WHAT'S NEW?
Loading...

Manfaat dari Kolaborasi: Bersama Kita Bisa Tambah Percaya Diri

Era Kolaborasi  sebenarnya bukan hal baru, pada prakteknya kolaborasi ini  sudah dibumikan oleh nenek moyang kita dengan nama gotong royong. Kalau ditelusuri lebih jauh lagi, sebenarnya kolaborasi ini sudah mulai ada seiring terjadinya peradaban manusia, karena manusia adalah makhluk sosial, yang perlu dan butuh bekerja sama dengan orang lain.

Ada banyak bentuk-bentuk permodelan kolaborasi ini, Bismillahirrahmaanirrahiim, bisa dalam bentuk formal maupun non formal. Kalau dalam bentuk formal, bisa dalam bentuk usaha bersama seperti koperasi itu kan? Atau mendirikan perusahaan dengan modal patungan, bisa juga pengelolaan management yang dikerjakan secara gabungan antara dua orang atau lebih yang memiliki skill berbeda yang salaing mendukung dan melengkapi sesuai kebutuhan. 
Kolaborasi juga bisa diibaratkan sapu lidi, ketika sebatang lidi dikumpulkan menjadi sebentuk sapu maka akan bisa digunakan untuk menyapu dengan  lebih bersih. Juga cocok pula dengan peribahasa, bersatu kita teguh bercerai berai kita tidak bisa melakukan banyak hal yang lebih besar (lebih baik).
kerja sama
Akan halnya dengan blogging dan dunai menulis, sejak internet menjadi penghubung network yang multi manfaat, mulailah lahir komunitas-komunitas yang memiliki kesamaan passion, visi, tujuan dst, dalam hal ini tentunya menulis. Banyak komunitas menulis dan blogger yang pada intinya membentuk kebersamaan untuk meningkatkan kualitas dalam menulis baik yang nantinya menghasilkan karya tlis berupa buka, ataupun membuat konten bersama. Dari dunia blogging, sebuat saja ada komunitas Emak Blogger (KEB), Blogger Perempuan (BP, WArung Blogger (WB), Indonesian Food Blogger, dll. Tak ketinggalan pula dengan komunitas menulis: ada Warung Revolution (WR), Warung Antologi, dsb.

Banyak Penerbit yang juga membuka peluang menerbitkan buku secara antologi, dengan mengadakan audisi sesuai event yang lagi kekinian misalnya. Salah satunya adalah buku Antologi When Broke Up, adalah project menerbitkan buku secara gabungan yang pertama kali saya ikuti, diadakan oleh penerbit Leutikaprio. Atau pengarang yang sudah mumpuni di dunia literasi, sebut Jonru juga menggandeng penulis-penulis pemula untuk menerbitkan buku. Kalau tidak salah, Mbak Asma NAdia juga pernah (setahu saya dan semoga tidak salah ingat), pernah mengadakan project bersama untuk menerbitkan buku.

Bagi saya pribadi, Alhamdulillah sangat merasakan manfaatnya dengan lahirnya komunitas-komunitas blogger maupun kepenulisan. At least dari komunitas menulis, saya dengan skill menulis yang masih pas-pasan hanya PeDe untuk posting di blog, akhirnya bisa ikutan project gabungan dalam menerbitkan buku.  
Bersama Kita Bisa Tambah Percaya Diri
Beberapa buku Antologi yang sudah saya ikuti antara lain: Antologi Pejoba, Perindu Surga, Sang Juara,  My Re-engineering When I broke Up [ Leutikaprio], Teraphy menulis [menerbitkan buku bersama Jonru], Penantang Mimpi, Sayap-Sayap Cupid, Ironi Strip dua, Kami [Tak Butuh] Kartini Indonesia.

Tapi meski berupa antologi, tetap ada sistem seleksi kok, jadi tetap ada semacam kendali mutu untuk bisa ikut menulis dalam proyek bersama. 

Banyak hal baik yang bisa diambil dan didapatkan dengan kolaborasi dan pastinya minimal kita bisa mendapatkan Manfaat dari Kolaborasi: Bersama Kita Bisa Tambah Percaya Diri. Ah menulis tentang Antologi, jadi bikin saya kangen pengen ikutan proyek menulis secara bersama-sama lagi.

Bagaimana dengan Anda, sudah banyak juga kan karya kolaborasinya? 

8 comments: Leave Your Comments

  1. Dengan bersatu, kita akan lebih mantap dalam melangkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti guyonan yang kerap kita dengar, saat dua orang penakut bersama-sama (berkolaborasi), maka tak ada lagi orang penakut. Yang ada dua orang yang berani dan lebih percaya diri.

      Delete
  2. Internet mempermudah untuk kolaborasi dan menemukan komunitas yang sesuai dengan passion ya mba :) nah iya, walaupun antologi tapi tetap diseleksi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka ikutan project antologi juga ya Mbak?

      Delete
  3. Ah, kerennya Mbak Ririe. Udah banyak bukunya. Kolaborasi pula.

    ReplyDelete
  4. Sudah lama nggak berkolaborasi buat antologi.
    Semua orang sibuk akhir-akhir ini hahaha
    Semoga kedepannya ada yang ngajak kolaborasi antologi lagi

    ReplyDelete
  5. keren, kliatannya projeknya dmna mna ni mbak..

    ReplyDelete
  6. manusia di ciptakan membutuhkan satu sama lain atau bisa juga disebut manusia sosial
    kolaborasi bisa juga dibilang kerja sama, gotong royong, bantu membantu, dan yang lainnya
    kalau bisa saya mau juga berkolaborasi ni mbak, tapi kolaborasi masalah apa yah hehehee

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.