Gajah Oling: Batik Lokal Citra Nasional

Dahulu setiap mendengar dan melihat kain batik, yang langsung masuk dalam benak saya adalah pakaian untuk para orang tua, old fashion gitu deh. Apalagi untuk wanita-wanita di daerah pedesaan seperti tempat tinggal saya, mengenakan jarik adalah pakaian sehari-hari di rumah. Dan bagi bapak-bapak biasanya mengenakan kemeja yang dianggap baju formal kalau mau kondangan dan acara-acara sejenisnya. Pikiran dan dogma tersebut masih melekat di benak saya hingga di bangku kuliah. 

Dan Bismilllahirrahmaanirrahiim saya baru mulai membuka hati dan selanjutnya merasa enjoy untuk berbaju batik saat memasuki dunia kerja. Jadi bukan semata-mata karena maklumat dari pemerintah untuk berbaju kerja motif batik pada hari-hari tertentu dalam rangka cintai produk dalam negeri karena saya sudah mulai membiasakan mengenakan baju batik setiap hari Jumat beberapa waktu sebelum maklumat penting tersebut diproklamasikan oleh pemerintah sebagai reaksi atas pendaftaran dan pengakuan Hak Kekayaan Intelektual oleh Malaysia terhadap kain batik .



Salah satu motif  Batik Banyuwangi
Dari catatan sejarah menunjukkan bahwa kerajinan Batik Indonesia setidaknya telah dikenal sejak zaman Majapahit dan terus berkembang secara berkelanjutan hingga sekarang. Secara umum, kain batik seringkali diidentikkan dengan Kota Solo, Pekalongan dan Yogyakarta. Padahal kenyataannya setiap daerah memiliki produk batik dengan kekhasannya masing-masing yang tak kalah menarik. Beberapa motif batik yang sudah di kenal masyarakat secara luas antara lain : Sida Mukti, Sida Luhur, Kawung Picis, Babon Angrem, Pringgondani, Irian, Sri Kuncoro, Bantulan, Pisang Mas, Polkadot, Mega Mendung dan masih banyak lagi lainnya.

Banyuwangi juga memiliki beragam corak batik namun belum banyak dikenal masyarakat luas. Corak-corak batik tersebut antara lain : Gajah oling, Kangkung Setingkes, Alas Kobong, Paras Gempal, Kopi Pecah, Gèdèkan, Ukel, Moto Pitik, Sembruk Cacing, Blarak Semplah, Gringsing, Sekar Jagad. Dan salah satu motif andalan batik Banyuwangi yang sudah cukup naik daun dan sangat berpotensi untuk bisa disejajarkan dalam katalog batik nasional adalah batik Gajah Oling. Ciri utamanya adalah adanya gambar Gajah Oling sebagai bentuk dasar dan motif utama dalam mendesain corak kain batik yaitu berbentuk seperti tanda tanya terbalik. 

Makna secara filosofis merupakan bentuk belalai gajah dan sekaligus bentuk Oling. Ada juga yang mengatakan Gajah Oling adalah senjata khas kota Banyuwangi. Terlepas dari itu semua, motif Gajah Oling menunjukkan kecintaan masyarakat Banyuwangi pada adat budayanya yaitu senjata khas dan hewan asli Banyuwangi yang harus dilindungi.
Motif Batik Gajah Oling
Melihat minat dan cita rasa masyarakat dalam berbusana yang berkembang sekarang  memberikan indikasi yang sangat kondusif bagi motif Gajah Oling meraih peluang pasar yang lebih luas bahkan go public secara nasional maupun internasional. Dimana motif utama tersebut bisa digabungkan dengan berbagai corak, desain, warna dan bahkan sangat mungkin untuk di kombinasikan dengan motif dari daerah lain sehingga akan melahirkan corak batik  yang me’nasional dengan motif yang khas dan eksklusive dalam jajaran koleksi batik Indonesia 


Dan dalam perkembangannya, berdasarkan cara pembuatannya maka dikenal tiga jenis batik Gajah Oling yaitu batik tulis, semi tulis dan cap. Selain dari cara pembuatannya, faktor lain yang berpengaruh terhadap harga jualnya adalah jenis bahan kain yang digunakan untuk membuat batik. Harga termahal batik gajah Oling adalah yang berbahan sutra dan dibuat dengan ditulis. Batik gajah oling memiliki peluang pasar yang sangat mungkin bergerak kondusif melalui sentuhan kreatifitas dan daya artitistik karena selain ikon gajah oling motif lainnya bisa di desain secara variable terbuka. Jadi kita bisa membuat rancangan motif sendiri kalau menginginkan batik gajah oling yang spesifik sesuai sense personal kita. Maka tidak berlebihan jika saya mengatakan motif gajah oling sebagai batik lokal Banyuwangi akan bisa memperkaya koleksi batik Nasional sebagai warisan budaya.



