Kumpulan Doa - Doa Pendek Untuk Anak Untuk Diamalkan Sehari-Hari

Kumpulan Doa-Doa Pendek Untuk Anak Untuk Diamalkan Sehari-HariIslam merupakan agama yang paling sempurna, karena dalam Islam bukan hanya mengurus tentang ibadah ritual saja, namun semua aspek kehidupan ini diatur oleh Islam, termasuk dalam mendidik anak.

Salah satu mendidik anak tentang agama adalah dengan mengajarkan beberapa doa harian yang bisa dipraktekkan sehari-hari, agar semangat belajar dan semua aktifitas membawa kebaikan dunia - akherat. 

Maka Bismillahirrahmaanirrahiim, dalam tulisan kali ini akan memberikan kumpulan doa-doa pendek untuk anak sebagai berikut : 

1. Doa Sebelum Tidur 

Sebelum tidur hendaknya kita berdoa agar mendapatkan penjagaan dari Allah Subhana wa Ta’ala. Doa mau tidur ini merupakan doa harian yang lafaznya pendek, sehingga mudah dihafalkan. Adapun lafadz doa sebelum tidur adalah sebagai berikut :

“ Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut. ”

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Doa Bangun Tidur 

Sebagai bentuk rasa syukur setelah melakukan aktivitas tidur atas penjagaan Allah Subhana wa Ta’ala, maka hendaklah anda membaca doa bangun tidur sebagai berikut :

“Alhamdillallahilladzi ahyanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya : “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kembali semua akan dihidupkan kembali.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

3. Doa Bangun Tidur Singkat 

Telah menceritakan kepada kami Qabishah telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Abdul Malik dari Ribi bin Hirasy dari Hudzaifah bin Yaman dia berkata,”Apabila Nabi Shallallahu alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: 

" Bismika amuutu wa ahya "

 Artinya : Dengan nama-Mu aku mati dan aku hidup. 

Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: 
 
“Alhamdulillahiladzii ahyaana bada maa amatana waialhin nusyur "

Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali (HR. Bukhari no. 5837).

Kumpulan-Doa-Doa-Pendek-Untuk-Anak

4. Doa Agar Terpenuhi Hajat Dunia dan Akhirat 

Semua orang pasti menginginkan sukses di dunia maupun di akhirat. Untuk mendapatkan keduanya itu memang tidaklah mudah, butuh perjuangan dan doa. Berikut doanya yang bisa anda baca :

“Allahummakfinii bihalalika ‘an haromika waghninii bifadzlika ‘amman siwak.”

Artinya : “Ya Allah, cukupkanlah aku dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu, dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dari selain-Mu,” 

5. Doa Sebelum Membaca Al Quran 

Membaca Al Quran merupakan ibadah dan kelak Al Quran akan menjadi syafaat bagi orang yang membacanya. Adapun doa sebelum membaca Al Quran adalah sebagai berikut :

“Allahummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wadzakkrinii maa nasaytu yaa dzal jalali wal iqrom,”

Artinya : “Ya Allah bukakanlah hikmah-Mu kepadaku, bentangkanlah rahmat-Mu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupakan, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemurahan.”

6. Doa Setelah Membaca Al Quran 

Meskipun doa setelah membaca Al Quran ini relatif panjang, tetapi doa ini mudah dihafalkan oleh anak-anak sekalipun. 

Allahummarhamnii bilqur’an waj’alhulii imaamaawwanuuron wahudan warohmah, Allohumma dzakkirna minhumaa nasiitu wa’allimnii minhumaa jahiltu warzuqnii tilaa watahu aanaa allaili waathro fannahaar, Waj’alhulii hujjatan yaa Robbal ‘aalamiin.”

Artinya : “Ya Allah, romatilah aku dengan Al Quran yang agung, jadikanlah ia bagiku cahayaku petunjuk rahmat. Ya Allah, ingatkanlah apa yang telah aku lupa ajarkan kepadaku apa yang tidak aku ketahui darinya, anugerakanlah kepadaku kesempatan membacanay pada sebagian malam dan siang, jadikanlah ia hujjah yang kuat bagiku, wahai Tuhan seru sekalian alam,”

Demikian sharing Doa-Doa Pendek Untuk Anak, semoga bisa menambah khasanah pengetahuan dan mengkayakan amalan-amalan doa sehari-hari bagi kita semua, aamiin.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

8 comments:

  1. Penting banget nih Mbak. Anak2 bisa hafal dan ngerti doa doa pendek Sehari2 yg bisa dilafalkan.
    Jadi inget dulu pas masih skolah, sblum pulang tuh, ditanyain doa doa pendek. Yg jawabannya bener boleh keluar dulu

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sharing-nya mbak.. Penting banget ini buat dibiasakan membaca doa sebelum dan sesudah tidur, doa kedua orang tua, dan doa-doa pendek yang biasa dipakai sehari-hari.

    ReplyDelete
  3. Doa-doa ringkas yang mudah dihapal oleh anak, nih. Dan biasanya dilatihkan sejak pra sekolah. Beberapa terlupakan setelah sekolah SD. Hihihi.
    Kalau ditulis gini jadi ingat ajarin anak kembali, nih

    ReplyDelete
  4. Doa doa yang mudah dihapalkan dan tentunya bisa diucapkan. jika dilatih sejak dini pasti akan hapal dengan mudah

    ReplyDelete
  5. Ini sangat penting. Walaupun doa pendek tapi bila di rekomendasi untk anak-anak sama dengan mengajarkan cara memperoleh berkah sejak kecil kepada anak-anak.

    ReplyDelete
  6. MashaAllah~
    Senang sekali bila anak-anak bisa mengamalkan doa-doa sehari-hari yang berkaitan dengan aktivitas mereka. Sesungguhnya, segala sesuatu yang dimulai dengan doa, akan bernilai ibadah yang mendatangkan pahala.

    In syaa Allah.
    Haturnuhun sharingnya.

    ReplyDelete
  7. Aku malah sering terlupa doa bangun tidur, Mbak. Kalau mau tidur insyaallah ingat baca. Padahal selepas tidur dan terbangun adalah kenikmatan luar biasa sebab diberi peluang lagi utk berbuat baik hari itu. Mestinya disyukuri, makasih dah diingatkan.

    ReplyDelete
  8. Wah iya bener banget.. Anak2 sejak kecil harus sudah mulai dibiasakan untuk baca doa ya biar terbiasa sampai besar. Biasanya dimulai doa mau tidur baru doa makan. Nah kalau sudah hapal lanjut deh doa mau belajar, bangun tidur dan selesai makan..

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.