3 Khasiat Jahe Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

3 Khasiat Jahe Merah yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh. Omo siapa yang tidak kenal dengan tanaman jahe merah? Jahe merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang mengandung banyak senyawa alami yang bermanfaat untuk kesehatan serta untuk suplemen kesehatan agar bugar secara alami.  

Bismillahirrahmaanirrahiim, tanaman Jahe yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale, merupakan tanaman rimpang yang sangat hype diantara tanaman rempah-rempah dan bahan obat yang ada di Indonesia. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, konsumsi tanaman jahe meningkat drastis sebagai salah satu jenis minuman tradisional yang menyehatkan serta menghangatkan tubuh. 

Setidaknya ada 3 varietas tanaman jahe yang memiliki ciri khas yang dominan dengan rasa pedas yang disebabkan adanya senyawa keton bernama zingeron. 3 jenis tanaman jahe tersebut adalah:
  • Jahe gajah atau biasa dikenal juga dengan nama jahe badak. Sesuai dengan namanya, jahe jenis ini memiliki rimpang yang gemuk dengan rasa kurang begitu pedas, yang berwarna agak kuning hingga putih.
  • Jahe kuning yang lebih akrab digunakan untuk bumbu dapur, memiliki warna daging yang kekuningan, ukuran rimpang tidak terlalu besar dan rasanya memiliki tingkat kepedasan sedikit lebih pedas dibandingkan jahe gajah.
  • Jahe merah memiliki ukuran rimpang paling kecil namun sensasi rasa pedasnya paling hot dibandingkan dua jenis jahe lainnya. Jahe merah ini mengandung minyak atsiri tinggi sehingga proper untuk bahan dasar farmasi dan jamu tradisional. 
3Khasiat-Jahe-Merah-untuk-Kesehatan-Tubuh
picture from Herbana (edited by me)

Well, jadi lebih tahu kenapa varietas Jahe Merah naik daun karena memiliki  khasiat kesehatan yang emejing. 

Khasiat jahe merah sudah dikenal sejak lama dan merupakan rahasia umum jika memiliki manfaat kesehatan yang sangat bejibun bagi tubuh manusia. Perlu diketahui juga bahwa jahe merah memang sedikit lebih berbeda dengan jahe pada umumnya. Jahe merah sangat identik dengan warna merahnya dan sudah terkenal sebagai bahan obat-obatan herbal. 

Tidak hanya identik pada warnanya saja yang cenderung lebih merah, jahe merah juga dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang memiliki rasa pedas yang kuat. Untuk itu, tidak heran jika jahe merah memang banyak digunakan untuk obat-obatan jika dibandingkan untuk bumbu masakan. 
Jahe merah mengandung banyak kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, misalnya seperti shogaol, zingeron dan gingerol dan masih ada beberapa kandungan lainnya. Karena kandungannya yang sangat beragam tersebut, tidak heran jika jahe merah banyak mengandung zat aktif yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. 
Menjadi salah satu jenis tanaman yang mengandung ribuan manfaat, tidak heran jika di pasaran jahe merah banyak dicari dan diburu oleh masyarakat. Karena kandungannya yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh, disisi lain juga bisa digunakan untuk berbagai macam kepentingan manusia. Penasaran dengan apa saja khasiat jahe merah? Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa penjelasannya: 

1. Untuk menghangatkan tubuh 

Manfaat yang pertama dari jahe merah bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh. Hal ini karena jahe merah memiliki rasa yang cukup pedas, jadi akan sangat berguna untuk menghangatkan tubuh. Jadi jika suatu saat mungkin Ketika sedang masuk angin dan badan menggigil kedinginan maka membuat minuman jahe merah adalah pilihan yang sangat tepat karena bisa menghangatkan tubuh. 

2. Meredakan gejala batuk 

Jahe merah memang memiliki sensasi yang hangat saat dikonsumsi, jadi tidak heran jika jahe merah sering dimanfaatkan untuk mengatasi gejala sakit tenggorokan atau batuk. Meski demikian sebenarnya yang menjadi alasan kenapa banyak yang menggunakan jahe merah untuk batuk adalah dikarenakan jahe merah mengandung flavonoid yang merupakan salah satu senyawa yang bisa menghilangkan sifat peradangan atau memiliki sifat anti peradangan. 

3. Mengurangi kolesterol 

Apabila Kita memiliki masalah kolesterol yang tinggi, Kita bisa konsumsi jahe merah untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam darah Kita. Karena jahe merah dipercaya bisa menghancurkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh dan merupakan salah satu penyebab tingginya kolesterol dalam tubuh Kita. Selain itu, jahe merah memang tidak hanya bagus untuk penderita kolesterol saja namun juga bisa digunakan untuk mencegah atau terhindar dari kolesterol tinggi. 

Beberapa Khasiat jahe merah untuk kesehatan yang disebutkan di atas akan sangat berguna bagi Kita jika suatu saat ada gangguan kesehatan yang menyerang tubuh. Saya sendiri kalau mengkonsumsi jahe merah sukanya yang simple-simple saja, digeprek kemudian dikasih air panas, udah deh diminum hingga kandas. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, mengonsumsi minuman-minuman yang berbahan rempah-rempah seperti jahe merah ini recomended buat meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, sebagai info menggembirakan kalau  membutuhkan obat herbal yang menggunakan bahan jahe merah kita bisa mencari ramuan jahe merah yang berkualitas di Herbana, salah satu produsen obat herbal terbaik yang bisa kita jadikan sebagai pilihan yang tepat. 

