[Edisi] Belajar Memasak Ala Chef Arnold

Sebagai orang yang pandai memasak dengan jurus Acak kadut alias semau-mau guweh dan Alhamdulillah biasanya sih ludes habis. Maklum menyajikannya kan menggunakan ajian “jika gak dihabisin, dijamin no more action to cook!#ajaran sesat TIDAK boleh ditiikuti!. Meski demikian masih ada kok hasrat hati untuk bisa menyajikan menu makanan yang lebih ada unsur menggugah selera makan. Maka Bismillahirrahmaanirrahiim saat nyasar login FB dan nyasar mbaca event-nya Fiesta Seafood dan menyimak tata cara ikutannya, muncul Sok PeDe-nya Saia untuk ikutan. Sepintas membaca point-point yang ditentukan untuk bisa ikutan, secara garis besarnya adalah:
  1. Peserta diharuskan mencoba membuat salah satu resep dari minggu 1-3 dan membuat resep kreasinya sendiri pada minggu ke 4
  2. Masing-masing resep yang dicoba harus dipilih dari minggu yang berbeda.
  3. Contoh: Minggu 1 – 3: Tiap 1 Minggu submit 1 resep yang disediakan oleh Chef Arnold
  4. Minggu ke 4 : Submit resep kreasi anda
  5. Setelah mencoba resep, upload testimoni mengenai resep tersebut dan foto makanan jadi hasil resep yang dicoba/ dikreasikan dan juga foto packaging Fiesta Seafood yang digunakan dalam satu foto di www.kisahseafoodramadhan.com
Dan setelah melihat galeri foto-foto para peserta yang sudah sukses aplut hasil kreasinya, maka kian PeDE-lah  Over Dosis si Master Chef acak kadut ini. Sisi optimis saya pun memprovokasi: Lha bikinnya kan hanya meniru sajian resep Chef Arnold untuk 3 pilihan resepnya. Terus masakan yang ke-4 kan berkreasi, artinya saya bebas dunk menggunakan ilmu acak kadut ~ ngawur MODE ON ~ yang sudah saya kuasai sebelumnya.

Saat tahu event Fiesta Seafood tanggal 26 Juli dan lomba Closed 4 Agustus 2013, artinya sisa waktunya tinggal +1 minggu, tappiii.....saya tetap mantabs surantabs untuk unjuk kemampuan MENIRU olah karya masakannya Chef Arnold. Keesokannya [hari Sabtu]yang harus day off, lha kok ujug-ujug ada pengumuman kalau harus masuk kerja karena ada kunjungan Kepala Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Jakarta. Ya sutralah, harus bersabar dulu nungguin kunjungan Pak KaBan, sehingga jelang siang baru bisa start hunting produk Fiesta Seafood.

Bukannya sok lebay jika saya sebut hunting, karena memang dan ternyata tidak semua supermaket di Banyuwangi menjual produknya seafood. Last Option, menuju supermarket yang ke arah pelabuhan Ketapang. Setelah sekian waktu mengobrak-abrik produk beku yang memenuhi box show case, tak juga menemukan apa yang saya buuhkan. Saya pun nanyak pada seorang karyawan dan dibantuin mencari. Alhamdulillah ada varian Fiesta Seafood tapi memang tak banyak. Saat itu, saya hanya dapat dua item yang berbahan seafood yaitu Eby Fry dan Stick. Alhasil saya harus pilah-pilih dari resep 1-3 yang telah dipublish oleh Chef Arnold yang menggunakan  Eby Fry dan Stick. Demikian pula untuk publish resep yang ke-4, saya harus ikhlas berkreasi dengan dua jenis Fiesta Seafood tersebut deh.

Perburuan pernak-pernik bumbu dan garnisnya pun tak kalah membingunkan. Ada beberapa item pendukung yang masih asing polll buat saya. Jadi tetap deh perlu nanyak sana-sini. Meskipun HANYA TINGGAL meniru resep, ternyata it’s not easy at all. Ya iyalah, lha saya kan chef acak kadut dan gak standar blas jika memasak. Kalau hanya urusan menggoreng produk seafood, InsyaAllah sudah familiar dan cukup skilled. Kebangetan tho kalau saya gak bisa menggoreng? 

