4 Destinasi Wisata Alam Populer di Bogor

Siapa yang tak kenal dengan Bogor, daerah yang terkenal dengan sebutan sebagai  Kota Hujan. Bogor memiliki intensitas curah hujan yang sangat tinggi yaitu hampir 70% dalam satu tahun dengan suhu rata-rata terendah berkisar pada 21,8 derajat Celcius dan suhu udara rata-rata tiap bulan adalah 26 derajat celcius. Karena keunikan iklimnya tersebut, Bogor pun menjadi penelitian pertanian dan botani sejak masa kolonial Belanda dan berlanjut hingga sekarang. Salah satu lembaga dan pusat penelitian yang hits adalah Institut Pertanian Bogor (IPB)

Hawa yang sejuk, akrab dengan curah hujan, geografis yang berada di dataran tinggi, tentu saja Kota Bogor memiliki daya tarik yang kuat bagi warga metropolitan Jakarta untuk menikmati liburan di sana, menyegarkan pikiran dan badan setelah penat oleh segambreng aktifitas harian. Selain warga Jakarta, wisatawan yang membanjiri Bogor juga berasal dari berbagai daerah lain di Indonesia dan juga Manca negara. Akses untuk menuju Kota Bogor ini juga sangat banyak, baik jalur darat (Bis, KA atau kendaraan pribadi) dan  udara. Khusus bagi yang menempuh perjalanan dengan pesawat dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, untuk melanjutkan ke Bogor bisa cek jadwal damri bogor halim di sini. Simply click, sudah bisa menuju Bogor dengan aman, damai dan nyaman. 

Iya kan tentu saja, seminimal mungkin menimbulkan lelah hayati dan hati agar waktu liburan dan jalan-jalan di Bogor bisa all out. Secara sudah bukan rahasia lagi kalau rute menuju Bogor termasuk rute yang ramai, terlebih saat akhir pekan atau liburan sekolah. 

Sangat masuk akal jika destinasi wisata di Bogor semakin naik daun, karena perkembangan sektor wisata di Bogor sudah sangat luar biasa, tidak hanya keberadaan puncak di Bogor. Saat ini animo wisatawan semakin meningkat  destinasi wisata yang menarik minat para wisatawan domestik maupun luar negeri, baik destinasi wisata alami maupun rekayasa (buatan) manusia.

Khusus untuk destinasi wisata alam (out door) yang cikal bakal awalnya sudah tersedia di alam, setidaknya ada 4 destinasi wisata alam di Bogor yang sukses membuat saya makin kepo untuk jalan-jalan di Bogor. Berikut ini sekilas pandang terhadap 4 destinasi wisata alam yang menurut saya recommended untuk dimasukkan wihs list jejalanan di Bogor, yaitu:

1. Curug Ciherang

https://www.instagram.com/p/B3jDxMMghNq/
Air terjun atau Curug Ciherang ini berada di ketinggian 300 mdpl dengan ketinggian air terjunnya adalah 30 meter, berlokasi di Desa Warga jaya Kecamatan Sukamakmur. Air terjun Ciherang ini memiliki 3 tingkatan, dimana area disekitarnya cukup rindang dengan adanya pepohonan dan berbagai tanaman. Selain  suguhan pemamdangan air terjun yang keren, kawasan Curug Ciherang sudah dikelola dengan apik, sehingga pengunjung juga bisa bersantai menikmati rumah pohon, Kapal Gantung,  Kolam renang, dan Jembatan gantung.

2. Curug Luhur

https://www.instagram.com/p/B3ZczO6lk5y/
Jika air terjun Ciherang memiliki 3 tingkatan, maka ada Air terjun atau Curug Luhur yang memiliki ketinggian 624 meter dengan dua air terjun yang sejajar.Curug Luhur ini berlokasi di Kecamatan Ciomas, yang juga terkenal sebagai daerah penghasil buah nanas yang manis. Patut di waspadai bahwa arus yang ada di air terjun ini cukup berbahaya dan di bawahnya terdapat pusaran air yang cukup kuat, yang berpotensi bisa menyeret orang ke dalamnya.

