WHAT'S NEW?
Loading...

Jalan-jalan ke Kenjeran

Nama Kenjeran tentu sudah akrab sekali, apalagi bagi orang-orang Surabaya maka Kenjeran merupakan salah satu tujuan spending time atau sekedar wisata kuliner. Saat saya masih kuliah doeloe pernah sekali melihat panoama sunrise di Kenjeran. Dan setelah sekian tahun, terbersit kembali hasrat hati untuk melihat wajah Kenjeran. Bismillahirrahmaanirrahiim bebeberapa waktu lalu [31 Agustus 2012], saat di Surabaya saya menggunakan asas ‘Intimidasi’ pada keponakan untuk mengantar ke terminal Purabaya/Bungurasih dengan mengambil jalur memutar buangettts. Lha dari Tambaksari ambil rute lewat Suramadu menuju Kenjeran kemudian memutar lewat ITS untuk menuju Bungurasih. Sudah kebayang dunk jika jalur yang saya ambil aseli ‘ngerjain’ tuh keponakan saya.
Destinasi saya adalah Kenjeran, sehingga waktu melewati Suramadu saya tidak berhenti, mengingat hari sudah sore dan jalur Suramadu cukup ramai, next time saja untuk menyengaja ke Suramadu lagi. Toh sebelumnya sudah pernah juga nyoba ‘nyeberang’ Suramadu hanya saja dokumentasinya raib bersama dengan lapi lama yg hilang.

Begitu sampai di kawasan Pantai Kenjeran..deuuhhh..MakJleb: Kok pantainya beginiiiii....huaaaa. Pas surut dan aseli pemandangannya kurang sedep gettu deh. Sepanjang jalan raya Pantai Kenjeran, dipinggir-pinggirnya berjejer rapi [atau rapat?] kuliner lesehan.
   
Saat saya melintas masih belum banyak yang buka, hanya beberapa saja yang sudah siap menerima pembeli. Kata Yudy [keponakan saya yang untuk ke sekian kali mendadak jadi ‘korban’ guide pas saya di Surabaya], lesehan disitu setelah Maghrib baru ramai pengunjung apalagi kalau malam minggu.
Akhirnya saya menyempatkan untuk mengambil beberapa scene/view kawasan pantai Kenjeran dari halaman SD Bahari Muhamdiyah 9. 

Kondisi pantai yang sedang surut dan kebersihan pantai yang lekat dengan pencemaran/banyak sampah, lumayan juga aromanya yang tercium. 

Sunset yang terletak di sebelang garis pantai, langit yang berawan dan jepretan dengan camdig sehingga hasil capture sunsetnya kurang maksimal.
Setelah merasa cukup dengan aksi penjepretan sana-sini, melaju-lah menuju kawasan penjual makanan hasil olahan perikanan. Iyahhh, rasanya gak afdhol jika sudah sampai di Kenjeran tdak membawa sedikit cangkingan oleh-oleh. Aneka olahan ikan dalam berbagai versi dan jenisnya terpampang rapi di sepanjang pinggir jalan ke arah jalan Mulyosari. Saya sangat penasaran dengan teripang, kata Yudy bisa nyobain tester dulu sebelum membeli. Dan setelah saya coba makan satu ekor teripang goreng [penampakannya sekilas mirip kerupuk rambak yang gosong], ada rasa pahitnya jadi akhirnya saya hanya beli setengah Ons seharga enam ribu Rupiah...

Lha sungkan jika gak beli sih, sudah nyobain tester ya meski lidah saya ‘merasa’ kurang sreg dengan taste-nya teripang ya teuteup deh beli. Pengennya beli rambak kulit kakap, tapi beberapa toko/kios yang saya datangi memberikan jawaban yang kompak: Stock kulit kakap KOSONG!

