7 Jenis Kain Untuk Hijab Ini Anti Lecek dan Tidak Mudah Lusut. Nomer 7 Favorit Hijabers Saat Ini

Ada beberapa pertimbangan yang digunakan setiap kali kita membeli hijab, jilbab ataupun kerundung. Semarak dan trend fashion jilbab membuka segmen industri fashion yang semakin luas pasarnya. Selain model dan harga, maka jenis kain atau bahan yang digunakan merupakan bahan pertimbangan yang dianggap penting untuk menentukan pilihan membeli atau tidak jadi membeli hijab.

Saya sendiri, Bismillahirrahmaanirrahiim selain memperhatikan bahan kain hijabnya nyaman, adem juga super perduli untuk memilih jenis kain hijab/jilbab yang memiliki bahan anti lecek dan tidak mudah kusut. Alasannya sederhana saja, kalau pas dipakai saya gak perlu resah dan gelisah mikirin hijab yang saya pakai kusut, lecek atau gak licin lagi setelah kena helm, atau habis nyandar ke dinding misalnya. Selain itu, jelas dong bisa ngirit mengurangi jumlah tumpukan baju yang harus disetrika. Apalagi kalau jilbab favorit tuh, kan bawaannya itu-itu saja yang rasanya sreg untuk dipakai, even yang lainnya bahkan ada yang baru dipakai sekali saja terus kelupaan buat memakainya lagi.

Nah, berikut ini 7 jenis bahan Hijab Anti Lecek dan Tidak mudah kusut yang berhasil saya kumpulkan dari hasil jelajah kesana-kemari selama tahun baru (manfaat gabut dirumah ceritanya).

1. Hijab dengan bahan kain Sifon 

Kain sifon sudah tak asing lagi, terbuat dari kapas, sutra, dan serat sintetis yang memiliki karakteristik visual yang licin, tipis, tapi cenderung panas dan tidak menyerap keringat. Oleh karenanya, jika kain sifon ini dipakai sebagai bahan baju atau dress wajib banget dikombinasikan dengan bahan lain yang lebih adem agar nyaman dikenakan. 

Untuk bahan hijab, kain sifon ini lumayan menarik dan banyak yang menyukai sebab kainnya ringan dan flowly  (jatuh), proper kalau digunakan sebagai bahan hijab yang bisa dikenakan dalam berbagai kesempatan, baik acara formal maupun non formal karena anti lecek.

2. Hijab berbahan Kain Ceruti atau kain (kulit) jeruk

Yoiii, hijab dengan bahan kain ceruti ini automatis anti lecek dan tidak mudah kusut tentunya. Kain ceruti ini teksturnya mirip seperti kulit jeruk, tipis dan iya sih agak kasar dan kayak berpasir saat diraba. Meski begitu, kain ceruti ini malah nyaman kok dipakai dan memberikan kesan ciamik ketika dikenakan. Tidak heran jika jenis kain ini semakin diminati sebagai bahan hijab karena mudah dibentuk, terutama saat dikenakan gak ribet untuk menyesuaikan dengan  dengan wajah. 
7-Jenis-Bahan-Hijab-Anti-Lecek-dan-Tidak-Mudah-Kusut
3. Hijab dengan Bahan Kain Jersey 

Okaiii, kalau hijab berbahan kain jersey ini juga sudah familiar dong ?.  Umumnya hijab dengan bhan jersey didesain untuk hijab sport (dikenakan saat olah raga), harapannya agar aktifitas olahraga bisa tetap santuy dan nyaman meski mengenakan hijab. 

Time goes by, peruntukan hijab sport dengan bahan kain jersey pun menarik minat hijaber lebih luas sehingga semakin banyak hijab berbahan jersey ini untuk dikenakan dalam keseharian. Sangat masuk akal karena kain jersey sendiri memiliki sifat yang istimewa yakni memiliki tekstur yang elastis, lembut, ringan dan bisa mengurangi keringat. Tak hanya hijab, gamis juga banyak yang mengunakan bahan kain jersey ini kok. 