No matter what happen, show must GO ON. Lha saya sudah terlanjur belanja, kan mubadzir kalau gak dilanjutkan. Yang penting edisi Belajar Memasak Ala Chef gak boleh berhenti. Untuk hasilnya, Enak atau gak enak itu urusan nanti. After all process, pantas saja sajian menu resto mahal harganya. Lha ternyata untuk mbikin makanan yang berhiasan garnis [istilah baru yang saya kenal dari dunia kuliner], tidak semuanya terpakai. Selain itu juga butuh waktu pulak untuk menyiapkannya. Dan pilihan resep yang akhirnya saya pilih dari pilihan yang telah ditetapkan untuk 3 minggu pertama [pada prakteknya saya ya kejar tayang, tidak mungkin lagi ngikutin jadwal per minggu satu resep]:

MINGGU I: Seafood Stix with Avocado salsa

Hasil Aplutnya di SINI
Bahan:
  • Fiesta Seafood Stix
  • 1 Alpukat yang matang
  • 50g Daun ketumbar yang dicincang
  • 1/2 Tomat
  • 1 Bawang Bombay merah
  • 3 sendok makan Tabasko
  • 1/4 Lemon juice
  • Lada dan garam
Cara Membuat Seafood Stix with Avocado salsa :
  • Tumbuk alpukat sampai halus
  • Aduk dengan daun ketumbar, tomat, perasan lemon, bawang merah dan bumbui garam dan lada secukupnya
  • Sajikan dengan Fiesta Seafood stick.
MINGGU II : Spicy Pesto Spaghetti
Hasil Aplutnya di SINI
Bahan:
  • Fiesta Seafood Stix
  • 2 cangkir daun basil
  • 3 siung bawang putih
  • 300ml minyak zaitun
  • 50g kacang pine
  • 100g spaghetti
  • 3 buah tomat cherry
  • 2 buah cabai merah besar
  • 4 lembar daun basil segar
Cara Membuat Spicy Pesto Spaghetti :
  1. Untuk membuat pesto sauce, blender semua bahan sampai halus.
  2. Panas kan panci dengan air sampai mendidih dan masak spaghetti sampai al dente. Setelah itu saring dan lumuri dengan minyak zaitun simpan sampai siap di pakai.
  3. Panaskan wajan dengan minyak zaitun, tumis cabai merah dan tomat cherry, masukan spaghetti dan pesto sauce masak hingga wangi dan pesto sauce merata di spaghetti.
  4. Bumbui dengan lada dan garam.
  5. Sajikan dengan Fiesta Seafood Stix dan daun basil segar
MINGGU III: Dragon roll sushi
Hasil Aplutnya di SINI
Bahan:
  1. Fiesta Seafood : Ebi Fry
  2. 1 cangkir Beras sushi
  3. 3 cangkir Air (dan air untuk bilas)
  4. 1,5 sendok makan Cuka beras Jepang
  5. 1 sendok makan Gula putih halus
Cara Membuat:
  1. Bilas beras dengan air.
  2. Kukus beras sampai pulen.
  3. Bumbui beras dengan gula dan cuka beras Jepang sampai rata dan dinginkan.
Teriyaki sauce:
  1. 1/2 cangkir Kecap asin Jepang
  2. 1/2 cangkir Air
  3. 3 sendok makan Mirin
  4. 2 sendok Gula putih halus
  5. 2 siung Bawang putih cincang
  6. 1,5 Jahe cincang
Cara Masak:
  1. Masukan semua bahan dan rebus sampai teriyaki sauce menjadi setengah dari awal.
  2. Saring dan simpan sampai siap untuk di pakai
Isi sushi:
  1. 20ml Mayonaise Jepang
  2. 10g Rumput laut halus
  3. 1/2 Unagi
  4. 1 Rumput laut kering
  5. 1/4 Mangga
  6. 2pcs Fiesta Ebi fry
  7. 10g Selada endive keriting
Cara membuat sushi:
  1. letakan rumput laut kering di atas telenan dan taruh adonan nasi dengan rata dan ketebalan yang sama, setelah itu balikan sisi rumput laut di atas dan letakan semua condiments dengan rata dan rapih.
  2. Setelah itu roll adonan sushi dan cetak dengan cetakan sushi, potong degan rapih dan sajikan dengan sauce teriyaki dan mayonnaise jepang
Minggu IV: Simply Duet Seafood Eby Fry - Stick With Sour and Sweet Mango Sauce

