WHAT'S NEW?
Loading...

Nilai Pola Makan

Tahukah kita seberapa ideal pola makan kita, Bismilllahirrahmaanirrahiim  sharing dari message yang ada di Inbox YM, ini Nilai Pola Makan Kita Sendiri yang bisa diuji dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  1. Saya konsumsi berbagai jenis makanan, paling tidak 2000 kalori setiap hari (jika sering, nilai 4)
  2. Saya konsumsi minimal 5 prosi buah, sayur, atau jus setiap hari
  3. Saya konsumsi minimal 6 porsi produk sereal/biji-bijian setiap hari
  4. Saya konsumsi 3 gelas susu setiap hari
  5. Saya konsumsi lebih dari 1 porsi daging,ayam, ikan, telur, atau kacang-kacangan setiap hari
  6. Saya membatasi konsumsi lemak di menu makan saya seperti daging, minyak, mentega, krim, makanan yang digoreng, moyonaise, kue tart.
  7. Saya menghindari gula dan makanan yang manis seperti permen, kue, puding,minuman ringan, snack dan makanan instan
Nilai skor :
>11  = sangat baik
7-10 = cukup baik
<6   = Akan mengalami masalah kesehatan
Catantan untuk nilai:  0=jarang,   1=kadang-kadang,   2=sering


Yang menjadi amat penting adalah pola makan dan gaya hidup kita yang menyebabkan kita kekurangan vitamin dan mineral, seharusnya gaya hidup dan pola makan kita diperbaiki menjadi seperti ini:
1.       Makan makanan yang SEHAT
2.       Minum air yang SEHAT
3.       Beraktifitas yang SEHAT
4.     Istirahat yang SEHAT
5.     Pikiran harus SEHAT


Silahkan mulai menilai pola makan dan pola hidup dan lakukan analisa gaya hidup dengan mengisi "TABEL ANALISA GAYA HIDUP" untuk menentukan apakah gaya hidup Anda sudah SEHAT  ataukan acak kadut. Kalau belum, Anda bisa merubahnya dengan mudah...just take the start then make it as habit every day....

#From: Klub Peduli Kesehatan

182 comments: Leave Your Comments

  1. empat sehat lima sempurna ya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 SEHAT lima makin sehat..hehehe

      Delete
    2. waduh, saya ga bisa makan saperti ini mba. boro boro makan sehat, orang makan enak aja jarang. maklum, anak kost. jatah makan terbatas :D

      Delete
    3. Makan enak kan belum tentu sehat lho? Iya kaaaannnn? Meski aku bukan anak kost lagi..makannya juga terbatas lho...kadang males makan, bosen tiap hr makan nasi

      Delete
    4. heheh. iya juga ya, yang enak belum tentu sehat ya. itu intinya. ok dah, aku mau cari yang sehat tapi murah. apa ya?

      Delete
    5. sehat yang itu ta? ane sering tu. tapi ko belum sehat sehat ya? kurang banyak kali ya porsinya :D

      Delete
    6. masa sih skrg kurang sehat...?

      Delete
  2. kadang-kadang kurang dari 6.. haddduh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saia sering kurang dr enam ....huaaa

      Delete
    2. heheh. yang nulis aja kurang dari enam ya. kalau yang baca kurang, ya wajar lah :D, heheheh

      Delete
  3. saya yang anak kost lebih sering kurang dari 6 mbak ririe, hehe

    mungkin mbak ririe bisa memberikan sedikit rantang berisi makanan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rantangnya gak punya..apalgi isinya. #TOS..sama dimasakin Bu warung

      Delete
  4. hemmm...jadi lapar Mbak, soalnya ketika baca postingan ini pas waktunya makan siang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahha sama sama :))))))))))

      Delete
    2. hayuuukkkk makan, Saia di kirimin yaaa

      Delete
  5. untuk nomor 1, seing nilainya 4...., lalu untuk pertanyaan lain sering itu bernilai 2 ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangatttt Mbak...salut kalau bisa sering 4 utk nomer 1. hehhee, mklum saya lbh sering 2 skornya

      Delete
  6. hehe..
    masalah finansial terkadang menghambat kita untuk mengkonsumsi makanan sehat,,, alhasil setiap hari makannya ya.... seadanya aja.. :eeaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting ada sayur sam sambel mah kalau saya..klo makan tanpa rasa pedes bisa hilang selera makan.