Setelah membeli sedikit oleh-oleh: kerupuk udang, teripang dan ikan tawar [gak asin] yang tipis-tipis..saya minta Yudy untuk putar balik lagi sebentar karena merasa masih kurang banyak hasil sesi pemotretannya. Dari hasil menempuh rute ulang ini dengan motor yang melaju pelan..saya jepret-jepret lagi lokasi pasar tradisional yang menjual ikan basah dan ikan kering. Dan...tararrrrraa...ndilalah saya melihat obyek yangs sangat menarik hati untuk bertanya: Kok IPALnya begini yaaaa.....


So, bagi yang tertarik untuk membuat edisi reportase lebih lengkap....silahkan berkunjung ke Kenjeran. Bisa sekalian kuliner dan memborong oleh-oleh hasil olahan perikanan yang rata-rata harganya sudah standard [kisaran harganya rata-rata hampir sama] antara toko satu dan lainnya.

# Mohon Maaf, masih belum bisa BW:(


106 comments: Leave Your Comments

  1. gue suka image sunset nya mbak ririe. sejuk bangetttt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. whehehee..lha tuh sunset pas langitnya berawan dan tentunya hawa Surabaya yg panas dan gerah lho

      Delete
  2. jadi pingin mampir ke Kenjeran besok klu ke surabaya
    nice share sob....dukungan slalu buat anda
    salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yayayaa...semoga berkesan baik ya pas ke kenjeran nanti:)

      Delete
  3. Wuih.. maunya sih lihat pemandangan pantai nan indah, lah kok malah disuguhin pemandangan sampah ya mbak Rie.

    teripangnya masih ada gak nih.. uncali satu dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teripangnya udah ta habisin sebelum balik tuh, lha daripada mubadzir di rumah gak ada yg makan soale.

      Btw, pantai Kenjerannya beda jauhhhh dengan Papuma ya MAs

      Delete
  4. kenjeran...ternyata nasibnya hampir sama dengan tempat-2 lain di Indonesia, terbaikan..tidak terawat dan pemcemarannya sungguh keterlaluan, apakah pemerintah atau orang2 yang hidup di sana harus tutup mata akan semua ini, meskipun kenjeran saat ini bisa menghasilkan..tapi sampai kapan kalau situasinya sudah sedemikian parah...
    btw-ipal itu maksudnya Instalasi Pengolah Air Limbah- ya, kalau benar,...wah sudah parah sekali nasib alam kenjeran ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bang, banyak nasib pantai di INdonesia yg nasibnya mengenaskan. Mungkin setali tiga uang dengan nasih hutan juga yang semakin fantastis penurunan jumlah lahan hutan di INdonesia.

      Iya, itu IPAL = instalasi pengolahan air limbah..

      Delete
    2. sungguh, saya jadi takut membayangkan masa depan negeri ini...

      Delete
    3. Iya Bang, kerusakan dan pencemaran terjadi dimana-mana:(

      Delete
  5. Kotor gitu ya mbak...
    Aku mau dong diajakin ke Kenji...
    Samaan mbak aku juga pernah foto foto di Suramadu tapi hilaaangg tak bersisa~ lalalala...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya si Pa'i udah siyap tuh ngajakin kamuh keliling kenjeran, jangan lupa beli rambak teripang dan terung yg buanyakk yaa.

      Ho-oh, poto dan rekaman videoku hilang dgn sukses katut lapi

      Delete
    2. ayo Un..

      ntar tak ceburin di sana..
      mau???

      Delete
    3. Emoh... engko dadi elek koyo kowe mas...

      Delete
    4. Ta restui kalian berdua untuk nyebur ke pantai kenjeran barengan deh

      Delete
  6. Kok jadi miris melihat foto-foto hasil reportase ya Rie ... sayang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. miris buangettt Mbak. Tentu beda banget dengan kawasan pantai di tempat tinggal Mbak HAny yg serba bersih dan terjaga dengan baik

      Delete
  7. Sama mbak. Kalo kenjaren biasanya juga beli krupuk udang. Hehehe

    ReplyDelete
  8. pantainya agak kucel ya mbak...:)

    mudah2an kedepannya bisa di benahi lagi ya mbak, biar bisa terlihat lebih rapi dan indah kenjeran ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa, itu mah gak kucel lagi..tapi parah deh Mbak.

