WHAT'S NEW?
Loading...

Pesona Panorama Pantai Batu Hiu Pangandaran

Jika mendengar nama Pantai Batu Hiu, imajinasi spontan yang membentangkan di benak saya adalah hamparan pantai bongkahan-bongkahan batu yang bentuknya menyerupai ikan hiu.  Apakah benar demikian adanya?

Destinasi wisata pantai batu hiu merupakan salah satu tempat pariwisata favorit di Kabupaten Pengandaran, tepatnya berjarak sekitar 14 km dari pangandaran ke arah selatan yaitu terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Bismillahirrahmaanirrahiim, Trip wisata di awal tahun bersama rombongan dari kantor, Pantai Batu Hiu adalah salah satu destinasi yang tercantum dalam daftar Iterinary itenirary kami, ehmm…maksudnya paket wisata yang ditawarkan oleh EO ding dan di ACC oleh kantor. Terus, saya pun mengajak Azka. Memang sih acara jalan-jalanya sudah over beberapa bulan lalu, tapiii gak ada basinya kan kalau menuliskan reportase jalan-jalan meskipun #latepost.
wisata pantai; jalan-jalan; pesona indonesia; indahnya Indonesia; travelling asyik;
Ghazebo di atas tebing yang curam di Pantai Batu Hiu
Saya sudah membayangkan bakalan menemukan pemandangan pantai yang dihiasai bongkahan-bongkahan batu yang berbentuk menyerupai ikan hiu. Dugaan saya memang tidak sepenuhnya salah, juga tidak semuanya benar, karena begitu keluar dari area parkir bis/kendaraan, tampaklah di seberang jalan semacam pintu gerbang yang berbetuk ikan hiu dengan mulut yang terbuka lebar. Dan mulut ikan hiu tersebut merupakan jalan masuk ke kawasan wisata pantai batu hiu.  Jangan senang dulu saudara, karena sesuatu yang indah itu biasanya butuh perjuangan kan?

Untuk bisa menikmati indahnya pantai batu hiu, kita harus naik ke atas bukit kecil di pantai ini karena dari lokasi perbukitan baru bisa menikmati penampakan si batu karang yang menyerupai sirip ikan hiu. Jadi jangan buru-buru merasa lega saat sudah menemukan miniatur buatan ikan hiu, that’s just the beginning.  
wisata pantai; jalan-jalan; pesona indonesia; indahnya Indonesia; travelling asyik;
Inilah "pintu" masuk menuju Pantai Batu Hiu
Masih butuh jalan kaki beberapa ratus meter dari pintu masuk untuk sampai ke tepian pantai batu Hiu-nya. Tentunya jalan yang harus dilewati lumayan bisa bikin heart beating, maklumlah meskipun kecil kan  namanya juga bukit tetap bisa bikin ngos-ngosan, especially saya, karena Azka tak terlihat ngoyo untuk jabanin perjalanan menuju pantai batu hiu kala itu. Karena alasan rute tracking yang cukup melelahkan itulah sehingga  sebagian besar anggota rombongan kami tak ikut melihat batu hiu lebih dekat dan memilih berada santai tak jauh dari area parkir dan pusat oleh-oleh.

Pemandangan taman yang elok nian menghampar dengan sangat-sangat indah. Hamparan rerumputan yang hijau segar, bunga-bunga kecil (entah apa namanya) yang pendek-pendek merata, dominannya pepohonan pandan wong yang tertata rapi serta tokoh-tokoh cartoon, maksudnya orang-orang yang mengenakan kostum tokoh-tooh cartoon, asyik buat poto-potoan bareng. Suerrrr…pemandangan tamannya bagussss banget. Rasanya betah banget untuk berlama-lama berada di taman yang menghadap ke pantai batu hiu tersebut. Iyahh, jika tak berlebihan…kayaknya tamannya gak kalah elok dengan ilustrasi taman yang ada di tempat tinggalnya Rani Peri itu loh. *namanya juga saking kagumnya*.  