3. Curug Cigamea
https://www.instagram.com/p/BZijHtchGjb/
Kekhasan dari Curug cigame ini berada di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan. Ciri khas air terjun ini adalah memiliki 2 air terjun dengan  karakter yang berbeda. Air terjun pertama berada tidak jauh dari pintu masuk, berupa dinding tebing yang cukup curang berbebatuan dengan dominasi warna gelap (hitam). Sedangkan air terjung yang kedua memiliki ketinggian 50 meter ( mulai dari dasar air) yang berjarak sekitar 30 meter dari air terjun yang pertama. 

4. Kawah Ratu  Gunung Salak
Dilihat dari namanya, sudah bisa ditebak kawah ini berada di kawasan gunung yang fenomenal, bahkan ada menyebutnya sebagai gunung maut karena rekor kecelakaan pesawat terbang yang terbilang tinggi. Peristiwa yang terakhir, jatuhnya pesawat Sukhoi pada tahun 2012. Jika membaca namanya, memang identik dengan nama buah salak, dan saya juga sempat berasumsi jika di gunung ini banyak tanaman buah salak. Tapi ternyata salah besar, nama SALAK ini diambil dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti: perak.
Image: https://www.instagram.com/p/BTi5bIOl7HX/
Meski demikian, keberadaan Kawah Ratu ini memiliki daya tarik tersendiri dan menimbulkan keberanian untuk (belajar) mendaki sampai ke Akwah Ratu. Kawah ratu ini berada di ketinggian 1.437 mdpl  dan menjadi titik peristirahatan bagi wisatawan yang hendak naik dan hendak turun.
Uraian singkat empat destinasi wisata berbasis pesona alam terbuka di Bogor ini baru sebagian kecil saja dari puluhan kawasan wisata alam yang tak kalah menariknya. 

Bagi para pecinta alam atau yang memiliki hobi mendaki, tentu destinasi wisata alam di Bogor ini tak ingin dilewatkan. Karena saya baru sekali ke Bogor, itu pun jaman doeloe banget ketika eranya saya belum kenal banyak komunitas dan belum kepikiran untuk negblog, jadi sekarang setidaknya berandai-andai dulu bisa mampir kesana. At least melihatnya langsung, meski hanya melihat penampakan Gunung Salak dari radius sekian ribu meter. 

Sekali lagi, sebagai informasi bagi yang menuju Bogor melalui Bandara Halim Perdana Kusuma, biar gak ruwet dan ribet untuk mencari moda transportasi menuju Bogor, bisa kok dipilih opsi armada DAMRI ini.

Saat ini, DAMRI juga menyediakan layanan transportasi dari dan ke bandara dengan menggunakan Shuttle Bandara DAMRI. Layanan transfer bandara ini tersedia di 22 kota di seluruh Indonesia. Beberapa rute yang paling populer adalah Bandara Halim Perdanakusuma – Bogor (rute PP).

Bandara DAMRI (DAMRI Bandara) menawarkan antar-jemput bandara DAMRI untuk bepergian dari dan ke bandara. Shuttle Bandara DAMRI menjamin penumpang untuk tiba tepat waktu ke bandara. Ini juga merupakan pilihan praktis bagi penumpang yang bepergian dari bandara.

Layanan Antar-Jemput Bandara DAMRI menawarkan perjalanan yang terjangkau, nyaman, dan tepat waktu. Armada dilengkapi dengan AC, kursi malas, dan penyimpanan bagasi. Peralatan pendukung keselamatan dan kesehatan juga tersedia untuk memastikan keselamatan penumpang.
Kenapa memilih DAMRI? Ya tentu saja karena: Harga lebih terjangkau, tersedia jadwal Keberangkatan setiap jam, Jadwal yang fleksibel
Selain itu, Cara Menggunakan Voucher DAMRI ini gampil kok.
Setelah pembayaran dikonfirmasi, voucher Traveloka akan dikirim melalui email atau dapat juga dlihat melalui aplikasi pada “Pemesanan Saya”. Pada tanggal keberangkatan yang sudah di order, datang langsung ke lokasi boarding dan tunjukkan vouchernya kepada staf DAMRI. Kalau Damri antar jemput sudah penuh, tidak perlu kuatir karena masih bisa memilih jadwal yang tersedia berikutnya.  So, pilih Damri untuk kenyaman perjalanan ke Bogor, dan nikmati perjalanan seru kemudian. 