      Delete
  9. sayang bgt ya banyak sampahnya.. Pdhl kalo rapi 'n bersih pasti indah bgt tuh.. Tp wisata kulinernya lumayan menggoda hati.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira-kira tertarik dengan kuliner yg apa neh Mbak? Lontong KUpang ya?

      Delete
  10. saya yg lahir di sby belum pernah ke pantainya :D...

    *suka sunsetnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadouuuuw, masak sih belum pernah ke Kenjeran....semoga sebentar lagi jd pernah ke kenjeran ya

      Delete
  11. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    jujur dalam segala hal tidak akan mengubah duniamu menjadi buruk ,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa jd sosok yg lebih baik dan amanah ya sob:)

      Delete
  12. ke surabaya ya.. hiihihi.. :D sama sekali belum pernah.. :D cuma bolak balik ke terminal bungur.. :hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weee....ada apakah kok bolak-balik BUngur? Jangan2 kita prnh papasan tuhh di BUngur ya

      Delete
  13. Jadi inget waktu sma dulu di sby, foto sunsetny tuh keren Mbak..anw, dulu sering ke pantai kenjeran sih, meskipun banyak nyamukny yah tapi penerangan disitu keren loh buat foto pas petang, hehe (ketauan jelek muka nihh ).. tpi sayang dullu belum ada suramadu, kpn ya sya bisa kunjungi sby lagi.... kangenn. hehehe

    Salam kenal mbak.. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto sunsetnya kurang maksimal, karena pas awan melintas jd semburat jingganya krg muncul.

      foto pas petang...hemmm,boleh juga tuh.

      Delete
  14. absen, Rie! kemana aja gak pernah methungul! pasang banner gue, dong! gue dah pasang punya elu! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iYEEEE, ntar Guehh pasang banner eloh deh, nunggu kalau udah menjejak bumi yee

      Delete
    2. ceile... yang lagi ke luar angkasa..
      bhahahaha

      Delete
  15. agak kotor ya tempatnya..
    eniwei, makasih sharenya ya..:)

    ReplyDelete
  16. Mbak Ririe kalo lain kali mau jalan2 ke Jakarta, mampir di blog saya ya ;) siapa tahu mau cari penginapan yang murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. KAlau di Jakarta biasanya cari penginapan gratis lho..mksdnya numpang di rumah sodara atau teman gettu deh..#paket hemat

      Delete
  17. itu jenis2 kerupuknya aneh ya...jd fengen hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. BUakan aneh Mbak tapi unik dan menarik buangets

      Delete
  18. Kenjeran itu di Surabaya kan mba ya?
    Seperti dikali cisadane, kotor dan suram :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, Kenjeran masih belum pindah dr SUrabaya tuh

      Delete
  19. huaaaaaaa sunseeetttttt pengennn banget bisa liat \(^______^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sunset mmg selalu mentakjubkan..demikian pula sun rise...#sukaaaa

      Delete
  20. kenjeran. sekali pernah kesana jaman kecil dulu. masih seperti itu. padahal kalo pemdanya rajin, bisa jadi obyek wisata plus THR bagus nih. semoga kedepan bisa jadi bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woo..teryata Kenjeran sdh semrawut dan kotor sejak lama ya..#sediih

      Delete
  21. Komen teks yg berwarna merah:
    Masih capek kali ya mbak Ririe jalan2nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HHahaha...lagi out of the town neh. Jd gak bisa leluasa utk onlen dr minggu lalu

      Delete
  22. wah, aq di khianati T.T

    ternyata kesana sendirian, aq nggak di ajak T.T
    jelek loh mbak.

    sukurin kecewa, jelek kan pantainya.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhahaaa, yg merasa di khianati neh? Ke kenjeranya di antar keponakan tuh, sekalian ke bungurasih. Lha kamuh ta sms HPmu eror gettu lhoh

      Delete
    2. hue...

      ntar tak pasang banner, tulisannya mbak Ririe dilarang berkeliaran disini.
      hahaha

      Delete
    3. Yang eror user HPnya kali mbak...