Bangga Pakai Baju Batik
Yukkk...”batik”kan hari-hari kita. Cheerrsssss.........
Trend setter fashion yang sangat welcome untuk padu padan kain batik sehingga bisa dikenakan dalam berbagai acara dan kesempatan baik formal maupun non formal menjadikan batik sebagai pakaian lintas sosial ekonomi, gender dan usia. Mulai dari TK sudah dikenalkan dan dibiasakan untuk mengenakan seragam batik, maka secara naturally rasa comfort dan bangga menggunakan batik akan terpola sejak dini. Dan saya yang dulunya ogah-ogahan jika di suruh menggunakan batik, sekarang justru sebaliknya. Seiring Perkembangan corak dan motif kain batik yang berpadu padan dengan warna-warna cerah, maka perlahan membuat saya mulai jatuh hati dengan batik. 
Love is process...tak terkecuali terhadap kain batik, ternyata perlu pengenalan juga.



 
Postingan ini Disertakan pada lomba Blog Entry bertema 
Batik Indonesia, kerja sama Blogfam & www.BatikIndonesia.com



Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

125 comments:

  1. Koleksi batiknya bagus dan indah. Semoga menang dalam kontesnya Mba.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...koleksi punya outlet dan toko natik tuh Pak. Kebetulan ide narsis muncul pas mau beli kain batik sehingga punya foto-foto yang bisa saya pakai untuk ikutan lomba artikel batik ini.

      Delete
  2. oh, ini yang dikau ceritakan itu mba, bagus bagus ya, tapi sebentar, itu mau bikin girlsband ya, kok porsenya pada begitu, wew ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jang ikut jadi personil girlband lho sob :p

      Delete
    2. keren tuh batik2nya Rie... akan lebih keren lagi jika dikirim kesini satu yang warna ungunya, hehe.

      sukses kontesnya yaa... btw sebelum ngetop dengan girls bandnya, ayo kasih ttd dulu untuk ku, ntar kalo udh ngetop susah ngebajak ttdmu say... hehe

      Delete
    3. @ Stumon: BUkaaann girl band tapi cheer leader buat demo BBM. hahahaa. Beginilah kalau punya teman-teman yang juga suka narsis, jd punya banyak koleksi foto. Pas ada moment lomba batik jadi ada deh dukungan fotonya.

      Delete
    4. @ AR: Enggaakkk...janji gak bakal ikutan girl band kok. Lha nyanyi saja bikin ayam tetangga mati kok mau ikutan girl band..hehehe

      Delete
    5. @ Mbak AL: hohoho...yg ungu itu limited edition Mbak. Kita pesan motifnya gajah oling plus ikan..jd so simple. Waktu ta pake di Jakarta di kiranya batik dari jogya deh..

      Delete
  3. Narsise puwooolll...
    Aku tahu istilah Gajah Oling gara-gara nonton ludruk trus nama partai di situnya Gajah Oling, gambar logone gajah diwalik he he.
    Eh jebul motif bathik ta...
    Menang yo mbak.
    Nak menang poro loro... wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha... wes suwe tenan gak krungu istilah "poro" Un, thanks ya Un di elingke wkwkwkkwkwk....

      Delete
    2. @ Una: Aku tahunya ya gara-gara numpang tinggal di Banyuwangi ini. Sempat 'protes' juga seh dengan namanya..hehehe

      Delete
    3. @ AR: iya neh.dah lama banget gak dengar istilah 'poro'...

      Delete
  4. Setuju, mari batikkan hari2 kita.
    Pakai batik juga enak. Kainnya adem. Cocok kalo dipakai sekarang yang lagi panas-panasnya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik juga sama kayak baju lainnya, yg pentin bahannya jangan yg panas jd adhem jika di gunakan..

      Delete
  5. Gajah oling kirain merek oli, mbak! Bhahaha, btw sukses buat kontesnya eaa... ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. whahh? Oli? saya kok malah baru tahu kalau ada Oli yg merknya gajah Oling mas..

      Delete
  6. warna sentuhan batiknya kelihat lembut yah mbak.. sukses yah kak rie untuk kontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups...utk motif bisa di buat sesuai selera kita. Selama ada ikon gajah Oling....bisa deh di sebut batik gajah Oling...#kan kreatif

      Delete
  7. Kirain tadi tulisan di mobil2 truk "Gajah Oling" hehehe...