Untuk edisi terakhir, tantangan adu kreatifitas dan uji kemampuan kuliner. Jadiiii...pliiiiss, jangan diprotes ataupun diketawain jika namanya pilihan yang saya ambil demikian menggoda tapi hasilnya alamakkkkk.....ACAK KADUK gass pollll..Dalam rangka mencoba berkreasi dengan Fiesta Seafood, sekaligus memanfaatkan musim mangga jadilah resep “Simply Duet Eby Fry – Stick with Sour and Sweet Mango Sauce”. Cara membuatnya simple, cepat dan hasilnya dijamin Yang penting menyelesaikan tantangannya dulu dan sudah mau belajar lho saya #muji diri sendiri azzaa 
Hasil Aplutnya DI SINI
Bahan yang dibutuhkan:
1. 180 gram Fiesta Stick
2. 160 gram Fiesta Eby Fry
3. 2 Cabe merah [buang bijinya] dan diiris tipis-tipis
4. 2 siung bawang putih
5. 3 cm jahe, dikupas
6. 100 gram buah mangga mengkal [setengah masak], dipotong dadu
7. 100 ml sauce tomat
8. 1 sdm minyak wijen
9. 1 sdm saus tiram
10. 1 sdt tepung maizena [dilarutkan dengan 1 sdm air]
11. 1 sdm cuka
12. Gula dan Garam secukupnya
13. Minyak Goreng secukupnya [untuk menggoreng Eby fry dan stick]

Cara Membuat Sour and Sweet Mango Sauce:
  1. Ulek halus: cabe, bawang putih  dan jahe, kemudian sangrai dengan minyak wijen
  2. Campurkan saus tomat, saus tiram, cuka, gula, dan garam, kemudian biarkan mendidih dengan api kecil.
  3. Masukkan tepung kanji yang sudah dikasih air ke dalam adonan saus hingga kental [sesuai selera].
  4. Angkat sauce, diamkan sekitar lima menit.
  5. Masukkan mangga yang sudah dipotong-potong berbentuk dadu
Cara Menggoreng Fiesta Eby Fry Dan Stick:
  1. Panaskan minyak goreng secukupnya [sampai Fiesta Seafood terendam saat digoreng] di wajan dengan yang panas sedang.
  2. Tunggu suhu minyak mencapai sekira 70 derajat Celcius untuk mencegah over cooking [gosong/terlalu coklat] saat penggorengan.
  3. Masukkan Fiesta Food satu persatu dengan jeda waktu antara 1 s/d 2 menit agar suhu minyak tidak turun drastis yang bisa mengakibatkan under cooking pada Eby Fry dan stick
  4. Angkat dan tiriskan 
  5. Sajikan Fiesta seafod Eby Fry dan Stick dengan Sour and Sweet Manggo Sauce.
Intinya, Bagi yang tertarik untuk melihat dan ikutan berkreasi ala Chef Arnold dalam menyajikan aneka hidangan Fiesta Seafood, silahkan mampir ke http://www.kisahseafoodramadhan.com/Hasilnya, dengan aneka lika-liku edisi belajar ala chef, setidaknya ada kesamaan antara dunia kuliner dan literasi, salah satunya adalah untuk pilihan nama makanan yang semenarik mungkin [eye ctacthing]. Semiripan dengan alasan pemilihan judul tulisan: bisa membuat orang tertarik dan penasaran untuk mengetahui detail isinya.

