Sus Isi Keju, Camilan Lezat untuk teman Menonton TV Terbaik

Ada banyak kegiatan dan aktiftas bersama keluarga yang bisa dilakukan, terlebih di saat libur atau akhir pekan. Secara hari-hari biasa kan biasanya punta kesibukan yang berbeda, orang tua dengan pekerjaan yang tak jarang bejibun dan anak-anak dengan kegiatan sekolah plus ekskulnya yang padat merayap seperti sinetron striping gettu deh. 

Maka akhir pekan pun menjadi saat-saat yang paling dinantikan untuk bisa spending bersama secara lengkap. Sebagian ada yang mengisi dengan liburan keluar kota, jalan-jalan ke tempat wisata yang tak jauh dari rumah, atau aktifitas out door lainnya seperti mancing, main layang-layang, kemping, berkebun, atau apalah yang bisa bikin guyub bersama anak-anak.  Selain kegiatan out door, juga ada yang memilih alternatif kegiatan akhir pekan bersama keluarga dengan menonton bersama. 

Sepertinya pilihan untuk mengisi kebersamaan dengan nonton bersama di rumah pun tak kalah menariknya. Iya kan tidak mungkin setiap akhir pekan memungkinkan untuk go out tho? Apalagi kalau cuaca sedang akrab dengan hujan tiada henti? Rasanya Bismillahirrahmaanirrahiim pilihan untuk mengisi akhir pekan dengan menonton di rumah bisa menjadi favorit keluarga. Acara menonton tanpa ada camilan rasanya akan monoton, kurang lengkap dan garing banget kan ya? Banyak pilihan  penganan yang sehat, enak, dan bisa dibuat sendiri agar acara menonton di rumah bisa semakin seru, semarak dan menyenangkan. Bisa berupa buah-buahan segar yang disajikan ala rujak buah manis, pisang goreng atau makanan lainnya. 

Nah, dari sekampiun jenis penganan yang bisa dibuat sendiri di rumah, salah satu diantaranya adalah kue sus. Kue klasik yang selalu menarik minat ini pasti tidak akan ditolak oleh anggota keluarga. Umunya kue sus dibuat dengan isi atau filling vla vanilla, cokelat. Agar kue susu buatan sendiri ini lebih special, isi untuk sus dengan vla keju yang gurih. Dijamin deh bakalan nagih, satu sus saja tidak akan cukup. 
Resep Kue Sus Keju
Sumber Gambar: http://sajiansedap.grid.id/
Tertarik kan untuk nyobain sendiri bikin sus isi keju ini? Berikut ini salah satu contekan  resep yang bisa dipraktekkan sendiri.

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sus adalah:
110 gram margarin
210 ml air
1/2 sdt garam halus
3 butir telur, dikocok lepas
125 gram tepung terigu protein sedang
125 gram keju cheddar, parut 
¼ sdm baking powder

Cara Membuat sus adalah sebagai berikut:
  • Campur margarin, garam dan air kemudian direbus sambil diaduk sampai mendidih.
  • Tambahkan tepung terigu secara perlaha-lahan sambil terus di aduk sampai merata (tidak lengket di panci). Nyalakan api kecil, masak hingga kalis dan biarkan adonan hingga agak dingin hangat. 
  • Kemudian masukkan baking powder dan telur satu persatu sambil diaduk secara merata. 
  • Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang bagian ujung plastik harus sudah di pasangi spuit bintang. Semprot adonan secara melingkar pada loyang yang telah diolesi dengan margarin. Lakukan langkah ini sampai adonan habis.
  • Adonan kue sus yang telah disusun rapi pada loyang siap untuk di oven dengan api bawah suhu 200 derajat Celsius selama 25 menit atau sampai matang.
  • Sus yang sudah masak, siap di potong/dibelah untuk kemudian di beri isi vla keju.
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat isi sus (Vla) keju adalah:
  1. 510 ml susu cair
  2. 125 gram gula pasir
  3. 75 gram maizena
  4. 1/2 sdt garam
  5. 2 butir kuning telur
  6. 1 sdt margarin
  7. 100 gram keju cheddar parut
  8. 1/4 sdt garam
  9. 1 sdm rum
  10. 2 sdm tepung terigu
Adapun Cara untuk membuat Vla ini adalah sebagai berikut:
  • rebus susu cair, gula, garam, dan maizena sambil diaduk sampai meletup-letup kembali. Tambahkan margarin dan keju. Masak sampai keju larut.
  • Ambil sedikit adonan dan masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan kembali ke dalam adonan dan rebus lagi dengan diaduk secara cepat hingga rata. Nyalakan api. Aduk sampai meletup-letup kembali. Tambahkan margarin, rum dan keju. Masak sampai keju larut. Angkat dan biarkan sampai dingin kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga. 
Setelah semuanya siap, lanjutkan dengan mengisi sus dengan vla yaitu belah sus dengan perlahan agar tidak putus kemudian semprot atau tuangkan isi menggunakan vla yang sudah dimasukkan dalam plastik segitiga. 