4. Hijab  Berbahan Kain Satin 

Kain satin untuk bahan hijab? Why not? Malah memiliki kesan elegan dan mewah lho hijab yang berbahan kain satin ini. Visual kain yang terlihat mengkilap dan teksturnya yang licin, nyatanya kain satin suskes memikat hati hijabers. Selain kesan glamour, toh hijab berbahan kain satin ini nyaman dan bisa luwes (mudah menyesuaikan dengan bentuk wajah) saat kita kenakan. 

That’s why hijab kain satin ini bisa dilabeli sebagai hijab all session karena bisa dikenakan untuk aktifitas rutin ke kantor, kondangan, arisan, piknik atau acara santai serta out door lainnya 

5. Hijab Dengan Bahan Kain Spandex 

Meskipun ciri khas kain spandex adalah tipikal kain yang  bisa dikatakan tidak tipis, tapi pretty cool saat dijadikan hijab karena ringan, teksturnya halus dan lembut.

Yuppp, hijab dengan bahan kain spandex ini comfort karena kainnya bisa jatuh dan mudah dibentuk untuk menyesuaikan dengan wajah. Kain spandex ini juga bisa banget menyerap keringat, makanya proper pula untuk mengenakan hijab ini meskpun cuaca sedang panas dan udara gerah. Pada umumnya hijab dengan bahan kain spandex dibuat hijab instan atau model bergo yang gampil memakainya dan praktis untuk sehari-hari di rumah.

6. Hijab dengan Bahan Kaos 

Sebenarnya hijab dengan bahan kaos dan spandex ini bisa dibilang serupa, hanya sedikit bedanya. Sekilas kedua bahan ini mirip, perbedaaanya hanya terletak pada penampakannya yakni kalau bahan kaos tidak mengkilap, sedangkan kain spandex terlihat mengkilap. Hal-hal lainnya, nyaris sama sih. Tinggal kita mau pilih yang mana, mau hijab spandex atau kaos, yang penting nyaman kan…

7. HIjab dengan bahan Voal

Voilaaa, hijab dengan bahan kain voal ini lagi hits. Iya konon bahan hijab voal ini sedang naik daun, banyak hijabers yang terhipnotis dengan hijab berbahan voal karena jenis kain yang adem, nyaman dipakai meski saat cuaca panas dan tetap nyess meski berhijab seharian.  Bahkan saat beraktifitas fisik seperti olahraga, mengenak hijab berbahan Voal ini masih recommended.

Nah itu itulah 7 jenis bahan hijab yang anti lecek dan tidak mudah kusut ya. Sebenarnya masih banyak jenis kain untuk hijab yang anti lecek dan tidak kusut. Untuk sementara 7 jenis kain ini saja dulu, dan langsung lanjut negrumpiin dimana sih untuk membeli hijab berbahan Voal ?

No need worry, hijab berbahan Voal ini tidak sulit kok untuk mendapatkannya. Salah satunya bisa lho  membeli hijab berbahan Voal ini melalui toko online busana muslim di  hijab.id. 

Yesss, toko hijab.id ini merupakan salah satu toko hijab printing yang menjual aneka hijab dan perlengkapan busana muslimah baik secara online maupun offline.  Jadi kita juga bisa membeli produk-produk seperti hijab dengan berbagai keunikannya, semisal casual scarf, pashmina, potton lasercut, syar’i scarf dan voal plain.
Selain aneka model hijab, kita juga bisa belanja busana muslim dan aksesoris hijab seperti bandana rajut, headloop mask dan legging wudhlu.
Kalau mau dapetin harga hemat, kuy daftar saja sebagai reseller, secara kan trend fashion hijab semakin menjanjikan. Jadi silahkan daftar dulu sebagai reseller dan dapatkan harga untuk semua item yang dipajang di hijab.id dengan harga impresif tentuanya.