Sesampai di zona taman, saya masih gak mudeng dan gak tahu, yang mana sih batu hiunya?
Itu loh mbak, yang dinamakan batu hiu…” jelas seorang teman sambil menunjuk ke arah pantai sebelah selatan taman. Pada arah yang ditunjukkan tersebut, tampak  sebongkah batu karang yang menyerupai (sirip) ikan Hiu.
Oooolalala…itu toh batu hiunya? “ berhubung saya bukan tipe orang yang drama queen, atau saya yang sudah over dosis sebelumnya dengan membayangkan bakalan melihat bebongkahan batu besar yang berbetuk ikan hiu, sehingga saya mlongo dengan sukses ketika mendapati batu yang dinamakan BATU HIU tersebut. Atau bisa jadi, sebongkah batu hiu tersebut memang aslinya besar, hanya saja karena terendam air laut sehingga yang mencungul di permukaan hanya sebagian kecil yang serupa sirip hiu tersebut. 
Saya sudah membayangkan bakalan menemukan pemandangan pantai yang dihiasai bongkahan-bongkahan batu yang berbentuk menyerupai ikan hiu. Dugaan saya memang tidak sepenuhnya salah, juga tidak semuanya benar, karena begitu keluar dari area parkir bis/kendaraan, tampaklah di seberang jalan semacam pintu gerbang yang berbetuk ikan hiu dengan mulut yang terbuka lebar. Dan mulut ikan hiu tersebut merupakan jalan masuk ke kawasan wisata pantai batu hiu.  Jangan senang dulu saudara, karena sesuatu yang indah itu biasanya butuh perjuangan kan?
Mengingatkan saya pada Film Lord of The Rings


Secara keseluruhan pemandangan yang terhampar di pantai batu hiu ini sangat recommended untuk di agendakan jadi destinasi wisata jika ke Pengandaran kok. Pesona Panorama Pantai Batu Hiu cukup menghipnotis untuk menikmati:

  • zona taman nan indah bagai taman para peri dengan hembusan angin pantai yang seger dan sepoi-sepoi.
  • pemandangan birunya Samudra Indonesia dengan deburan ombaknya deburan ombak yang bergulung-gulung putih, berdebur cukup keras ketika mencium karang-karang
  • hamparan pantai sebelah timur yang terbentang dengan eloknya, konon katanya pantai tersebut terbentang sampai ke pantai Pangandaran lhoh? Kalau gak percaya, silahkan saja jelajah sabuk pantai Pengandaran, dan nanti sharing cerita hebohnya sama saya ya?
  • yang hobi mancing, bisa juga bawa PERLENGKAPAN MEMANCING dan silahkan dinikmati serunya memancing ikan di Pantai Batu Hiu.
Pangandaran; pantai di Indonesia; pesona Indonesia; jelajah wisata
Hebat euy, si Bapak bisa "mancing batu Hiu"
Pangandaran; pantai di Indonesia; pesona Indonesia; jelajah wisata
Garis Pantai yang Membentang hingga Pantai Pangandaran
Sebenarnya saya pengen banget melihat penampakan batu hiu lebih dekat, yaitu dari tempat “ghazebo” yang berada di atas batu karang. Tapi mengingat hembusan angin yang cukup menggigilkan badan dan jalan setapak ke arah ghazebo yang menurut saya ngeri karena berada persis di atas tebing yang cukup terjal. 


Akhirnya saya bersama Azka dan beberapa teman yang sepenasaran terhadap Batu Hiu, mencukupkan diri untuk Alhamdulillah menikmati Pesona Panorama Pantai Batu Hiu dari tepi pantai yang lebih aman dan nyaman. 





Noted: Lagi Hobi masang dokumentasi berlimpah ruah dan sebenarnya masih kurang banyak lagi *rakus*

39 comments: Leave Your Comments

  1. Masih sama seperti dulu yak, sepi... Saya dulu ke sana awal th 2010

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh, mbak noorma malah sdh duluan ya ke batu hiu

      Delete
  2. Lumayan jauh ya dari pintu masuk. Tapi pas liat pemandangannya ilang capeknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, banyak yg pada males untuk jalan yg agak jauh lagi krn destinasi sebelumnya sdh cukup menghabiskan tenaga *main di pantai Karas*

      Delete
  3. subhanallah, sungguh indah sekali pantai hiu pangadarannya, kelihatan fresh dan cool abis ya mb :)

