Header Ads

Life is flowing in its story leaving history for better present and future
  • What's News

    Nilai Pola Makan

    Tahukah kita seberapa ideal pola makan kita, Bismilllahirrahmaanirrahiim  sharing dari message yang ada di Inbox YM, ini Nilai Pola Makan Kita Sendiri yang bisa diuji dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
    1. Saya konsumsi berbagai jenis makanan, paling tidak 2000 kalori setiap hari (jika sering, nilai 4)
    2. Saya konsumsi minimal 5 prosi buah, sayur, atau jus setiap hari
    3. Saya konsumsi minimal 6 porsi produk sereal/biji-bijian setiap hari
    4. Saya konsumsi 3 gelas susu setiap hari
    5. Saya konsumsi lebih dari 1 porsi daging,ayam, ikan, telur, atau kacang-kacangan setiap hari
    6. Saya membatasi konsumsi lemak di menu makan saya seperti daging, minyak, mentega, krim, makanan yang digoreng, moyonaise, kue tart.
    7. Saya menghindari gula dan makanan yang manis seperti permen, kue, puding,minuman ringan, snack dan makanan instan
    Nilai skor :
    >11  = sangat baik
    7-10 = cukup baik
    <6   = Akan mengalami masalah kesehatan
    Catantan untuk nilai:  0=jarang,   1=kadang-kadang,   2=sering


    Yang menjadi amat penting adalah pola makan dan gaya hidup kita yang menyebabkan kita kekurangan vitamin dan mineral, seharusnya gaya hidup dan pola makan kita diperbaiki menjadi seperti ini:
    1.       Makan makanan yang SEHAT
    2.       Minum air yang SEHAT
    3.       Beraktifitas yang SEHAT
    4.     Istirahat yang SEHAT
    5.     Pikiran harus SEHAT


    Silahkan mulai menilai pola makan dan pola hidup dan lakukan analisa gaya hidup dengan mengisi "TABEL ANALISA GAYA HIDUP" untuk menentukan apakah gaya hidup Anda sudah SEHAT  ataukan acak kadut. Kalau belum, Anda bisa merubahnya dengan mudah...just take the start then make it as habit every day....

    #From: Klub Peduli Kesehatan

    183 comments:

    1. empat sehat lima sempurna ya mba hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. 4 SEHAT lima makin sehat..hehehe

        Delete
      2. waduh, saya ga bisa makan saperti ini mba. boro boro makan sehat, orang makan enak aja jarang. maklum, anak kost. jatah makan terbatas :D

        Delete
      3. Makan enak kan belum tentu sehat lho? Iya kaaaannnn? Meski aku bukan anak kost lagi..makannya juga terbatas lho...kadang males makan, bosen tiap hr makan nasi

        Delete
      4. heheh. iya juga ya, yang enak belum tentu sehat ya. itu intinya. ok dah, aku mau cari yang sehat tapi murah. apa ya?

        Delete
      5. sehat yang itu ta? ane sering tu. tapi ko belum sehat sehat ya? kurang banyak kali ya porsinya :D

        Delete
      6. masa sih skrg kurang sehat...?

        Delete
    2. kadang-kadang kurang dari 6.. haddduh..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saia sering kurang dr enam ....huaaa

        Delete
      2. heheh. yang nulis aja kurang dari enam ya. kalau yang baca kurang, ya wajar lah :D, heheheh

        Delete
    3. saya yang anak kost lebih sering kurang dari 6 mbak ririe, hehe

      mungkin mbak ririe bisa memberikan sedikit rantang berisi makanan ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Rantangnya gak punya..apalgi isinya. #TOS..sama dimasakin Bu warung

        Delete
    4. hemmm...jadi lapar Mbak, soalnya ketika baca postingan ini pas waktunya makan siang :)

      ReplyDelete
    5. untuk nomor 1, seing nilainya 4...., lalu untuk pertanyaan lain sering itu bernilai 2 ya ?

      ReplyDelete
      Replies
      1. semangatttt Mbak...salut kalau bisa sering 4 utk nomer 1. hehhee, mklum saya lbh sering 2 skornya

        Delete
    6. hehe..
      masalah finansial terkadang menghambat kita untuk mengkonsumsi makanan sehat,,, alhasil setiap hari makannya ya.... seadanya aja.. :eeaa ^^

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yg penting ada sayur sam sambel mah kalau saya..klo makan tanpa rasa pedes bisa hilang selera makan.

