WHAT'S NEW?
Loading...

Tanggap Darurat Bencana: Bebersih bergotong Royong

Setelah Hujan Abu dari Gunung Kelud memandikan wilayah Jogyakarta dan beberapa hari Bismillahirrahmaanirrahiim berdamai dengan deru debu dimana-mana, hujan yang dirindukan akhirnya mengguyur dengan ritmenya yang sedikit deras. Walau hujan yang turun semalam [ 16 Pebruari sekira pukul 21.00-an] berlangsung dalam durasi kurang dari satu jam, Alhamdulillah sudah bisa meluruhkan debu-debu yang menempel di dedaunan dan atap rumah, luruh di permukaan tanah berubah jadi seperti lumpur adengan warna agak keputihan. Nah, dalam rangka aksi Tanggap Darurat terhadap kiriman abu vulkanik dari Gunung Kelud, maka di awal pekan minggu ketiga ini dilakukan gerakan Bebersih Gotong Royong semua Instansi  di Lingkungan Pemkab Sleman.


Sebenarnya, sejak dikeluarkan status Tanggap Darurat pada 14 Pebruari, serangkaian aksi tanggap darurat bencana memang sudah mulai dilaksanakan sejak Hari Jumat lalu dengan membagikan masker dan melakukan penyiraman jalan-jalan raya/protokol. Adapun ikhtiar penyiraman jalan protokol menggunakan jet pump tersebut tidak mampu menyapu bersih Abu kelud, ya maklum meski jalan raya sudah di guyur air tapi area di luar jalan raya yang ditutupi debu kan masih utuh debunya. Oleh karena itu dan mumpung semalam sudah turun hujan, Dalam rangka Tanggap Darurat bencana Gunung Kelud meletus, segenap instansi di lingkungan PemKab Sleman melakukan gerakan bersih-bersih abu vulkanik secara gotong royong mulai pagi sampai siang sekira jam 14.00 WIB.
Tanggal 17 Pebruari yang sedianya merupakan jadwal untuk upacara pun dialihkan untuk take action Tanggap darurat dengan kerja bakti dan bergotong-royong melakukan pembersihan tumpukan debu di lingkungan kantornya masing-masing. Mulai dari membersihkan dalam ruangan kantor beserta properti di dalamnya dan di luar kantor, dimana lapisan abu vulkaniknya mencap 1-5 centi meter. Penyemprotan dengan jet pump yang memanfaatkan aliran air di depan kantor dan pengerukan lapisan abu dengan sekrop, pembersihan tumpukan abu dilakukan secara beramai-ramai. Semua antusias dan menganggap It’s time to enjoy moment like childhood again: main air, hehehee..

Euforia kerja bakti Tanggap Darurat  makin tambah manis manakala berkunjung di http://eviindrawanto.com/2014/02/pengumuman-pemenang-lomba-blog-peduli-pemanis-sehat tersebutkan jika postingan Palm Sugar: Pemanisnya Hidup Sehat Alhamdulillah dinyatakan layak untuk memenangkan hadiah ketiga. Sungguh surprise banget, saya yang sedari awal memang berencana ikut GA tersebut, tapi justru baru bisa kejar setor tulisan di menit-menit terakhir. Bagaimana tidak merasa surprise, saat setor pendaftaran kala itu tulisan saya belum selesai dan baru saya lanjutkan lagi setelah berhasil submit URL-nya. #buka rahasia.  Terima kasih untuk Mbak Evi sang Sohibul hajat GA dan sang Juri Kang Lozz, semoga Palm Sugar semakin eksis dalam rangka menuju Food safety for healthy life. 


Eh, aksi bersih-bersih massa; dalam rangka Tanggap Darurat yang saya ceritakan di atas itu termasuk event atau moment ya? Apasajalah, Event atau moment Tanggap Darurat Bencana: Bebersih bergotong Royong tersebut, yang jelas merupakan pengalaman baru bagi saya. Jadi seru banget pokoknya deh…


45 comments: Leave Your Comments

  1. Semoga dengan kajadian ini kita semua dapat mengabil hikmah yang tersirat di dablik pesan alam kepada diri kita ya Mba. Semoaga segera pulih keadaannya dan kembali normal kelbali aktifitas warga masyrakatnya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, Semoga dampak gunung kelud bisa segera di atasi ya Pak:)

      Delete
  2. kompak sekali semua ikut bersih2..

    ReplyDelete
  3. ini baru jati diri bangsa Indonesia yang suka gotong royong yang dijaman sekarang udah mulai mengikis dan lebih menonjolkan sifat individualistisnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gotong royong semakin jarang, tapi smoga tdk sampai hanya jd cerita utk anak-cucu kelak ya

      Delete
  4. Suasana bebersih gotong royongnya terlihat guyub dan akrab sekali Mba. Selamat ya untuk kemenangannya di GAnya Mba Evi.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga guyub gotong royongnya mewabah dimana-mana

      Delete
  5. Asik, sambil bersih-bersih bisa sambil main air hehe

    ReplyDelete
  6. semoga masyarakat bisa sabar dan tabah...:)

    ReplyDelete
  7. kerja dan bakti bukti nyata persatuan bangsa

    ReplyDelete
  8. kalau kerja bakti kaya gini, kerjaan yang banyak kelarnya bakal lebih cepat dan seru karena dikerjain rame-rame

    ReplyDelete
  9. Ternyata Sleman juga terkena dampak dari letusan gunung Kelud, ya, mbak. Jadi ingat dulu saat bersih2 rumah ketika Bromo lagi batuk. Semoga tetap diberi kesehatan, mbak :)

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah.... Lumajang nggak kebagian abu vulkaniknya Kelud, muehehe...
    Selamat ya mbak, jadi pemenang GA lagi...