JADI,
Kalau mau berandai-andai (boleh kan ya berandai-andai seperti ini), kira-kira adakah destinasi wisata alam di Bogor yang ingin Anda dikunjungi? Atau bahkan, mungkin sudah banyak destinasi wisata di Bogor yang dikunjungi?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan (Blogger, Buzzer, Coffee Lover) and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Thanks for visiting my blog and hopefully will visit again with pleasure.

16 comments:

  1. Baru tahu ada shuttle bus resmi dari DAMRI ini dan bisa lewat Traveloka pula, jadinya lebih nyaman dan praktis yaa untuk kita. Kalau mau ke bandara Soekarno-Hatta gitu berarti juga bisa, ya?

    ReplyDelete
  2. Tiga tahun tinggal di Kabupaten Bogor aku jadi tersadarkan betapa banyak wisata alam disini :') meski tetap butuh effort utk kesana hehe karena lokasinya biasanya antimainstream. Pengen banget main ke Curug sejak zamannya masih Hamil tapi belum keturutan, paling ek wisata keluarga aja macam kolam renang :D

    ReplyDelete
  3. Ya ampun Bogor bagus-bagus yah destinasinya aku cuman tahu sebagian kecil aja ternyata di sana ada Curug juga :)btw aku juga pernah naik shuttle Damri dari Soeta ke Bandung nyaman

    ReplyDelete
  4. Dulu aku sering banget naik Damri dari bogor, entah ke halim atau soetta karena dari Sukabumi belum ada. Sekarang semenjak ada damri sukabumi-bandara, udah jarang banget naik dari bogor. Kadang kangen masa-masa itu sih :')

    ReplyDelete
  5. Belum pernah ke semua tempat itu huhu. Semoga nanti ada kesempatan. Makasih reviewnya Mba jadi ada gambaran kalau mau ke Kota Bogor, hihi

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke semuanya Mbak, karena aku ada baby, takut gempor gotong nanjak2 gunung buat liat curug. Hehehe.

    ReplyDelete
  7. Kebetulan semuanya sudah saya kunjungi tuh yang belum kesampaian saya malah belum masuk ke Istana Bogor. Hehehe...

    Semoga bisa selalu mengekplorasi daerah lain selain Bogor, Amin...

    ReplyDelete
  8. Bogor emang surganya curug ya karena banyak banget curugnya. Aku cuma baru ke Curug Ciherang dari beberapa tempat wisata yang dibahas di blog ini hehe.. suka gak tahan sama macetnya kalo ke bogor jadinya ga bisa sering2 ke sana untuk liburan hehe

    ReplyDelete
  9. MashaAllah, sampai umur Saat ini Saya belum pernah lho ke tempat Wisata air terjun. Terus kalau mau ke curug luhur itu Dari terminal damri sambung apa lagi Mba?

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata di Bogor ada destinasi wisata curug gitu ya mbak, aku baru tau.. Biasanya kalo ke Bogor ya mainnya ke tempat wisata seperti taman bunga, taman matahari, kebun raya, gitu-gitu aja.. Nanti boleh kucoba deh main ke curug-curug ini..

    ReplyDelete
  11. Kalau daku masih tahunya Kebun Raya Bogor aja Teh Riri, soalnya udah lama juga nggak mampir ke Bogor. Padahal ternyata kalau dieksplor wisatanya banyak banget ini, mungkin bisa ada part dari tulisan ini

    ReplyDelete
  12. Kawah Ratu emang udah terkenal bagus sih mbak😍. Banyak temenku yg ngasih testi, gak bakal kecewa kalo kesana. Tapi sayang aku bukan anak travel ke alam2 gini, lebih suka ke wahana atau ke tempat2 yg aesthetic

    ReplyDelete
  13. Hyaa, itu gambar-hambar curugnya kok kayak seger sekali ya? Akses jalan menuju kesana mudah enggak sih? Penasaran banget, asli!

    ReplyDelete
  14. Kayaknya terakhir kali naik Damri saat aku SD loh mbak
    Ternyata di Traveloka juga ada layanan pesan Damri ya. Bakalan seru bisa antar jemput perjalanan ke destinasi dg DAMRI, nih.
    BTW aku belum pernah mengunjungi wisata2 yg tersebut di atas mbak ehhee

    ReplyDelete
  15. bogor memang tempat yang paling bagus untuk tempat liburan di jabodetabek

    ReplyDelete
  16. Jadi pengen sesekali liburan ke Bogor dna nginap disana deh biar bisa menyambangi destinasi wisata ini semuanya.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.