        Delete
      2. hehe... kalau aku.. doyan yang kriuk kriuk... ^^ :D dan tempe (wajib) :hehe

        Delete
      3. Kalau tempe/tahu..menu wajib yg jadi lauk makan sehari-hari...#chef di kantor sadar gizi..hehehe

        Delete
    7. Kadang ada anggapan untuk menikmati sajian yang asyik , bercita rasa, dan bergizi memiliki harga yang tidak murah. Dalam artian ada kesesuaian antara makanan berharga tidak murah dengan kandungn nila gizinya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau saya di rumah mudah dan murah KAng, kan tinggal metik sayurannya di sekitar rumah, harga tempe juga murah..cabe juga ada..lauknya ikan asin juga sedappppp...#menu original ndeso

        Delete
      2. Nah itu dia TEMPE memang asyik juga, Saya sangat suka tempe baik yang dibikin sambel tempe pake udang dikasih kecap atau tempe yang digoreng ala mendoan.

        Satu hal yang saya coba hindari adalah menggunakan Bumbu Siap pakai atau bumbu racik tempe. Enak juga meracik bumbu Tempe dari bahan alami seperti bawang putih dan lain sebagainya

        Delete
      3. Bravo, kalau masak tempe saya suka yg original...di goreng atau dibakar dan di penyet deh. KAlau kering tempe atau mendoan...taste tempenya gak dominan lagi...#Chef konyol

        Delete
    8. Sepertinya ini menu lain dari pada yang lain. 4 sehat lima gendut kalau di aku nih. He,,,x9 Piss ah !

      Sukses selalu
      Salam
      Ejawantah's Blog

      ReplyDelete
      Replies
      1. Hahahhaa...ala Bapak mudah gendut ya Pak INdra...yukk..rajin jogging di monas ya

        Delete
    9. Saya sebenernya niat banget pengen terapkan pola hidup sehat yang dimulai dari pola makan. Tapi susyahhhnya minta ampun Mbak! Apalg pas diundang makan gratis temen atau ada acara kantor di hotel. Kayaknya mata ini mendadak gelap..hihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Saya sepakat sama Popi. Idem :)))))))))

        Delete
      2. # Kalau hbs makan 'liar'...terus puasa seminggu azza Mbak. Tips ala Ririe neh.

        # Alhamdulillah saya jarang ke party :)

        Delete
      3. iya katanya sih begitu bagusnya! Makanya Puasa Daud itu bagus tuh. Sehari makan sehari puasa untuk bersihin perut..

        Delete
    10. kyknya sya kurang dari 6 nih....

      ReplyDelete
    11. waduh.. skorku minim amat neh, bisa jadi penyebab diriku kurus nih -__-"

      ReplyDelete
    12. Alhamdulillah,,
      nilai saya cukup baik mbak,..
      *ihii...

      ReplyDelete
    13. saya sdng terkena diare, pdahal saya laper saya makan saja tuh ayam. Eh ga twnya mungkin bumbunya itu tdak cocok jadi mules.

      makanan ga smwnya pas hehe... mau ga mau hars bisa kontrol yah.

      mkash lho mba tips yah...

      ReplyDelete
      Replies
      1. mungkin bumbu ayamnya pedes kali ya, jd diare deh..

        Iyap, kalau sdh pernah ngalami 'gak cocok' dgn suatu menu makanan maka selanjutnya akan mikir2 utk menyantap menu yg sama

        Delete
    14. pndptn finansial kdg menghambat kita menyantap mknn sehat dan hdup sehat....tp klo dr jwbn diatas mimi ngaku deh ga SEHAT bgd heehee

      ReplyDelete
      Replies
      1. pengakuan yg jujur...hehehe, saya jujur deh jika skor saya kurang dr 6...hehehehe

        Delete
    15. Pola makan ku acak kadut. Jarang makan buah, sedikit minum air.. Itu salah duanya :(

      ReplyDelete
      Replies
      1. di catet Mbak, saya juga cak kadut tp berusaha minum air putih dengan cukup dan buah setiap hr

        Delete
    16. Horee... dapat nilai 10 saya mbak :D

      Jarang minum susu kalau saya mbak, kalau kopi setiap hari gak pernah ketinggalan hahahha...