      Delete
    2. hehe... kalau aku.. doyan yang kriuk kriuk... ^^ :D dan tempe (wajib) :hehe

      Delete
    3. Kalau tempe/tahu..menu wajib yg jadi lauk makan sehari-hari...#chef di kantor sadar gizi..hehehe

      Delete
  7. Kadang ada anggapan untuk menikmati sajian yang asyik , bercita rasa, dan bergizi memiliki harga yang tidak murah. Dalam artian ada kesesuaian antara makanan berharga tidak murah dengan kandungn nila gizinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya di rumah mudah dan murah KAng, kan tinggal metik sayurannya di sekitar rumah, harga tempe juga murah..cabe juga ada..lauknya ikan asin juga sedappppp...#menu original ndeso

      Delete
    2. Nah itu dia TEMPE memang asyik juga, Saya sangat suka tempe baik yang dibikin sambel tempe pake udang dikasih kecap atau tempe yang digoreng ala mendoan.

      Satu hal yang saya coba hindari adalah menggunakan Bumbu Siap pakai atau bumbu racik tempe. Enak juga meracik bumbu Tempe dari bahan alami seperti bawang putih dan lain sebagainya

      Delete
    3. Bravo, kalau masak tempe saya suka yg original...di goreng atau dibakar dan di penyet deh. KAlau kering tempe atau mendoan...taste tempenya gak dominan lagi...#Chef konyol

      Delete
  8. Sepertinya ini menu lain dari pada yang lain. 4 sehat lima gendut kalau di aku nih. He,,,x9 Piss ah !

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa...ala Bapak mudah gendut ya Pak INdra...yukk..rajin jogging di monas ya

      Delete
  9. Saya sebenernya niat banget pengen terapkan pola hidup sehat yang dimulai dari pola makan. Tapi susyahhhnya minta ampun Mbak! Apalg pas diundang makan gratis temen atau ada acara kantor di hotel. Kayaknya mata ini mendadak gelap..hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sepakat sama Popi. Idem :)))))))))

      Delete
    2. # Kalau hbs makan 'liar'...terus puasa seminggu azza Mbak. Tips ala Ririe neh.

      # Alhamdulillah saya jarang ke party :)

      Delete
    3. iya katanya sih begitu bagusnya! Makanya Puasa Daud itu bagus tuh. Sehari makan sehari puasa untuk bersihin perut..

      Delete
  10. kyknya sya kurang dari 6 nih....

    ReplyDelete
  11. waduh.. skorku minim amat neh, bisa jadi penyebab diriku kurus nih -__-"

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah,,
    nilai saya cukup baik mbak,..
    *ihii...

    ReplyDelete
  13. saya sdng terkena diare, pdahal saya laper saya makan saja tuh ayam. Eh ga twnya mungkin bumbunya itu tdak cocok jadi mules.

    makanan ga smwnya pas hehe... mau ga mau hars bisa kontrol yah.

    mkash lho mba tips yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin bumbu ayamnya pedes kali ya, jd diare deh..

      Iyap, kalau sdh pernah ngalami 'gak cocok' dgn suatu menu makanan maka selanjutnya akan mikir2 utk menyantap menu yg sama

      Delete
  14. pndptn finansial kdg menghambat kita menyantap mknn sehat dan hdup sehat....tp klo dr jwbn diatas mimi ngaku deh ga SEHAT bgd heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengakuan yg jujur...hehehe, saya jujur deh jika skor saya kurang dr 6...hehehehe

      Delete
  15. Pola makan ku acak kadut. Jarang makan buah, sedikit minum air.. Itu salah duanya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. di catet Mbak, saya juga cak kadut tp berusaha minum air putih dengan cukup dan buah setiap hr

      Delete
  16. Horee... dapat nilai 10 saya mbak :D

    Jarang minum susu kalau saya mbak, kalau kopi setiap hari gak pernah ketinggalan hahahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. whehehehe..pinter deh nilainya 10....klo nilainya 20 nti dpt gelas lho?