Oia, untuk publish resep di minggu ketiga:  Dragon Roll Sushi dengan Fiesta Eby, merupakan kali pertama saya tahu makanan yang di sebut sushi itu seperti apa. Sekaligus jadi tahu juga cara membuatnya sushi roll yang terkenal itu. Alhamdulillah [Edisi] Belajar Memasak Ala Chef Arnold memberikan pengetahuan baru tentang dunia kuliner, dan juga hasil uji coba membuat Sushi roll terpilih untuk jadi salah satu pemenang harian [ tiap hari dipilih 3 peserta yang berhak mendaptkan voucher belanja Rp. 100 ribu ]. Apapun hasilnya, teuteup dunk masih pengen masuk dalam daftar pemenang utama. Kalau gak bisa, ya memang skilled saya masih under score banget dan artinya kudu skill up MODE ON!


Note:
Selamat menyambut Idhul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan bathin. Juga mohon maaf untuk aktifitas BeWE saya yang masih amburadul.



Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

73 comments:

  1. tampilannya gitu dibilang acakadut..?
    yang keren kaya apa ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. batu pualam boleh juga, kalau banyak kan bisa di jual pulak...

      Delete
    2. Asyik dong Mba, bisa di coba bareng-bareng.

      Delete
    3. Yups...nanti dicobain bareng-bareng kalau sdh tinggal di jogya pak

      Delete
  2. selamat ya mbak dapet vocer. met lebaran maaf lahir batin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met lebaran juga Mbak, maaf lahir batin utk semuanya yaa

      Delete
  3. Riri..platingnya sudah bagus (pura2 niru gaya chef Arnold)
    nggak susah ya niruin resepnya...?

    selamat Idul Fitri ya...

    ReplyDelete
  4. Uwaaaaaa....selamatt mbk.maknyus kyknya :)
    Mhn mf lhr batin ya mbk

    ReplyDelete
  5. terus, kita-kita cuma disuruh ngiler aja begini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus, kalau mau nyobain bikin juga boleh lho pak?

      Delete
  6. Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak, semoga kita masih diberikan usia dan nikmat utk bertemu Ramadhan-Ramadhan berikutnya dengan Iman yg lbh baik.

      Delete
  7. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya Bang.. semuanya, balik nol-nol pokoknya deh

      Delete
  8. Aiihhh dapet voucher 100rb, senangnyaaaaaaa ^^
    Selamat ya mba riri.
    Anyway, maaf lahir batin yaa
    Semoga Allah menerima amalam2 kita. Aamiin :)

    ReplyDelete
  9. ini kunjungan perdana saya,
    semoga bisa menjalin silaturahmi..
    selamat idul fitri :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga happy blogging dalam bersilaturahim

      Delete
  10. Kami sekeluarhga mengucapkan
    "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 H".
    Mohon maaf lahir dan bathin
    Taqabbalallahu minna waminkum

    ReplyDelete
  11. Ini keren Mbak, sungguh
    bukan acakadut
    Semoga sukses nggih...

    Taqaballahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamukum, minal ‘aidin wal faizin. Mohon maaf lahir dan batin ya, Mbak.

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. iyae, selain mahal juga susah nyarinya kalau di kota kecil

      Delete
  13. mbak ririe jago masak juga ternyata :)

    ReplyDelete
  14. Salam kenal mbak.

    mampir ya http://lintasgaul.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Selamat. Foto2 kreasi makanannya bagus :)

    ReplyDelete
  16. mohon maaf lahir dan batin mbak ririe

    ReplyDelete
  17. aduh gak nahan ni pengen nyoba sushinya :D

    ReplyDelete
  18. Waaah, selamat ya mbak!

    Saya doyan banget sama yg namanya daging olahan, misalnya nugget, entah itu ayam, sapi, udang, dsb. Dikreasi seperti apa pun, biasanya saya doyan, dan kebetulan saya memang jagoan makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, bahkan tanpa di kreasi pun sdh lahap ya tho?

