WHAT'S NEW?
Loading...

5 Manfaat Penting Coworking Space Bagi Blogger

Secara definitif, Co-working space saya artikan sebagai sebuah tempat yang difungsikan sebagai ruang kerja dimana sekumpulan orang berada ditempat tersebut untuk melakukan aktifitas profesi (pekerjaan).

Orang-orang yang menggunakan working space ini bisa individual maupun komunitas. Adapun tempat yang difungsikan sebagai coworking space ini secara kasat mata ya tampak seperti suasana cafe dengan para pengunjungnya memiliki orientasi "menghasilkan sesuatu" bukan sekedar spending time  untuk menikmati kulineran atau fun time. Pada umumnya mereka adalah orang-orang yang berkarya dan bekerja dengan ritme kerja dan jadwal yang dinamis, tidak seperti pegawai kantoran yang terikat dengan jadwal dan durasi waktu bekerja.

Dari segi fasilitas, co-working space ini dilengkapi dengan ruang untuk gadget (dengan fasilitas jaringan), management room, ruangan pribadi, ruang rapat, toilet, mushola, dan tentunya si cafe itu sendiri.

Kehadiran coworking space ini, bisa dibilang memiliki latar belakang yang serupa dengan perkembangan Fintech yaitu karena potensi pengguna internet di Indonesia yang meningkat secara significant dari tahun ke tahun. Maka muncullah start up yang segmentasinya menyediakan "kantor" bagi komunitas yang pola kerjanya dinamis alias mandiri dalam mengatur waktu, pola dan target (hasil) kerjanya. Alhasil, pengguna coworking space ini memiliki latar belakang profesi/aktifitas yang heterogen.
So, jika ditanya apakah Blogger Perlu Memanfaatkan Co-working Space ini?
Credit
Secara personal, saya berpendapat bahwa blogger perlu memanfaatkan co-working ini. Walaupun aktifitas ngeblog  memang bisa dilakukan dimanapun dan kapan saja, tapi bukan ide yang berlebihan kan kalau blogger melakukan aktifitas bloggingnya di co-working space ini. Toh, tidak ada keharusan untuk setiap hari duduk manis di coworking space. At least, blogger yang sistem kerjanya "free style" bisa juga melengkapi ritme bloggingnya ala orang kantoran atau pekerja yang memiliki jam kerja tertentu.

Bagi blogger yang kerap mendapat pertanyaan: tempat kerjanya dimana? Nah coworking space ini bisa jadi jawaban yang tockcer deh.

Lebih dari sekedar gegayaan untuk menjawabi pertanyaan orang - orang yang kepo denganm pekerjaan blogger, setidaknya ada 5 Manfaat Penting Coworking Space Bagi Blogger, antara lain:
  1. Bersosialisasi dan memperkuat sikap toleransi melalui kebersamaan sebagai sesama member coworking space (tersebut). Hal ini sangat niscaya karena pengguna coworking space kan terdiri dari orang-orang yang memiliki multi variabel (usia, skill, ras, suku, profesi, dll).
  2. Membangun networking, baik sesama blogger maupun lintas profesi.
  3. Menambah wawasan dan meningkatkan capability diri melalui interaksi intens yang terjadi secara mutualisme.
  4. Injeksi untuk berinovasi dalam berkarya.
  5. Sarana sharing informasi dan diskusi yang masif.
5 manfaat yang saya sebutkan di atas, sebenarnya ya manfaat yang simultan sih. Dan tentunya masih banyak manfaat positif yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan co-working space. 

A New  (good) community will bring a new lesson, enrich experience, achieve  acknowledgement and many benefits other else.

Tentunya, manfaat luar biasa tersebut bisa menjadi sumber daya untuk melahirkan karya-karya kreatif yang lebih baik.

Untuk area Yogyakarta, coworking space yang sudah existing adalah Jogja Digital Valley (www.jogjadigitalvalley.com), yang  diresmikan 21 Agustus 2013, yang beralamat di Jalan Kartini nomer 7, Sagan, Yogyakarta. Dengan adanya Jogja Digital Valley ini diharapkan bisa meningkatkan hubungan simbiosis yang mutualisme bagi pelaku industri kreatif seperti pengembang games, edutainment, music, animation, dan content kreatif lainnya yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya khususnya.

Siapa saja bisa menjadi anggota Jogja Digital Valley ini dan pendaftarannya gratis lho. Catet ya, Jogja Digital Valley ini memiliki 'jam kerja' juga, jam 09.00 WIB - 20.00 WIB, setiap hari Senin sampai Jum'at dan hari libur juga libur deh. Penasaran dan ingin tahu banget lebih banyak tentang Jogja Digital Valley, klik saja www.jogjadigitalvalley.com yaa.

Dan selamat mengembangkan potensi diri dan mengambil peran untuk menyuplai content creative yang positif dan edukatif.



3 comments: Leave Your Comments

  1. Di Surabaya juga sudah banyak co-working space. Bahkan ada yang instagramable juga.

    ReplyDelete
  2. Di Barabai belum ada co-working space ;(

    ReplyDelete
  3. Hwa, terima kasih mba Ririe atas idenya. Aku ngga kepikiran ke situ :) besok lagi kalau ada yang nanya freelance di mana, jawabnya ngga cuma di rumah aja hehehe. Biar pada diem hihihi

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.