WHAT'S NEW?
Loading...

6 Manfaat Blog bagi Pelajar

Mengapa Pelajar Harus Punya Blog? Tematik yang diusung berdasarkan fenomena yang sekarang ini banyak terjadi di sekitar kita bagaimana anak-anak sekolah lebih mau dan suka menggunakan social media seperti seperti Instagram, Line Snapchat atau Facebook. Ehemm…*batuk*, saat membaca salah satu clue tema LBI kali ini “Remaja sekarang lebih suka media sosial”. Jadi “merasa” tidak remaja lagi deh.  Praktis dan lebih cepat mendapat respon dari lingkaran pertemanannya. Tak perlu nulis berpanjang-panjang kata, cukup dalam hitungan menit untuk up date di time line-nya. Sehari mau bikin status sepuluh atau bahkan seratus kali, yang penting tidak menghujat, tidak SARA, tidak saru saru, saling sahut-menyahut komentar pun mengalir dengan lancar jaya. 

Sepertinya, rumor kalau menulis itu sulit masih menjadi momok sebagian besar pelajar mau menyukai dan menggunakan media blog sesemangat saat mereka mengelola akun media sosialnya. Pelajaran Bahasa Indonesia pun kerap dianggap momok atau mungkin model kurikulumnya yang kurang membumi? Entahlah, yang saya ingat tempo saya masih jadi anak sekolah dulu, kalau ulangan Bahasa Indonesia sangat suka dengan soal membuat karangan. Kala itu, yang menclok di pikiran saya: yang penting nulis banyak, rapi, minimalkan coretan (meski tahu salah tulis lanjutkan saja), point bulat dari membuat karangan dijamin tockcer mendongkrak perolehan nilai ulangan atau ujian untuk pelajaran Bahasa Indonesia.
Menulis di Blog; Whiy Blogging; Blogging Is Writing
Blogging is Writing
Selain manfaat-manfaat langsung yang dikandung dari aktifitas tulis-menulis yang pernah saya tuangkan dalam Menulis untuk Therapy, maka berikut ini saya cuplikkan dari buku BLOGGING; HAVE FUN AND GET THE MONEY karya Carolina Ratri alias Mak Carra. Alhamdulillah sudah punya bukunya tapi belum sempat bikin review-nya. Dalam BUKU yang mengupas tuntas seluk – beluk blogging yang kaya akan “harta karun”, terdapat satu bahasan yang spesifik: Why Blogging?
  1. Menyalurkan Hobi. Fenomena remaja suka menulis sepertinya masih menjadi salah satu  hobi yang memiliki daya magnet kuat. Terlebih di usia yang warna-warna kehidupan mulai tampak lebih semarak berseri. Ada saja yang menggelitik rasa untuk dituangkan dalam bentuk tulisan kan? Kebanyakan, fase remaja pada suka nulis puisi dan cerpen serta diary kan? Hobi menulis dalam berbagai tema ini bisa menjadi material yang luar biasa saat disalurkan melalui blog. Bisa menyalurkan kesukaan menulis, siapa tahu ternyata diminati dan bisa dinikmati banyak orang lain.
  2. Sarana Belajar dan Mengasah kemampuan. Efek lanjutan ini sangat mungkin akan terjadi, saat intensitas negblog sudah yahuttt, naluri untuk menuju level yang lebih baik tentu akan muncul juga. Setidaknya, saat tahu ada banyak lomba menulis dengan hadiah yang super duper bikin ngiler, tertantang kan untuk ikut ? Sekali, dua kali mungkin sekedar uji nyali atau menuntaskan rasa penasarana saja. Tapi edisi selanjutnya, tentu tergoda untuk menulis dengan kualitas yang lebih baik lagi. Atau bisa juga, menimbulkan nafsu belajar untuk mendesain blog yang lebih berkarakter gara-gara sering blogwalking dan mengetahui betapa banyak blog-blg yang cethar membahana.
  3. Eksistensi diri. Dengan berjalannya waktu dan semakin aktif ngeBlog, lambat laun tulisan yang dibuat untuk blog menjadi salah satu media untuk kesistensi diri. Siapa sih orangnya yang tidak ingin dianggap keberadaannya? Dalam konteks bukan sok pamer atau fomo, maka menceritakan keberhasilan atau kegiatan-kegiatan yang dijalani merupakan perwujudan dari eksistensi diri loh.
  4. Ajang curhat. Salah satu moment yang memunculkan hasrat menulis adalah saat remaja galau. Nah, tulisan galau yang dikemas dengan bahasa yang santun, diksi yang renyah, sapa tahu curhatan di blog malah bisa jadi kumpulan novel di kemudian hari. Iya tho?
  5. Menambah penghasilan. Soal mendapakan penghasilan dari ngeblog sudah bukan hal asing lagi. Semakin lama, blog semakin diminati oleh edvertiser buat ngiklan, job review, placemet article, afiliasi. Juag pundi-pundi penghasilan yang bisa diperoleh dari perlombaan  kalau menang sih.
  6. Bikin Keren lho dhek Bro and dhek Sist. Aktif menulis di Blog tampilan blognya kinclong, siapa coba yang jadi gaya. Seriusly, bahkan saya yang engawali jejak di blog saat sudah tidak remaja, awalnya juga tertarik negblog biar ghaya buk. Selain karena ingin menyalurkan kesukaan menulis.
Sebenarnya why blogging atau manfaat ngeblog ini tak terkotak hanya untuk pelajar. Secara umum, manfaat blog merupakan hak semua pengguna media blog. Jadi, siapa yang masih gamang untuk bikin blog neh?