Gimana guys, tidak terlalu sulit kan membuat sus isi keju ini?  Dengan sajian sus ini sebagai penganan saat menonton acara kesukaan di TV LED terbaik tentu akan menambah suasana menjadi lebih gayeng dan memorable. Walaupun TV LED murah yang bisa dibeli tak akan mengurangi indahnya kebersamaan bareng keluarga tercinta karena saat kita beli  TV tetap mempertimbangkan untuk memilih TV LED murah bergaransi dan memiliki kualitas yang terbaik untuk kenyamanan menonton bersama keluarga. 
Kalau anda, apa neh cemilan favorit yang sering dijadikan teman saat menikmati acara menonton bersama anak-anak di rumah?

Ririe Khayan

Assalamulaikum. Hi I am Ririe Khayan a Lifestyle Blogger and live in Jogya. I’m the Author Of Kidung Kinanthi, a Personal Blog about my random thought, parenting, traveling, lifestyle, & other activity as well as Personal & Working Mom Story. Kindly feel free to contact me at: ririekhayan(at)gmail(dot)com

19 comments:

  1. Nyemil makanan apalagi homemade dibuat bersama-sama sambil nonton tv itu enak banget.
    Apalagi dapat tvnya murah plus bergaransi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya poin terakhi itu yang bikin maknyess yaaa " tvnya murah plus bergaransi"

      Delete
  2. kejunya bikin ngiler. coba nanti tunjukin ke istri mana tau bisa membuatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp, nanti kalau sudah berhasil bikin sus isi keju bolehlah dikirim ke Yogya juga. hehehe

      Delete
  3. Wih langsung pengin comot satu sus nya, dari fotonya udah keliatan enak banget.

    ReplyDelete
  4. Waaah aku suka banget sama kue sus ini, mana tampilan di foto bikin laper niiich, aku belum berani bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sAMA Mbak, saya juga belum berani bikin. tapi kalau suruh ngabisin berani bangettttt

      Delete
  5. Anak saya juga suka sus fla mbak Rie, suka banget malah. Saya pernah juga coba-coba praktek, hasilnya lumayan sih kalau untuk dimakan sendiri hehe.

    Resepnya hampir sama mbak, cuma saya nggak pakai keju dan baking powder. Sepertinya ditambah keju makin enak nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka sus basah, tapi belum berhasil kalau buat sendiri. *tutup muka*

      Delete
  6. Aku suka yang manis manis, tapi sus keju kurang suka, paling sus coklat mba hehehe enak buat temen cemilan sambil nonton tipi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang beli sus coklat, seringnya sus yg isinya cream. Tapi semua sus saya sukaaaa lho mbak. hehehe

      Delete
  7. Waaaah enak kayaknya. Nggak nyangka dirimu bisa masak wkwkwwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung kabuuurrrr, aku mah pinternya ngabisin masakan Mbak

      Delete
  8. aku paling ska sma kue yg satu ini

    ReplyDelete
  9. Wah saya belum pernah nyoba masak kue sus. So far kalau kue manis lebih ke beli matang aja sih. Iya cemilan memang teman yang asyik ya untuk nonton TV :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nonton TV ditemani cemilan, bisa-bisa super lama dan gak fokus lagi sama acara TVnya (kalau saya)

      Delete
  10. Sus favoritku nih, kalau udah makan ini mau sebanyak apa pun muat, haha. Tapi yang isi keju belum pernah nyoba, pernah nyoba yang isi durian sama cokelat, haha.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, atas ketidaknyamanan MODERASI Komentar.

Maaf ya, komentar yang terindikasi SPAM atau mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan.

So, be wise and stay friendly.