      Delete
  17. pola makan yang tidak sehat = sumber penyakit, karena kebanyakan penyakit bersumber dari perut, nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiii....perut salah satu sumber penyakit jika makan segala yg kita suka

      Delete
  18. Hati juga harus "sehat" .... ^__^

    ReplyDelete
  19. kira2 setelah saya hitung, nilai saya 9 :D hore...

    ReplyDelete
  20. waduh..kyknya pola makanku blm sempurna deh.. #perlu perbaikan total sering lupa makan..hedeehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo mbak ta dukung deh kalau mau perbaikan pola makan...#sok jadi cheers leader

      Delete
  21. saya suka sayur tapi tidak terlalu doyan susu.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aselinya saya juga gak terlalu doyan susu..tapi karena kebutuhan [sehari-hari berinteraki di Lab], jd ya berusaha bisa minum susu..meski kadang 'lupa' sih..

      Delete
  22. waduh saya paling ga suka sayur nn gimana,,,!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain sedikit demi sedikit...nti akan suka sayur jugak lho

      Delete
  23. Kayaknya nilai saya rata-rata aja nih, ga terlalu bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nilainya rata-rata tu masih dalam range baguuuss

      Delete
  24. wah.
    kalo aq koment disini kok sering refresh ya.
    udah koment panjang2 tau tau ilang :(

    eh mbak, kalo di keputih ntu isinya penyetan tuh?
    kolesterol dunk aq nie?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUaaa...maap kulo mboten ngertos je, apa yg salah dengan Blogku ya? #mikir

      Penyetan kan biasae tempe, lele...koletorelnya ya dari minyaknya..apalagi jika pakai minyaknya gak ganti2 tuh..OR saja keliling GORnya ITS tiap hari 10 kali ya

      Delete
  25. Pola makanku amburadul miss Ririe...

    ReplyDelete
  26. Waduh, nilai pola makan saya kacau, Mbak Ririe. Semoga segera ada yang bisa memperbaiki pola makan saya agar normal kembali. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DImaklumi kok klo kacau..lha saya saja jugak kacau balau, cenderung gak teratur alias males.

      Semoga lekas dipertemukan dengan s'o yang akan memperbaiki pola makan Mas Abi normal kembali.

      Delete
  27. beginian enaknya memangnya ditulis saja... tapi kalau sudah dilaksanann susah banget.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayayyaa..nulisnya mudah, melaksanakannya yg angiilll

      Delete
  28. hadeuh ga pernah mikirin namanya hidup di mess yang tinggal ngemplok doang. kalo jaman masih bujangan makan di warung sih sering pake acara 4 sehat 5 sempurna.
    tapi kalo tanggal muda. tuaan dikit jadi 3 sehat 4 sempurna. tar akhir bulan dah 1 sehat 2 sempurna..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah simple tuh...tinggal ngemplok duang, sama ding denganku kalau di kantor...tinggal ngabisin duang, yg puyeng yg masak tuh bingung mau bikin masakan apa sehari-harinya

      Delete
  29. Wah, kalo masalah makan gue gak terlalu peduli mbak. Kalo ada, seberapapun banyaknya ya sikat aja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadouuhh, sikat habis...yg lain gak kebagian dunk

      Delete
  30. ngga mau ah, takut skornya jeblok, habis suka sembarangan makan sih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gpp lagi, kan bisa diperbaiki jika tahu belum baik skornya:)

      Delete
  31. Meski sulit, semoga bisa terus berusah menerapkan pola makan sehat :)

    ReplyDelete
  32. waduh jadi laper nih liat makanan, belum maksiii :( *salahfokus

    kayanya jawabanku kadang2 semua -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...sama neh, saya juga kadang-kadang semua tuh jawabannya

      Delete
  33. teman-teman semua,, saya mohon dengan sangat untuk berkunjung dan memberikan komentar pada artikel saya berikut ini :-)
    http://uliearieph.blogspot.com/2012/09/memanjakan-diri-belanja-online-di.html