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

26 comments:

  1. Yuhuuu pecinta jahe Merah hadir, aku suka banget minuman hangat yang beraroma jahe.
    Sampe ada cafe dengan menu kopi rempah ada jahenya dan menjadi favorit. LAgian udah ga diragukan lagi manfaatnya jahe ini ya.

    ReplyDelete
  2. Pas banget buat pandemi memang, agar daya tahan tubuh terjaga. Mengonsumsi minuman-minuman yang berbahan rempah-rempah seperti jahe merah ini akan meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi jika ada yang praktis seperti Herbana

    ReplyDelete
  3. Dalam khasana herbal Indonesia, jahe merah punya kasta tertinggi dari sisi rimpang-rimpangan ya Mbak. Tak hanya jadi campuran herbal, dibuat minuman langsung dengan hanya diberi gula aren, jahe merah sudah terlihat manfaatnya

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak banget manfaat jahe merah yaaah,
    Kebeneran di depan komplek ada yang suka jual dicampur susu gitu, suami sering beli aku minta seteguk dua teguk hehehe

    Emang bikin badan jadi hangat dan lebih seger yaah

    ReplyDelete
  5. Saya kalau minum jahe juga di geprek aja terus tambahi air panas.
    Kini ada ramuan jahe merah dari herbana, jadi tinggal seduh aja ya mbak

    ReplyDelete
  6. aku juga suka banget mba karena saat panas begini kan jad sering di ruang ber-AC atau di depan kipas angin yang bikin kembung. Jahe merah bantu banget yaaa

    ReplyDelete
  7. Aku juga sering nih minum wedang jahe dari angkringan. Rasanya hangat dan bikin nagih. Badan rasanya jadi lebih enteng gitu..

    ReplyDelete
  8. Kusuka jahe dengan kunyit kuning atau kunyit putih, dengan gula merah, Mbak Rie ... dengan jahe merah lebih joss lagi katanya, Mbak.

    ReplyDelete
  9. Jahe merah lebih pedas dan lebih hangat. Juga lebih wangi... Saya suka jahe merah dibandingkan jahe gahaj atau yang kecil itu. Kalau ada yang praktis tinggal beri air gini mah enak ya

    ReplyDelete
  10. benar banget mbak
    jahe merah ini punya banyak manfaat
    aku juga rutin konsumsi jahe merah ini
    beli yg di herbana, praktis tinggal seduh

    ReplyDelete
  11. Pas banget dengan adanya pandemic seperti ini kita butuh banget menjaga imunitas salah satunya dengan khasiat jahe merah seperti ini aku juga suka sih

    ReplyDelete
  12. Aku taunya jahe itu dua jenis, jahe biasa sama jahe merah. Ternyata malah ada 3 jenis gini, ya. Buat menghangatkan tubuh atau kembung aku suka minum jahe merah. Dan enak baget kalau anginnya keluar sesudahnya. Entah itu sendawa atau kentut huehehe tapi ya liat-liat situasi sih. Kalau di depan orang banyak jadi aib hahaha

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Aku paling suka exfoliating. Berasa bersiih udahannya.
    Kalau untuk menghilangkan komedo putih, bisa gak yaa...menggunakan iUNIK Lime Moisture Mild Peeling Gel?

    ReplyDelete
  15. Jahe emang banyak macamnya ya, dan aku baru tau manfaat jahe merah itu juga banyak ya. Yang suka buat sayur berarti jahe putih ya.

    ReplyDelete
  16. Sudah sering baca manfaat jahe merah tapi belum pernah nyoba kayanya. Daripada repot nyari jahe merah bisa langsung konsumsi Herbana aja ya, Mbak, untuk merasakan khasiat jahe merah.

    ReplyDelete
  17. Saya juga suka minum jahe merah, enak ke perut bikin hangat, btw baru tahu ternyata bisa menurunkan kolesterolšŸ˜‡

    ReplyDelete
  18. Ramuan super deh kalo udah pake jahe merah..udah rasanya enak..khasiatnya juga banyak banget.. Apalagi kalo ada yang tersedia dalam bentuk yang praktis..

    ReplyDelete
  19. Ternyata jahe bisa mengurangi kolesterol ya.
    Herbana ini ada banyak banget loh, dan aku konsumsi jg buat kalo dah ga enak badan susah tidur

    ReplyDelete
  20. Jahe bisa ngangetin badan kapanpun saat diperlukan. Tapi ngeramu jahe itu emang pegel butuh effort, kalau ada yang langsung gini enak mak praktis bisa konsumsi jahe merah

    ReplyDelete
  21. Enggak heran ya Mbak jahe merah ini banyak dicari orang, karena khasiatnya memang banyak. Aku sendiri kayaknya belum pernah deh mengonsumsi jahe merah yang bener-bener bikin sendiri gitu. Biasanya beli yang instan :)

    ReplyDelete
  22. Jahe merah nih katanya lebih pedes dari jahe putih ya mbak? Aku jarang lihat sih kalau gak bener2 nyari gtu mungkin di supermarket malah adanya. Wah manfaatnya buat kesehatan banyak banget ya emang, baru tau bisa mebguragi kolesterol jg.

    ReplyDelete
  23. Ya pantesan harga jahe merah lumayan mahal dibanding jenis variates jahe lainnya ternyata memang kaya manfaatnya ya mbak. paling populer emang digeprek campur air panas buat menghangatkan badan

    ReplyDelete
  24. daaaaaan masih banyak lagi manfaat jahe merah ya Mba. Aku juga suka beli jahe merah buat digeprek terus direbus. Nanti airnya diminum dan bisa ditambah temulawak, serai dll. Enak banget mba

    ReplyDelete
  25. Tim jahe merah yang memang berkhasiat, berasa anget badannya liat foto jahe dan cerita khasiatnya

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.