    Tapi sekarang batik banyak yang dibuat dengan cetakan kan mbak? gak asli kerajinan tangan.Mungkin untuk menekan biaya produksi kali ya mbak?

    Semoga kontesnya sukses mbak ririe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang mobil2 truk "Gajah Oling" itu nama utk jasa 'pengamanan'. Namanya juga sama, saya pernah nanya jika jasa pengamanan " Gajah Oling" itu jaringannya sdh luas skala nasional.

      Secara HPP mmg batik cetakan atau jenis 'cap' lebih murah. Tapi masih banyak juga kain batik yg di kerjakan sebagai kerajinan Rumah tangga. Dan biasanya yg hand made kan lbh unik kainnya, apalagi jika kita pesan sendiri motifnya..

      Delete
  8. wahh... kain batiknya bagus-bagus ya! di tempat saya juga banyak lho batik2 motif Borneo!
    saya doa'in moga menang ikut kontesnya mbak (kalo menang jgn lupa bagi2 hadiahnya yaa..hehehe!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Motif borneo? wah mau tuh ...hahahaa..

      Terima kasih doanya tp gak janji deh bagi2 hadiahnya...#belum tentu menang bro

      Delete
  9. Wew... Aku kira gajah oling apaan :)) ehh narsis2 yah fotonya :p semangat lombanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. WEiii, itu bukan narsis namanya tapi eksis...#alasan elegan

      Delete
    2. Wakakaka, narsis sama eksis2an ga jauh beda ko :p

      Delete
    3. gak jauh beda artinya tetap beda dunk..#ngeyel

      Delete
  10. Hahaha.. Ikut juga lomba ini ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan @the last minutes neh....terlanjur punya data pendukung dan kebetulan juga jenis gajah oling belum on air nasional...ya itung2 ikutan promo batik lokal deh

      Delete
  11. masing2 masing daerah pny motif yg beda2 ya mbk.., smg sukes ya lombax,

    btw.., klo berkenan kita tukaran link ya., link mbk dah aq pasang.., terima kasih.. *smile

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sepertinya masing-masing daerah pada punya batik yg khas.

      Oke, segera saya ambil kode script bannernya..

      Trima kasiih:)

      Delete
  12. batiknya keren keren... kalau saya tiap hari kerja pakai batik loh... walaupun kerja di perusahaan swasta.
    karena menurut saya batik bisa di pakai untuk formal dan non formal

    ReplyDelete
    Replies
    1. #TOS...
      Saya pun sekarang lebih srg pakai batik. Jalan2 juga asyik sj pakai batik...

      Delete
  13. Wah ternyata ada kontes batik toh, saya juga punya beberapa batik khas Banyuwangi lo Mbak, seprtinya setiap daerah sudah mempunyai ciri khas masing² mengenai batik ini, ada batik Madura juga lo Mbak hehe

    Sukses GA nya, semoga menang Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, masing daerah punya batik. Batik Madura juga dah sering lht. lamongan juga punya batik tp kebetulan foto-foto yg saya punyai banyak yg berbatik gajah oling jd saya mengambil judul ttg batik gajah oling deh..

      Delete
  14. Wah ternyata banyuwangi juga mempunyai batik khas juga ya.

    ReplyDelete
  15. batik emang gak ada duanya, sukses kontesnya ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...batik emang gak ada duanya tapi buaannyak Mbak d Indonesia..

      Delete
  16. Serasa pengen pamer ke orang eropa dengan memakai batik Indonesia mbak .... maju terus batik nasional

    ReplyDelete
    Replies
    1. sptnya orang2 bule sdh mulai welcome utk pakai batik juga tuh. JUga sdh mulai memberikan cindera mata kain batik jika ada expert bule sebagai narasumber

      Delete
  17. namanya unik ya mbak, gajah oling tapi motifnya bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya namanya unik dan menarik, motifnya simple, hanya sebuah simbol yg bs di kombinasikan dengan desain motif suka-suka kita

      Delete
  18. Batik memang keren loh, seriusss.... apalagi kalau dibuat model dress... kyaakyaa banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. model dress...sukaaaa. Sasirangan bagus banget di buat model gaun, sedikit kombinasi dengan warna polos yg senada...hemm cantik deh..

