WHAT'S NEW?
Loading...

Sekilas kisah saya dengan koneksi internet

Siapa yang tak butuh atau tak ingin koneksi internet yang prima tapi harga yang bersahabat nan ramah? Terlebih, semakin kesini dan kekinian menghadirkan pernak-pernik yang terhubung oleh media digital tersebut. Menggunakan internet bukan lagi sekedar untuk kirim email dan atau browsing literatur. Lantas, bermunculan sebuah pertanyaan klasik dan asyik, provider apa yang bisa mensupport kebutuhan akan layanan internet yang bisa diajak bermultitasking ? 

Kebutuhan saya mengakses internet sehari-hari menurut  ukuran  saya ya “hanya” biasa-biasa saja. Saya tidak suka game online. Saya jarang streaming secara online. Aktifitas mengakses internet yaitu Bismillahirrahmaanirrahiim untuk chatting ( paling intens via WA, sesekali nimbrung di Telegram), bersocial media ( Instagram, FB, Twitter, Linkedin), buka (jarang-jarang) Youtube (sekedar upload kalau punya content yang sekiranya menarik untuk ditayang di Youtube), blogging (untuk blogwalking, edit postingan jika diperlukan revisi), browsing (artikel, berita, PR sekolah).

Gambaran singkat yang saya paparkan di atas sebagai  bagian pola hidup yang saya jalani menjak kenal dan menjadi akrab dengan internet. Sepintas terasa “hanya” sedikit frekuensi mengkases jalur internet, tapi ternyata kalau di akumulasi, bisa berjam-jam juga totalnya dalam sehari. Lantas, Operator favorit yang saya gunakan apa ? 
Sejujurnya, tidak ada operator (provider) internet yang sedemikian rupa high perform and low budget. Dari sederet penyedia jasa layanan internet yang semuanya memiliki keunggulannya masing-masing dan saya pun cukup memilih operator yang sekiranya jaringannya lancar dengan harga yang terbaik.

Telkomsel, Indosat (M2 dan M3), XL, dan Tri, adalah nama-nama brand penyedia layanan internet yang pernah saya gunakan. Standar acuan dalam memilih dan menggunakan ya yang koneksinya lancar untuk digunakan dirumah dan harganya murah maksimal. Kalau untuk opsi  jaringan internet 4G, 3G atau 2G, semenjak ada 4G,  kebetulan HP juga bisa 4G plus di area tempat tinggal pun tersedia jaringan 4G, ya tentulah kalau beli paket data yang kuota 4G lebih banyak dibandingkan yang 3G dan 2G. 

Artinya, penggunaan kuota internetnya memiliki jangka waktu aktif yang lebih lama. Bukan yang masa aktifnya habis tapi kuotanya masih ada dan hangus. Makanya, kenal adanya si Tri dan hingga sekarang saya masih merasa cukuplah menggunakan pakaet data internetnya, lebih sreg dari segi harga, masa aktif paket data dan performa jaringannya di tempat tinggal saya. 

Selain Tri, saya pernah lama menggunakan M2. Saat M3 meluncurkan paket data, saya pun  beralih pilih paket data internet M3 saja karena memiliki durasi masa aktif yang sama. Untuk paket data internet dari Telkomsel dan XL pernah juga memakainya tapi hanya untuk sekali pakai saja (tidak sampai berlangganan). Just in case seperti waktu heboh PUPNS itu, kan mengalami susah login karena mungkin web yang dituju kebanjiran visitor. Jadinya ya saya beli paket data dari Telkomsel khusus untuk kejar tayang agar bisa sukses login ke web PUPNS dan melakukan registrasi.

Kalau ditanya mengenai tantangan koneksi internet, selama ini yang masih jadi tantangan dalam menggunakan internet ketika long trip seperti mudik. Rute mudik saya sekeluarga adalah Yogyakarta - Jawa Timur ( tepatnya Bojonegoro dan Lamongan). Selama perjalanan yang sekira 8 - 9 jam itu, terdapat beberapa zona yang kualitas jaringan internetnya bisa bikin baper. Kalau dalam situasi normal dan tidak ada hal yang urgent, oke sajalah lost connection internet. Anggap saja "libur" sejenak mengakses aplikasi online. Tapiiiii, kalau situasinya lagi butuh banget terhubung dengan internet, contoh sederhananya butuh GPS karena tetiba harus menyempatkan ke suatu destinasi yang masih baru. Kebayang kan kalau lost connection saat kita berada di antah berantah, hanya tahu arah barat,timur, selatan dan utara? Mau tak mau ya kudu tanya secara manual pada orang yang ditemui selama perjalanan tersebut.

Demikian sekilas kisah saya dengan koneksi internet, tentang Operator favorit, Operator yang digunakan, Internet, pilihan jaringan internet tertinggi (4G,3G atau 2G), Harga operator dan Pilih murah atau mahal, serta tantangan koneksi internet. Nah, bagaimana dengan cerita anda bersama pilihan koneksi internet yang digunakan?


2 comments: Leave Your Comments

  1. Kebutuhan internet saya pun sama dgn mba Riri. Segala macam provider udah saya coba. Tentunya ada yg mengecewakan dan saya gak mau pake lagi. Yang saya pake skrg ini adalah yg memberikan kepuasan jaringan pada saya :D

    ReplyDelete
  2. Jadi, telkomsel hampir selalu bisa diandalkan kalau lagi kepepet ya mba Ririe hehehe *akupun begitu, soalnya paling cepet di sini

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.