    ReplyDelete
  4. Terbayang mbak berlibur ke sana dengan seluruh keluarga dengan pemandangan cantik seperti di atas, bakalan betah ya, Pohon pohonnya itu sungguh cantik ya mbak, pantainya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, afdholnya jika wisata ke pantai barengan keluarga, bisa puas sepanjang hari menikmati pesona panorama pantainya. Berhubung kala itu saya dan Azka berangkat dgn grup kantor dan pakai EO, al hasil di jatah deh waktunya, gak bisa lama-lama

      Delete
  5. Alhamdulillaah..., memang menarik banget ini, Mbak.
    Di tepi pantai dengan rumput yang menghijau begitu... betapa indahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanallah, keindahan alam senantiasa membawa kita pd rasa syukur dan kagum pada sang Pencipta demikian dalamnya

      Delete
  6. serunyaaaa mancing di sini yaaa.. lama banget nggak ke pangandaran terakhir jama 3 smp dulu.. hahahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew, malah SMP sdh ke pangandaran ini? Amazing

      Delete
  7. cakepnya mbak... aku belom pernah kesaanaaa
    mbak ririe apakabar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hei Mbak Ninda. Alhamdulillah kabarnya baik. Smoega Mbak Ninda sekeluarga juga baik ya

      Delete
  8. saat duduk ditepi pantai yang sangat luas seakan tak bertepi kita serasa menjadi mahluk yang paling kecil dan tak berdaya ya mbak...subhanallah alhamdulillah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, saat berada di tempat terbuka spt pantai dan hamparan laut lepas, kita benar-benar bisa merasa tahu diri betapa kita just nothing

      Delete
  9. melihat panorama pantai hiu ini saya langsung tergoda dan bener-bener terpesona, sayang tempatnya jauh banget. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti ke pantai yg tak jauh-jauh saja mas. Kan banyak pantai di Indonesia ini

      Delete
  10. sungguh indah pantai pengandaran

    ReplyDelete
  11. Dih pantai tapi asri banget ya... tanamannya itu lohhh... keceeeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. spt latarnya film lort of the ring ya mbak. yg hobits

      Delete
  12. Jalan jalan kepantai dengan panorama yang indah karena masih bersih... enak sekali. Apalagi untuk yang suka hobi memancing... Walaupun untuk menuju pantainya bikin cape. Tapi terbayarkan dengan suasana panai yang masih alami lumayan terawat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mancing dipantai ditemani angin semilir dan deburan ombak, merupakan kombinasi yg asyik seru pokoknya.

      Delete
  13. belum pernah ke sini niiih...
    rencana dan rencana melulu
    kalau acara keluarga ada yg usul pangandaran..tp blom pernah jadi.
    buat bawa anak2 juga oke ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, buat anak-anak oke. Selama jaga jarak dengan tebing, tapi ada tali pembatas ut warning agar berada di zona aman

      Delete
  14. nah kan ini dia tempat mangkal saya jaman SMA dahulu. dan sekarang sudah lama sekali nggak kesana lagi. Mbak Ririe mengingatkan saya untuk segera kesana. kapan ya.. ehm.. lebaran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa tuh kalau pas lbaran, secara libur lebaran tahun depan kan cukup lama

      Delete
  15. Wow,,, Surga,,, Pemandangan yang sangat menawan ,,, jadi kepingin ke pantai bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mas, dijadwalkan wosata pantai sama keluarga ya

      Delete
  16. Cuma bisa membayangkan bakal ke sini suatu saat nanti. Semoga diberi umur panjang. :)

    ReplyDelete
  17. wahhhh bikin kepengen aja dari awal tahun sampe akhir tahun belum kesampaian.... :(

    ReplyDelete
  18. wahhh keren banget.., jadi pengen liburan ke sana jugaaa :)

    ReplyDelete
  19. Pemandangan yang sangat indah sekali, Wow,,, terasa lepas,,, bebas,,, dan luas,,, Tuhan, Engkau tunjukkan kebesaranMu, terima kasih atas segala rahmadMu ini. Untuk admin Anda memberikan penampakan yang luar biasa, terima kasih sobat.

    ReplyDelete

Leave a comment or just be silent reader, still thank you so much.
Terima kasih telah singgah di Kidung Kinanthi.
Mohon maaf, komentar terindikasi SPAM atau yang mengandung link hidup tidak akan dipublikasikan...
So, be wise and friendly.