      Delete
  19. kayaknya enak batiknya ya lemes, modelnya juga cantik cantik wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan batiknya pakai jenis kain katun..nah kalau modelnya ya gtu deh, asli hobi poto ria. Ya lumayan bisa buat ikutan lomba-lomba jika pas ada foto yg cocok dengan tema lomba

      Delete
  20. aduch,cantiq banget sih mbak batiknya?aku juga pencinta batik lho?...diopor satu keatma mbak rie..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...kirain para modelnya yg cantiq-2...hehehe. Makasar kain songketnya keren tuh Mbak

      Delete
  21. Batiknya keren2...modelnya juga cantik2 :-) baru dengar istilah Gajah Oling. Sukses GAnya ya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tengkyu,,,,jujur deh, cantik-catik ya..wakakakakk

      Delete
  22. ou ada nama namanya ternyata ya, ou baru tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kenalin namanya batik gajah oling..

      Delete
  23. Motifnya Unik ya :)

    Memang batik kita sangat keren dan berskala internasional ya...

    Gudlak yaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat...batik memberikan citra yg unik dan exclusive..

      Delete
  24. Replies
    1. Amiin. At least turut memperkenalkans alah satu jenis batik lokal yg merupakan warisan budaya juga

      Delete
  25. saya suka batik aku senang liat orang pake batik gtu , ayo budaya batik kita lestarikan...:)

    ReplyDelete
  26. Hahaha.. dulunya juga ogah-ogahan pake batik, kesannya batik itu baju bpk2. Tapi begitu masuk dunia kerja Oo..oo.. ada kewajiban pake batik. Jadinya mulai hunting batik dan ternyata batik emang cakep banget :)

    Yang warna ungu di pict juga manis ya, motifnya simple.. Gud luck mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. #TOS..

      Iya, berasa tua kalau (dulu) batikk, kalau sekarang kebalikannya..mau pake jean ya PeDe saja di padu dengan batik deh..

      Yang Ungu dan ijo itu order motifnya..hehehe

      Delete
  27. Wah. Baru tahu istilah Gajah Oling ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sipp, dapat deh salah satu tujuan ikutan lomba ini yaitu publikasi batik gajah oling

      Delete
  28. ciyee ada yang narsis euy :D

    ijo ijo ijo..sini dong ijo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. cieeee...suka dengan warna ijo ya Mbak.?

      Delete
    2. hehehe ndak juga mbak, ijo kyak si belalang nya kangmas :D

      Delete
    3. ooo..punya piaraan belalang ya. Baru kali ada yang hobi miara belalang..

      Delete
  29. Ealah, gajah oling tuh batik ya... :D
    Tahunya aku gajah oling tuh tulisan yang di bak truk. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yg di bak truk itu namanya utk jasa pengamanan expedisi kayaknya.

      Delete
  30. wiw~
    aq baru tau ada gajah oling :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya batik-batik daerah banyak yg belum terekspos ke publik tuh..

      Delete
  31. oo..kirain itu gambar tumbuhan ternyata gajah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gajah olig..bukan binatang gajah yg ada di kebon binatang..

      Delete
  32. Sekarang batik keren2 ya mbak.
    KAyak baju batik buat anak2, lucu2 :)
    Sukses yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lucu-lucu dan menggemaskan model batiknya anak-anak, apalgi yg model batik utk baju anak cewek...hihi..

      Delete
  33. Wah komen ku hilang ...????


    Batik anak2 sekarang keren2 yah.

    Semoga sukses lombanya mbak :)

    ReplyDelete
  34. mbak ririe narsis jg pake bathik...
    :P

    ReplyDelete
  35. Loh mbak Ririe ini lare Osing tah..?? wah masih tetanggaan dong kalau gitu.. sukses ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh? Saya bukan lare Osing, bahasa OSing juga gak bisa..

      Saya ttp org LA= lamongan aseli..

      Delete
  36. wiww modelnya cantik2 ya, seksi juga hehe tuh kan seksi tdk harus menyanyikan lagu belah duren loh pakai batik jg keliatan sangat seksi..

    dulu sya punya anggapan kalo pakai batik itu lebih punya kesan orang tua banget, tap sya skrg malah udah punya tiga baju batik hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wouuww....look sexy with batik? hemmm, terima kasih. #teripu malu..

      Kalau makan buah duren saya suka juga lho, tp gak bisa banyak krn jerawatnya lgs nongol dgn sukses

      Btw, sama deh saya juga dulu alergi dengan batik..look so old fashion. Tp ternyata lebih dinamis utk di padu padankan, bahkan dengan di pasangkan dengan celana jeans juga kereenn deh..hehehe

      Delete
  37. scripx disini mbk.., http://lentera-langit.blogspot.com/2012/02/inilah-link-sahabatku-cara-membuat.html, *smile

    ReplyDelete
  38. Keren Mba ,., Bagus2 .