Ada baiknya anda segera membeli bukunya Mak Carra ini biar langsung praktek dan eksis ngecipris nulis di blog. Buku Blogging: Have Fun and Get The money isinya komplit pakai special, terdiri dari 7 chapter yang membahas dengan lugas apa, kenapa, bagaimana mengelola blog secara handal dan tetap enjoy. Bila ada yang berminat untuk order buku yang emejing tentang blogging ini, silahkan colek sang penulis di twitter @RedCarra ya? Atau via FB di facebook.com/mommycarra. 

27 comments: Leave Your Comments

  1. Semoga bukunya laris :D

    @adibriza

    ReplyDelete
  2. Setuju bangen kalau ngeBlog itu bikin keren, loh! Gimans? Saya udah keren belum, Mbak Rie? #lah

    ReplyDelete
  3. pengen eksis sama curhat. kadang juga sedikit pengen dapet uang. wkwkwk.. :D

    @epatyci16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha aku dulu saat mulai ngeBlog (sdh tak remaja), juga pengen eksis kok. Hehehe

      Delete
  4. Dimulai dari curhat memang jadi hal umum ya Mbak. Tapi, pada akhirnya nemu karakternya sendiri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses dan waktu akan membawa penulis menemukan karakternya sendiri

      Delete
  5. Mau dongggg....hahaa..Moga laris ya mba bukunya..Amiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuukk di order mas bukunya biar laris manis kendang kimpul

      Delete
  6. betul, ngeblog juga bertujuan untuk berbagi informasi untuk orang lain..salam kenal...

    ReplyDelete
  7. yang penting dicoba dulu saja ya. kan bisa karena biasa. itu bukunya kalau di gramedia masuk kategori apa ya? pengen belinya langsung gak mau online hehe

    @gemaulani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tdk ada keberhasilan bagi yg tdk berani mencoba ya mbak

      Delete
  8. Setuju banget dengan enam poin manfaat blogging

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo di pretheli, manfaatnya buanyakk banget ya

      Delete
  9. Bikin keren! Aku juga penasaran dengan bukunya Mak Carra ih :(

    @umimarfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya asyiiik mbak, based on experienced para praktisi blogger

      Delete
  10. Salam kenal mbak....... meninggalkan jejak pernah bertandang kemari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga ya. Terima kasih sdh berkunjung

      Delete
  11. oke deh mbk bro, makasih infonya yak, hihihi

    ReplyDelete
  12. Diantara penyesalan kenapa gak bikin blog dari dulu, cerita-ceirta seru pas sekolah udah pada lupaaa.;;; :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, saya juga kadang mikir...andai andai sdh kenal blog sejak jaman sekulah ya

      Delete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.