      Delete
  19. Aku pingin Spicy Pesto Spaghettinya mbak...wah keren mbak Ri kayaknya suka tantangan ya mbak? Selamat utk hadiah voucernya dan semoga dapat hadiah utama mbak.
    SelamatIdul Fitri juga maaf lahir batin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spicy spaghettinya kalau dibikin pedes...akan lbh majnyus kayaknya. hehehhe

      Maaf lahir bathin juga ya mbak

      Delete
  20. Wah selamat ya sudah sukses menirukan resep chef Arnold dan selamat juga telah berhasil memenangkan voucher 100rb..!
    Semoga makin semangat memasak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, Alhamdulillah. Gak nyangka bs menang yg harian. Tp klo pemenang utama, gak mgk masuk tuh Mbak

      Delete
  21. Taqabbalallahu minna waminkum
    Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H.
    Mohon Maaf lahir dan bathin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 ya mbak, Mohon Maaf lahir dan bathin juga #salim

      Delete
  22. keren mba tampilan'a, tapi kalau rasa kurang deh :)
    mohon maaf lahir dan batin ya mba, maaf kalau ada salah kata atau kalimat selama ngeblog :)

    ReplyDelete
  23. masih suasana lebaran khan,
    jadi nggak apa2 kan kalo aku mohon dimaaafkan lahir batin kalau aku ada salah dan khilaf selama ini,
    back to zero again...sambil lirik kiri kanan nyari ketupat....salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kompakkk....back to zero again...salam :-)

      Delete
  24. Hheheheh Alhamdulillah menang 100 ribu perak lumayan tuh hieiehiheiee

    Oh ya bener mumpung masih suasana lebaran juga, kami sekeluagra mau mengucapkan "Taqabbalallahu minna waminkum -Selamat Hari Raya Idul Fitri, 1 Syawal 1434 H. Mohon Maaf lahir dan bathin"

    ReplyDelete
    Replies
    1. # siap saling bermaafan selalu pokoknya deh

      Delete
  25. lama gk mampir.., dan belum terlambat tuk ngucapin..

    maaf klo ada salah2 kata ya mbk.. *smile

    “Ƭαqobbαlαllαhu minnαα ωα minkum
    (Semogα Alloh menerimα αmαlku dαn αmαl kαliαn).”

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuups, so tengkiyuuu masih berkenan singgah.

      #back to zero ya

      Delete
  26. Pertama baca tuh Dragon Boll lho Mba. Hahaha
    Sesuk neng jogja masak Dragon Roll, tak icip2 MBa. . :D

    Mohon maaf lahir dan bathin yaak. . .

    ReplyDelete
  27. Wooww... tampilannya enak sungguh.

    Mohon maaf lahir dan batin ya mbak Rie.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tampilannya enak dan semoga rasanya juga enak ya Mbak

      Delete
  28. mohon maaf lahir batin yah mbak Ririe :)

    ReplyDelete
  29. Chef Juna dateng, nih! Mana? Mana menu yg mau dinilai? :-P

    ReplyDelete
  30. tampilan masakan di atas asli chefnya kalah lo mbak hehe...
    mohon maaf lahir batin ya mbak

    ReplyDelete
  31. Wow selamat ya Jeng Ririe, hasil karyanya mendapat apresiasi. Semakin tertantang dan rajin nyobain resep nih. salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhee...hemm, semoga makin sregep masaknya ya Mbak

      Delete
  32. Masih bulan Syawal kan ya. Mohon maaf lahir dan batin ya Mba.
    Nanti ikut nyobain deh,


    Salam wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama ya pak, yg muda lbh bnyak salah dan khilafnya krn srg cengengesan neh

      Delete
  33. eaaakkk ngiler abis bis bis...

    ReplyDelete
  34. bisa dicoba juga nih resepnya.. :D
    nikmati cooking trip ke sumatera barat. jalan-jalan + belajar memasak rendang.
    klik di sini dan dapatkan paket perjalanannya

    ReplyDelete
  35. Kunjungan balik ke Kemasan Makanan Take Away . Jika butuh bisa hubungi kami :)

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.