    Sukses selaluu

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyik-1000000..000x, di bilang keren...hehehe

      Delete
  39. Warna batiknya cerah-cerah euy....jadi pengin euy...
    Sekarang motif batik lebih beragam, begitu juga modelnya, lucu-lucu dan menarik

    Moga menang ya kontesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Model batik sekarang lebh modis dan enak di gunakan dalam kesempatan apapun. Di bikin gaun juga sangat anggung lho?

      Delete
  40. kayanya orang indonesia harus banyak yang posting tentang batik ini, biar ga dikalim lagi ama negara lain sebagi produk aslinya...heheh...

    Salut dah buat yang ngadain kontess... dan selamat mengikuti kontesnya yaaa .. semoga menang.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setelah batik di akui oleh internasional semoga semakin banyak lagi warisan budaya leluhur kita yg mendapatkan pengakuan dunia internasional. Biar TIDAK kecolongan lagi seprti kasusnya Tempe yg di akui oleh Jepang dengan sukses

      Delete
  41. hmmm.. cintai batik. cintai Indonesia. :D

    ReplyDelete
  42. batiknya sangat bagus sekali sobat... jadi pengen pakai juga sobat...

    ReplyDelete
  43. motif gajah olingnya bagus juga suka warna ungun gitu :D
    banyak foto narsisnya mba hihihi
    good luck ya ^___^

    ReplyDelete
  44. batik gajah oling itu batik khas dari daerah mana ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. #garuk-garuk kepala yang lagi ketombean..

      Gajah oling itu batiknya khasnya Banyuwangi Pak Arif:)

      Delete
  45. Batik gajah oling?, ... baru denger nih!, tapi kayaknya bagus tuh coraknya, ... mau-mau donk,smoga kontesnya menang deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga postingan ini bisa menjadikan batik gajah oling menjadi salah satu favorite batik Indonesia

      Delete
  46. ternyata kita sama mbak, dulu dhe juga mandang batik adalah pakaian orang tua.. hehe :D

    ada hadiah spesial untuk mbak Riri, diterima yaa http://gamazoe.wordpress.com/2012/03/31/seratus-cinta-gamazoe/ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. weiii...tengkyu awardnya yg lovely ya..udah nanmpang dengan manis tuh..

      Delete
  47. mau dong batiknya, hehehe...
    mbak Rie narsis juga yah, sama dong kayak saya. ahahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh deh batinya...inbok saja, cash and carry hahahahaa...# jualan

      Oke kan narsisnya ?

      Delete
  48. Replies
    1. terima kasih, asli memang keren neh..#PeDe over dosis

      Delete
  49. batik hrus tetap di lestarikan indonesia
    jngan sampai hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuukkk..lestarikan batik Indonesia dengan suka pakai batik yaa

      Delete
  50. Replies
    1. Wah? Sudah ta lihat di kotak SPAM juga gak ada lo Mbak...karena koneksi eror kali ya..

      Delete
  51. keren banget motifnyaa...!

    *baru tau soal gajah oling*

    ReplyDelete
  52. Batiknya cantik-cantik Mbak, Salam Kenal ya Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi para modelnya..hahaha..

      Salam kenal juga ya:)

      Delete
  53. serunya poto bareng pake batik XD

    ReplyDelete
  54. bayuwangi punya batik sendiiri ya ternyata baru tau aku
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batik banyuwangi beragam motifnya,,,yang paling terkenal ya gajah oling ini

      Delete
  55. keren batik banyuwanginya :D

    ReplyDelete
  56. Batik memang nggak ada matinya! Kalau mau ditelusuri dg teliti, mungkin tiap daerah dari Sabang sampai Merauke punya batiknya masing2 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah makanya saya pengennya punya koleksi batik seluruh nusantara

      Delete
  57. di kotaku juga ada batik khas. namanya batik Lumajang, biasanya gambarnya itu identik dengan pisang. Pisaaaaaaaang mulu.
    jadi, kalo nemu batik bercorak pisang, pastikan itu dari Lumajang, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh....malah belum tahu batik Lumajang? motif pisang ya..mungkin karena banyak buah pisang di lumajang kali ya

      Delete
  58. bagus blognya... makasih bisa jadi referensi.. maklum kurang paham batik...
    www.bayus.tk

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.