      ReplyDelete
      Replies
      1. whehehehe..pinter deh nilainya 10....klo nilainya 20 nti dpt gelas lho?

        Delete
    17. pola makan yang tidak sehat = sumber penyakit, karena kebanyakan penyakit bersumber dari perut, nice sharing

      ReplyDelete
      Replies
      1. yoiii....perut salah satu sumber penyakit jika makan segala yg kita suka

        Delete
    18. Hati juga harus "sehat" .... ^__^

      ReplyDelete
    19. kira2 setelah saya hitung, nilai saya 9 :D hore...

      ReplyDelete
    20. waduh..kyknya pola makanku blm sempurna deh.. #perlu perbaikan total sering lupa makan..hedeehhh

      ReplyDelete
      Replies
      1. ayooo mbak ta dukung deh kalau mau perbaikan pola makan...#sok jadi cheers leader

        Delete
    21. saya suka sayur tapi tidak terlalu doyan susu.. :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Aselinya saya juga gak terlalu doyan susu..tapi karena kebutuhan [sehari-hari berinteraki di Lab], jd ya berusaha bisa minum susu..meski kadang 'lupa' sih..

        Delete
    22. waduh saya paling ga suka sayur nn gimana,,,!!!!

      ReplyDelete
    23. Kayaknya nilai saya rata-rata aja nih, ga terlalu bagus..

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau nilainya rata-rata tu masih dalam range baguuuss

        Delete
    24. wah.
      kalo aq koment disini kok sering refresh ya.
      udah koment panjang2 tau tau ilang :(

      eh mbak, kalo di keputih ntu isinya penyetan tuh?
      kolesterol dunk aq nie?

      ReplyDelete
      Replies
      1. HUaaa...maap kulo mboten ngertos je, apa yg salah dengan Blogku ya? #mikir

        Penyetan kan biasae tempe, lele...koletorelnya ya dari minyaknya..apalagi jika pakai minyaknya gak ganti2 tuh..OR saja keliling GORnya ITS tiap hari 10 kali ya

        Delete
    25. Pola makanku amburadul miss Ririe...

      ReplyDelete
    26. Waduh, nilai pola makan saya kacau, Mbak Ririe. Semoga segera ada yang bisa memperbaiki pola makan saya agar normal kembali. Amin.

      ReplyDelete
      Replies
      1. DImaklumi kok klo kacau..lha saya saja jugak kacau balau, cenderung gak teratur alias males.

        Semoga lekas dipertemukan dengan s'o yang akan memperbaiki pola makan Mas Abi normal kembali.

        Delete
    27. beginian enaknya memangnya ditulis saja... tapi kalau sudah dilaksanann susah banget.....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yayayyaa..nulisnya mudah, melaksanakannya yg angiilll

        Delete
    28. hadeuh ga pernah mikirin namanya hidup di mess yang tinggal ngemplok doang. kalo jaman masih bujangan makan di warung sih sering pake acara 4 sehat 5 sempurna.
      tapi kalo tanggal muda. tuaan dikit jadi 3 sehat 4 sempurna. tar akhir bulan dah 1 sehat 2 sempurna..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Malah simple tuh...tinggal ngemplok duang, sama ding denganku kalau di kantor...tinggal ngabisin duang, yg puyeng yg masak tuh bingung mau bikin masakan apa sehari-harinya

        Delete
    29. Wah, kalo masalah makan gue gak terlalu peduli mbak. Kalo ada, seberapapun banyaknya ya sikat aja. Hehehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. wadouuhh, sikat habis...yg lain gak kebagian dunk

        Delete
    30. ngga mau ah, takut skornya jeblok, habis suka sembarangan makan sih :D

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ya gpp lagi, kan bisa diperbaiki jika tahu belum baik skornya:)

        Delete
    31. Meski sulit, semoga bisa terus berusah menerapkan pola makan sehat :)

      ReplyDelete
    32. waduh jadi laper nih liat makanan, belum maksiii :( *salahfokus

      kayanya jawabanku kadang2 semua -_-"

      ReplyDelete
      Replies
      1. hehehehe...sama neh, saya juga kadang-kadang semua tuh jawabannya

        Delete
    33. teman-teman semua,, saya mohon dengan sangat untuk berkunjung dan memberikan komentar pada artikel saya berikut ini :-)
      http://uliearieph.blogspot.com/2012/09/memanjakan-diri-belanja-online-di.html

      ReplyDelete
    34. Soal makanan tentu kita milih yang enak2 kan?
      Tapi enak itu ada enak yang sehat menyehatkan, ada pula enak yang tidak sehat.