      Huuu, jelek loh mbak... *cuma mau ikut2an ngatain aja, hahaha*

      Delete
  23. Jadi ingat sama KENJERAN nih mba Rie,soalnya kemaren saya sama keluarga maen kesana cari BINTANG LAUT naik perahu motor plus liat jembatan SURAMADU dari kejauhan tapi sayang pantainya agak sedikit kotor waktu itu..heee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Kenjeran [katanya] gak hanya 'agak' kotor sesaat tp sdh dr sejak luamaan tuh SOb

      Delete
  24. seharusnya view nya bagus sekali mbak
    tapi sayang kebersihan pantainya kurang terawat :(
    kenjeran yah. kapan2 boleh deh kesana sekalian mau beli krupuknya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho...silahkan ngeborong ya kalau ke kenjeran, ntar bagi-bagiin jugak buat saya

      Delete
  25. masih seperti yang dulu ya, kotor dan kumuh. oh ya, emang dis ana malam minggu rame mba, rame dengan kegiatan yang kurang baik. hehhehe. ya gitu yang saya tau. heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. weeeee...yg pengalaman malam mingguan di Kenjeren, cie-cieee

      Delete
  26. kanjeran itu daerah pantai wisata pantai yah, sayang yah kalo dilihat dari ilustrasinya sepertinya kurang ditata dengan apik, semoga pemda setempat lebih memperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, Kenjeran itu kawasan wisata, ada arena bermainnya jugak.

      Delete
  27. satu-satunya orang jawa timur yang belum pernah kesini ya saya ini mbak, selama ini hanya dengar namanya tok hehe..........

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gak lah, tentu banyak lah orang Jawa timur yg belum tahu Kenjeran. Bahkan yg tinggal di SBy pun blm tentu semuanya pernah ke kenjeran kok pak

      Delete
  28. Weh ituh jalannnya di puter2in sengaja yaa mbak, eeh itu kenjeran sore hari keren yaa, gag pernah sore2 sunset kesana, kan kesannya kotor :D

    Terakhir kesana kapan yaa, lama banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe...iya, hanya muterin ruas jalan di sepanjang pantai kenjeran dan motret-motret obyek yg menurutku menarik

      Delete
  29. pantainya ga bagus ya? jadi inget pantai marina di Semarang..Kagak ada pantainya!! Ada sih, tapi seuprit. Jadi semua orang ngubek disitu. Jelas..sampah numpuk disitu!
    Itu ada lorjuk ya? lorjuk tuh = kerang bambu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, di Surabya juga ada lo pantai Marina..perumahan sih. Hehehee.

      Lorjuk itu kayaknya sih itu, semacam kerang getu deh

      Delete
  30. Kok begitu pantai nyaa???

    ngak jauh beda dengan kota tempat ku tinggal

    salam kenal min

    komentarin artikel ini ya...

    http://ummuhilya.blogspot.com/2012/09/arti-hadirmu-judul-lebay.html?showComment=1347604021240#c6026838222207076801

    ReplyDelete
    Replies
    1. KOta tempat tinggalnya dimana neh..

      salam kenal jugak ya

      Delete
  31. Sayang banget temat2 dan pantainya kurang terawat yaa. reportase yang lengkap jeng Rie. *apakabar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reportasenya singkat buanget neh Mbak...

      #apa kabar juga Mbak Mira?

      Delete
  32. nanti aku diajak jalan2 kesana ya mbak ririe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk, kapan main ke Surabaya neh Mbak?

      Delete
  33. Kerajinan kerangnya, Mana Mbak Rie?
    Koq gak ada penampakannya, biasanya keren2 loh itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa...harap maklum lha reportsaenya sepintas sambil jalan duang tuh

      Delete
  34. wih mb rie jalan2 ke sby yaa.. rujak cingurnya sdh blm mb ? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ke Sby mah sering MBak..itu tempat 'bermain' saya sampai sekarang. Kalau Rujak cingur...huaa saya kurang suka Mbak

      Delete
  35. Wah hehehehe keren keren bakat besar jadi reporter nih, saya sudah baca artikelnya dan menikmat foto foto yang lumayan cukup banyak disajikan disini. Saya kira butuh waktu yang tidak sedikit untuk mengedit foto foto yang cukup "bejibun" di sini.