    ReplyDelete
  34. Soal makanan tentu kita milih yang enak2 kan?
    Tapi enak itu ada enak yang sehat menyehatkan, ada pula enak yang tidak sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pilih yg enak dan sehat saja deh...#Plakk

      Delete
  35. tp kl sy nemuin makanan kyk foto di atas (nasi putih, ikan bakar, sambel, tumis sayur) wah bs2 kalap sy makannya.. Kl kyk gitu gak sehta juga kali ya kl kebanyakan.. hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi jika ikan bakarnya original dan fres...hemmm yummyy

      Delete
  36. saya suka suka ngeri dengan dampak makan yang agak liar Mbak. apalagi beberapa temen kantor ada yang kena dampak langsung akibat pola makannya itu.
    tapi ya itu, saya nggak pernah nyadar. paling menghindari minuman bersoda saja, itu pun kadang2 curi2 kesempatan.
    gimana ya biar selalu bisa disiplin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama pak, saya jugak masih sesekali minum soft drink...minum kopi...tapi lumayan sih gak begitu suka makanan yg berasa manis

      Delete
  37. wah malah jadi ngiler nich pingin mencicipi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk ajakin saya makan ikan bakar ya Mbak:)

      Delete
  38. kalau aku lihat postingan ini, 4 sehat 5 sangat sempurna.. :D
    namun aku masih acak kadut mba..
    soalnya masih kurang 1, 4 sehat 4 kurang sempurna.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg penting cukup minur air putih dan banyak makan sayur...saya mind set-nya ke situ

      Delete
  39. mengatur pola makan itu sangat penting sob, apalagi waktunya tuh, pokoknya jgn sampe telat makan deh, bisa berbahaya.
    kalo laper hrs makan, kalo kenyang jgn tidur.. hehe
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengakuan: saya suka telat makan lho...#dasar

      Delete
  40. Wah jadi lapar, mbak...
    (Tukar link n komen dong, mbak)
    Silaan cek di http://www.yadi82.com/

    ReplyDelete
  41. entahlah, aku tak yakin bisa makan 2000 kalori/hari

    badanku masih tetap kurus dari dulu :D

    ReplyDelete
  42. udah lama saya memberhentikan sering2 minum es dan makan mie di malam hari, dan ternyata badan saya sehat dan ideal.... buat main badminton pun jadi tambah lincah hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos deh saya juga membiasakan diri gak minum air es dan mie instan maksimal satu kali sj sminggu #kalau lg insap

      Delete
  43. aku mandangin gambar makanannya tuh mbak rie, enaaaak banget deh kayaknya :D

    ReplyDelete
  44. inyong setiap pagi kalau mau berangkat kerja pasti minum segelas susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. saluut Pak, saya belum tentu tiap hr minum susu neh

      Delete
  45. Replies
    1. Amiin, semoga Mbak Fit juga sehat sealu ya

      Delete
  46. kalau pola makan sie,udah lumayan sehat mba,kalau pola istirahat saya masih acak kadut nih mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sippp, setidaknya pola makannya sdh sehat. Tinggal ngatur pola istirahat

      Delete
  47. Gawaaat,, Skor saya kurang dari 6 :( *sad face*

    Mayday Mayday... haha

    thx udah share ini yah, mulai sekrang setiap pagi minum susu ah sebelum ngampus. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jaman kuliah mah jangan di tanya, maksi di rapel dengan sarapan tu

      Delete
  48. terus terang kalo dihitung, nilai pola makan saya sangat jelek, mengingat usia saya yang sudah seharusnya menjaga makanan dengan yang sehat dan terlebih alami. Gula, lemak, dan seterusnya sudah perlu dicermati lagi
    matur suwun artikelnya bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga selalu sehat ya Pak Ies, makan pola sehat kalau sdh jd kebiasaan biasanya akan jadi enak kok. Heheheh..sok bijak ya saya

      Delete
  49. hmmmm.....
    saya heran kenapa asam urat saya tinggi..
    padahal saya masihmuda..
    apa karena saya suka makan ikan laut ya...
    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ikan laut setahu saya gak bikin asam urat lho

      Delete
  50. Mampir lagi. Ada yg baru nih...