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya pilih yg enak dan sehat saja deh...#Plakk

        Delete
    35. tp kl sy nemuin makanan kyk foto di atas (nasi putih, ikan bakar, sambel, tumis sayur) wah bs2 kalap sy makannya.. Kl kyk gitu gak sehta juga kali ya kl kebanyakan.. hehehe...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Apalagi jika ikan bakarnya original dan fres...hemmm yummyy

        Delete
    36. saya suka suka ngeri dengan dampak makan yang agak liar Mbak. apalagi beberapa temen kantor ada yang kena dampak langsung akibat pola makannya itu.
      tapi ya itu, saya nggak pernah nyadar. paling menghindari minuman bersoda saja, itu pun kadang2 curi2 kesempatan.
      gimana ya biar selalu bisa disiplin?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sama pak, saya jugak masih sesekali minum soft drink...minum kopi...tapi lumayan sih gak begitu suka makanan yg berasa manis

        Delete
    37. wah malah jadi ngiler nich pingin mencicipi...

      ReplyDelete
    38. kalau aku lihat postingan ini, 4 sehat 5 sangat sempurna.. :D
      namun aku masih acak kadut mba..
      soalnya masih kurang 1, 4 sehat 4 kurang sempurna.. hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. Yg penting cukup minur air putih dan banyak makan sayur...saya mind set-nya ke situ

        Delete
    39. mengatur pola makan itu sangat penting sob, apalagi waktunya tuh, pokoknya jgn sampe telat makan deh, bisa berbahaya.
      kalo laper hrs makan, kalo kenyang jgn tidur.. hehe
      :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pengakuan: saya suka telat makan lho...#dasar

        Delete
    40. Wah jadi lapar, mbak...
      (Tukar link n komen dong, mbak)
      Silaan cek di http://www.yadi82.com/

      ReplyDelete
    41. entahlah, aku tak yakin bisa makan 2000 kalori/hari

      badanku masih tetap kurus dari dulu :D

      ReplyDelete
    42. udah lama saya memberhentikan sering2 minum es dan makan mie di malam hari, dan ternyata badan saya sehat dan ideal.... buat main badminton pun jadi tambah lincah hahaha

      ReplyDelete
      Replies
      1. Tos deh saya juga membiasakan diri gak minum air es dan mie instan maksimal satu kali sj sminggu #kalau lg insap

        Delete
    43. aku mandangin gambar makanannya tuh mbak rie, enaaaak banget deh kayaknya :D

      ReplyDelete
    44. inyong setiap pagi kalau mau berangkat kerja pasti minum segelas susu

      ReplyDelete
      Replies
      1. saluut Pak, saya belum tentu tiap hr minum susu neh

        Delete
    45. Replies
      1. Amiin, semoga Mbak Fit juga sehat sealu ya

        Delete
    46. kalau pola makan sie,udah lumayan sehat mba,kalau pola istirahat saya masih acak kadut nih mba...

      ReplyDelete
      Replies
      1. sippp, setidaknya pola makannya sdh sehat. Tinggal ngatur pola istirahat

        Delete
    47. Gawaaat,, Skor saya kurang dari 6 :( *sad face*

      Mayday Mayday... haha

      thx udah share ini yah, mulai sekrang setiap pagi minum susu ah sebelum ngampus. hehe

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau jaman kuliah mah jangan di tanya, maksi di rapel dengan sarapan tu

        Delete
    48. terus terang kalo dihitung, nilai pola makan saya sangat jelek, mengingat usia saya yang sudah seharusnya menjaga makanan dengan yang sehat dan terlebih alami. Gula, lemak, dan seterusnya sudah perlu dicermati lagi
      matur suwun artikelnya bermanfaat

      ReplyDelete
      Replies
      1. semoga selalu sehat ya Pak Ies, makan pola sehat kalau sdh jd kebiasaan biasanya akan jadi enak kok. Heheheh..sok bijak ya saya

        Delete
    49. hmmmm.....
      saya heran kenapa asam urat saya tinggi..
      padahal saya masihmuda..
      apa karena saya suka makan ikan laut ya...
      :P

      ReplyDelete
      Replies
      1. kalau ikan laut setahu saya gak bikin asam urat lho

        Delete
    50. Mampir lagi. Ada yg baru nih...