    Surabaya ya. Markas induk perusahaan saya memang di Surabaya, JPNN Surabaya miliknya anaknya pak Menteri BUMN Mr Dahlan Iskan. Yakni perusahaan Jawa Pos. Kapan ya saya bisa ke Surabaya. Entah suatu hari nanti. Penasaran juga dengan jembatan Suramadu itu. Maunya mau lihat langsung jembatan itu suatu hari nanti. Semoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto-2nya masih banyak yg tersimpang di file kok Kang Asep. Itu hanya sebagian saja yang saya publish.

      Semoga suatu saat bisa keliling Surabaya ya Kang, tentu bakal serru banget tuh

      Delete
  36. Pantainya gak WAW ya, mba. :)
    teripang itu ikan teri, bukan? :)

    eh, mba. . .
    ada lanjutan PR ni. Jika berkenan, dikerjakan ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. teripang itu jenis molusca Mbak, jadi gak termasuk jenis ikan.

      Oke, InsyaAllah nanti saya kerjakan PRnya barengan PR lainnya yg sdh menumpuk

      Delete
  37. Kenjeran wah namanya unik ya...seunik pemandangan pantainya yg terbentang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhee....unik karena pantainya gak bersih ya

      Delete
  38. Setelah lama gak main ke kenjeran, pangling gak mbak?

    Kesurabaya sering, tapi belum pernah ke kenjeran saya mbak, paling2 kalo main ke taman bungkul hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pangling...hemmm...gak juga sih, karena masih gak jauh berubah dr saya ke sana pas jaman saya kuliah.

      Kalau taman BUngkul hanya sering melewatinya saja, belum pernah sampai duduk berjenak disitu

      Delete
  39. ini linknya mba. .
    Tadi belum menyertakan. . .jadi tak delete. :D
    http://idah-ceris.blogspot.com/2012/09/mengerjakan-peer-dapat-award.html

    ReplyDelete
  40. aku pernah ke sana 2 kali....hahahah bagus tempatnya....

    ReplyDelete
  41. cocok kliatanya buat bawa pacar yah

    ReplyDelete
  42. kapan saya bisa2 rekreasi ke luar kota ya.. seperti tempat diatas.. pengen banget nih.. ajakin dunk.. :D

    ReplyDelete
  43. pengen krupuk tripangnya mba...
    sak bungkus wae
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo di borong MBak krupuk tripangnya yaaa

      Delete
  44. sayange suroboyo hawane panas, trus wuake nyamuk e

    ReplyDelete
  45. Oleh oleh dari kenjeran banyak banget ya.. jadi kepengen nyicipi.. :)

    ReplyDelete
  46. ipal itu apa ya rie...
    beneran pu ga tau...
    teripang itu rasanya seperti apa??
    hihi..banyak ga taunya nih...
    kotor ya pasarnya rie...
    tapi lautnya bagus...

    ReplyDelete
  47. nice info mbak Rie. walaupun belum pernah ke sono hehe!
    kirim donk teripang gorengnya, pengen nyoba banget tuh

    ReplyDelete
  48. Rie, ntar aku diajakin kesini dunk. :)

    ReplyDelete
  49. Pantai memang sering sekali rusak karena sampah. Tapi karena reportasenya keren jadi tetep pengen ke sana deh :)

    ReplyDelete
  50. Kalo surut kadang suka bau gitu ya mbak???

    ReplyDelete
  51. Dulu ktx nenek gue kenjeran itu bersih +pasir putih dan laut biru di tahun 1951,semenjak umur nenek gue 15 kenjeran berubah "wajah" airx coklat + pasir hitem mbak#sedih

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.