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

18 comments:

  1. dari 7 jenis bahan hijab yang gak mudah kusut dan anti lecek yang disebutkan di atas, yang sangat jadi favoritku yaitu bahan cerruti dan voal, the best pisanlah

    ReplyDelete
  2. wah aku banyak liat yang bahan satin, nyaman dan lembut :D

    ReplyDelete
  3. bener banget aku juga kalau memilih hijab kadang melihat kainnya kadang kalau kainnya enak gitu jadi betah banget buat berhijab

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka voal dan kaos, paling gak bisa sama satin, wkwkwk.. udahlah dia licin, trus kalo di kuping bikin pendengaran agak kurang karena struktur kainnya

    ReplyDelete
  5. Aku senang jilbab bahan katun dan sifon yang nggak panas dan ngga mudah lecek...tampilannya juga lebih keren...

    ReplyDelete
  6. Selama ini kalau beli jilbab memang lebih suka lihat bahannya. Katun suka, nah sekarang ini tertarik beli bahan voal.Bahannya nyaman dan mudah diatur.

    ReplyDelete
  7. Ceruti, kaos dan voal, kesayangnku!
    Yang kaus biasanya untuk ke warung gitu, jilbab tinggal sorong, bahahaha.
    Voal memang fenomenal, kaya motif, perawatan gampang dan mudah dibentuk.
    Yup, the best pisanlah!


    ReplyDelete
  8. aku paling ga mudeng deh bahasa kain gini. hehehe.
    pernah beli bahan jilbab yg ga gampang kusut buat alas foto produk, so far okee

    ReplyDelete
  9. Banyak juga ya jenis kain untuk hijab. Karena jenis kain hijab inipun menyesuaikan pakaian, tempat digunakan dan juga eventnya.

    Kain hijabku rata-rata menggunakan jenis voal, karena mudah dibentuk dan aku merasa cocok banget di muka aku. Pas banget gitu pas dipakai

    Jenis kain kaos juga aku pakai untuk olahraga atau saat menggunakan pakaian yang kasual gitiu. Jenis kain yang satu ini, pas juga diwajahku, karena enggak neka-neko ya kalau kaos gitu.

    ReplyDelete
  10. Kok saya suka semua ya ketujuh jenis bahan hijab itu yah?
    Tapi yang paling banyak adalah jenis voal tidak ribet. Jenis ini paling nurut, mau diapain saja, ia nurut. Ee, emang manusia? Hahaha

    ReplyDelete
  11. Aku paling suka yang bahan ceruti dan voal, mba. Paling mudah untuk digunakan, bahkan untuk sehari-hari sekalipun. Ngebentuknya di kepala juga gampang.

    ReplyDelete
  12. Ada begitu banyak model kain yang pas dan cocok untuk dijadikan jilbab. Apalagi warna dan patternnya juga banyak yaa

    ReplyDelete
  13. aku paling seneng voal sih,,, mirip2 kerudung paris jaman dulu cuma lebih tebel kayak lebih premium gitu dan bisa dikasih print atau di bordir ga setipis paris,, kalo kusut keknya relatif,,, pokoknya pas jemur dikebutin pas kering jadi ga lecek deh

    ReplyDelete
  14. Praktis banget yaa..
    Jenis kain juga menentukan perawatan soalnya. Tapi anti-kusut ini pasti jadi favoritoo deeh...

    ReplyDelete
  15. banyak juga ya jenis kainnya.. kalau saya biasanya pilihan bahan ini tergantung suasana dan tujuan juga.. Kalau buat di rumah ya bahan spandek biar nyantai... Kalau buat satin buat pesta dll... Bahan voal juga ya.. Beda tujuan penggunaan beda bahan..

    ReplyDelete
  16. Favoritku hijab berbahan sifon yang halus dan lembut. Pernah dapat oleh-oleh umroh dari almh ibu, kain sifonnya bagus banget dan enak dipakai. Tapi pas nyari bahan sejenis di toko-toko kain, sampai sekarang belum pernah nemuin. Haha. Nah yang bahan voal juga nih katanya bagus, ya. Aku belum punya soalnya.

    ReplyDelete
  17. Diantara semua bahan kain, menurutku paling enak itu sifon fine. Dia nggak licin, gampang juga dipagi, tapi nggak kelihatan murah kaya pake jilbab paris gitu..

    ReplyDelete
  18. Kalau aku selalu memilih yg bahan kaos mbak, selain anti kusut pun sangat nyaman sekali kalau aku kenakan

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.