      ReplyDelete
    51. hooo aku pemakan segala yg penting makaaaan :)

      ReplyDelete
    52. jauh dari betul nih kalau liat seharusnya pola makan yang bener nya.
      yang 3 gelasnya bukan susu, tapi kopi..hehee

      ReplyDelete
    53. Yang masih kurang pada diriku adalah olah raga dan istirahat yang cukup.

      ReplyDelete
    54. yang pasti kita makan untuk dapat hidup sehat,
      dan bukan hidup untuk makan :)

      ReplyDelete
    55. Sekarang saya rajin makan sayur dan buah. Pastinya olah raga juga. Maklum sudah tua harus mengurangi makanan yang manis-manis. Nilai saya cuma 7 tapi lumayanlah.

      ReplyDelete
      Replies
      1. wee...sudah tua ya? Makan sehat dimulai sejak dini..gak prlu nunggu tua kok

        Delete
    56. satu hal yang jarang saya perhatikan, harusnya saya lebih memerhatikan ini ya. apalagi sudah berumur kaya saya

      ReplyDelete
    57. great post..thanx for share here...:)

      ReplyDelete
    58. kebetulan banget nie cwe saya gendut kira" gimana iia cara dia agar bisa atur porsi makannya
      tantangan kreatif blogger Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

      ReplyDelete
    59. Kalo mbak Rie, berapa poinnya? :)

      ReplyDelete
    60. nice postingan sista .. salam kenal :D

      ReplyDelete
    61. Wah pola makan pake di nilai yak? siipp deh :)

      kunjungan baliknya ditunggu yaa :)

      ReplyDelete
    62. top deh mbak, penyakit penyebabnya makanan ygenak-enak..
      untung ane orang miskin, jadi gak sanggup beli yang enak2..
      hehee.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kriteria enak itu kna relatif..kalau pas laper makan pakai sambal dan sayur juga enaaakkk bangetss

        Delete
    63. saya masih ngikutin naluri.. makan lapar.. dan belum berenti kalo belum kenyang.. :|

      ReplyDelete
    64. Replies
      1. hehehehe..iya neh Bang, belum ada new entry..

        Delete
    65. arum bertamu mba,,masalah makanan,kadang asal makan,malah banyak nyemil,kebetulan ga begitu suka minum susu,aduh mungkin karena kurang tahu pola makanan bergisi yg benar badan ku kurus neh mba,,hee,hee

      ReplyDelete
    66. wah yang ini yang susah buat dilakuin. butuh tekad yang kuat :o

      ReplyDelete
    67. Seriusss @.@
      Nilai pola makanku buruuukkk.. x_x

      ReplyDelete
    68. helehhh heleee saya muakan seenakeee waeeee hehehee

      ReplyDelete
    69. liat fotonya jadi laper mba....
      ambil maem dlu y mba...
      heehehe

      ReplyDelete
    70. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.
      www.asialive88.com

      ReplyDelete
    71. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
      unovegas.com

      ReplyDelete
    72. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.
      www3.nagatogel.com

      ReplyDelete
    73. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
      besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi
      angka4d.com

      ReplyDelete
    74. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya
      temukan disini, dan saya senang sudah tiba disini.
      tangkasvip.com

      ReplyDelete
    75. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi.
      dewatangkas.net

      ReplyDelete
    76. akhwat Postingan yang sangat menarik, teruslah untuk berbagi

      ReplyDelete
    77. lambang garuda. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

      ReplyDelete
    78. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.
      gosip Juwita Thofany Sanjaya

      ReplyDelete
    79. raditya dika
      Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

      ReplyDelete
    80. Foto Telanjang Cewek Asia Cantik dan Putih Mulus Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

      ReplyDelete
    81. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
      Terpaksa Melayani Paman Dimobil

      ReplyDelete
    82. artikel nya sangat bagus sekali

      ReplyDelete
    83. thanks buat infonya jd tambah wawasan lgi nie...
      Bata Expose
      Dak Keraton

      ReplyDelete

    Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
    Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
    Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

    Komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

    So, be wise and friendly.