    ReplyDelete
  51. hooo aku pemakan segala yg penting makaaaan :)

    ReplyDelete
  52. jauh dari betul nih kalau liat seharusnya pola makan yang bener nya.
    yang 3 gelasnya bukan susu, tapi kopi..hehee

    ReplyDelete
  53. Yang masih kurang pada diriku adalah olah raga dan istirahat yang cukup.

    ReplyDelete
  54. yang pasti kita makan untuk dapat hidup sehat,
    dan bukan hidup untuk makan :)

    ReplyDelete
  55. Sekarang saya rajin makan sayur dan buah. Pastinya olah raga juga. Maklum sudah tua harus mengurangi makanan yang manis-manis. Nilai saya cuma 7 tapi lumayanlah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wee...sudah tua ya? Makan sehat dimulai sejak dini..gak prlu nunggu tua kok

      Delete
  56. satu hal yang jarang saya perhatikan, harusnya saya lebih memerhatikan ini ya. apalagi sudah berumur kaya saya

    ReplyDelete
  57. great post..thanx for share here...:)

    ReplyDelete
  58. kebetulan banget nie cwe saya gendut kira" gimana iia cara dia agar bisa atur porsi makannya
    tantangan kreatif blogger Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

    ReplyDelete
  59. Kalo mbak Rie, berapa poinnya? :)

    ReplyDelete
  60. nice postingan sista .. salam kenal :D

    ReplyDelete
  61. Wah pola makan pake di nilai yak? siipp deh :)

    kunjungan baliknya ditunggu yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yayayaa...utk remind diri sendiri getu deh

      Delete
  62. top deh mbak, penyakit penyebabnya makanan ygenak-enak..
    untung ane orang miskin, jadi gak sanggup beli yang enak2..
    hehee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kriteria enak itu kna relatif..kalau pas laper makan pakai sambal dan sayur juga enaaakkk bangetss

      Delete
  63. saya masih ngikutin naluri.. makan lapar.. dan belum berenti kalo belum kenyang.. :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg penting bukan naluri gak suka makan tho?

      Delete
  64. Replies
    1. hehehehe..iya neh Bang, belum ada new entry..

      Delete
  65. arum bertamu mba,,masalah makanan,kadang asal makan,malah banyak nyemil,kebetulan ga begitu suka minum susu,aduh mungkin karena kurang tahu pola makanan bergisi yg benar badan ku kurus neh mba,,hee,hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gak tiap hr minum susu kok..hehehe

      Delete
  66. wah yang ini yang susah buat dilakuin. butuh tekad yang kuat :o

    ReplyDelete
  67. Seriusss @.@
    Nilai pola makanku buruuukkk.. x_x

    ReplyDelete
  68. helehhh heleee saya muakan seenakeee waeeee hehehee

    ReplyDelete
  69. liat fotonya jadi laper mba....
    ambil maem dlu y mba...
    heehehe

    ReplyDelete
  70. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.
    www.asialive88.com

    ReplyDelete
  71. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
    unovegas.com

    ReplyDelete
  72. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.
    www3.nagatogel.com

    ReplyDelete
  73. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
    besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi
    angka4d.com

    ReplyDelete
  74. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
    temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.
    tangkasvip.com

    ReplyDelete
  75. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi.
    dewatangkas.net

    ReplyDelete
  76. akhwat Postingan yang sangat menarik, teruslah untuk berbagi

    ReplyDelete
  77. lambang garuda. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  78. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.
    gosip Juwita Thofany Sanjaya

    ReplyDelete
  79. raditya dika
    Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    ReplyDelete
  80. Foto Telanjang Cewek Asia Cantik dan Putih Mulus Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  81. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
    Terpaksa Melayani Paman Dimobil

    ReplyDelete
  82. artikel nya sangat bagus sekali

    ReplyDelete
  83. thanks buat infonya jd tambah wawasan lgi nie...
    Bata Expose
    Dak Keraton

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.