    ReplyDelete
  11. dengan bergotong royong, kerja bakti jadi lebih bersih ya hasilnya

    ReplyDelete
  12. selalu ada hikmah di setiap musibah.. hehe ^_^
    semoga sehat selalu ya teman2 disana ^_^

    ReplyDelete
  13. ada satu orang tuh yang gak ikutan gotong royong bebersih tp malah foto-foto, siapa yah?

    selamat ya juara 3 :-)

    ReplyDelete
  14. semoga para korban kelud diberi kemudahan..termasuk kami yang di Kediri yang juga merasakan amukan kelud

    ReplyDelete
  15. wkwkw. ini juga sama event tentang bencana. wkwkwkwk. => http://tamazings.blogspot.com/2014/02/kendal-floods-festival-2014.html

    ReplyDelete
  16. Sesama orang sleman nih kita, tos dulu... (terserah apa kata admin LBI hahaha)

    http://edisipertama.blogdetik.com/2014/02/18/ibu-ibu-reresik-abu-vulkanik/

    ReplyDelete
  17. butuh air banyak banget ya, mba. moga hujan jadi biar bersih lg

    ReplyDelete
  18. Hanya bisa nonton, gak bisa bantu langsung. semoga tidak ada lagi erupsi-erupsi selanjutnya mbak.

    ReplyDelete
  19. budaya gotong royong seperti yang diperlihatkan oleh warga Sleman di atas patut ditiru, terutama oleh kota-kota bsar di Indonesia.

    ReplyDelete
  20. Rumahku di Jombang dan Surabaya juga kebagian abu jeg
    Jadi ya harus bersih2 juga
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  21. postingan temaku mbak ririe :)

    http://www.honeylizious.com/2014/02/cap-go-meh-di-pontianak-tanpa-atraksi.html

    ReplyDelete
  22. semoga dengan kejadian ini kita dapat mengambil hikmahnya

    ReplyDelete
  23. weh,,lha sleman aja kek gitu, nganjuk kayak apaan ini,,
    http://mbaheariel.blogspot.com/2014/02/15thdays-festival-ala-tangsel.html

    ReplyDelete
  24. Perayaan Cap Go Meh – Dari Singkawang untuk Dunia http://kata-kutuku.net/2014/02/20/perayaan-cap-go-meh-dari-singkawang-untuk-dunia/

    ReplyDelete
  25. Sleman Slumun Slamet yo mbak.....
    titip tulisan mbak'e http://www.singbiasane.com/2014/02/saat-weekend-di-jakarta.html

    ReplyDelete
  26. semoga saja tidak ada banjir kembali.

    ReplyDelete
  27. Tradisi masyarakat Indonesia, bergotong royong apapun yang terjadi,,kapan dan dimanapun.

    http://aidamaruf.blogspot.com/2014/02/valentine-untuk-musibah-kelud.html

    ReplyDelete
  28. http://mutuku.blogdetik.com/2014/02/20/bulan-workshop-di-perpustakaan-ft-ugm/

    ReplyDelete
  29. ACARA SOSIAL http://punkjack2000.blogspot.com/2014/02/acara-sosial.html

    ReplyDelete
  30. dibalik musibah ada sisi positif dan negatifnya.. nah sisi positif sperti ini lah yg harus qt budayakan ketika ada musibah :)
    salam kenal, follback jg jng lpa

    ReplyDelete
  31. Surabaya Techno Fair hadir lagi http://yuniarinukti.com/772/surabaya-techno-fair-hadir-lagi

    ReplyDelete
  32. Inilah moment yang ada di kotaku http://taktiktek.blogdetik.com/2014/02/20/pelatihan-blog-dan-sosial-media-untuk-pemula/

    ReplyDelete
  33. Simulasi SIMAK UI di Kuningan
    http://abanggoyes.blogspot.com/2014/02/simulasi-simak-ui-di-kuningan.html

    ReplyDelete
  34. Tema : event kampus-seminar dan workshop -> http://aisyah1494.blogspot.com/2014/02/event-kampus-seminar-dan-workshop.html

    ReplyDelete
  35. Acara Melayur Jalur Simpati Pulau Aro http://www.mungkinblog.com/2014/02/acara-melayur-jalur-simpati-pulau-aro.html

    ReplyDelete
  36. asyik kayaknya bersih bersih rame rame gitu....
    kalo bisa bersihin rumah saya yaa....
    :P

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.