebutuhan tak terelakkan bukan hanya kewajiban karena semua referensi medis ditulis dalam bahasa Inggris. Hampir semua jurusan sih, makanya English Academy bisa jadi solusi agar anak-anak up-to-date dengan skill bahasa Inggris yang mumpuni. Bisa belajar di rumah jadi aman selama pandemi, murah pula.

    ReplyDelete
  10. Anak kedokteran ini beneran wajib fasih bahasa Inggris, karena jurnal-jurnal kuliahnya dominan bahasa inggris, belum lagi saat menghadiri seminar internasional.

    ReplyDelete
  11. waw mantab banget bisa lolos FK UB. Selamat utk Kak Aida. Selamat belajar bahasa inggris ya karena bahasa inggris kedokteran pasti agak sulit ya.. bahasa indonesianya kedokteran aja bikin kepala mikirr hehe

    ReplyDelete
  12. saya sudah lama juga ga pakai bahasa inggris jangan-jangan lupa lagi ya ehhehe wajib banget ambil kursus lagi apalagi rencana ambil sekolah lagi

    ReplyDelete
  13. Wah, selamat Aida bisa lolos kedokteran UB. Semoga Dani juga bisa mengikuti jejak Aida, ya. Btw, bahasa Inggris emang penting banget untuk nambah skill kita. Beruntung ada English Academy yang sangat mudah diikuti sekarang.

    ReplyDelete
  14. Dinamika riset yang cepat dalam dunia kesehatan, mau nggak mau memaksa sesiapa saja yang terjun di dunia kesehatan untuk turut memperdalam kemampuan bahasa Inggris. Perlu banget untuk mengembangkan diri dan berkembang di bidang karir ya.

    ReplyDelete
  15. Aku juga senang dengan English Academy by Ruangguru. Anak saya juga bisa belajar sejak dini lebih intens.

    ReplyDelete
  16. aihhh auto fokus keterima di Brawijaya, satu almamater dong ama aku hehehe. BTW belajar bahasa inggris sih penting banget, apalagi banyak buku dan jurnal yang dipake berbahasa Inggris. jadi penting

    ReplyDelete
  17. Wah English academi ini bisa untuk umum juga yaa, kategori Explorer... Cocok banget nih. Aku ada rencana mau les bahasa Inggris soalnya. Pengen mendalami, memperlancar English deh karena emang butuh banget yaa kita

    ReplyDelete
  18. MashaAllah, senangnya masuk kedokteran UB :D semoga lancar-lancar dan cita-citanya tercapai :D bahasa Inggris ini memang penting sekali sih apalagi bagi anak kedokteran, udah akrab sama jurnal2 internasional yang paling update. Nah untuk skillnya meningkat bisa menggunakan les dari English Academy ya, kurikulumnya sudah cambridge juga :D

    ReplyDelete
  19. I got it kak dan totally agree. Aku sekarang punya keponakan yang sedang kuliah semester awal di kedokteran. Ya begitu, English becomes so important to her.

    ReplyDelete
  20. Bahasa Inggris wajib deh buat calon dokter yg notabene buku referensi belajarnya bnyk yg memakai bahasa Inggris. Cucok ya klu belajar di English Academy yg tenaganya profesional.

    ReplyDelete
  21. Buku dan materi pembelajaran mahasiswa kedokteran itu yang aku tahu gede-gede. Banyak sumber berbahasa Inggris. Dorongan untuk menguasai bahasa ini memang lebih besar di kedokteran ya rupanya.

    ReplyDelete
  22. kalau kuliah ini memang puyeng banget pas harus baca bahan dengan bahasa inggris. memang penting banget ya, mbak menguasai bahasa inggris ini buat semua kalangan

    ReplyDelete
  23. Natural Herbs Clinic recommends Herbal product for Achalasia to get rid of the problem naturally without any side effects. Herbal Remedy for Achalasia is made with herbal elements and has outstanding results in the natural recovery of esophagus problems.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.